Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Townsend, A. L.
Semarang: IKIP Semarang Press , 1986
696.1 TOW p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Montesquieu
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993
303.3 MON m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Lestari Maharani
"ABSTRAK
Salah satu hal yang sedang berkembang dan banyak digunakan di industri
perkapalan yaitu teknologi laminasi material komposit fiber dengan metode
Vacuum Assisted Resin Transfer Molding (VARTM). Di Indonesia, sistem ini
masih belum dioptimalkan penerapannya karena belum adanya peraturan yang
lebih spesifik mengenai proses pembuatan, menghitung jumlah lapisan, dan
kekuatan komposit jika menggunakan proses Vacuum Assisted Resin Transfer
Molding (VARTM). Laminasi komposit VARTM disusun dengan menyamakan
jumah fiber konten komposit dengan menggunakan metode Hand Lay Up. Karena
itu, dilakukan analisis kekuatan struktur komposit quasi isotropic dan simetris
pada kapal dengan metode finite element. Analisis kekuatan memanjang
dilakukan pada keadaan statik dengan kondisi gelombang Hogging dan Sagging,
dan kriteria kegagalan Tsai Wu digunakan untuk mengetahui karakteritik lamina
komposit. Lapisan laminate quasi isotropic memiliki kekuatan yang lebih baik
pada struktur kapal dibandingkan lapisan simetris. Selain itu, berkurangnya
ketebalan lambung kapal menyebabkan adanya pengurangan jarak frame
melintang agar deformasi yang terjadi sesuai dengan yang diisyaratkan oleh kelas.
ABSTRACT
One of the things that are being developed and widely used in the shipping
industry is technology of laminated fiber composite materials by the method of
Vacuum Assisted Resin Transfer Molding (VARTM). In Indonesia, the
implementation of system is still not optimized because of the absence of more
specific regulations regarding the manufacturing process, counting the number of
layers, and the strength of the composite when using the Vacuum Assisted Resin
Transfer Molding (VARTM). VARTM composite laminate composed by equating
the number of fiber composite content by using the method of Hand Lay Up.
Therefore, structural strength of composite quasi isotropic and symmetrical on the
ship analyzed by the finite element method. Longitudinal strength analysis
performed on static state with Sagging and hogging wave conditions, and Tsai Wu
failure criteria are used to determine the characteristic of the composite lamina.
Quasi-isotropic laminate layer has better strength compared to the structure of the
ship symmetrical layers. In addition, the reduced thickness of the hull causing a
reduction in the transverse frame spacing in order deformation that occurs in
accordance with the implied by the class."
2013
T35157
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sembiring, Handika Anggi Kelana
"Pemborosan yang terdapat pada proses penanganan petikemas ekspor di TPK Koja dapat menyebabkan performa tidak efisien. Pemborosan tersebut dapat dieliminasi dengan perpaduan konsep DMAIC, konsep Lean dan Konsep diagram Fishbone. Konsep DMAIC digunakan sebagai panduan urutan untuk memudahkan pengolahan dan analisis data yang terdiri dari lima tahap yaitu : (1) Define, mendefinisikan masalah menggunakan konsep Lean untuk membuat Current Value Stream Mapping dan mengidentifikasi pemborosan yang ada di dalamnya; (2) Measure, penentuan pemborosan yang dapat dieliminasi yaitu pemborosan tipe excessive transportation yang diterjemahkan sebagai aktivitas pengangsuran petikemas; (3) Analyze, proses penyelesaian masalah dengan konsep diagram Fishbone untuk mengetahui akar permasalahan aktivitas pengangsuran petikemas; (4) Improvement, perbaikan yang dilakukan untuk menyelesaikan akar permasalahan aktivitas pengangsuran petikemas dan (5) Control, hasil akhir setelah dilakukan perbaikan dalam bentuk Future Value Stream Mapping yang menunjukkan adanya peningkatan efisiensi proses penanganan petikemas ekspor dalam bentuk penghematan waktu sebesar 105 detik.

Waste that founded in export container handling process at TPK Koja can causing an inefficient performance. The waste can be eliminated with a fusion concept of DMAIC concept, Lean concept and Fishbone Diagram concept. The DMAIC concept used as a guide to facilitate the processing and analysis data that composed of five stages which is : (1) Define, defining problems by using the Lean concept to make the Current Value Stream Mapping and identifying waste in it; (2) Measure, the waste determination process to find which waste that can be eliminated and the result of waste type that can be eliminated is excessive transportation that known as container shuffling activity; (3) Analyze, the problem solved process by using the Fishbone diagram concept to know root problem that cause the container shuffling activity; (4) Improvement, ideas that used to solve the root problems that cause the container shuffling activity and (5) Control, the final result after the improvement applied that showed the Future Value Stream Mapping and indicates there is an increasing of efficiency in export containers handling process at TPK Koja by saving 105 seconds."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S55306
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakhri Akbar Ayub
"ABSTRAK
Indonesia Sebagai Negara yang memiliki wilayah perairan yang sangat luas, tranportasi menjadi hal yang sangat penting. Transportasi di Indonesia bisa dikatakan sebagai urat nadi perekonomian bangsa. Kebutuhan akan transportasi darat, transportasi laut, dan transportasi udara akan semakin meningkat seiring dengan jumlah kebutuhan dan aktifitas sosial dan masyarakat. Untuk bisa mendapatkan perancangan/desain kapal yang optimal dan efisien dilihat dari aspek stabilitas, diperlukan pengujian inclining test. Dalam penerapannya, proses pengujian kemiringan kapal melalui inclining test ini wajib dilakukan guna mendapatkan izin berlayar dengan mengacu pada peraturan international IMO dan SOLAS.
ABSTRACT
Indonesia as a country that has a very wide waters area, transportation becomes very important. Transportation in Indonesia can be regarded as the pulse of the national economy. The need for land transport, sea transport and air transport will increase along with the number of needs and social community activities. To be able to get the optimal design and efficient ship seen from the aspect of stability, required inclining test experiment. In its application, the process of testing the slope of the ship through the inclining test must be done in order to get permission to sail with reference to international regulations IMO and SOLAS"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S58484
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Trizkia Woro Astiti
"ABSTRAK
Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan yang semakin meningkat, pelayaran rakyat tidak dapat bergantung pada kapal kayu tradisional. Selain materialnya susah didapat dan harganya mahal, proses pembuatannya pun tidak praktis. Pada skripsi ini, penulis merevitalisasi armada pelayaran rakyat menggunakan kapal berbahan dasar baja dengan lambung pelat datar. Tujuannya agar kapal ini menjadi kapal Nasional dan menjadi program pemerintah, maka pemerintah perlu bekerja sama dengan perusahaan pelayaran rakyat dalam merealisasikan kapal ini. Pembiayaan modal investasi dalam tugas akhir ini dibebankan kepada pemerintah dan perusahaan pelayaran rakyat dengan pilihan presentase masing-masing 40, 50, dan 60, dan tingkat suku bunga peminjaman modal 10,5%.
ABSTRACT
Along with the development of technology and the increasing demands, Pelayaran Rakyat can not rely on a traditional wooden boat . This is caused by the rising cost and the difficulty in finding materials, also the manufacturing process of wood was not practical. In this project, the author revitalize traditional shipping by building vessels with steel based flat hull. Because the goal of this project is to provide the suitable technology for National vessel, the government should cooperate with the traditional shipping company. Financing of capital investment in this thesis is charged to the government and traditional shipping company with a percentage of each choice of 40, 50, and 60, and 10.5 % capital loan interest rate."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S58411
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mochamad Rizky Trianda
"ABSTRAK
Pada penelitian kali ini, proses pengelasan electrical resistance spot welding diaplikasikan pada cold rolled sheet yang biasa diguanakan pada industri manufaktur. Paramaeter pada proses pengelasan electrical resistance spot welding seperti bentuk elektroda, material elektroda, dan gaya elektroda dianggap konstan. Pada penelitian ini menggunakan variasi waktu pengelasan dan arus pengelasan untuk mengindentifikasi nilai parameter pengelasan yang optimal untuk menghasilkan beban tarik dan ukuran weld nugget yang baik. Arus pengelasan yang digunakan ialah 1, 2, dan 3 kA dan pada waktu pengelasan 4, 6, dan 8 cycles untuk menyambungkan pelat dengan ketebelan 0.8 mm. Hasil pengelasan tersebut akan diuji dengan mesin ujik tarik di laboaraturium untuk mengetahui beban tarik masksimum dari hasil sambungan lasan tersebut. Selain mengetahui beban tarik maskimum dari hasil lasan tersebut, penelitian ini juga mengamati perkembangan ukuran weld nugget. Weld nugget dapat mendeteksi kualitas dari hasil sambungan las dengan melihat ukuran untuk mencegah terjadinya expulsion dan mendapatkan ukuran weld nugget yang baik. Untuk mengidentifikasi perubahan siklus termal pada proses pengelasan maka dilakukan pengambilan foto mikrostruktur dan makrostruktur. Penelitian ini memperlihatkan paramater pengelasan optimum yang akan digunakan pada industri otomotif dan manufaktur yang digunakan oleh produsen.
ABSTRACT
this study, the electric resistance spot welding process was applied to cold rolled sheet used in manufacture industry. Resistance spot welding parameter such as, electrode form, electrode material, and electrode force were stayed constant. This experiment using different welding time and welding current to identify the optimum welding parameters for the optimum shear load and weld nuggget size. Using 1, 2, and 3 kA welding current and 4, 6, and 8 cycles welding times for 0.8 mm sheets were spot welded by lap joint method. These spot-welded joints will be tested with uniaxial tensile test in laboratory to identify shear load from spot-welded joint. Not only identify shear load from the result of uniaxial tensile test this experiment but also observe development the size of weld nugget. Weld nugget can detect the quality of spot-welded joint with its size to prevent the expulsion and get the acceptable nugget diameter in that process. For identification the change of thermal cycle in this welding process that uses micro-structure and macro-structure appearances. This experiment showing the optimum welding parameters that use in the automotive manufacturing were given to users."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S58550
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Umaiyah
"ABSTRAK
Kapal ferry merupakan alat transportasi penyeberangan yang masih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun sayangnya karena sistem manajemen keselamatan yang buruk sehingga mengakibatkan banyaknya kejadian kecelakaan yang dialami oleh kapal ferry tersebut. Penelitian ini membahas penyebab-penyebab kecelakaan yang terjadi pada kapal penyeberangan jarak pendek atau kapal ferry. Dari data penelitian yang didapat sebanyak 53 % kecelakaan diakibatkan oleh kesalahan manusia dan sisanya 47% karena faktor kesalahan teknis. Dengan adanya permasalahan diatas maka dilakukanya penelitian untuk mengetahui besarnya penerapan dari sistem manajemen keselamatan. Dan memenuhi persyaratan kelayakan kapal yang mengacu pada International Safety Management Code dengan metode wawancara dengan penumpang, perusahaan pemilik kapal maupun awak kapal dan juga. Dari penelitian didapatkan hasil bahwa ketiga elemen yaitu elemen 8 kesiapan darurat, elemen 3 tanggung jawab dan wewenang perusahaan dan elemen 10 pemeliharaan kapal dan perlengkapannya adalah elemen yang paling sedikit penerapannya. Melihat hal tersebut maka dibuatlah rekomendasi atau usulan untuk perbaikan dan peningkatan sistem manajemen keselamatan baik dari penerapan Standar SOLAS untuk LSA CODE dan FFS CODE, adanya pencerdasan untuk semua penumpang kapal, peningkatan kualitas awak kapal, perbaikan pada kebijakan pemerintah, dan yang paling penting adanya Technical Officer.

ABSTRACT
Ferry means widely crossing transport and still used by the Indonesians. Because of the poor management of safety system, rising the number of accidents by the ferry. This study discusses the causes of the accident that occurred at a short distance of ferry. From the research data resulting that the presentage of accident caused by human error is 53% and caused by technical error is 47%. With this problems, we do research to determine the application of the safety management system. To fullfilled the eligibility requirements of the ship, which refers to the International Safety Management Code by taking data with passengers, the company owner ship and crew ship. From the research showed the three elements of 8th element about emergency condition, the 3th element about responsibility and authority companies and 10th element about ship and equipment maintenance. The threes element with least application. Thus the writer could recommend to improvement of the safety management system application based on SOLAS standard, LSA CODE and FFS CODE, give socialization to passengers, increasing the quality of the crew ship, improving the government policy, and the Technical Officer is the one of the important on that.
"
2015
S58761
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library