Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
M. Khairi Ridwan
Abstrak :
Praktik kerja profesi apoteker merupakan suatu tahapan yang wajib dilakukan oleh seorang calon Apoteker. Kegiatan praktik kerja profesi apoteker ini memiliki tujuan untuk memberikan gambaran mengenai tugas dan kewajiban seorang apoteker di suatu instansi baik itu industri farmasi, rumah sakit, puskesmas bahkan apotek. Dalam praktik kerja profesi apoteker di industri farmasi, seorang apoteker yang berperan pada departemen marketing mempunyai peranan dalam meningkatkan branding produk obat yang dilandasi dengan pengetahuan farmasi. Tidak hanya itu, peran apoteker sebagai marketing pun akan tetap dilakukan di area kerja apotek, rumah sakit. Di apotek, seorang apoteker dapat meningkatkan penjualan produknya dengan memanfaatkan tipe komunikasi yang mudah dipahami dan dimengerti oleh pasien atau target pasarnya. Peran apoteker baik di industri farmasi ataupun apotek haruslah didasarkan atas eight stars of pharmacist, yakni (i) Care giver; (ii) Decision maker; (iii) Communicator; (iv) Leader; (v) Manager; (vi) Long-life learner; (vii) Teacher; (viii) Researcher. Dari kedelapan peran apoteker menurut WHO tersebut, seorang apoteker dalam menjadikan delapan peran tersebut menjadi bagian dalam setiap langkah dan tindakan yang dilakukan saat bekerja sebagai apoteker, baik itu di ruang lingkup industri farmasi atau pelayanan farmasi. ......The working practice of the pharmacist profession is a stage that must be carried out by a prospective pharmacist. This pharmacist's professional practice activity has the aim of providing an overview of the duties and obligations of a pharmacist in an agency, be it the pharmaceutical industry, hospitals, health centers and even pharmacies. In the working practice of the pharmacist profession in the pharmaceutical industry, a pharmacist who plays a role in the marketing department has a role in improving the branding of medicinal products based on pharmaceutical knowledge. Not only that, the role of pharmacists in marketing will still be carried out in the work area of pharmacies and hospitals. In pharmacies, a pharmacist can increase sales of their products by utilizing a type of communication that is easy to understand and understand by patients or their target market. The role of pharmacists in the pharmaceutical industry or in pharmacies must be based on eight stars of pharmacists, namely (i) Care giver; (ii) Decision makers; (iii) Communicators; (iv) Leaders; (v) Managers; (vi) Long-life learners; (vii) Teachers; (viii) Researcher. Of the eight roles of pharmacists according to WHO, a pharmacist makes these eight roles a part of every step and action taken while working as a pharmacist, be it within the scope of the pharmaceutical industry or pharmaceutical services.
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2021
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Cindy Alti
Abstrak :
Industri farmasi adalah suatu badan usaha yang memiliki izin dari Menteri Kesehatan untuk melakukan kegiatan pembuatan obat atau bahan obat dengan memenuhi persyaratan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB). PT Abbott Indonesia merupakan perusahaan PMA multinasional bidang kesehatan yang berdedikasi untuk menemukan obat-obatan baru, teknologi baru, dan cara-cara baru untuk mengelola kesehatan. Marketing merupakan sub-divisi dari EPD di PT Abbott Indonesia yang memiliki peranan dalam membuat strategi pemasaran produk, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Kegiatan Praktek Kerja Profesi Apoteker dilakukan mulai 17 Maret 2022 hingga 17 Mei 2022 di Abbott EPD Indonesia – Sub divisi Marketing. Laporan khusus ini berrtujuan untuk memberikan informasi terkait peran dan tugas Apoteker khususnya sub-divisi marketing dalam kegiatan persiapan re-launching produk yang ada di Abbott EPD Indonesia yaitu produk XX. Apoteker berperan penting dalam marketing sebagai perpanjangan tangan perusahaan dalam memberikan edukasi dan mempromosikan suatu produk farmasi kepada tenaga kesehatan lain maupun masyarakat menggunakan data ilmiah. Marketing berperan dalam membuat strategi pemasaran produk dengan melakukan forecasting untuk melihat peluang mengembangkan bisnis dan market share. Pengembangan bisnis tersebut dituangkan ke dalam Launch Plan dan Brand Plan. Dalam menjalankan tugas development re-launching produk XX, sub-divisi marketing di Abbott EPD Indonesia memiliki tugas seperti analisa data market, mengumpulkan customer insight, analisa kompetitor, menghitung sales forecast, hingga membuat promo materials dan mengadakan symposium/events. ...... The pharmaceutical industry is a business entity that has a permit from the Minister of Health to carry out activities to manufacture drugs or medicinal ingredients by fulfilling the requirements of Good Medicine Manufacturing Practices (GMP). PT Abbott Indonesia is a multinational company in the health sector dedicated to discovering new medicines, new technologies and new ways to manage health. Marketing is a sub-division of EPD at PT Abbott Indonesia which has a role in making product marketing strategies, both short and long term. Pharmacist Professional Job Training Activities will be carried out from March 17th 2022 to May 17th 2022 at Abbott EPD Indonesia – Marketing Sub division. This special report aims to provide information regarding the roles and duties of pharmacists, especially the marketing sub-division in preparation for product re-launching at Abbott EPD Indonesia, namely product XX. Pharmacists play an important role in marketing as an extension of the company in providing education and promoting a pharmaceutical product to other health workers and the public using scientific data. Marketing plays a role in making product marketing strategies by forecasting to see opportunities to develop business and market share. The business development is outlined in the Launch Plan and Brand Plan. In carrying out development tasks for re-launching XX products, the marketing sub-division at Abbott EPD Indonesia has tasks such as analyzing market data, gathering customer insights, analyzing competitors, calculating sales forecasts, making promo materials and holding symposiums/events.
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library