Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 121 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Azzumar
"Sistem lalu lintas perkotaan (Urban Traffic System - UTS) adalah sistem yang kompleks yang terdiri dari jaringan jalan yang saling terhubung, aturan-aturan pada jalan, kendaraan dan entitas lain yang berada dalam jaringan jalan dan sistem manajemen serta pengaturan lalu lintas. Tujuan utama dari sistem ini adalah agar pengguna jalan dapat melalui perjalanannya dengan selamat dan dalam waktu yang wajar (reasonable). Sistem pengaturan lalu lintas perkotaan (Urban Traffic Control System) yang handal telah menjadi kebutuhan yang sangat mendesak. Dalam tesis ini dibahas strategi pengaturan sistem lalu lintas dan pengujian kinerjanya. Untuk merancang strategi pengaturan yang baik diperlukan model lalu lintas kendaraan bermotor. Model yang digunakan adalah hybrid petri net yang merepresentasikan dinamika makroskopik sistem lalu lintas. Dalam model hybrid petri net dinamika kendaraan dimodelkan dengan petri net kontinyu dan lampu lalu lintas dimodelkan petri net diskrit. Strategi pengaturan optimal dipakai untuk mengatur lama waktu lampu lalu lintas. Strategi ini didasarkan pada sistem pengaturan loop tertutup dan respon terhadap perubahan kondisi lalu lintas. Dari hasil simulasi, sistem pengaturan ini dapat menurunkan waktu antrian yang signifikan dibandingkan dengan pengaturan secara fix control.

Urban Traffic System (UTS) is a system consists of interconnected roads, traffic regulations, vehicles and other entities that belong in the road networking, systems management and traffic control system. This system has been created for the user in order to experience a safe journey in a reasonable time. For society, a reliable Urban Traffic Control System (UTCS) has become an urgent need. In this thesis discussed a control strategy for the traffic system and testing their performance. To design a good control strategy is required traffic model. The model used is hybrid petri net that represents the macroscopic dynamics of the traffic system. In hybrid petri net models, the vehicle dynamics are modeled by continuous petri net and traffic lights are modeled by discrete petri net. Optimal control strategy is used to set the length of time the traffic lights. This strategy is based on a closed loop control system and response to changing traffic conditions. From the simulation results, this control system can reduce the queuing time significantly compared to fixed control settings.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35066
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Imam Azis Kurnianto
"Skripsi ini membahas tentang pemodelan, perancangan kendali kecepatan putar dan simulasi motor brushless DC (BLDC). Pemodelan dilakukan dengan menggunakan persamaan matematika untuk elektrik dan mekanik motor brushless DC (BLDC). Dalam pemodelan ini, tipe sinusoidal dan trapezoidal motor brushless DC (BLDC) diaplikasikan. Perancangan kendali kecepatan putar dilakukan menggunakan kendali PI. Hasil pemodelan dan perancangan kendali disimulasikan menggunakan MATLAB/SIMULINK. Verifikasi kinerja sistem kendali telah dilakukan untuk ke dua tipe motor brushless DC (BLDC) tersebut.

This thesis discusses the modeling, designing of rotation speed controller and simulation of brushless DC motors (BLDC). Modeling has been by using electrical and mechanical equations of brushless DC motors (BLDC). We use sinusoidal and trapezoidal of brushless DC motors (BLDC) in modelling. PI controller is used as rotation speed controller. The results of brushless DC (BLDC) model and its controller is simulated using MATLAB / SIMULINK. The performance of control system has been verified for both types of brushless DC motors (BLDC)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S45519
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ramlan Kusumayadi
"Skripsi ini membahas perancangan sistem aktuator berbasis motor servo untuk memenuhi kinerja yang diharapkan. Aktuator merupakan bagian untuk menggerakan posisi sirip (fin) dari suatu wahana terbang kendali, Diperlukan respon sistem kontrol yang cepat. Sistem aktuator yang dirancang adalah sistem lingkar tertutup dengan komponennya terdiri dari mikrokontroler, motor servo, gear, dan sensor rotasi. Sistem ini dikendalikan dengan pengendali PID untuk mendapatkan sudut pergerakan sirip yang diinginkan. Dari hasil uji coba sistem menunjukkan kinerja yang bagus dengan atau tanpa beban.

In this paper discusses the design of servo motor-based actuation system based to meet the desired performance. Actuator is a part of rocket to derive the fin angle position. It is a requirement to make fin movement in high speed. Actuator system has been designed as closed loop system including microcontroller, servo motor, gear, and a rotation sensor. The system is controlled by PID controllers to obtain the desired angle fin movement. From the test results show a good performance system with or without a load."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S43953
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Priandanu Gilang Hadyaksa
"Skripsi ini membahas mengenai pengembangan sistem pengolahan dan perhitungan nilai kWh dari pemakaian listrik PLN oleh pelanggan yang diolah berdasarkan gambar yang didapat dari kWh Meter menggunakan kamera smartphone. Nilai kWh tersebut akan diolah menggunakan teknik pencitraan (image processing) dan otomatisasi pengolahan data menggunakan software LabVIEW 2009. Proses tersebut dimulai dengan tahap upload gambar, threshold gambar, penentuan Region of Interest (ROI) dari gambar, otomatisasi pembacaan nilai kWh, perhitungan nilai kWh berdasarkan perhitungan Tarif Dasar Listrik (TDL), dan terakhir adalah tahap pembuatan database menggunakan tabel. Berdasarkan proses tersebut, maka presentase hasil yang didapat dengan melakukan pengujian sebanyak 6 kali adalah 100% dan presentase kesalahan pada urutan kerja saat pengujian adalah 0%.

This research describes development of electric bill calculation system for PLN customers using image processing technique. The image of electric consumption taken from kWh meter by smartphone camera is then processed using software LabVIEW 2009. The process starts from image upload, image threshold, Region of Interest determination of image, automatic reading of electric consumption image, bill calculation based on Goverment Base Electric Tariff (Tarif Dasar Listrik - TDL), and finally database creation. From test result, it has shown that the percentage of error is 0 % for the calculation results and that process."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44140
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yunan Ari Yuwono
"Lalu lintas saat ini merupakan bagian penting yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia, terlebih kondisi kota-kota besar yang semakin berkembang termasuk bertambahnya jumlah kendaraan dengan kondisi infrastruktur yang tidak dapat ditambah lagi. Maka dibutuhkan sebuah sistem kendali yang dapat menangani masalah tersebut. Pada skripsi ini akan dibahas model sistem lalu lintas menggunakan model antrian dengan menggunakan aplikasi sistem Hierarchical Fuzzy Logic Control (HFLC). Pola masukan kendaraan yang digunakan adalah pola persebaran poisson yang dapat mewakili dengan kondisi sebenarnya. Simulasi ini akan diuji dengan lamanya waktu lampu hijau yang berbeda-beda untuk melihat hasil yang paling baik waktu tunggu rata-rata kendaraannya. Jumlah masukan kendaraan juga akan dibuat dengan jumlah yang berbeda agar bisa dilihat sejauh mana kemampuan sistem kendali tersebut. Semua perancangan aplikasi akan dibuat pada Simulink MATLAB dengan pembagian yang memudahkan jika nantinya untuk direalisasikan pada sistem yang sesungguhnya. Hasil dari waktu tunggu rata-rata ketika sistem lampu lalu lintas menggunakan model HFLC lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model kendali tetap. Terlebih saat jumlah keluaran kendaraan berubah secara tiba-tiba.

Traffic these days is an inseparable part of daily human activities, especially in large developing cities with an increasing number of vehicles coupled together with a dead-end infrastructure. Therefore, a control system that could solve the aforementioned problem is a necessity. In this thesis, a traffic model system using the queuing model utilizing Hierarchical Fuzzy Logic Control system application will be discussed. The incoming vehicle pattern is modeled on Poisson Distribution which is representative of real life conditions. The simulation will be tested on different durations of green light to measure the best vehicle average waiting time. The simulation will also be tested on different amount of incoming vehicles to measure the system capabilities. All designs will be created using MATLAB Simulink software with a simplified allocation if it was to be realized on real life. The results of the average waiting time when the traffic light system use HFLC model is better than using a fixed control models, especially when the number of vehicles output changes suddenly."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44163
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Al-Hasani, Sayyid Isma`il bin Mahdi bin Hamid Al-Ghurbaini
Jakarta: Pustaka Hidayah, 2004
297.4 ALH nt
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
M. Wahyu Ashari
"Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) adalah sumber energi yang bisa menjadi sumber energi alternatif ketika dunia mengalami kelangkaan sumber energi fosil seperti minyak bumi, gas alam dan batu bara. Saat ini PLTB belum menjadi sumber energi yang menjanjikan di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah karena efisiensi daya yang sangat rendah. Hal ini diakibatkan oleh efisiensi yang berubah-ubah seiring dengan perubahan kecepatan angin. Untuk meningkatkan efisiensi PLTB, pada skripsi ini dirancang sebuah pengendali berbasiskan jaringan syaraf tiruan (JST) yang dapat mengendalikan sudut dari blade pada turbin angin. Dari hasil simulasi didapatakan efisiensi turbin angin yang sudut blade-nya dikendalikan menggunakan JST lebih besar dibandingkan turbin angin yang sudut blade-nya konstan.

Wind Energy Convertion System (WECS) can become as one of alternative energy resources in the future that replaces fosil energy resources like Oil and Gas. However, nowadays Wind Energy Convertion System is not properly applied to be the primary energy resource in Indonesia yet, because the energy efficiency of wind turbine is low due to high dependency on wind velocity. In this paper, we design a neural network based controller to control the pitch of blade on wind turbine. From the simulation result, we verified thatbetter wind turbin efficiency has been achieved by using proposed neural network based controller."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S176
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jason Midian FD
"Human Machine Interface (HMI) sudah umum dipergunakan di dunia industri. Fasilitas-fasilitas yang ditampilkan oleh HMI dapat mempermudah pekerja dalam melakukan proses pekerjaannya seperti antara lain program data-entry, program permintaan keterangan, pembuatan laporan dan dokumen. Dalam skripsi ini, keunggulan yang disediakan oleh HMI dimanfaatkan untuk sistem antarmuka bagi aplikasi mesin etching PCB. Untuk membuat sistem antar muka berbasis HMI pada aplikasi mesin etching PCB, perlu dirancang alat-alat yang mendukung penuh sistem ini.
Sistem ini terdiri dari komponen hardware dan software. Komponen hardware utama meliputi PLC (Programmable Logic Controller), Microcontroller AT89s51, PC, prototipe mesin etching PCB. Sedangkan software meliputi program-program yang dibangun dengan software Ladder Syswin 3.4, Assembler51 dan Visual Basic 6. Sistem antar muka yang dirancang dapat menggerakkan 2 buah mesin etching PCB secara bersamaan.
Sistem yang dibangun ini dapat menekan biaya peralatan dengan signifikan karena dipergunakannya microcontroller yang menggantikan peran Device Converter (Penghubung PLC dan PC). Sistem yang dirancang dapat dikembangkan lagi agar memiliki fungsi komunikasi via jaringan internet dan untuk jumlah mesin yang lebih banyak.

Human Machine Interface (HMI) is commonly used in industry. Facilities presented by HMI can ease workers in their jobs such as data-entry program, program inquiries, preparing reports and documents. In this thesis, the benefits provided by the HMI interface systems has been used for the application PCB etching machine. To create a system based on HMI interface for the application PCB etching machine, some tools have been required to fully support this system. This system consists of hardware and software components.
The main hardware components include the PLC (Programmable Logic Controller), Microcontroller AT89s51, PC, prototype PCB etching machine. While the software includes programs that are built with software Ladder Syswin 3.4, Assembler51 and Visual Basic 6. Interfacing system developed is used to move 2 pieces PCB etching machines simultaneously.
The system can reduce significantly the cost of equipment because of the use of microcontroller that replaces the role of the Device Converter (PLC and PC Connector). The system can be developed to have a communication function via the Internet network and for more than 2 machines.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51133
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Handy Hermawan
"Pemanasan Induksi adalah proses pemanasan non kontak. Menggunakan listrik berfrekuensi tinggi untuk memanaskan bahan yang konduktif secara elektrik. Karena non kontak proses ini memiliki keunggulan yaitu tidak mencemari lingkungan sekitarnya. Hal ini juga sangat efisien karena panas dihasilkan pada benda kerja. Dapat dibandingkan dengan metode pemanasan lain di mana panas yang dihasilkan pada nyala api atau elemen pemanas, yang kemudian memanaskan benda kerja. Karena alasan-alasan tersebut mempertegas pemanasan induksi unik untuk beberapa aplikasi dalam industri. Rancang bangun sistem kendali high frequency induction heating pada system pemanasan benda kerja konduktif adalah sistem yang secara khusus dirancang untuk pemanas induksi untuk setiap aplikasi yang bertujuan memanaskan bahan atau benda kerja konduktif secara bersih, efisien dan terkendali. Dengan harapan dengan pengontrolan temperatur ini dapat memberikan hasil yang opimal serta efisiensi yang baik dalam penggunaan energi listrik. Secara umum ada modul ini ada 4 bagian utama yaitu sumber tenaga listrik frekuensi tinggi yang telah dikontrol oleh satu unit mikrokontroler, sensor temperatur LM35 untuk memonitor panas yang terjadi pada benda kerja dan dapat memberikan feedback ke unit pengontrol, kumparan kerja (work coif untuk menghasilkan medan magnet bolak-balik, sebuah benda kerja (workpiece) konduktif listrik yang akan dipanaskan. Juga di lengkapi beberapa komponen pendukung seperti LCD untuk interfacing status kerja sistem secara visual, LED, serta asesoris seperti potensiometer, switch, tombol kerja untuk penyetelan sistem,dan buzzer untuk alarm.

Induction heating is a non-contact heating process. Using high-frequency electricity to heat the electrically conductive material. Because of this non-contactprocess has the advantage of not polluting the environment. It is also very efficient because the heat generated in the workpiece. Can be compared with other heating methods where heat is generated in the flame or heating element, which then heats the workpiece. Because of these reasons reinforce the unique induction heating for several applications in industry. Design of control system for high frequency induction heating on conductive workpiece heating systems are systems that are specifically designed for induction heating for every application that aims to heat the conductive material or workpiece in a clean, efficient and controlled manner. With expectations by controlling the temperature can give results that optimal and good efficiency in the use of electrical energy. In general there are modules have 4 main parts: a high frequency electric power source that has been controlled by a microcontroller unit, LM35 temperature sensor to monitor the heat that occurs in the workpiece and can give feedback to the controller unit, the coil of work (work coil) to produce alternating magnetic field, a workpiece to be heated electrically conductive. Also in complete several supporting components such as LCD for interfacing visual system working status, LED, and accessories such as potentiometers, switches, buttons work for adjusting the system, and buzzer for alarm."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51339
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>