Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 77 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tri Hardiningtyas
"Tujuan penelitian ini adalah (1)mengetahui pelaksanaan jasa penelusuran di Pustaka Bogor, (2) mengetahui metode kerja pustakawan dalam memberikan pelayanan jasa penelusuran, (3) menghitung hasil dari kegiatan jasa penelusuran informasi yang berupa hasil temuan, ketepatan informasi, dan waktu pelayanan yang diberikan, (4) mengetahui efektivitas jasa penelusuran melalui hasil pelayanan yang diberikan pada periode Januari-Juli 1995, di Pustaka, Bogor secara objektif dan subjektif.
Subjek penelitian berupa surat hasil penelusuran yang sekaligus memuat nama pemakai yang kalak menjadi responden. Objek penelitiannya ialah efektivitas pelayanan jasa penelusuran.
Sampel diambil secara acak sederhana dengan jumlah sampel sebanyak 87 responden. Berdasarkan jumlah tersebut, responden yang mengembalikan kuesioner sejumlah 69 (±80%).
Hipotesis penelitian terdiri dari: (1) ada hubungan antara hasil temuan dan kepuasan pemakai, (2) ada hubungan antara ketepatan informasi yang diterima pemakai dan kepuasan pemakai, (3) ada hubungan antara waktu pelayanan yang diberikan dan kepuasan pemakai, dibuktikan dengan uji korelasi product moment.

This research's purpose are (1) to investigate how reference services being performed and operated in Pustaka Bogor, (2) to investigate how librarians doing that service according to fulfill a request, (3) to calculate outputs from searching services about recall, precision, and time of services, (4) to account the effectiveness of searching services from January until July 1995.
The letters received from user who use that service become as subject of this research. The object of research is effectiveness of searching services.
The number of sample are 87 respondents and sample is taken by simple sampling method. From 87 questionnaire that had been sent, about 80 percent are received.
Hypotheses test by Pearson's product moment proved that (1) there is positive correlation between recalls and user's satisfaction, (2) there is positive correlation between information precision and user's satisfaction, and (3) there is negative correlation between time of services and user's satisfaction.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1995
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Karim
"Tujuan penelitian deskriptif ini adalah : 1) untuk mengetahui gambaran pemanfaatan naskah kuno oleh mahasiswa, berdasarkan frekuensi kunjungan, lamanya waktu baca, jumlah koleksi yang dibaca, tujuan pemanfaatan, cara pemanfaatan, subjek naskah yang dimanfaatkan, metode penggarapan naskah, pemanfaatan bahasa naskah oleh mahasiswa di Perpustakaan Nasional RI, dan 2) untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi pemanfaatan naskah kuno oleh mahasiswa.
Janis penelitian ini adalah penelitian survei yang digunakan untuk maksud deskriptif. Sampel penelitian ini adalah 40 orang mahasiswa yang sedang memanfaatkan naskah kuno di Perpustakaan Nasional RI. Sampel tersebut ditentukan dengan menggunakan teknik sampel kebetulan. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang utama, dan wawancara mendalam dengan 10 orang responden sebagai data tambahan. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif dan teknik korelasi dengan menggunakan uji Tau Goodman dan Kruskal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa berkunjung 1 kali dalam sebulan. Mahasiswa membutuhkan waktu antara 2 - 3 jam sehari untuk membaca naskah. koleksi yang dibaca mahasiswa sebanyak 2 - 3 eksemplar naskah. mahasiswa memanfaatkan naskah kuno karena tugas-tugas kuliah dan sedang menyusun skripsi. Cara pemanfaatan naskah kuno oleh mahasiswa adalah dengan membaca teks naskah asli dan hasil print out dari mikrofilm. Subjek naskah yang paling banyak dimanfaatkan mahasiswa adalah subjek tentang agama dan subjek tentang bahasa dan sastra. Metode penggarapan naskah adalah metode edisi untuk naskah tunggal. Naskah yang paling banyak dipilih adalah naskah berbahasa Malaya dan naskah berbahasa Arab.
Dari hasil uji Tau Goodman dan Kruskal menunjukkan bahwa pemanfaatan naskah kuno berdasarkan frekuensi kunjungan dipengaruhi oleh minat dan pemahaman mahasiswa tentang bantuan, pemahaman, dan sikap pustakawan dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa. Pemanfaatan naskah kuno berdasarkan tujuan pemanfaatan dipengaruhi oleh tingkat akademik (strata) dan minat mahasiswa terhadap naskah kuno. Pemanfaatan naskah kuno berdasarkan cara pemanfaatan dipengaruhi oleh tingkat akademik (strata) mahasiswa. Pemanfaatan naskah keno berdasarkan subjek naskah dipengaruhi oleh asal perguruan tinggi dan jurusan yang diambil mahasiswa; pemahaman mahasiswa tentang keragaman bahasa/aksara naskah; serta pemahaman mahasiswa tentang katalog yang digunakan. Pemanfaatan naskah kuno berdasarkan pemanfaatan bahasa naskah dipengaruhi oleh asal perguruan tinggi, jurusan yang diambil mahasiswa, dan pemahaman mahasiswa tentang katalog yang digunakan.

The utilization of manuscript by the students at The National Library of Indonesia
The purpose of this description research are : 1) to know the utilization of manuscripts by the students, based on frequency of visit, period of reading time, number of collection read, purpose of utilization, way of utilization, subject of manuscript, method of study, and manuscript language used by the students, and 2) to know any factor that perhaps affect .the utilization of manuscript by the students.
Type of this research is a survey research with descriptive purpose. Research of survey took 40 sample of students that used manuscript collection at the National Library of Indonesia. Those sample being choosed by using the accidental sampling. Questioner are used to gather data, and 10 respondents are interviewed to obtained main data complement. Data analysis is conducted using a descriptive analysis method and correlation technique with using Tau Goodman and Kruskal Test.
Result of the research has shown that most students visit 1 time a month. The students spend 2- 3 hours a day for reading manuscript collection. Number of manuscript read by the students are 2 - 3 copy of manuscripts. The students' purpose to utilize the manuscript is to perform lecture task and complete final work. The students utilize manuscript collection by reading original text of manuscript and result of printed out manuscript collection. Subject of manuscripts used frequently by students are subject of religion and subject of language and literature. Method of study used by the students is codex unicus edition. Manuscripts choosed frequently by the students are Malay manuscripts and Arabic manuscripts.
Result of Tau Goodman and Kruskal Test has shown that the utilization of manuscripts based on frequency of visit affected by interest and students' understanding to cooperation, understanding, attitude of librarian. The utilization of manuscript based on purpose of utilization affected by academic level and students' interest to the manuscript The utilization of manuscript based on way of utilization affected by academic level. The utilization of manuscript based on subject of manuscript affected by identity of university and field of study, students' understanding to variety of manuscript language/character, and students' understanding to the catalogue used. The utilization of manuscript based on utilization of manuscript language affected by identity of university, field of study, students' understanding to the catalogue used by the students.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005
T15341
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suni Triani
"Kegiatan pengolahan dan dokumentasi bahan pustaka yang dilakukan PUSTAKA menghasilkan berbagai jenis sarana bibliografis. Fungsi utama sarana bibliografis tersebut adalah sebagai alat bantu penelusuran informasi sehingga dapat menemukan sumber informasi yang diperlukan dengan lebih cepat dan tepat penggunaan sarana bibliografis terutama dalam kegiatan layanan perpustakaan. Namun, pustakawan cenderung tidak tampak menggunakan sarana bibliografis dalam memberikan layanan kepada pengguna perpustakaan.
Penelitian ini ingin memahami permasalahan yang terjadi dalam pemanfaatan sarana bibliografis oleh pustakawan. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah supaya pengguna perpustakaan PUSTAKA dapat dilayani dengan tepat guna melalui penelusuran informasi dan temu kembali informasi yang diiakukan dengan cepat dan mudah melaiui penggunaan sarana bibliografis.
Metodologi yang digunakan untuk mengetahui fenomena permasalahan penelitian dilakukan secara survey untuk mendapatkan gambaran secara langsung mengenai situasi, kondisi, dan fenomena yang terjadi di lokasi penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara mengumpulkan data melalui metode wawancara dan pengamatan berperan serta. Hasil wawancara kemudian ditranskripsikan dalam transkrip wawancara dan catatan lapang penelitian. Metode sitasi digunakan untuk menganalisa data hasil penelitian dan disimpulkan dengan metode grounded theory.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sarana bibliografis banyak digunakan oleh pengguna yang langsung datang ke perpustakaan PUSTAKA. Pustakawan menggunakan sarana bibliografis untuk melakukan penelusuran informasi dan menentukan titik akses untuk temu kembali sumber informasi. Pustakawan berperan sebagai pembimbing pengguna dalam melakukan penelusuran informasi, dengan cara menunjukkan lokasi sarana bibliografis, menentukan titik akses yang paling cepat dan mudah, mengarahkan teknik-teknik penelusuran informasi, menganalisa subyek informasi yang diminta, serta evaluasi informasi.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pustakawan telah memanfaatkan sarana bibliografis untuk membantu pengguna menelusur dan menemukan sumber informasi yang diminta dengan lebih cepat dan tepat. Disarankan agar perpustakaan PUSTAKA menyediakan fasilitas pendukung agar sarana bibliografis yang ada dapat semakin dilengkapi dengan pemberian titik akses yang menjadi penghubung temu kembali sumber informasi.

Organization and documentation of library material at Indonesian Center to Agricultural Library and Technology Dissemination (ICALTD) produces some kinds of bibliographic tools. Former function of those bibliographic tools is using as information retrieval aids, which enable to find out the information sources quickly and promptly. Bibliographic loots primarily use on library services division. Nevertheless, librarians tends rarely seem presenting library services with using those bibliographic tools.
The aim of this research is to understanding the problem research in using of bibliographic tools by librarians. The purpose of this research is so that the users of the ICALTD enable served to retrieve and to find the information sources quickly and promptly with using of bibliographic tools.
The research phenomenon investigated using a survey method, which perhaps unable researcher to gain more comprehensive data proper into the research problem. Qualitative study was implemented in this research to collecting research data using interviews and participatory observations methods. The conversations of the interviews methods were transcribed into conversation transcription and notes of: fiefs observations. Citation method was using for analyzed research findings and concluded with grounded theory methods.
Findings research describes that using of bibliographic tools mostly by the directly users which coming to the ICALTD to using the library collection. Librarians had using the bibliographic tools to retrieve information and defined the' access point to find information sources. Librarians take the role as the adviser co the users in retrieve the information, point out the location of the bibliographic tools, defining the access point, guiding with reference techniques, analyzes the information subjects, and evaluate the information sources.
This research concluded that the librarians were had using the bibliographic tools to help the users to find out the information quickly and exactly. Suggested to the ICALTD to provide facilities that supported bibliographic tools uses.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005
T15371
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siambaton, Ernita
"Departemen Pekerjaan Umum, merupakan departemen yang menghasilkan banyak proyek penting yang berskala nasional dan bersifat monumental yang ditujukan bagi kepentingan masyarakat banyak seperti jembatan, jalan raya, irigasi, dsb. Oleh sebab itu departemen ini menghasilkan banyak arsip penting yang harus dikelola dengan baik guna menunjang pelaksanaan kegiatannya sehari-hari. Selain itu departemen ini juga menghasilkan banyak arsip penting yang memiliki makna sejarah dan memiliki nilai berkelanjutan bagi bangsa. Tentu saja untuk dapat mengelola arsip tersebut dengan baik dibutuhkan arsiparis yang memiliki motivasi kerja.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) memperoleh gambaran tentang motivasi kerja arsiparis, (2) faktor-faktor motivasi kerja yang ada pada departemen tersebut, (3) upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi kerja arsiparis dan kendala yang dihadapi dalam meningkatkan motivasi kerja arsiparis.
Penelitian ini merupakan studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah arsiparis pada Departemen Pekerjaan Umum yang seluruhnya berjumlah 35 orang. Arsiparis yang dipilih menjadi informan sebanyak 7 orang dipilih secara purposif mewakili arsiparis tingkat terampil dan ahli,senior dan junior, wanita dan pria dan arsiparis yang bekerja pada pusat arsip. Arsiparis yang bekerja di pusat arsip juga dipilih sebagai informan untuk mendapatkan gambaran motivasi mereka dalam bekerja di pusat arsip.
Penelitian dilakukan dengan melaksanakan wawancara dengan para informan yang telah dipilih dengan menggunakan wawancara sistem terbuka, melakukan pengamatan terhadap kondisi kerja secara fisik dan mental serta melakukan kajian terhadap dokumen yang relevan dengan tema yang dipilih.
Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal sebagai berikut: (1) Arsiparis yang memiliki motivasi menjadi arsiparis karena memang menyukai pekerjaan sebagai arsiparis (motivasi internal), bekerja lebih serius bila dibandingkan dengan arsiparis yang memilih menjadi arsiparis karena faktor eksternal (motivasi eksternal), (2) Motivasi kerja arsiparis tingkat ahli lebih baik bila dibandingkan dengan arsiparis tingkat terampil, (3) Motivasi kerja arsiparis yang Baru diangkat (arsiparis junior) lebih baik dibandingkan dengan motivasi kerja arsiparis yang sudah lama masa kerjanya (arsiparis senior), (4) Motivasi kerja arsiparis wanita lebih baik dibandingkan dengan arsiparis pria, (5) Arsiparis yang bekerja di pusat arsip kurang memiliki semangat kerja akibat kurangnya dukungan terhadap pusat arsip dan kurang memadainya fasilitas dan perlengkapan kerja, (6) Motivasi kerja yang bersifat intrinsik masih dirasakan kurang memadai, terutama dalam hal kurangnya penghargaan dan pengakuan terhadap pekerjaan dan prestasi, (7) rendahnya penghasilan (faktor ekstrinsik) dan kurangnya pengakuan dan penghargaan (faktor intrinsik) merupakan faktor penghambat motivasi mereka dalam bekerja, (8) Upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan motivasi kerja para arsiparis mengalami kendala keterbatasan dana dan kurangnya dukungan serta perhatian dari lembaga/pimpinan.
Untuk meningkatkan motivasi kerja arsiparis, penulis memberikan saran sebagai berikut: (1) Pimpinan di bidang kearsipan diharapkan untuk lebih kreatif dalam meyediakan pekerjaan yang lebih beragam bagi para arsiparis dan mendorong mereka untuk melakukan kreativitas dalam pekerjaaannya. (2) Peningkatan pengawasan dengan menegakkan disiplin dan sanksi, (3) Pemberian penghargaan kepada arsiparis yang telah bekerja dengan baik, (4) Sosialisasi jabatan fungsional arsiparis yang dilakukan setiap tahunnya perlu dilanjutkan dan ditingkatkan kualitas pelaksanaannya.

Public Works Department is one of the most important institutions in Indonesia and this department have built so many important and monumental projects for public uses such as some giant bridges, streets, dams and irrigations, etc. Therefore Public Works Department creates so many important archives which should be managed well to support its daily activities. This department also creates so many archives that have historical and continuing values. To manage the archives well, this department need to have archivists who have strong motivation at the workplace.
The objective of this research was to find out (1) the description of the archivists motivation at the workplace, (2) intrinsic factors and extrinsic factors, (3) management's efforts to improve their motivation at the workplace and the obstacles to improve their motivation at the workplace.
Hopefully, the results of this research can be used as a guide to improve the archivists motivation at the workplace, especially at The Public Work Department.
This research can be defined as a study case that using qualitative approach. The population in this research was all functional archivists in the Public Works Department, and the sample was taken by using purposive sampling based on stratification according to rank , seniority, and gender. Archivists work in records center also taken to be the respondents to find out the description of their motivation at the workplace in records center.
Data collected by using open interview technique, doing observation on working conditions mentally and physically and studying the documents relevant to the topics.
The results of this research indicated that: (I) the archivists who have internal motivation work more seriously than the archivists who have external motivation, (2) the junior archivists work more seriously than senior archivists, (3) the archivists who have higher rank work more seriously than they are in the lower rank, (4) the female archivists work more seriously than the male archivists, (5) the archivists who work in records center have less enthusiasm for work because of lack of appreciation and recognition and lack of facilities at their workplace, (6) lack of salary (extrinsic factors), lack of appreciation and recognition (intrinsic factors) did not support them to work effectively and efficiently, (7) efforts to improve the work motivation faced with lack of operating funds and lack of recognition and appreciation of the institution and the management.
Based on the results, there are some recommendations to improve the archivists motivation at workplace: (1) the management should be more creatively providing various job for the archivists and motivate them to be more creative in work, (2) improve the supervision by maintaining discipline and punishment, (3) give appreciation to the archivists who have good performance, and (4) improve the quality of socialization functional job archivists.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005
T15374
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Supriyanti
"Skripsi ini membahas mengenai pemanfaatan majalah indeks, majalah abstrak, dan majalah bibliografi khusus oleh pengguna yang sebagian besar berprofesi sebagai peneliti bidang ilmu pertanian. Dalam penelitian ini peneliti juga menggunakan responden yang bekerja di luar lingkungan Departemen Pertanian. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan metode penyebaran kuesioner dalam pengumpulan data. Data mengenai populasi dalam penelitian ini tidak diketahui sehingga menurut Walpole sampel penelitian yang digunakan adalah 30 responden. Teknik analisis data dilakukan melalui beberapa tahap, yakni penyuntingan, pengkodean, penyusunan dan penghitungan data dengan SPSS 15.0. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa majalah indeks, majalah abstrak dan majalah bibliografi khusus di PUSTAKA telah dimanfaatkan dan memberikan manfaat bagi pengguna. Namun pengguna tetap masih menemukan kendala dalam menggunakan sarana bibliografi tersebut dalam melakukan kegiatan penelusuran. Untuk itu agar PUSTAKA dapat meningkatkan layanan informasi dengan lebih efektif dan efisien hendaknya lebih mensosialisasikan, memudahkan akses, serta lebih cepat memperbaharui informasi yang termuat dalam majalah indeks, majalah abstrak dan majalah bibliografi khusus dalam format elektronik."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S15219
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Harianto
"Skripsi ini mengenai layanan buku elektronik di Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia yang membahas karakteristik pengguna dan pemanfaatan layanan buku elektronik pada tahun 2009. Layanan buku elektronik memberikan keuntungan kepada pengguna antara lain akses jarak jauh tanpa dibatasi waktu dan tempat, meningkatkan minat baca dan melek teknologi informasi, membantu kegiatan belajar dan penelitian, serta kenyamanan menggunakan dan menyimpan banyak judul buku elektronik dalam satu perangkat. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian survai deskriptif analitik dengan dengan desain cross sectional study. Hasil penelitian menyarankan bahwa perpustakaan perlu mengadakan promosi/sosialisasi, pelatihan/pendidikan pemakai tentang layanan buku elektronik dan buku elektronik yang ada di perpustakaan pusat Unversitas Indonesia lebih mudah dicari (user friendly).

The Focus of this study is about electronic books service in the library center, University of Indonesia, which discusses the characteristics of the users and electronic books services in 2009. Electronic books service provide benefits to the user include remote access without limited of the time and place, to increase interest in reading and information technology literacy, to help research and learning activities, and convenience of using or saving multiple electronic books title in one device. Research method in this research using a quantitative approach. This type of research that is descriptive analytical research survey with a cross-sectional study design. Research results suggest that libraries need to conduct promotion/dissemination, training /education about the electronic book and electronic books in the library center, University of Indonesia more easily searchable (user friendly)."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S15628
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Heni Kholiawati
"Skripsi ini membahas mengenai pemanfaatan jasa informasi terbaru dan terseleksi di perpustakaan BAKOSURTANAL. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah jasa informasi terbaru dan terseleksi dimanfaatkan pengguna untuk menunjang kegiatan penelitian dan kendala apa yang dihadapi pengguna dalam memanfaatkan jasa tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner dalam pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna yang dikirimkan melalui e-mail. Sampel yang digunakan dengan menggunakan rumus Slovin, dengan teknik pengambilan sampel acak berlapis (stratified random sampling), sehingga sampel yang diambil 93 responden dengan metode penarikan sampel acak berdasarkan masing-masing pusat atau balai. Teknik analisis data melalui beberapa tahap yaitu penyuntingan, pengkodean, penyusunan dan perhitungan data dengan SPSS 17.0. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa jasa informasi terbaru dan terseleksi dimanfaatkan pengguna untuk menambah pengetahuan saja dan kendala yang dihadapi ketika memanfaatkan jasa ini adalah keterbatasan waktu. Saran penelitian ini, yaitu perpustakaan perlu mengembangkan jasa informasi terbaru dan terseleksi dalam forum diskusi ilmiah; perlu adanya evaluasi bidang minat pengguna supaya informasi yang diberikan relevan dan dibutuhkan dengan segera.

The Focus of this study is about the use of current awareness service and selective dissemination information at library BAKOSURTANAL. The purpose of this study is to understand whether the users use the current awareness service and selective dissemination information for research and to understand their difficulties in using theses services. The research method to make this study is a descriptive research with quantitative method by distributing questioner in collecting the data The population in this research is the library user who was sent by e-mail. I used Slovin formula to make the sample by stratified random sampling therefore the sample taken, 93 respondents with stratified random sampling are based on each centers and offices. The techniques of data analyze use three steps which are codifying, compiling, and data counting with SPSS 17.0. By comparing to the result of this research, it is informed that the current awareness service and selective dissemination information are only used to enrich their knowledge and their difficulty is the limit time. The result of this research suggests the library to improve current awareness service and selective dissemination information in a discussion forum; it is important that there is a user?s interest in order to give relevant information and also make the information immediately needed."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S15164
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Noorma Setianti
"Skripsi ini membahas pemanfaatan Paket Informasi Teknologi Industri yang dihasilkan oleh Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah-LIPI. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Paket Informasi Teknologi Industri Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah-LIPI dapat dikatakan masih kurang, karena dalam 1 tahun pengguna hanya memanfaatkan 1 hingga 2 kali permintaan. Pengguna yang banyak memanfaatkan Paket Informasi Teknologi Industri kebanyakan berasal dari kalangan industri. Tujuan pengguna menggunakan layanan Paket Informasi Teknologi Industri ini untuk keperluan pekerjaan. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah harus lebih proaktif dalam memberikan informasi jasa layanan yang dimilikinya.

This undergraduate thesis discussed about the utilization of packaging information technology of industry produced by Center for Scientific Documentation and Information in LIPI. The research is quantitative descriptive interpretive. The research shows that the utilization of packaging information is still less used. There was only 1 until 2 request in a year. Most of the users are from industrial society. The users use the packaging information technology of industry for their job and the users doesn?t have obstacle to get this packaging information technology of industry. This research suggest that PDII-LIPI should be more proactive in giving and providing the services."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S15319
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ririn Anggia Lestari
"Judul penelitian ini adalah 'Peran Perpustakaan Khusus dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Eksekutif: Studi Kasus di Perpustakaan Astra'. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan informasi eksekutif dan mengidentifikasi jasa/layanan yang dimiliki perpustakaan Astra sehingga dapat diketahui apakah perpustakaan Astra telah dapat memenuhi kebutuhan informasi pengguna eksekutif. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran perpustakaan Astra belum dapat membantu memenuhi kebutuhan informasi eksekutif. Jasa-jasa yang dimiliki perpustakaan Astra belum terlalu menjangkau semua pengguna eksekutif dan perpustakaa.

The title of this research is 'The Role of Special Library to Fulfill The Needs of The Executive Information: A Case Study in Astra Library'. The purpose of this study is to comprehend the needs of executives and to identify services of Astra library until it can be known if the library has fulfilled the needs of executive information. This research is qualitative descriptive research. The result of this research shows that the library hasn't fulfilled yet the needs of the executive information. The services of Astra library has not covered yet all the executive users and the library has to increase the utilization of library services for executive users."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S15567
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hotman Novriando
"Skripsi ini membahas tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan layanan Perpustakaan PSJ UI. Pengambilan data dilakukan dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 59 responden. Penelitian ini dilakukan pada bulam Mei 2011.
Identifikasi kualitas layanan didasarkan pada lima dimensi kualitas layanan yang terdapat dalam konsep Parasuraman (1988), yakni empati yaitu sikap, respon, dan tindakan di mana pustakawan dapat merasakan apa yang sedang dirasakan oleh pengguna, daya tanggap yaitu salah satu ciri seorang profesional informasi yang memiliki daya tanggap yang cepat atau responsif, jaminan yaitu kemampuan , kesopanan, sifat yang dapat dipercaya oleh layanan pustakawan, sehingga pengguna akan merasa nyaman dalam memanfaatkan layanan perpustakaan, keandalan yaitu kemampuan pustakawan untuk memberikan layanan sesuai yang dijanjikan dengan akurat dan memuaskan, dan yang terakhir adalah bukti fisik perpustakaan.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa pengguna merasa puas dengan kualitas layanan yang dimiliki Perpustakaan PSJ UI. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata seluruh dimensi kualitas layanan yang menunjukkan tanda positif. Adapun yang kurang mempengaruhi kepuasan pengguna, yaitu dimensi keandalan.

This thesis is about the level of users satisfication trough the quality servicer of Library of PSJ UI. The data collection was done by using quantitave method. This data collection done by spread questioner to 59 respondens. This research has taken in may 2011.
Quality of services identification based on 5 quality services dimentions that stated in Parasuraman (1988) concept, first empathy, empathy is the act where librarians can feel what the users felt, second responsivness, responsiveness is one of infomation profesionnal characteristic that have fast respons, third assurance, assurance is ability, politness, and characters that librarians can trust, so that users will feel comfortable when using library services, the fourth is reliability, reliability is the ability of librarians to provide the promised services accurately, fast and satisficated and the last is library tangible.
This research made a conclusion that users has felt quite satisficated from the services quality that library has. This things can be seen from the all services quality average that goes to the positve side. There also a dimention that based on the users, still can not satisfy them. That dimention is reliability.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S506
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8   >>