Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tatu Mas`udah
"Komposit Al/SiCp coating telah dihasilkan dari gravity casting. Dengan partikel SiC dilapisi oleh lapisan metal oksida yang diperoleh dari proses electroless plating dalam larutan elektrolit HNO3, dengan konsentrasi magnesium (Mg) dalam larutan elektrolit tersebut bervariasi dari 0,002 sampai 0,012 mol dan konsentrasi aluminum (Al) dibuat tetap 0,018 mol. Partikel SiC coating tersebut, digunakan untuk membuat komposit (MMCs) dengan persen volume SiC bervariasi dari 2 sampai 20,5 vol%. Komposit aluminum yang dihasilkan, dianalisis dalam metalografi dan sifat mekanik. Dari komposit tersebut, diperoleh bahwa sifat mekanik komposit dapat meningkat dibandingkan dengan matriks aluminum, seperti kekerasan meningkat dari 76,23 BHN menjadi 96,82 BHN, porositas turun dari 8,97% menjadi 3,81% dan laju keausan turun dari 10,6 x 10-6/mm/mm3 menjadi 2,63 x 10-6/mm/mm3 karena penambahan persen volume SiC 15%. Sedangkan kuat tarik komposit Al/SiCp turun dibandingkan dengan matriks aluminumnya dari 203,31 Mpa menjadi 191,49 Mpa. Pembentukan fasa spinel MgAl2O4 di interface Al/SiC rendah, karena magnesium berinteraksi dengan silikon, membentuk fasa baru Mg2Si yang teridentifikasi oleh XRD pada semua komposisi persen volume SiC coating. Pembentukan fasa Mg2Si pada matriks aluminum, dapat meningkatkan sifat mekanis komposit Al/SiCp.

Al/SiCp coating MMCs has been produced by gravity casting. The SiC particles were coated with metal oxide film obtained by electroless plating in liquid electrolyte HNO3, and liquid electrolyte made various magnesium (Mg) concentrations from 0.002 to 0.012 mole and a concentration aluminum (Al) have made constant is 0,018 mole. The SiCp coated, used for making MMCs was various volume percent SiCp from 2 to 20.5 vol%. The aluminum composites produced was analysed both metalography and mechanical properties. It is obtained that mechanical properties of these composites are increased compared to unreinforced, i.e hardness increased from 76.23 BHN to 96.82 BHN, porosity decreased from 8.97% to 3.81% and wear rates decreased from 10.6 x 10-6/mm/mm3 to 2.63 x 10-6/mm/mm3 due to the additions volume percent SiC up to 15%. In contrast, the tensile strength of Al/SiCp composites decreased from 203.31 MPa to 191.49 MPa. Spinel phase of MgAl2O4 at the interface Al/SiC is low, due to magnesium interact with silicon, formed a new phase of Mg2Si indentified by XRD in all composition of volume percent SiC coating. A new phase of Mg2Si formed in the matrix aluminum, increased mechanical properties of Al/SiCp composites."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
T27092
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tatu Mas`udah
"Komposit Al/SiCp coating telah dihasilkan dari gravity casting. Dengan partikel SiC dilapisi oleh lapisan metal oksida yang diperoleh dari proses electroless plating dalam larutan elektrolit HNO3, dengan konsentrasi magnesium (Mg) dalam larutan elektrolit tersebut bervariasi dari 0,002 sampai 0,012 mol dan konsentrasi aluminum (Al) dibuat tetap 0,018 mol. Partikel SiC coating tersebut, digunakan untuk membuat komposit (MMCs) dengan persen volume SiC bervariasi dari 2 sampai 20,5 vol%. Komposit aluminum yang dihasilkan, dianalisis dalam metalografi dan sifat mekanik. Dari komposit tersebut, diperoleh bahwa sifat mekanik komposit dapat meningkat dibandingkan dengan matriks aluminum, seperti kekerasan meningkat dari 76,23 BHN menjadi 96,82 BHN, porositas turun dari 8,97% menjadi 3,81% dan laju keausan turun dari 10,6 x 10-6/mm/mm3 menjadi 2,63 x 10-6/mm/mm3 karena penambahan persen volume SiC 15%. Sedangkan kuat tarik komposit Al/SiCp turun dibandingkan dengan matriks aluminumnya dari 203,31 Mpa menjadi 191,49 Mpa. Pembentukan fasa spinel MgAl2O4 di interface Al/SiC rendah, karena magnesium berinteraksi dengan silikon, membentuk fasa baru Mg2Si yang teridentifikasi oleh XRD pada semua komposisi persen volume SiC coating. Pembentukan fasa Mg2Si pada matriks aluminum, dapat meningkatkan sifat mekanis komposit Al/SiCp.

Al/SiCp coating MMCs has been produced by gravity casting. The SiC particles were coated with metal oxide film obtained by electroless plating in liquid electrolyte HNO3, and liquid electrolyte made various magnesium (Mg) concentrations from 0.002 to 0.012 mole and a concentration aluminum (Al) have made constant is 0,018 mole. The SiCp coated, used for making MMCs was various volume percent SiCp from 2 to 20.5 vol%. The aluminum composites produced was analysed both metalography and mechanical properties. It is obtained that mechanical properties of these composites are increased compared to unreinforced, i.e hardness increased from 76.23 BHN to 96.82 BHN, porosity decreased from 8.97% to 3.81% and wear rates decreased from 10.6 x 10-6/mm/mm3 to 2.63 x 10-6/mm/mm3 due to the additions volume percent SiC up to 15%. In contrast, the tensile strength of Al/SiCp composites decreased from 203.31 MPa to 191.49 MPa. Spinel phase of MgAl2O4 at the interface Al/SiC is low, due to magnesium interact with silicon, formed a new phase of Mg2Si indentified by XRD in all composition of volume percent SiC coating. A new phase of Mg2Si formed in the matrix aluminum, increased mechanical properties of Al/SiCp composites."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
T41215
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Zulkarnain
"Proyek pembangunan kereta api ekspres bandara Soekarno Hatta sebagai proyek KPS yang melibatkan pihak swasta, memerlukan biaya investasi yang sangat besar. Hal ini menyebabkan kurangnya minat pihak swasta, sehingga perlu upaya inovatif dan kreatif dalam perencanaan pembangunan agar diperoleh hasil yang dapat menarik minat investor untuk ikut serta dalam pembiayaan proyek. Salah satu upaya adalah dengan melakukan pemilihan teknologi perkeretaapian untuk mendapatkan konsep desain yang optimal. Teknologi yang akan diterapkan dalam pembangunan infrastruktur kereta api ekspress bandara dapat memberikan dampak terhadap proses dan biaya pada saat pembangunan itu sendiri ataupun kemudahan proses dan biaya perawatan dan operasional yang diperlukan pada masa konsesi dan sesudahnya. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi jenis-jenis teknologi dan melakukan kajian terhadap teknologi yang akan yang akan dipilih untuk digunakan dalam pembangunan kereta api ekspres Bandara Interasional Soekarno Hatta. Metode yang digunakan adalah value engineering dengan analisa life cycle cost untuk mengetahui dampak pemilihan teknologi terhadap optimasi biaya investasi. Hasil dari penelitian ini adalah teknologi komponen infrastruktur yang dipilih memberikan dampak nilai NPV dan IRR yang paling besar diantara pilihan teknologi lainnya.

Express railway construction projects Soekarno Hatta airport as PPP projects involving private parties, requires a very large investment costs. This leads to lack of interest of private parties, so we need innovative and creative efforts in development planning in order to obtain results which can attract investors to participate in financing the project. One of the efforts is to conduct selection of railway technology to obtain optimal design concept. The technology will be applied in the construction of the airport express railway infrastructure can have an impact on the process and cost during the construction process itself, nor the ease and cost of maintenance and operations needed in the concession period and thereafter. This study aimed to identify the types of technology and a review of the technology that will be selected for use in the construction of an express railway of Soekarno Hatta International Airport. The method used is value engineering with the life cycle cost analysis to determine the impact of technology on the selection of the investment cost optimization. The selected infrastructure components technology impact the NPV and IRR of the most substantial among other technology options."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T39021
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novi Julpah
"ABSTRAK
Kompleksitas permasalahan yang terjadi di Jakarta saat ini memerlukan penanganan yang serius dari pemerintah. Salah satu permasalahan yang paling krusial saat ini adalah permasalahan banjir. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan pembangunan Infrastruktur pengendali Banjir, dalam hal ini Tunnel Pengendali Banjir. Namun adanya keterbatasan dana pemerintah, maka perlu adanya upaya yang inovatif untuk dapat menyelesaikan tidak hanya permasalahan banjir namun juga permasalahan lain di Jakarta. Berdasarkan analisa fungsi dalam metode Value Engineering, diperoleh suatu upaya inovatif utuk menyelesaikannya antara lain dengan membangun PRASTI Tunnel. PRASTI Tunnel merupakan Tunnel pengendali Banjir yang terintegrasi dengan Kereta Api Bandara, MRT serta pengembangan Telekomunikasi. Berdasarkan hasil perhitungan nilai yanga dibutuhkan untuk membangun PRASTI Tunnel adalah sekitar Rp 22 Triliun,. Dengan adanya subsidi pemerintah sebesar Rp 7,5 Triliun maka secara Finansial proyek ini cukup layak dengan nilai IRR sebesar 7,29 %.

ABSTRACT
The complexity of The issues raised in Jakarta today requires serious treatment from The government. One of The most crucial issue today is The problem of flooding. Efforts should be made to resolve The problem with The constructing of flood control infrastructure. However,we know our government have a limited funding for infrastructre. So we need some innovation, to resolve The problem. Based on Function Analysis from Value Engineerngstudy, we get some innovation to integrated Stormwater Management with Airport rail link and MRT System on One Tunnel. This Infrastructure concept, name’s PRASTI Tunnel. Based on Financial analysis, to developed PRASTI Tunnel it’s needed 22 Trillion Rupiah. With The government subsidy about Rp 7.5T PRASTI Tunnel would result IRR 7.29%."
2013
T42308
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ani Hidiyah Musholawatin
"Tesis ini membahas tentang hubungan aksesibilitas terhadap faktor dominan yang mempengaruhi fluktuasi harga sewa perkantoran. Pada bagian yang pertama, diidentifikasi terlebih dahulu faktor-faktor yang secara dominan berpengaruh terhadap harga sewa pada properti perkantoran di DKI Jakarta dengan mengaplikasikan model analisa harga hedonik. Pada bagian kedua, diteliti hubungan antara aksesibilitas, faktor makro ekonomi di Indonesia dan pasar mikro terkait sektor perkantoran di DKI Jakarta dengan menggunakan metode model sistem dinamik.
Hasil analisa model harga hedonik menunjukkan bahwa faktor yang paling dominan terhadap harga sewa perkantoran adalah aspek aksesibilitas terhadap lingkungan sekitar sehingga dapat berinteraksi di area Central Business District (CBD) dan aksesibilitas terhadap sarana/prasarana transportasi yaitu moda Kereta Api (KA) dan jalan tol dengan tingkat kepercayaan 80,7%. Selanjutnya dari analisa model sistem dinamik diperoleh bahwa dengan mengatur skenario faktor aksesibilitas terhadap moda KA dapat diperoleh harga sewa perkantoran sebesar Rp. 344.008,- per m2 per bulan pada tahun 2030, sedangkan dengan mengatur skenario faktor aksesibilitas terhadap jalan tol dapat diperoleh harga sewa perkantoran sebesar Rp. 327.291,- per m2 per bulan pada tahun 2030 dan dengan skenario tanpa melakukan perbaikan faktor aksesibilitas diperoleh harga sewa perkantoran sebesar Rp. 293.272,- per m2 per bulan pada tahun 2030.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar pemerintah lebih meningkatkan aksesibilitas terhadap sarana/prasarana transportasi di perkotaan, terutama moda KA dan jalan tol guna mendukung kemajuan dunia usaha dalam rangka meningkatkan pertumbuhan perekonomian.

This thesis discusses the accessibility relation with the dominant factor which affects the fluctuations in the price of the rental office. In the first part, identification factors that predominantly affect the rent price on the property office in Jakarta is analized by applying hedonic price analysis model. In the second part, investigation to the relationship between accessibility of Indonesia's macroeconomic factors and market in relating to the micro sector offices in Jakarta is analized by using dynamical system models.
The analysis of hedonic pricing model shows that the most dominant price factor to the rental office are accessibility aspects to the surrounding environment and how they can interact in the CBD area and furthermore the accessibility of facilities or infrastructure mode of transport such as railway and highway with a 80.7 % confidence level. From the analysis of the dynamic system model, by setting the scenario of accessibility factor to railway modes, office rental price can be obtained at Rp.344.008. - per m square per month in 2030, while by regulating accessibility to the motorway scenario, office rental price can be obtained at Rp.327.291. - per m square per month in 2030. Lastly, by applying scenario of without doing any repairs to the accessibility factor, office rental price can be obtained at Rp.293, 272. - per m square per month in 2030.
Based on this study, it is suggested that the government should further improve the accessibility mainly the transport infrastructure in railway and toll road modes to support the expansion of the business in order to increase economic growth.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42629
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library