Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jonny
"Keberadaan rumah sakit sebagai bagian dari sistem pelayanan kesehatan dengan nilai strategis Millenium Development Goals, standar kualitas optimum dan cost effective telah menjadi alasan utama diterapkannya TQM di rumah sakit melalui model generik TQM seperti ISO 9001 dan Joint Commission International (JCI) (Munechika, Sano, Jin & Kajihara, 2014; Milner, 2007). Namun demikian, masih banyak pasien yang mengeluhkan pelayanan yang tidak sesuai Standard Operating Procedure (SOP), sarana dan prasarana yang tidak memadai dan biaya yang tinggi (Guspianto, 2015). Hal ini telah membuktikan bahwa penerapan model generik TQM belum efektif dengan mutu pelayanan rumah sakit pemerintah lebih rendah dibandingkan dengan rumah sakit swasta (Guspianto, 2015; Arasli & Ahmadeva, 2004). Milakovich, 1991 dalam Milner 2007 menyatakan bahwa akreditasi seperti JCI mewakili model yang tidak efektif dalam meningkatkan mutu lintas rumah sakit dan telah menciptakan resistensi bahkan oposisi dari staf rumah sakit. Untuk itulah, penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan model TQM untuk rumah sakit.
Metode yang digunakan adalah Partial Least Square Structural Equation Modeling terhadap persepsi karyawan dan statistik deskriptif terhadap persepsi pasien dan manajemen. Penelitian ini dilakukan di RSPAD Gatot Soebroto dan RSUP Fatmawati di 8 unit pelayanan dengan 16 manajemen, 64 karyawan dan 170 pasien. Hasilnya adalah model TQM untuk rumah sakit yang fit dengan variabel dan indikator yang valid dan reliabel serta Customer Satisfaction dan Result yang baik. Dengan model ini, ditemukan beberapa variabel yang berhubungan (p-value <0.05) dan tidak berhubungan (p-value > 0.05).
Hasil penelitian ini menyarankan bahwa variabel yang berhubungan adalah Continuous Improvement terhadap Process Management (r=0.394, p-value=0.000), Organization Behavior and Culture terhadap Process Management (r=0.392, p-value=0.014), Top Management Commitment terhadap Process Management (r=0.303, p-value=0.005), Training and Education terhadapContinuous Improvement (r=0.372, p-value=0.017), Teamwork and Participation terhadap Continuous Improvement (r=0.353, p-value=0.002). Sementara itu, untuk variabel yang tidak berhubungan adalah Information Managementterhadap Continuous Improvement (p-value= 0.076), Customer Focus and Satisfaction terhadap Process Management (p-value= 0.684), Supplier Management terhadap Process Management (p-value=0.287), dan Resource Managementterhadap Process Management (p-value=0.869). Dalam penelitian ini, manajemen rumah sakit direkomendasikan agar menggunakan model TQM untuk Rumah Sakit dalam rangka mendapatkan manfaat berupa kinerja rumah sakit dan kepuasan pasien yang meningkat.

The existence of hospitals as part of health service system with Strategic Millenium Development Goals (MDGs), optimal quality standards and cost effectiveness has been the major rationalization of TQM implementation in hospitals by adopting generic TQM model such as ISO 9001 dan Joint Commission International (JCI) (Munechika, Sano, Jin & Kajihara et. al., 2014; Milner, 2007). However, there are still many complaints from patient`s side regarding hospital`s service that is not comply with standard operating procedure (SOP), inadequacy of hospital`s facility and high cost (Guspianto, 2015). These evidences have proven that the implementation of generic TQM model is ineffective with condition that the quality of service from public hospitals are lower than private hospitals (Guspianto, 2015; Arasli & Ahmadeva, 2004). Milakovich, 1991 in Milner 2007 has revealed that hospital accreditation such as JCI has represented ineffective model in increasing hospital-wide service quality and created resistance among hospital`s personnels. Therefore, this research is intended to develop TQM model for hospital.
The research methods that has been deployed are quantitative research using Partial Least Square Structural Equation Modeling for analyzing insights from employee perspective and descriptive statistics for generating insights from both management and patient perspectives. This research has been taken place at Gatot Soebroto Army Central Hospital and Fatmawati General Central Hospital in 8 working units with 16 management team members, 64 personnels, and 170 patients.
The result has revealed that the TQM model for hospital is fit with valid and reliable variables and indicators with good Customer Satisfaction and Result. Furthermore, this model finds that several constructs are related and some are not related. Those related are Continuous Improvement with Process Management (r=0.394, p-value=0.000), Organization Behavior and Culture with Process Management (r=0.392, p-value=0.014), Top Management Commitment with Process Management (r=0.303, p-value=0.005), Training and Education with Continuous Improvement (r=0.372, p-value=0.017), Teamwork and Participation with Continuous Improvement (r=0.353, p-value=0.002). Those not related are Information Management with Continuous Improvement (p-value= 0.076), Customer Focus and Satisfaction with Process Management (p-value= 0.684), Supplier Management with Process Management (p-value=0.287), and Resource Management with Process Management (p-value=0.869). In this research, hospital management has been suggested to implement this TQM model for hospital in order to increase both hospital performance and customer satisfaction.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
D-Pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yunita Ismail
"Pengelolaan lingkungan pada industri otomotif dapat dilakukan melalui pendekatan simbiosis industri, yang berlaku pada jaringan rantai pasok industri otomotif. Jaringan rantai pasok industri otomotif ini mencerminkan sinergi dalam penyediaan bahan baku industri, melibatkan banyak pemasok dan beragam komponen bahan baku. Penelitian ini bertujuan membangun pendekatan pengelolaan lingkungan pada rantai pasok otomotif untuk material baja pada komponen fast moving. Sampel penelitian adalah perusahaan komponen otomotif pemasok PT Astra Daihatsu Motor atau berlokasi di Jabodetabek. Jumlah sampel adalah 33 perusahaan yang dipilih secara acak dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan PLS (Partial Least Square) untuk menjawab korelasi antar variabel laten.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi pada rantai pasok otomotif berpengaruh terhadap pertukaran produk samping dan air tetapi tidak berpengaruh terhadap pertukaran materi dan energi. Sinergi pada rantai pasok otomotif berpengaruh terhadap pertukaran materi, energi, produk samping dan air. Kolaborasi dan sinergi pada rantai pasok otomotif dapat dimanfaatkan untuk terjadinya pertukaran materi, energi, produk samping dan air. Pembentukan simbiosis industri tidak mengharuskan adanya kedekatan lokasi (geographic proximity). Dalam pembentukan model simbiosis industri pertukaran materi, energi, produk samping dan air dilihat pengaruhnya terhadap keberlanjutan. Model simbiosis industri yang diperoleh adalah model yang menunjukkan pertukaran air antar perusahaan untuk pengelolaan lingkungan menuju pada keberlanjutan.

Environmental management in the automotive industry can be done through industrial symbiosis approach, which applies in the automotive industry supply chain network. Automotive industry supply chain network reflects the synergy in the supply of industrial raw materials, involving many and varied components suppliers of raw materials. This research aims to develop environmental management approaches in the automotive supply chain for the steel material in fast moving components. Samples are suppliers of automotive components company PT Astra Daihatsu Motor or located in Jabodetabek. The number of samples is 33 randomly selected companies and data collection is done by using a questionnaire. The collected data were analyzed using PLS (Partial Least Square) to address the correlation between latent variables.
The results showed that the collaboration on the automotive supply chain affects the exchange of by-products and water but does not affect the exchange of matter and energy. Synergies in the automotive supply chain affect the exchange of matter, energy, byproducts and water. Collaboration and synergies in the automotive supply chain can be used for the exchange of matter, energy, byproducts and water. Establishment of industrial symbiosis does not require the proximity of the location (geographic proximity). In the formation of industrial symbiosis model of exchange of matter, energy, byproducts and water views influence on sustainability. Model of industrial symbiosis obtained is a model that shows the water exchange between the company's environmental management towards sustainability.
"
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2015
D-Pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sirajuddin
"Penelitian ini membahas tentang model pengelolaan pelabuhan dan peningkatan kinerja logistik pada sektor industri pelabuhan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan karena Indonesia memiliki potensi besar menjadi poros maritim dunia. Namun, efisiensi logistik pelabuhan masih belum memuaskan, hal ini terlihat dari kinerja dwelling time masih 5-6 hari, dan biaya logistik masih 24,64% dari produk domestik bruto. Model ini dibangun dari 9 variabel laten dan 33 variabel manifest. Keseluruhan variabel yang digunakan berdasarkan studi literatur dan hasil wawancara langsung dengan 20 praktisi/ahli di bidang logistik pelabuhan, dan melalui focus group discussion untuk memastikan keseluruhan indikator yang digunakan sesuai dengan kondisi dan karakteristik pelabuhan di indonesia.
Untuk membangun dan menguji model, penelitian ini menggunakan metode Structural equation modeling dimana terdapat 15 hipotesis yang digunakan. Sebanyak 500 kuesioner yang didistribusikan ke berbagai stakeholders industri pelabuhan, Namun, hanya 260 kuesioner yang valid untuk dapat diproses lebih lanjut. Hasil perhitungan persamaan struktural diperoleh bahwa faktor political economic environment berpengaruh signifikan terhadap model pengelolaan pelabuhan, dan model pengelolaan pelabuhaan berupa pemisahan dengan tegas antara operator pelabuhan dan regulator pelabuhan dan pengembangan pelabuhan dalam bentuk konsesi berpengaruh signifikan terhadap infrastructure and port facility, hinterland accessibility, quality of services, integration information system, price and incentive strategy; efisiensi customs clearance and administration procedure. Dalam model ini, efisiensi customs clearance and administration procedure yang diintegrasikan dengan operator pelabuhan terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja logistik pelabuhan melalui quality of services, integration information system.
Model ini juga membuktikan bahwa Efisiensi customs clearance and administration procedure berpengaruh signifikan terhadap quality of services, integration information system, dan price and incentive strategy. Begitupula infrastructure and port facility terhadap quality of services; quality of services terhadap kinerja logistik pelabuhan; dan integration information system terhadap kinerja logistik pelabuhan; berpengaruh signifkan terhadap kinerja logistik pelabuhan. Sedangkan variabel yang menurut responden tidak berpengaruh signifikan adalah hinterland accessibility terhadap quality of services dan price and incentive strategy terhadap kinerja logistik pelabuhan.
Selain itu, dari hasil pengujian signifikansi model menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kinerja logistik pelabuhan ekpor-impor di indonesia, prioritas utama yang perlu dilakukan adalah integration information system antara operator dan customs baru kemudian dilakukan price and incentive strategy, quality of service, infrastructure and port facility, dan terakhir hinterland accessibility.

This study discusses the port management model and improved logistics performance in the port industry sector in Indonesia. This research was conducted because Indonesia has great potential to become the world's maritime axis. However, the efficiency of port logistics is still not satisfactory, this can be seen from the dwelling time performance of still 5-6 days, and logistics costs still 24.64% of gross domestic product. This model was built from 9 latent variables and 33 manifest variables. All variables used are based on literature studies and the results of direct interviews with 20 practitioners/experts in the field of port logistics, and through a focus group discussion to ensure that all indicators used are by the conditions and characteristics of ports in Indonesia.
To build and test the model, this study uses the Structural equation modeling method where there are 15 hypotheses used. A total of 500 questionnaires were distributed to various port industry stakeholders. However, only 260 questionnaires were valid for further processing. The results of structural equation calculations show that political-economic environment factors have a significant effect on the port management model, and port management models in the form of explicit separation between port operators and port regulators in the form of concessions have a significant effect on infrastructure and port facilities, hinterland accessibility, quality of services, integration of information system, price and incentive strategy, efficiency of customs clearance and administration procedure. In this model, the efficiency of customs clearance and administration procedures integrated with port operators has proven to have a significant effect on port logistics performance through the quality of services, integration information systems.
This model also proves that the efficiency of customs clearance and administration procedures has a significant effect on the quality of services, integration of information systems, and price and incentive strategies. Also infrastructure and port facility for quality of services; quality of services to the performance of port logistics; and integration of information systems to port logistics performance; significant effect on port logistics performance. While the variables which according to respondents do not have a significant effect are hinterland accessibility to quality of services and price and incentive strategies to port logistics performance.
In addition, the results of testing the significance of the model indicate that to improve the performance of import-export port logistics in Indonesia, the main priority that needs to be taken is the integration of information systems between operators and customs and then a price and incentive strategy, quality of service, infrastructure and port facilities, and finally the hinterland accessibility.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
D2636
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Uly Amrina
"IKM Kosmetik dihadapkan pada kebutuhan dan tantangan yang kompleks dari masyarakat dan pemerintah untuk menuju industri yang inklusif dan berkelanjutan. Penelitian ini dibuat untuk membantu mereka dalam memodelkan permasalahan yang dihadapi untuk mencapai tujuannya, termasuk pilihan strategi yang mungkin untuk meningkatkan keunggulan dimensi operasi manufaktur, ekonomi, lingkungan dan sosial. Penelitian ini mengajukan sebuah kerangka integrasi konsep lean dan green yang kemudian diuji dipraktikkan di dalam suatu model sistem dinamis untuk mendapatkan strategi perbaikan berdasarkan temuan yang didapatkan sejak pengembangan model konseptual, pembuatan model sistem dinamis, dan berbagai eksperimen melalui skenario menggunakan model sistem dinamis tersebut (model-based strategy). Kompleksitas penelitian ini adalah perhatian kepada faktor-faktor yang multi-dimensi yang mencakup multi-aktor (multi-stakeholder) yang terlibat, dimensi waktu dan dimensi indikator penilaian kinerja dari sistem. Metode utama di dalam penelitian ini adalah metodologi sistem dinamis, yang dikombinasikan dengan alat bantu focus group discussion, wawancara mendalam, causal loop diagram, green value stream mapping, life cycle impact assessment (LCIA) dan stock and flow diagram. Peneliti merekomendasikan tiga alternatif strategi, dengan mempertimbangkan kemampuan sumber daya internal IKM dan keterlibatan stakeholder sebagai sumber daya eksternal IKM. Secara keseluruhan, model yang dihasilkan pada penelitian ini memperjelas peran dan kontribusi para stakeholder dan manajer dengan cara yang terstruktur dan sistematis.

Cosmetics SMIs are faced with complex needs and challenges from society and government towards an inclusive and sustainable industry. This research was created to assist them in modeling the problems faced to achieve their goals, including the choice of alternative strategies to increase the advantages of the dimensions of manufacturing operations, economic, environmental and social. This study proposes an integration framework of lean and green concepts which is tested and practiced in a system dynamic model to obtain improvement strategies based on the findings obtained from conceptual model development, system dynamic modeling, and various experiments through scenarios using the system dynamic (model-based strategy). The complexity of this research is the attention to the multi-dimensional factors that include the multi-actor (multi-stakeholder) involved, the dimension of time and performance appraisal indicators of the system. The main method in this research is the system dynamic methodology, which is combined with focus group discussion tools, in-depth interviews, causal loop diagrams, green value stream mapping, life cycle impact assessment (LCIA) and stock and flow diagrams. The researcher recommends three alternative strategies, considering the capacity of the SMI's internal resources and the involvement of stakeholders as external resources of the SMI. Overall, the model produced in this study clarifies the roles and contributions of stakeholders and managers in a structured and systematic way."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stefanus Soegiharto
"Kapal tanker kimia adalah salah satu jenis alat transportasi laut yang memiliki multikompartemen untuk membawa berbagai bahan kimia cair dalam jumlah besar secara bersamaan dan mencegahnya bercampur. Studi ini membahas tentang kesulitan yang dialami oleh manajemen kapal tanker kimia dalam merencanakan rute kapal dan jadwal untuk memelihara persediaan karena karakteristik yang unik dan kendala operasional kapal tanker kimia. Sampai saat ini, belum ada model yang membahas perutean dan penjadwalan kapal tanker kimia untuk menjaga tingkat persediaan yang mempertimbangkan keunikan tersebut secara simultan. Menjembatani kesenjangan penelitian yang terjadi, model matematika baru inventory ship routing and stowage planning problem (ISRSPP) untuk kapal tanker kimia diusulkan. Idenya adalah untuk menggabungkan stowage planning, yang merupakan masalah operasional, ke dalam inventory ship routing, yang merupakan masalah taktis, sebagai problem perencanaan yang terintegrasi. Tujuannya adalah untuk menemukan solusi dengan total biaya perjalanan minimum. Untuk tujuan ini, problem tersebut diformulasikan sebagai mixed integer linear programming (MILP) dengan model waktu diskrit. Untuk menganalisis penerapan model dan kinerjanya, dikembangkan dua skenario, di mana pada skenario pertama, model ISRSPP diselesaikan secara utuh, sementara pada skenario kedua, hanya bagian model inventory ship routing yang diselesaikan. Kedua skenario tersebut diselesaikan dengan menggunakan solver komersial. Hasilnya mengkonfirmasi bahwa kedua problem perencanaan tersebut tidak dapat dipisahkan karena pemisahan akan berpotensi membuat rute dan jadwal armada kapal yang tidak fisibel untuk membuat rencana penyimpanan kargo.

A chemical tanker is one type of ocean carriers which has multi-compartments to carry various liquid chemicals in bulk simultaneously and keep them from mixing. This study discusses the difficulties experienced by management of chemical tankers in planning vessels route and schedule to maintain inventory because of the unique characteristics and operational constraints of chemical tankers. To date, there is no existing models that address inventory routing and scheduling of chemical tankers accounts for the aforementioned uniqueness simultaneously. Bridging the research gap, a novel integrated mathematical model of inventory ship routing and stowage planning problem (ISRSPP) for chemical tankers is proposed. The idea is to combine stowage planning, which is an operational problem, into inventory ship routing, which is a tactical problem, as an integrated tactical planning. The objective is to find a solution with minimum total voyage costs. For this purpose, the problem is formulated as a mixed integer linear program with a discrete time model. To analyse the model applicability and performance, two scenarios is built. In the first scenario, the ISRSPP model was solved completely, while in the second one, only the inventory ship routing part of the ISRSPP model was solved. Both scenarios were solved using a commercial solver. The results confirm that stowage planning problem cannot be treated separately from inventory ship routing problem of chemical tankers because the separation will potentially lead us to create the fleet routes for which no feasible stowage plan can be made."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Maryadi Tirtana
"Persaingan di Industri pengiriman barang di Indonesia semakin ketat seiring dengan pertumbuhan layanan jual beli barang melalui online (e-commerce). Pelayanan yang terbaik dan berkualitas kepada pelanggan secara berkelanjutan merupakan kunci untuk tetap bersaing dan berkembang di pasar yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor-faktor penting dalam 4 dimensi berkelanjutan yaitu dimensi ekonomi, dimensi lingkungan, dimensi sosial, dan dimensi konsumen. Sebuah model logistik berkelanjutan akan dibuat berdasarkan dimensi berkelanjutan yang telah diidentifikasi. Hasil dari kuisioner yang diberikan kepada 182 orang yang bekerja pada level manajerial dalam industri jasa logistik akan digunakan untuk membuat model ini. Sebelum menentukan variabel dan indikator pada logistik berkelanjutan, dilakukan 2 focus group discussion dan validasi oleh ahli. Indikator-indikator berkelanjutan yang telah ditentukan selanjutnya dianalisa menggunakan metode PCA (principal component analysis) dan LDA (linier discriminant analysis) untuk mengetahui faktor dan indikator yang paling mempengaruhi logistik keberlanjutan. Pengembangan model dilakukan dengan menggunakan metode SEM-PLS (Structural Equation Model Partial Least Square). Secara umum hasil penelitian menunjukkan dimensi ekonomi, lingkungan, sosiak dan konsumen memberikan pengaruh langsung dan signifikan terhadap logistik berkelanjutan dikarenakan nilai p-value <0,05 dan t-tabel > 1,96. Hal ini dapat disimpulkan apabila dimensi-dimensi berkelanjutan ditingkatkan, maka kinerja jasa logistik berkelanjutan akan semakin baik. Simulasi Model logistik berkelanjutan dengan menggunakan simulasi model dinamis, menghasilkan proyeksi valuasi model logistik berkelanjutan yang terus meningkat setiap tahunnya mulai dari 4,73% sampai dengan 13,05% dari tahun 2020 sampai 2040. Sehingga hubungan antar dimensi dan variabel dalam model logistik berkelanjutan sudah baik dalam menjaga keberlangsungan sustainabilitas perusahaan jasa logistik di Indonesia.

The expansion of online platforms for purchasing and selling goods (e-commerce) has resulted in increased competition within Indonesia's goods delivery sector. Managing competitiveness and expanding in an increasingly competitive market requires reliable and excellent customer service. The purpose of this study is to identify critical variables in the four sustainable dimensions of the economy, environment, society, and consumer. On the basis of the determined sustainable dimensions, a sustainable logistics model will be developed. This model will be developed using the responses to surveys provided to 182 managers in the logistics services sector. Two focus groups and expert validation were conducted prior to identifying factors and indicators in sustainable logistics. The sustainable indicators that have been determined are then analyzed using the PCA (principal component analysis) and LDA (linear discriminant analysis) methods to determine the factors and indicators that most influence sustainable logistics. Model development was carried out using the SEM-PLS (Structural Equation Model Partial Least Square) method. In general, the research results show that the economic, environmental, social and consumer dimensions have a direct and significant influence on sustainable logistics due to the p-value <0.05 and t-table > 1.96. It can be concluded if sustainable dimensions are improved, the performance of sustainable logistics services will be better. Through the use of dynamic model simulation, the sustainable logistics model is simulated and the result is a projected valuation that rises annually between 2020 and 2040, from 4.73% to 13.05%. Therefore, the relationship between the dependent variable and the independent variable in the logistic model is well-established in terms of assessing the sustainability of the logistics company in Indonesia."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ida Bagus Made Putra Jandhana
"Pertumbuhan sektor industri penting bagi perekonomian Indonesia karena kontribusi PDB sektor Industri terhadap PDB nasional adalah yang tertinggi dibanding dengan sektor lainnya. Selain itu juga, kontribusi PDB sektor industri sudah melampaui kontribusi sektor pertanian. Dengan demikian, jika terjadi gangguan pada proses produksi sektor industri, maka dampaknya akan terasa pada perekonomian nasional secara keseluruhan. Mengacu pada teori produksi, kinerja proses produksi di sektor industri memerlukan faktor input berupa modal yang digunakan untuk pengadaan bahan baku dan pengadaan sarana produksi. Selain kemampuan proses produksi, pertumbuhan sektor industri juga ditentukan oleh dukungan lingkungan industri yang berupa ketersediaan tenaga kerja yang trampil, infrastruktur penunjang industri, serta kondisi pasar produk industri dan ekonomi secara umum. Sehingga berbagai perubahan drastis yang terjadi pada faktor produksi dan lingkungan industri akan berpengaruh terhadap pertumbuhan output sektor industri. Berangkat dari observasi terhadap situasi ini dan kurangnya kajian literatur yang membahas tentang pengukuran kinerja sektor industri berbasis ketahanan, maka penelitian ini bertujuan untuk membangun metode pengukuran kinerja yang memperhitungkan kemungkinan terjadinya berbagai shock yang berdampak pada kinerja sektor industri.
Selama ini, metode pengukuran kinerja sektor industri masih bertumpu pada kinerja yang berbasis daya saing dan pertumbuhan di sektor industri yang bersifat relatif statis. Walaupun terdapat beberapa metode pengukuran yang berbasis indeks gabungan atau metode dimanis dalam menghitung dampak shock pada sektor ekonomi secara umum, namun metode tersebut belum bisa menjelaskan proses transmisi shock yang secara dinamis mempengaruhi struktur produksi di sektor industri. Selain terbangunnya konsep ketahanan industri, penelitian ini juga menjelaskan proses pembangunan metode pengukuran berbasis indeks gabungan yang disebut Indeks Ketahanan Industri (IKI). Selain untuk mengukur ketahanan sektor industri, IKI juga dapat digunakan untuk menganalisis dampak shock terhadap berbagai variabel pembentuk ketahanan serta penentu pertumbuhan output sektor industri. Diharapkan, hasil penelitian ini akan berkontribusi pada alternatif pengukuran kinerja sektor industri, pengembangan metode pengukuran berbasis ketahanan, serta pengukuran kinerja sistem berbasis risiko.

Dalam penelitian ini, sektor industri logam merupakan objek yang dijadikan acuan pembangunan metode pengukuran IKI. Ketahanan industri didefinisikan sebagai sifat atau karakter sektor industri yang mencerminkan kemampuan sektor untuk mengantisipasi adanya gangguan dan menyerap dampak gangguan dalam bentuk shock

Universitas Indonesiaatau stress yang dapat menghambat kinerja sektor industri, serta pulih dari berbagai gangguan tersebut untuk kembali berproduksi normal dan bersaing di pasar dalam waktu yang singkat. Shock dalam pengukuran ini berupa perubahan nilai tukar Rupiah yang drastis terhadap Dolar Amerika. Terdapat empat dimensi dalam pembentukan IKI, yaitu Dimensi Dasar Produksi, Dimensi Daya Dukung Lingkungan Industri, Dimensi Inovasi dan Efisiensi, dan Dimensi Ekonomi Makro. Keempat dimensi ini merupakan hasil perpaduan beberapa konsep dalam membangun metode pengukuran ketahanan industri ini. Untuk melihat dampak yang diakibatkan adanya shock tersebut secara dinamis, digunakan sistem permodelan Vector Autoregression (VAR) dan Vector Autoregression dengan eksogen variabel (VARX). Sistem permodelan ini bisa menangkap adanya perubahan pada IKI akibat adanya shock tersebut.
Dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa IKI dapat digunakan sebagai metode pengukuran ketahanan di sektor industri. Hasil pengukuran IKI, ketahanan sektor industri rentan terhadap dampak perubahan nilai tukar Rupiah yang drastis. Tiga dari empat dimensi pembentuk indeks memperlihatkan hubungan searah pada uji Granger Causality, di mana perubahan pada nilai tukar Rupiah yang drastis menyebabkan perubahan pada variabel pembentuk dimensi-dimensi tersebut. Mengacu pada studi ketahanan terhadap sektor industri logam di Indonesia, pembentukan variance penurunan pada nilai tukar Rupiah sangat berpengaruh pada penilaian ketahanan Dimensi Dasar Produksi dan Dimensi Ekonomi Makro. Namun penurunan nilai tukar Rupiah tidak terlihat memiliki hubungan sebab akibat dengan perubahan pada Dimensi Daya Dukung Lingkungan Industri. Selain itu, melalui perhitungan IKI, sektor industri logam di Indonesia belum memiliki kemampuan berinovasi dalam memperbaiki proses produksi dan kualitas produk dengan penilaian Dimensi Inovasi dan Efisiensi yang relatif rendah. Disertasi ini juga memberikan gambaran terhadap beberapa kemungkinan pengembangan penelitian yang dapat dilakukan di masa yang akan datang, yaitu: penambahan data series yang lebih panjang untuk menambah akurasi forecasting hasil pengukuran, penerapan angka penimbang yang lebih akurat pada setiap dimensi dan variabel pembentuk IKI, dan penerapan IKI pada sektor manufaktur lainnya.

The growth of the industrial sector is important for the Indonesian economy due to its high contribution to the national GDP growth. Contributions from the industrial sector now exceeding the GDP contributions from agricultural sector. Therefore, a distress in the production process in industrial sector will have a substantial impact to the national economy. Based on the production theory, a production process in the industrial sector requires input factors, such as capitals, raw materials, and labors. Any shocks that occur in the production process due to these input factors will affect changes in the sector's output growth. Despite there having been several economic crises that distress the sector's growth in the past decades, there have been few studies addressing the issues and methods to measure the sector's performance that utilize risk considerations of how any possible shocks could affect the sector's performance, i.e. a resilience-based method. Until now, the performance of the industrial sector still rests on competitiveness-based performance and relatively static nature of measurement. Although there are composite indices that measure the dynamic behaviour of the shock impact on the economic sector in general, the method still cannot capture the phenomenon of shock transmitted dynamically into the structure of production process. This research aims to develop a composite index based on resilience concept to measure and analyze the shock effect on the growth of the industrial sector. This index will be referred to as the Industrial Resilience Index (IRI). Additionally, this research contributes a concept and method to measure the resilience in the industrial sector as well as other field of studies. The outcomes of this study will contribute to the development of resilience measurement in various fields.
Prior to the development of the measurement method, a conceptual framework is defined through literature studies from various resilience research. In this research, Industrial Resilience is defined conceptually as the capacity of the industrial sector to anticipate, resist, and recover from any disturbances in the form of shocks or stresses that may be harmfull to the operation performance of the industrial sector. This research employs the sectoral data taken from the metal processing industry in Indonesia. The data is obtained from various economic surveys conducted by the Indonesia Statistics. The distubance considered in the IRI measurement is represented by shocks or drastic changes in the exchange rate between Rupiah and US Dollar that could drive the sector.
Universitas Indonesia output down. The concept of Industrial Resilience as well as the IRI measurement consists of four supporting dimensions, such as the Basic Production Dimension, the Capacity of Industrial Environment Support Dimension, the Innovation and Efficiency Dimension, and the Macro Economy Dimension. To measure the performance adjusted dynamically by the the shock, the Vector Autoregression (VAR) method with exogenous variable (VARX) are employed in the research. IRI model is a system-based approach that captures and measures any variable changes in the sector performance caused by the shock.
The results from this exercise suggest that IRI can be used to measure the resilience of the industrial sector. Additionally, the exercise also concludes that the Indonesian metal sector is vulnerable to shock of US Dollar to Rupiah exchange rate. Furthermore, this study explains not only how the exchange rate shock is transmitted through various variables that form IRI, but also on how long the shock may impacts sector's performance until the new performance equilibrium is reached. The exchange rate shock causes the volatility in three out of four dimensions forming the index, such as the Basic Production Dimension, the Innovation and Efficiency Dimension, and the Macro Economy Dimension, based on the Granger Causality test. The result also indicates that the Rupiah devaluation does not have any causal effects with the changes in the Capacity of Industrial Environment Support Dimension. This study also suggests the importance of innovation in the industrial sector as it improves the production process and quality of products. Subsequently, these improvements contribute to the overall sector efficiency and resilience. To expand the future of this study, there are several potential studies that can be conducted to improve the current research or to extend the implementation of the research findings, such as the extension of data series to increase the IRI forecasting accuracy, more detail and representative variables set in each dimension, and the implementation of IRI measurement in the other industrial sectors."
Depok: Universitas Indonesia, 2019
D2760
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmat Irfansyah
"[Lingkungan dan kemiskinan memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan
pembangunan berkelanjutan. Tujuan riset ini adalah untuk mendeskripsikan
karakteristik penduduk miskin di lingkungan industri perkotaan Kawasan Berikat
Nusantara, mengkaji kualitas lingkungan hidup di lingkungan industri perkotaan,
menganalisis pengaruh faktor-faktor sosial ekonomi, kualitas lingkungan,
Program Keluarga Harapan, dan program Corporate Social Responsibility PT.
Kawasan Berikat Nusantara (Persero) pada pengeluaran perkapita penduduk
miskin dan menghasilkan model penanggulangan kemiskinan untuk keberlanjutan
lingkungan industri perkotaan.
Variabel utama yang berpengaruh signifikan pada pengeluaran perkapita
penduduk miskin adalah jumlah anggota keluarga, status rumah, sumber air
bersih, intensitas penerimaan PKH, jarak rumah, ketersediaan air bersih,
pengelolaan sampah, polusi suara, bantuan PKH, mata pencaharian, biaya
eksternal dan penggunaan PKH. Kualitas lingkungan hidup di lingkungan
Kawasan Berikat Nusantara Kecamatan Cilincing dihitung berdasarkan nilai
Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) dari tahun 2008-2012 berada dalam
klasifikasi waspada. Model yang dihasilkan mampu memprediksi penurunan
jumlah penduduk miskin dengan fokus intervensi pada biaya eksternal dan faktorfaktor
lingkungan melalui integrasi Program Keluarga Harapan dan Corporate
Social Responsibility industri dalam bentuk Bina Lingkungan;Environment and poverty have a strong interconnection in sustainable
development. This research aims to describe the characteristics of the poor people,
to assess the quality of the environment based on water pollution index, air
pollution index and forest cover in urban industrial area, to analyze the influence
of socio-economic factors, environmental quality, Keluarga Harapan Program,
and the Corporate Social Responsibility PT. Nusantara Bonded Zone (Persero) on
per capita expenditure of poor people in urban industrial area, also to produce
poverty reduction model for sustainable urban industrial area.
The main variables that have significant effect on per capita expenditure of poor
people are the number of family members, the status of the house, sources of
clean water, the intensity of Keluarga Harapan Program, distance from the house,
clean water supply, waste management, noise pollution, Keluarga Harapan
Program assistance, livelihood, external costs and the utilization of PKH. From
period of 2008-2012 the environmental quality is already on ?alert? status. The
model developed is capable of predicting the decrease of poor people number with
the intervention focuses on external costs and environmental factors through the
integration of Keluarga Harapan Program and industries? Corporate Social
Responsibility of Environmental Safeguard Program, Environment and poverty have a strong interconnection in sustainable
development. This research aims to describe the characteristics of the poor people,
to assess the quality of the environment based on water pollution index, air
pollution index and forest cover in urban industrial area, to analyze the influence
of socio-economic factors, environmental quality, Keluarga Harapan Program,
and the Corporate Social Responsibility PT. Nusantara Bonded Zone (Persero) on
per capita expenditure of poor people in urban industrial area, also to produce
poverty reduction model for sustainable urban industrial area.
The main variables that have significant effect on per capita expenditure of poor
people are the number of family members, the status of the house, sources of
clean water, the intensity of Keluarga Harapan Program, distance from the house,
clean water supply, waste management, noise pollution, Keluarga Harapan
Program assistance, livelihood, external costs and the utilization of PKH. From
period of 2008-2012 the environmental quality is already on ‘alert’ status. The
model developed is capable of predicting the decrease of poor people number with
the intervention focuses on external costs and environmental factors through the
integration of Keluarga Harapan Program and industries’ Corporate Social
Responsibility of Environmental Safeguard Program]"
2015
D-Pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuli Andriani
"ABSTRAK
Kebutuhan air bertambah seiring dengan pertambahan penduduk. Pertambahan penduduk membawa konsekuensi pada pemanfaatan. Baik pemanfaatan lahan untuk tempat tinggal, dan berkebun, maupun pemanfaatan air untuk kebutuhan sehari-hari atau energi. Pemanfaatan air ini mulai dari wilayah hulu, tengah, hingga hilir DAS. Pemanfaatan air untuk memenuhi kebutuhan hidup ini memberikan manfaat, seperti menambah pendapatan masyarakat melalui irigasi sawah-sawah, atau sebagai sumber energi melalui pembangkit listrik tenaga mikrohidronya. Pemanfaatan air ini perlu dilakukan penilaian. Cara penilaian atas pemanfaatan air ini dilakukan menggunakan valuasi ekonomi. Valuasi air di daerah aliran sungai DAS adalah langkah penting pertama dilakukan, sebagai kebijakan dalam upaya peningkatan investasi untuk perlindungan sumberdaya air alami. Kebijakan ini dapat dipergunakan sebagai dasar pembayaran jasa lingkungan sehingga pengelolaan jasa lingkungan DAS untuk kepentingan masyarakat umumnya dan ekonomi nasional dapat lebih optimal. Pengelolaan SDA tidak hanya merujuk aspek ekonomi tetapi juga mengkaitkan tingkat partisipasi masyarakat. Pengelolaan SDA pada kasus pemanfaatan DAS Enim masih terbatas maka dalam penelitian ini akan melibatkan masyarakat dengan partisipasinya dalam pengelolaan SDA tersebut. Berdasarkan hasil analisis manfaat dan biaya dan partisipasi masyarakat, digunakan untuk pertimbangan apakah pengelolaan sumberdaya air di DAS Enim berkelanjutan atau tidak. Hasil analisis manfaat dan biaya terhadap dampak dari pemanfaatan air diperoleh bahwa pengelolaan sumberdaya air berkelanjutan dengan net present value yang lebih besar dari nol dan rasio manfaat dan biaya yang lebih besar dari satu. Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan SDA berada pada tingkat partisipasi mengunakan Teori Arnstein. Berdasarkan hasil perhitungan net present value dan rasio manfaat dan biaya, maka diperoleh partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sumberdaya air dalam disertasi ini berkelanjutan. Kata kunci: partisipasi masyarakat, pengelolaan sumberdaya air; pemanfaatan air untuk sumber energi, dan sumber pangan; analisis manfaat dan biaya Kebutuhan air bertambah seiring dengan pertambahan penduduk. Pertambahan penduduk membawa konsekuensi pada pemanfaatan. Baik pemanfaatan lahan untuk tempat tinggal, dan berkebun, maupun pemanfaatan air untuk kebutuhan sehari-hari atau energi. Pemanfaatan air ini mulai dari wilayah hulu, tengah, hingga hilir DAS. Pemanfaatan air untuk memenuhi kebutuhan hidup ini memberikan manfaat, seperti menambah pendapatan masyarakat melalui irigasi sawah-sawah, atau sebagai sumber energi melalui pembangkit listrik tenaga mikrohidronya. Pemanfaatan air ini perlu dilakukan penilaian. Cara penilaian atas pemanfaatan air ini dilakukan menggunakan valuasi ekonomi. Valuasi air di daerah aliran sungai DAS adalah langkah penting pertama dilakukan, sebagai kebijakan dalam upaya peningkatan investasi untuk perlindungan sumberdaya air alami. Kebijakan ini dapat dipergunakan sebagai dasar pembayaran jasa lingkungan sehingga pengelolaan jasa lingkungan DAS untuk kepentingan masyarakat umumnya dan ekonomi nasional dapat lebih optimal. Pengelolaan SDA tidak hanya merujuk aspek ekonomi tetapi juga mengkaitkan tingkat partisipasi masyarakat. Pengelolaan SDA pada kasus pemanfaatan DAS Enim masih terbatas maka dalam penelitian ini akan melibatkan masyarakat dengan partisipasinya dalam pengelolaan SDA tersebut. Berdasarkan hasil analisis manfaat dan biaya dan partisipasi masyarakat, digunakan untuk pertimbangan apakah pengelolaan sumberdaya air di DAS Enim berkelanjutan atau tidak. Hasil analisis manfaat dan biaya terhadap dampak dari pemanfaatan air diperoleh bahwa pengelolaan sumberdaya air berkelanjutan dengan net present value yang lebih besar dari nol dan rasio manfaat dan biaya yang lebih besar dari satu. Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan SDA berada pada tingkat partisipasi mengunakan Teori Arnstein. Berdasarkan hasil perhitungan net present value dan rasio manfaat dan biaya, maka diperoleh partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sumberdaya air dalam disertasi ini berkelanjutan.

ABSTRACT
Water demand increases with population growth. Population growth has been consequences on the use of land for residence, and gardening, as well as the use of water for daily necessities or energy. Utilization of this water covers areas from the upstream, middle, and downstream watershed. Utilization of water to meet the needs of this life provides benefits, such as increasing the income of the community through irrigation of rice fields, or as an energy source through micro hydro power plant. Water utilization needs assessment. The assessment of water utilization is done using economic valuation. Valuation in watersheds is the first important step taken as a policy to increase investment for natural water resources protection. This policy can be used as a basis for payment of environmental services so that the management of watershed environmental services for the benefit of the general public and national economy can be more optimal. The management of water resources not only refers to the economic aspect but also links to the level of community participation. The management of water resources in the case of watersheds usage of Musi is still relative limited in this research involves the community with its participation. Based on the results of benefit and cost analysis and community participation, one could consider whether the resource management in this case the water resources in sustainable. The results of benefit and cost analysis of the impact of water utilization have been found that sustainable water resource management with a net present value greater than zero and a ratio of benefits and costs greater than one. Community participation in water resources management is in the level of participation using Arnstein Theory. Based on the calculation of net present value and benefit and cost ratio, participation community on the resource management in this dissertation is sustainable. "
2017
D2402
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Soleh Rusyadi Maryam
"ABSTRAK
Pengusahaan karet rakyat masih menghadapi dua permasalahan mendasar yaitu rendahnya kualitas bahan olah karet bokar dan rendahnya penghasilan petani. Hal ini diduga karena belum terbentuknya sinergi diantara para pemangku kepentingan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis indikator dan variabel peran pemangku kepentingan, yaitu pemerintah, industri karet remah, dan lembaga pemberi bantuan dalam mewujudkan sustainabilitas pengusahaan karet serta merumuskan kerangka konsep pengembangan sinergi peran pemangku kepentingan tersebut. The Partial Least Square-Structural Equation Model PLS-SEM digunakan untuk menganalisis signifikansi hubungan indikator-variabel dan hubungan antar variabel peran pemangku kepentingan pengusahaan karet rakyat di Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran lembaga pemberi bantuan signifikan dalam mewujudkan sustainabilitas pengusahaan karet rakyat, namun tidak demikian halnya dengan peran pemerintah dan peran industri karet remah. Sebuah kerangka konseptual pengembangan sinergi peran pemangku kepentingan pengusahaan karet rakyat telah dirumuskan melalui penelitian ini.

ABSTRACT
Rubber smallholding has been facing two substantial issues i.e. low quality rubber and low farmer income. These problems are presumably caused by the absence of synergy among stakeholders. This research is aimed at analyzing indicators as well as variables of roles of government, crumb rubber industry and aid agency in establishing sustainability of rubber smallholding as well as at constructing a conceptual framework for synergy development of the stakeholder rsquo;s role. The Partial Least Square-Structural Equation Model PLS-SEM is employed to analyze significance of indicator-variable and inter variable relations in Pulang Pisau District of Indonesia rsquo;s Central Kalimantan Province. The result shows that role of aid agency significantly determines sustainability of rubber smallholding. However, it is neither the case with role of government nor the crumb rubber industry. A conceptual framework for developing synergy among stakeholders has been formulated out of this research."
Jakarta: Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, 2018
D2465
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>