Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Luluk Tri Wulandari
Abstrak :
Perkembangan suatu ilmu dapat dilihat dan diteliti melalui hubungan kedekatan antar dokumen yang merupakan salah satu bidang atau subjek kajian bibliometrika. Istilah bibliometrika diperkenalkan oleh Pritchard pada tahun 1969, Pitchard mendefinisikan bibliometrika sebagai aplikasi metoda statistika dan matematika dalam menilai dokumen, Menurut Egghe (1990) pemetaan adalah penelitian berupa pembuatan peta hubungan sekelompok dokumen berdasarkan kemunculan bersama (co-occurence) dari variabel yang dimiliki oleh masing-masing dokumen, Penelitian ini menggunakan teknik analisa data multivariat secara deskriptif yaitu skala multidimensi dan analisa ko-klasifikasi untuk memetakan ilmu psikologi berdasarkan tesis Psikologi UI dan UGM tahun 1986-2005. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis subjek bidang psikologi yang diteliti dalam Tesis Psikologi UT dan UGM, (2) membuat peta perkembangan psikologi berdasarkan tesis Psikologi UT dan UGM, melalui co-classification analysis, yang terdiri dari analisis co-occurrences subjek, hubungan antar subjek (jaccard index) dan pemetaan (mapping), (3) merancang struktur ilmu psikologi melalui pemetaan, (4) mengidentifikasi keterkaitan subjek bidang psikologi antara UI dan UGM. Data diolah dengan menggunakan klasifikasi database PsycINFO (APA), untuk mendapatkan kode klasifikasi dan subjek dokumen. kemudian dilakukan analisis hubungan antar subjek, tingkat perkembangan subjek, kemudian dilakukan pendataan dan pemetaan menggunakan SPSS ver. 13. Hasilnya yaitu: (1) subjek yang paling banyak diteliti UT lebih bervariatif antara bidang psikologi Industri dan Organisasi, Pendidikan dan Perkembangan, sementara UGM lebih banyak meneliti bidang Psikologi Pendidikan, Berta Perkembangan.Beberapa subjek yang kurang berkembang meskipun program tersebut dibuka dalam kuliah S2 adalah psikologi sosial pada UI, psikologi kesehatan, psikometri, sosial dan klinis pada UGM, (2) terjadi perkembangan yang cukup signifikan dalam penelitian psikologi dari tahun ke tahun baik di UI maupun UGM, selama rentang waktu 20 tahun, (3) tingkat perkembangan subjek secara keseluruhan sebagian besar merupakan pasangan subjek yang baru muncul yaitu pada periode 1991-2005, (4) selama tahun 1986 - 2005 hanya ada satu subjek yang berkaitan dan selalu diteliti. oleh UT dan UGM yaitu Academic Learning and Achievement.
The development of knowledge can be distinguished and analyzed from inter-relation among the documents which is merely a subject of Bibliometrical analysis. The terra "Bibliometrics" was presented by Pritchard in 1969, he defined bibliometrics as an application of statistical and mathematical method in document appraisal. According to Egghe (1990), "mapping" is a research of making and developing a map of relations between a group of documents based on co-occurrence of their variables: This research is apparently using a descriptive multivariate analytical data technique which means a multidimensional scale and co-classification analysis in order to map Psychological knowledge based on psychology theses in UI and UGM in 1986-2005: The objectives of this research are: (I) to analyze the fields of Psychology that has been elaborated in psychology theses in UI and UGM, (2) to draw the map of psychological knowledge development based on psychology theses in UI and UGM through co-classification analysis which includes co-occurrence subject, inter-relational subject (jaccard index) and mapping, (3) to devise psychological knowledge development through map-making, and (4) to identify the relation between psychology subject-fields between UI and UGM. The data was being tabulated by database classification of PsycINFO (MA), to get the classification and subject document code: Then it being analyzed by subject inter-relation, subject development stages and then tabulated and mapped by SPSS ver.13. The result is: (1) the most frequent psychological subject being elaborated in UI is more various in Industrial and organizational psychology, Education and Development, meanwhile the most frequent psychological-subject being analyzed in UGM is varied in Educational and Developmental Psychology. Some less-developed subjects are Health-Psychology, Psychometrics, Social Psychology and Clinical Psychology in UGM, and Social Psychology even though those subjects have been programmed to Post Graduated Students; (2) there is a significant development in Psychological Research every year both in UI and UGM in the span last 20 years, (3) the stage of the subject development is mainly a couple of newly-appeared subjects among 1991-2005, (4) there is only one single subject inter-related and frequently analyzed and elaborated in the span of year 1986-2005 in UI and UGM, it is Academic Learning and Achievement.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2007
T21121
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
A. Faridi, editor
Abstrak :
Elita Penelitian ini menggambarkan dan menganalisis hubungan bauran pemasaran terhadap kepuasan pengguna PITI dan pelanggan FII di PDII-LIPI, berdasarkan latar belakang adanya berbagai jenis layanan informasi yang disajikan oleh PDII-LIPI, diantaranya adalah layanan jasa PITI yang sudah lama beroperasi dan FII yang relatif masih baru. Kedua jenis layanan tersebut selama ini dipasarkan berdasarkan konsep pemasaran 4P (product, price, place, promotion). Akan tetapi kenyataannya pemanfaatan kedua jenis layanan tersebut cenderung menurun. Oleh karena itu daiam penelitian ini akan dianalisis menggunakan bauran pemasaran berdasarkan konsep 4C (client, cost, convenience, communication). Penelitian ini ditujukan untuk melihat karakteristik pengguna/pelanggan jasa PITI/FII. Juga untuk melihat besarnya hubungan antara kepuasan pengguna/pelanggan jasa PITI/FII dengan metode bauran pemasaran berdasarkan konsep 4C. Dengan kerangka berpikir bahwa kegiatan pemasaran jasa baik itu PITT maupun FII, harus dapat mendekatkan pengguna/pelanggan, mengkaji peluang-peluang pasar dan menetapkan posisi jasa pada segmen pasar atas dasar kebutuhan akan jasa tersebut, serta merumuskan bauran pemasaran yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pengguna/pelanggan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: 1. Ada hubungan antara kebutuhan pengguna PITI/pelanggan FII (client) dengan kepuasan. 2. Ada hubungan antara harga (cost) dengan kepuasan. 3. Ada hubungan antara kenyamanan (convenience) dengan kepuasan. 4. Ada hubungan antara komunikasi (communication) dengan kepuasan. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna PITI dan pelanggan FII, dengan menggunakan total sampling diperoleh data dari responden sebanyak 34 orang untuk pengguna PITI dan 31 orang untuk pelanggan FII. Metode pengumpul data primer yang digunakan adalah kuesioner, dan dilengkapi dengan dokumen sebagai alat pengumpul data tambahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dan teknik analisis yang digunakan adalah korelasi dari rho Spearman pada tingkat kepercayaan 95% (a=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pengguna PITI maupun pelanggan FII mayoritas: dari kalangan pria, berusia antara 36-45 tahun, pendidikan sarjana, berlangganan antara 1-2 tahun, bidang ilmu yang paling banyak digunakan adalah kimia. Sedangkan berdasarkan pekerjaan pengguna PITIterbanyak dari kalangan industri dan untuk FII bekerja sebagai closer. Pemesanan informasi paling banyak ditujukan untuk keperluan pekerjaan (PITI dan FII} dan untuk menambah wawasan (FII). Umumnya pengguna mendapat tingkat kepuasan sebesar 70% (PITT) dan 70,29% (FII). Dari hasil uji hipotesis diperoleh hasil sebagai berikut: - Ada hubungan yang kuat antara kebutuhan pengguna PITI /pelanggan FII dengan kepuasan. - Ada hubungan (yang cukup ) antara harga dengan kepuasan pengguna PITI. - Tidak ada hubungan antara harga dengan kepuasan pelanggan FII - Ada hubungan yang kuat antara kenyamanan dengan kepuasan pengguna PITl/pelanggan FII - Tidak ada hubungan antara komunikasi dengan kepuasan pengguna PITl/pelanggan FII. ......Marketing Mix Analyses to User Satisfaction Who Made Use of Services Provided by PDII-LIPI called Paket Informasi Teknologi Industri and Fokus Informasi IndonesiaThis research describes and analyzes marketing mix of the user satisfaction who made use of services provided by PDII-LIPI called Paket Informasi TeknoIogi Industry (PITI) and Fokus Informasi Indonesia (FII) using marketing mix method which is based on 4C Concepts (client, cost, convenience, and communication). The rationale of this research is that there are many services provided by PDII-LIPI among others are PITI and FIT which are marketed using 4 P Concept (Product, Price, Place and Promotion) but the utilization of these services decreased. In this research these two services will be analyzed using 4 C Concepts. The purpose of the research is to measure correlation between marketing mix and user satisfaction. The frame of reference of the research is that the marketing activity of the aforementioned services should be close to the users, should analyze market opportunity, and to post the service in the market segment and to formulate marketing mix to fulfill the user needs and satisfaction. The hypotheses of this research are as follows: 1. There is correlation between PITI/FII clients' need and satisfaction; 2. There is correlation between cost and satisfaction; 3. There is correlation between convenience and satisfaction; 4. There is correlation between communication and satisfaction. The samples of the PITI users are 34 persons and 31 persons for FIT. Questionnaire is used to collect primary data, and relevant documents are used for secondary data. Analyses descriptive are used for research design. Spearman Analyses Technique is used to measure correlation among variables at the level of significance 95% (cc 0,05). From the research it is found that most of PM and FIT users are male, between 36 - 45 years old, with Sarjana Degree, using PITI and FIT services between 1 - 2 years, working in the industrial sector (for PM) and teaching staff (for FII). The reason of using the service is to support their working activities (for PITT and FII}, and to widen their knowledge (for FII). The average level of their satisfaction is 70% (for PITT) and 70.29% (for FII). The result of hypotheses test is: - For both PITI and FII users there is strong correlation between clients' need and satisfaction - For PITT users there is adequate correlation between cost and satisfaction - For FII users there is no correlation between cost and satisfaction - For both PITI and FII users there is strong correlation between convenience and satisfaction - For both PITI and FII users there is no correlation between communication and satisfaction
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2000
T1628
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library