Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Muhammad Toriq Hafidz
"Skripsi terapan ini meneliti efektivitas konten giveaway untuk meningkatkan jumlah followers pada media berita esports MVP Magazine di Instagram. Peneliti menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain one-group pretest-posttest, penelitian ini menganalisis perubahan jumlah followers dan beberapa indikator lain sebelum dan sesudah giveaway. Data dikumpulkan melalui Instagram Insights dan dianalisis dengan uji normalitas, statistik deskriptif serta paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas konten giveaway memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan jumlah followers. Pengolahan data statistik menggunakan uji t-test berpasangan mengacu pada tiga indikator utama yaitu followers, interaction dan reach. Nilai uji dari tiga indikator tersebut berada dibawah < 0,05 dimana hal itu memenuhi bahwa data signifikan. Perencanaan hingga penyajian konten disusun dengan berpegang teguh pada prinsip teori SOR. Pembuatan visual serta copywriting yang berdasar pada teori media sosial instagram terbukti relevan untuk memperkuat nilai konten giveaway dalam menarik audiens baru. Berdasarkan hasil penelitian yang dijalankan, Konten giveaway terbukti berhasil dalam meningkatkan jumlah followers serta berpengaruh pada dua indikator lainnya. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi contoh bagi perkembangan media berita digital terutama di industri esports.
This applied thesis investigates the effectiveness of giveaway content in increasing the number of followers on the esports news media account MVP Magazine on Instagram. The researcher employed a quasi-experimental method using a one-group pretest-posttest design to analyse changes in follower count and several other key indicators before and after the giveaway. Data were collected through Instagram Insights and analysed using normality testing, descriptive statistics, and a paired t-test. The results show that giveaway content has a significant impact on follower growth. Statistical data processing using the paired t-test referred to three main indicators: followers, interaction, and reach. The test results for all three indicators yielded p-values below 0.05, indicating statistical significance. The planning and presentation of the content were based on the principles of the Stimulus-Organism-Response (SOR) theory. The visual design and copywriting grounded in Instagram Social media Theory, Proved effective in enhancing the value of giveaway content in attracting new audiences. Based on the findings, giveaway content was shown to successfully increase the number of followers and influence the other two indicators. This study is expected to serve as a reference for the development of digital news media, particularly within the esports industry."
Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library