Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Yusuf
"ABSTRAK
Wali merupakatr seonng yatrg diarygap dekat denga[ Tuhatr di dalam dunia Islam. Kedekatatr tersebut terlihat dari cara hiduprya yang tidak terlepas dari prilaL'u, perbuatan, dan tutur katanya yaog selaras dengan kehidupan Rasulullah. Disioilah Tuhan memberi anugerah berupa karamah sebagai penjagaan dirinya dari musuh-musuhnya. Selah itu adalya karamah pada seorarg wali juga utrtuk menolong masyamkat Islam bail ya.ng dikenalnya ataupun yang tidak dikenalnya. Maka disinilah masyarakat Islam percaya bahwa seorang wali merupakar wasilal (perantara) agar harapan dan doaaya dikabulkan oleh Allalr. Adapur bulu Le Culte Dans Le Monde Musulnan (Ziarah dan Wali di Dunia Islam) meryBngkap dimel1si karamah datr tawasul merurut pe$pettif orientalis. Menariknya pada buku tersebut, Henri Chambert Loir dan Claude Guillot memaparka[ peldapat tenta[g karamah dan tawasul melalui penelitiamya di lndonesra.
Tujuan dafi penelitian id adalah untuk mengetahui dimensi kammah dan tawasul dad Heori Chambert Lotu dan Claude cuillot di dalam buku Le Culte Dans Le Monde Musulnan (Ziarah dan Wali di Dunia lslam). Mereka memaparkan tetrtalg karainah dao tawasul melalui narasi-narasi. Maka penulis akan medlai sisi objektifititas narasi-naxasi Hend Chambert Loir dar Claude Guiflot di dalam bular Le Culte Da.]$ Le Monde Musulmar (Ziarah dar Wati di Duaia Islam).
Memang pada padangatr-pandatrgan dad Heffi Chambert Loir datr Gulliot di dalam buku Le Culte Dans Le Mo[de Musulmatr belu4 represefiatif di dalam memaparkatr dimetrsi karamah datl tawasul. Karetra pendapat mereka tidak dipe (Iat pendapat ulana-ulalru Islam. Maka dari itu peneliti meletrgkapi kekuangan ters?but. Pe.rdekatan pada perclitia! ini adalah kua.litatif. Karakteristik dari perclitian kualitatif yaitu konsepnya tidak rnenyeluruh karena kualgrya teorj dari perclitian terdahulu- Mematg teod dad pene]itiar terdahulu ada akan tetapi belum tepat atau kurang mendalam. Alasat dari memilih pendekatan iri kffena ingh metrdapat peirahaman nqeodalarn tentang dimeosi karamah dan taoasul di dalam buku Le Culte Dans Le Monde Musuhnal lZiarah dan Wali di Duria Islam).

ABSTRACT
In the Islamic world, Saints are those considered close to God. The closeness can be seen in their way of life, includitrg their behavior, actions, and sayings, which are tn tune with the Prophet's way of life. This is where God gants karamah tu guard the saints from the eoemies. Besides, the Karamah they orrn is also to help Muslim communities whether familair to them ot llot. Therefore, the Islamic communi$/ then believe that the sairlt is a wasilah (intermediaries) itr hophg that their U&yer is ganted by Allah. The book Le Culte Dans Le Monde Musuliutr (Pilgrimage and Trustee in the Islamic Wo d) reveals the dimensions of karamah and tawasul according to the odentalist perspective. I erestitrgly, in the book, Heffi Chambert Loir afld Claude cuillot descdbe opiaions about Karamah and tawasul tbrough their research in Indonesia.
The purose ofthis study was to determine the dimensions ofkaramah and tawasul meant by Henri Chambert Loir and Claude Guillot in their book, Le Culre Darts Le Monde Musulman (Pilgrimage aod Sahts itr the Islarnic world). They er?lained about Kaxamah ad tawasul though narratives. Alld the kammah and tawasul discussed by Hend Chambert Loir ard Claude Guillot are those in Indolesia. The authofi assess the objectiyi!, ofnaoatives by Henri Chambert Loir and Claude Guillot in tle book Le Culte Dal1s Le Moode Musulmar (Pilgrimage and Sai s in the Islamic vorld).
However, the views of Henri Chambert Loir and Gulliot in the book, Le Culte Dans Le Monde Musulman, are not i.rlly representative io describing the dimensions karamal and tawasul. Because theil opinions are not rehforced by the opirior1 of Islamic scholals. Thus the researc]te$ complemert the shortage. Tlrc approach in tlis study is qualitative. Cha.racteristics ofqualitative research are not as thorough coNidering the lack oftheory ofprgvious studies. lndeed, the theory ofprcvious studies exist but have rot been appropiate or less depth. The reason of choosing this approach is to gain a deep understanding of the dimensiors of Karamah ad tawasul h the book of l? Culte Dans Le Monde Musdman. (Pilgdmage and Trustee in the Islamic world). To suppofi these studies the authors use the method literature.
"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Irfan Wahid
"Seiring perkembangannya, tasawuf dikenal melahirkan istilah-istilah baru. Diantaranya adalah istilah syathaẖāt yang merupakan ungkapan ekstase yang lahir akibat goncangan spiritual di dalam diri seorang sufi. Ungkapan mengejutkan sufi ini menuai pro dan kontra dari para sufi sendiri. Diantaranya adalah Abu Nashr As-Sarraj At-Thusi dan Abu Hamid Al- Ghazali. Ungkapan para sufi ini telah dibahas oleh keduanya di dalam Al-Luma' dan Ihya Ulumiddin. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam tesis ini adalah penelitian pustaka (library research) yang bersifat deskriptif-analitik-kualitatif.
Ruang lingkup penelitian dibatasi pada syathaẖāt atau ungkapan ekstase sebagai objek penelitian serta pandangan kedua tokoh di atas sebagai unit analisis. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan penelahaan bahan-bahan pustaka baik yang terdiri dari bahan-bahan yang bersifat primer maupun sekunder, dan metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis dari Miles dan Huberman, serta tahap-tahap penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode Bogdan, yaitu tahap pra lapangan, tahab kegiatan, dan tahap analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pandangan antara keduanya yang dilatar belakangi perbedaan keadaan sosial dan kehidupan intelektual. Namun keduanya juga memiliki kesamaan tujuan, yakni berusaha menjelaskan hakikat tasawuf yang sesuai dengan ajaran syariat.

By the time, Sufism known by a lot of new terms. It's called syathaḫāt which means an ecstatic expression that overflows as a result of ecstatic power in sufi's hearts. This shocking expression takes a lot of views. It's Abu Nashr As-Sarraj At-Thusi and Abu Hamid Al-Ghazali views. This terms has been discused by both of them. The type of the research used by the writer is considered as library research, and then the research design of this study also regards as descriptive- analitics-qualitative.
The scope of this research is based on syathaḫāt as the object of the research, along with Abu Nashr As-Sarraj At-Thusi and Abu Hamid Al- Ghazali's views as analysis units. Afterward, the methods used to collect the data were done by doing library research that consists of primary and secondary data. Besides, the analysis methods of this research used Miles and Huberman analysis models. Moreover, the stages of this research use Bogdan Methods, which are pre-field, working level and analyzing phase.
The results of this research show the difference view of Abu Nashr As- Sarraj At-Thusi and Abu Hamid Al-Ghazali due to they differences in social and intelectual life. But both of them have a common goal, that's to explain the essence of Sufism in accordance with the teaching of sharia.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Yusuf
"ABSTRAK
Wali merupakatr seonng yatrg diarygap dekat denga[ Tuhatr di dalam dunia Islam. Kedekatatr tersebut terlihat dari cara hiduprya yang tidak terlepas dari prilaL'u, perbuatan, dan tutur katanya yaog selaras dengan kehidupan Rasulullah. Disioilah Tuhan memberi anugerah berupa karamah sebagai penjagaan dirinya dari musuh-musuhnya. Selah itu adalya karamah pada seorarg wali juga utrtuk menolong masyamkat Islam bail ya.ng dikenalnya ataupun yang tidak dikenalnya. Maka disinilah masyarakat Islam percaya bahwa seorang wali merupakar wasilal (perantara) agar harapan dan doaaya dikabulkan oleh Allalr. Adapur bulu Le Culte Dans Le Monde Musulnan (Ziarah dan Wali di Dunia Islam) meryBngkap dimel1si karamah datr tawasul merurut pe$pettif orientalis. Menariknya pada buku tersebut, Henri Chambert Loir dan Claude Guillot memaparka[ peldapat tenta[g karamah dan tawasul melalui penelitiamya di Indonesra.
Tujuan dari penelitian id adalah untuk mengetahui dimensi kammah dan tawasul dad Heori Chambert Lotu dan Claude cuillot di dalam buku Le Culte Dans Le Monde Musulnan (Ziarah dan Wali di Dunia lslam). Mereka memaparkan tetrtalg karainah dao tawasul melalui narasi-narasi. Maka penulis akan medlai sisi objektifititas narasi-naxasi Hend Chambert Loir dar Claude Guiflot di dalam bular Le Culte Da.]$ Le Monde Musulmar (Ziarah dar Wati di Duaia Islam).
Memang pada padangatr-pandatrgan dad Heffi Chambert Loir datr Gulliot di dalam buku Le Culte Dans Le Mo[de Musulmatr belu4 represefiatif di dalam memaparkatr dimetrsi karamah datl tawasul. Karetra pendapat mereka tidak dipe (Iat pendapat ulana-ulalru Islam. Maka dari itu peneliti meletrgkapi kekuangan ters?but. Pe.rdekatan pada perclitia! ini adalah kua.litatif. Karakteristik dari perclitian kualitatif yaitu konsepnya tidak rnenyeluruh karena kualgrya teorj dari perclitian terdahulu- Mematg teod dad pene]itiar terdahulu ada akan tetapi belum tepat atau kurang mendalam. Alasat dari memilih pendekatan iri kffena ingh metrdapat peirahaman nqeodalarn tentang dimeosi karamah dan taoasul di dalam buku Le Culte Dans Le Monde Musuhnal lZiarah dan Wali di Duria Islam).

ABSTRACT
In the Islamic world, Saints are those considered close to God. The closeness can be seen in their way of life, includitrg their behavior, actions, and sayings, which are tn tune with the Prophet's way of life. This is where God gants karamah tu guard the saints from the eoemies. Besides, the Karamah they orrn is also to help Muslim communities whether familair to them ot llot. Therefore, the Islamic communi$/ then believe that the sairlt is a wasilah (intermediaries) itr hophg that their U&yer is ganted by Allah. The book Le Culte Dans Le Monde Musuliutr (Pilgrimage and Trustee in the Islamic Wo d) reveals the dimensions of karamah and tawasul according to the odentalist perspective. I erestitrgly, in the book, Heffi Chambert Loir afld Claude cuillot descdbe opiaions about Karamah and tawasul tbrough their research in Indonesia.
The purose ofthis study was to determine the dimensions ofkaramah and tawasul meant by Henri Chambert Loir and Claude Guillot in their book, Le Culre Darts Le Monde Musulman (Pilgrimage aod Sahts itr the Islarnic world). They er?lained about Kaxamah ad tawasul though narratives. Alld the kammah and tawasul discussed by Hend Chambert Loir ard Claude Guillot are those in Indolesia. The authofi assess the objectiyi!, ofnaoatives by Henri Chambert Loir and Claude Guillot in tle book Le Culte Dal1s Le Moode Musulmar (Pilgrimage and Sai s in the Islamic vorld).
However, the views of Henri Chambert Loir and Gulliot in the book, Le Culte Dans Le Monde Musulman, are not i.rlly representative io describing the dimensions karamal and tawasul. Because theil opinions are not rehforced by the opirior1 of Islamic scholals. Thus the researc]te$ complemert the shortage. Tlrc approach in tlis study is qualitative. Cha.racteristics ofqualitative research are not as thorough coNidering the lack oftheory ofprgvious studies. lndeed, the theory ofprcvious studies exist but have rot been appropiate or less depth. The reason of choosing this approach is to gain a deep understanding of the dimensiors of Karamah ad tawasul h the book of l? Culte Dans Le Monde Musdman. (Pilgdmage and Trustee in the Islamic world). To suppofi these studies the authors use the method literature.Dimension; Kammah and Tawasul; Henry Chafibert Loir-Claude Guillo.
"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Atika Dwi Adjeng
"ABSTRAK
Diskursus tentang nafs merupakan salah satu kunci bidang metafisika, yang bisa dilihat dari perspektif filsafat serta tasawuf yang notabene membicarakan seputar kajian ba?ini. Peranan nafs adalah sebagai proses berfikir, dari proses inilah akan timbul sebuah pemahaman yang menghasilkan pengetahuan, yaitu bagaimana seorang manusia memandang serta menyikapi hakikat dari kehidupan. Terdapat dua tokoh yang juga memiliki andil penting sebagai tokoh yang mendalami serta memperinci hakikat nafs menurut perspektif dari masing-masing zaman yang telah dilaluinya. Keduanya memiliki beberapa persamaan dan perbedaan dalam pemikirannya tentang nafs. Terdapat tiga persamaan dan lima perbedaan pada pemikiran kedua tokoh dalam memandang hakikat nafs. Beberapa persamaan yang nampak mengenai definisi nafs, potensi-potensi nafs, serta kekekalan nafs, meskipun begitu memiliki lebih banyak perbedaan dalam pemikirannya seperti memandang wujud nafs, hubungan jasad dan nafs, pemikiran tentang ruh, rsquo;aql, qalb, dan nafs, tungkatan-tingkatan nafs, serta konsep kebahagiaan nafs. Dari pemikiran ini terlihat pemikiran yang saling mendominasi serta transisi perubahan yang akan mempengaruhi pemikiran tokoh, yang dianggap sebagai hasil pembahasan yang menarik. Dari ringkasan ini peneliti berusaha membandingkan konsep pemikiran kedua tokoh tersebut yang dilihat dari ranah filsafat serta tasawuf. Metode yang akan digunakan adalah deskriptif-analisis, yaitu dengan menjabarkan keseluruhan pemikiran kedua tokoh tentang hakikat nafs, kemudian menganalisis dengan menemukan persamaan serta perbedaan dari kedua tokoh.

ABSTRACT
The discourse on the nafs is one of the keys of the field of metaphysics, which can be seen from the perspective of philosophy and is certainly present in Sufism which in fact speaks of the study of ba ini. The role of the nafs is as a process of thinking, and from this process will arise an understanding that produces knowledge, that is how a human view and address the nature of life. In the talk about the nafs there are two figures who also have an important role as a figure who explore and detail the nature of the nafs according to the perspective of each era that has been passed. Both of these figures have some similarities and differences in their thinking about the nafs, which is of course some very significant differences on the background of the transition of the character 39 s thinking. There are three similarities and five differences in thinking of the two figures in viewing the nature of the nafs. Some of the apparent similarities to the definition of the nafs, the potential of nafs, and the eternal consciousness of nafs have, nevertheless, more differences in thinking such as the appearance of the nafs, the relationship of the body and nafs, the thought of the spirit, 39 aql, qalb, and nafs, nafs, and the concept of eternal bliss nafs. From this thinking will look dominant thoughts and transition changes that will affect the thinking of the figure, which is considered as the result of an interesting discussion. From this summary the researcher tried to compare the concept of thinking of the two figures that seen from the realm of philosophy and islamic mysticism. The method to be used is descriptive analysis, that is by describing the overall thoughts of the two figures about the nature of the nafs, then analyze by finding the similarities and differences of the two figures."
2017
T49182
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Faiz Yunus
"ABSTRAK
Penelitian ini lebih fokus kepada Pola Dakwah Emha Ainun Nadjib ditinjau melalui pendekatan tasawuf. Yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tasawuf pada pemikiran Emha Ainun Nadjib, serta dari aspek apa ia terpengaruh dari pemahaman tasawuf sehingga berimbas pada model dakwahnya. Dengan menggunakan pendekatan tasawuf peneliti mengkaji pola dakwah yang dilakukan oleh Emha Ainun Nadjib dalam forum yang di sebut ldquo;ma rsquo;iyahan rdquo; melalui pendekatan deskriptif analisis. Metode deskriptif sebagai sebuah metode yang meneliti status kelompok manusia, kondisi, sistem pemikiran, ataupun fenomina pada saat itu untuk mendeskipsikan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki.Selain menggunakan pendekatan tasawuf tentunya penelitian ini tidak lepas dari pendekatan personal, maupun komunitas sebagai salah satu metode yang dapat membatu penelitian ini mendapatkan jawaban dari objek yang diteliti. Peneliti juga menggunakan pendekatan teks dan tulisan-tulisan Emha Ainun Nadjib yang berkenaan dengan Ma rsquo;iyahan, wawancara sebagai validasi terhadap teks yang ditemukan.

ABSTRACT
This research is more focused on The Influence of Sufism on the Method of Da rsquo wah Emha Ainun Nadjib. This research using Sufism approach, with a view to knowing how much influence tasawuf on the thoughts of Emha Ainun Nadjib, as well as from what aspects he is influenced from Sufism which impact on his da 39 wah model.With the approach of Sufism, researchers examined the model of 39 dakwah 39 Emha Ainun Nadjib in a forum called maiyah through descriptive analysis method. Descriptive method as a method that examines the status of human groups, conditions, systems of thought, or phenomena at that time to systematically, factually and accurately describe the facts, traits and relationships between the phenomena investigated.In addition to using Sufism approach of course this research can not be separated from the personal approach, and the community as one method that can help this research get answers from the object under study. The researcher also uses the textual approach and the writings of Emha Ainun Nadjib regarding Ma 39 iyahan, the interview as a validation of the found texts."
2017
T49183
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Liza D Boediman
"ABSTRAK
Ada banyak cara untuk dapat meraih kesejahteraan spiritual (Spritual Well-being) salah satunya dengan menjalani hidup bertasawuf khususnya tarekat. Melalui metode tarekat dan peran mursyid tarekat Naqsyabandiyah Nazimiyah dapat mengantarkan murid atau salik wanita pengikut tarekat ini menjadi sedekat mungkin dengan Allah dan meraih akhlak mulia melalui transformasi jiwa serta menemukan kembali makna hidup dan spiritualitasnya. Tujuan penelitian ini selain untuk mendapatkan gambaran spiritual well-being wanita pengamal tarekat Naqsyabandiyah Nazimiyah di Jakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Obyek penelitian adalah anggota Tarekat sufi Naqsyabandiyah Nazimiyah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan terlibat (participant observation) dengan wawancara mendalam (in-depth interview) kepada 5 subyek wanita sebagai informan utama untuk mengeksplorasi kedalaman data. Metode triangulasi juga dipakai untuk mengecek kebenaran data yang telah didapat dari informan utama.
Dari analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode-metode tarekat dan peran mursyid terbukti dapat membantu para wanita pengamal tarekat ini mencapai kesejahteraan spiritual mereka; mereka mampu membangun hubungan yang bermakna dan memuaskan dengan Tuhan, diri sendiri, orang lain dan lingkungan dimana ekspresi energi spiritual antara lain: merasakan cinta dan kepedulian Tuhan dalam kehidupan sehari-hari, penuh harapan, hubungan yang baik dengan orang lain, ikhlas, memaafkan, tidak menghakimi, bahagia, berpikir positif, melayani orang dan toleransi.

ABSTRACT
There are many ways to achieve spiritual welfare (Spiritual Well-being) one of them by practicing tasawuf; particularly congregation. Through methods of congregation and roles of the mursyid of Naqsyabandiyah Nazimiyah order could assist their women followers to be as close as possible to God and achieve noble character through a transformation of the soul and rediscover the meaning of their life and spirituality. The purpose of this study is to get an overview of spiritual well-being on women practitioner of Naqsyabandiyah Nazimiyah order in Jakarta.
This study used a qualitative approach of phenomenology. The research object is a member of the Sufi orders Naqsyabandiyah Nazimiyah. Data was collected through participant observation with in-depth interviews to 5 subjects of women as key informants to explore the depths of the data. Triangulation method is also used to check the correctness of data that has been obtained from key informants.
From the data analysis, the result of this study indicates that the methods and the role of a mursyid proven could help women practitioner of this order reach their spiritual well-being; they are able to build a meaningful and satisfying relationship with God, self, others and environment in which the expression of this spiritual energy, among others are feel the love and care of God in everyday life, full of hope, a good relationship with others, sincere, forgive, nonjudgmental, happy, positive thinking, serving people and tolerance."
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayis Mukholik
"Penelitian ini ingin mengeksplorasi pemikiran sufistik Nashruddin Hodja. Peneliti menfokuskan kajiannya dengan menganalisis pesan-pesan moral dan spiritual yang terkandung di dalam sastra hikayat jenakanya. Tujuannya adalah mengetahui corak pemikiran tasawuf pada tokoh Hodja. Hasilnya dapat dirumuskan sebagai pendekatan baru dalam tasawuf yaitu mensucikan jiwa dan membina akhlak dengan nuansa jenaka esoteric, sehingga ketakwaan kepada Tuhan meningkat. Secara umum pemikiran sufistik terbagi menjadi dua; tasawuf sunni yakni mengkaji tentang pensucian jiwa dan pembinaan akhlak dan tasawuf falsafi yang berbasis pada filsafat.
Ajaran tasawuf sering ditemukan di dalam karya sastra. Sastra dan tasawuf adalah dua hal yang berhubungan. Nashruddin Hodja, sufi dari Turki telah mengimplementasikan ilmu tasawufnya di dalam sastra jenaka. Ia menggunakan pendekatan ini untuk mengedukasi masyarakat serta mengkritik penguasa yang zalim pada saat invasi Mongol abad ke 13 M di Turki. Maka rumusan masalahnya adalah bagaimana nilai-nilai sufistik Hodja yang terkandung di dalam hikayatnya? Dan bagaimana corak pemikiran sufistik Hodja? Peneliti menggunakan metode kualitatif yang dianalisis menggunakan pendekatan hermeneutika Schleirmacher, yaitu interpretasi gramatikal dan interpretasi psikologis.
Hasil penelitian ini adalah Nashruddin Hodja memiliki pemikiran sufistik Sunni ditinjau dari teks dan psikologisnya. Tasawuf ini berorientasi pada moral dan berbasis pada Al-Quran dan Hadits. Topik-topik yang diangkat adalah sikap manusia terhadap Tuhan, etika manusia secara individual dan sosial. Contohnya bersyukur kepada Allah, empati, berbuat adil kepada sesama, larangan ghibah dan zina dan lain sebagainya.

This research wants to explore the sufistic thoughts of Nashruddin Hodja. Researcher focused his study to the moral and spiritual messages analyze which contained in the works of comical tales. The aim is to find out feature of sufistic thought of Hodja rsquo s figure. Then the result can be formulated as a new approach in Sufism likes purifying the soul and fostering morals with an esoteric humorous nuance, so the piety for God increases. Generally, Sufistic thought is divided into two Sunni tasawuf is reviewing the purification of the soul and moral guidance and philosophy tasawuf which based philosophy.
Sufism is often found in literature. Literature and Sufism are two related things. Nashruddin Hodja, the Sufi from Turkey has implemented his tasawuf science in humorous literary. He used this approach to educate the public and criticize the unjust rulers at the time of the 13th century Mongol invasion of Turkey. So the research question is how Hodja 39 s sufistic values are contained in his humour literature And what is thought characteristic of Hodja Researcher used qualitative methods that were analyzed using Schleiermacher hermeneutic approach, are grammatical interpretation and psychological interpretation.
The result of this research is Nashruddin Hodja has Sunni sufistic thought in terms of text and his psychology. This sufism orienteering on moral and based on Al Quran and Hadith. The topics raised are human attitudes to God, individual and social ethics. It rsquo s like grateful, empathy, do justice to others, prohibition of Ghibah and adultery etc.
"
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2017
T49190
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dalimunthe, Muhammad Fajaruddin Muttaqin
"ABSTRAK
Rumah suluk pada umumnya adalah sebuah wadah seperti halnya ribath, zawiyah dan
khanqah yang di dalamnya terdapat pengikut dari ajaran salah satu tarekat mu`tabarah,
yang bertujuan untuk mendalami ilmu tasawuf dan bagaimana cara mendekatkan diri
dengan Allah swt melalui pensucian diri (tazkiyat an-Nafs) dan amalan-amalan yang
diajarkan oleh syeikhnya.
Penelitian ini lebih fokus membahas tentang pengaruh rumah suluk yang terdapat di
daerah perkotaan khususnya D.K.I Jakarta dan respon dari ORMAS Islam. Ditinjau
melalui empat faktor pendekatan, yakni pendekatan antropologi, sosial, psikologi dan
tasawuf. Subjek Penelitian adalah mengkaji ajaran-ajaran dan kegiatan di dalam rumah
suluk tersebut yang dibawa oleh seorang syeikh yang silsilahnya sampai kepada
Rasulullah saw dan pengaruhnya terhadap perilaku pengikutnya melalui pendekatan
deskriftif analisis. Melalui metode deskriftif sebagai sebuah metode yang meneliti
sekolompok masyarakat, kondisi, dan fenomena pada saat ini untuk mendeskripsikan
secara sistematis, faktual dan akurat berkaitan tentang fakta-fakta di lapangan.
Guna menjawab respon masyarakat, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan
data yaitu dengan wawancara kepada beberapa respon ORMAS Islam dan masyarakat
terkait dengan pengaruh adanya rumah suluk di DKI Jakarta terhadap perilaku dan
kejiwaan mereka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengikuti ajaran salah satu tarekat
dan aktif di rumah suluk tertentu mengalami pengingkatan dari segi perlaku lahiriah dan
batiniah serta bagaimana bersosialisasi antara jama`ah pengikut di dalam rumah suluk
tersebut maupun di masyarakat.

ABSTRACT
House of Suluk in general is a congregation as well as Ribath, Zawiyah and Khanqah in which
embodied by followers of the teachings of tariqah Mu`tabarah, aiming to explore the vast
knowledge of Tasawwuf and getting closer to Allah SWT through self-purification (tazkiyat anNafs)
and the deeds taught by the shaikh. This study focuses more on the influence of the House
of Suluk in urban areas especially Jakarta and the response from Islamic Community
Organization (ORMAS). Viewed through four approaching factors, namely anthropological,
social, psychological, and mysticism or Tasawwuf. The subject of the study is to examine and
analyze the teachings and activities in the House of Suluk as they are taught by a shaikh whose
genealogy descended from the Prophet Muhammad saw and his influence on the behavior of his
followers through a descriptive analysis approach. Through descriptive method as a procedure
that thoroughly examines a group of society, conditions, and phenomena at this time to describe
the systematic, factual and accuracy related to the facts in the field. In order to respond to
community feedback, this study uses data collection techniques by interviewing some replies of
Islamic Community Organization (ORMAS) and wider public with relation to the influence of
House of Suluk in Jakarta pertaining to their behavior and psychology. The results show that one
who follows the teachings of one tariqah and proactively involves himself in a particular House
of Suluk may experience improvement in terms of outward behavior and inward transformation
as well as socializing in between their own congregation in the House of Suluk or in public as
society in general."
2017
T49039
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fardana Khirzul Haq
"Penelitian ini membahas pandangan Seyyed Hossein Nasr dan Fritjof Capra yang mengkritik sains modern danmemberikan pandangan baru dalam sains. Penulis juga melakukan kritik terhadap pandangan kedua tokohtersebut. Penelitian ini menggunakan teknik dokumenter. Kemudian penulis memaparkan dan menganalisapokok-pokok pemikiran dan kritik Seyyed Hossein Nasr dan Fritjof Capra dari data tersebut menggunakanmetode deskriptif analisis. Kemudian penulis menganalisis menggunakan teori hubungan agama dan sains IanBarbour. Seyyed Hossein Nasr dalam tradisonalismenya berusaha mengintegrasikan agama dan sains.Sedangkan Fritjof Capra berusaha melakukan independensi lalu menuju dialog antara agama dan sains.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa Seyyed Hossein Nasr dan Fritjof Capra mengkritik empat hal dalam sainsmodern yaitu, eksistensi tuhan, alam semesta, evolusi dan ekologi. Penulis juga mengkritisi pendapat dari seyyedHossein Nasr dan Fritjof Capra terhadap empat hal tersebut. Dari kritik tersebut diharapkan mampu membangunsains yang tidak hanya memperhatikan aspek tekonologi saja namun meliputi aspek teologi, psikologi sosiologidan ekologi.

The focus of this research are Seyyed Hossein Nasr's and Fritjof Capra's views which criticize modern scienceand reveal the new perspective in science. The writer also criticizes on the views of both Seyyed Hossein Nasrand Fritjof Capra. This research utilizes documentary technique. Afterwards, the writer tries to describe and thenanalyses the main points and critics of Seyyed Hossein Nasr and Fritjof Capra from the data applying thedescriptive analysis method. Afterwards, the writer analyzes them using Ian Barbour's theory of religion andscience's relation. Seyyed Hossein Nasr in his traditionalism tries to integrate religion and science. Meanwhile,Fritjof Capra attempts to make independence between religion and science and continue it into dialogue betweenboth of them.
This research concludes that Seyyed Hossein Nasr and Fritjof Capra criticize four points in modernscience which are god's existence, the universe, evolution and ecology. The writer also criticizes Seyyed HosseinNasr's and Fritjof Capra's opinion. From these critics, it is hoped that those critics could build the science whichdoes not only focus on technological aspect, but also theological, psychological, sociological and ecologicalaspects.
"
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2018
T49397
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library