Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fajri Riyadi M. Nur
"ABSTRACT
This study aimed to examine the factors that cause time income (headway)
and speed of the bus TransJakarta in each bus station. Observations carried out to
see the influence of headway and speed that cause of waiting time of passangers
more longer. The method carried out with make simulation with using observation
data directly of departure and arriving in each station and speed that using of the
buses. Then simulation result analyzed by using macroscopic modelling and
compared with using the intelligent autonomous vehicle which is developed in
LAGIS Laboratory. The automation of driving tasks carries a large number of
benefits, such as the optimization of the use of transport infrastructures, the
improvement of mobility, the minimization of risks, travel time, and energy
consumption.

ABSTRAK
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji faktor yang mempengaruhi
jarak waktu kedatangan (headway) dan kecepatan (speed) bus TransJakarta di
setiap halte bus. Observasi dilakukan untuk melihat pengaruh faktor-faktor yang
mempengaruhi headway dan speed yang mengakibatkan waktu tunggu para
penumpang menjadi lebih besar. Metode yang dilakukan dengan melakukan
simulasi dengan menggunakan data pengamatan secara langsung waktu
keberangkatan bus dan waktu tiba bus di setiap halte serta kecapatan yang
digunakan. Kemudian hasil simulasi dianalisa menggunakan permodelan
macroscopic dan dibandingkan dengan menggunakan bus otomatis yang
dikembangkan di labolatorium LAGIS. Kendaraan Otomatis sejak otomatisasi
tugas-tugas mengemudi membawa sejumlah besar manfaat, seperti optimalisasi
penggunaan infrastruktur transportasi, peningkatan mobilitas, minimalisasi risiko,
waktu perjalanan, dan konsumsi energi."
2012
T31252
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
S. Maula Sulistiawan
"Seperti kita semua tahu bahwa keberhasilan sebuah proyek penelitian dapat meningkatkan pengetahuan di berbagai bidang seperti kemanusiaan, budaya, masyarakat dan aplikasi baru. Namun di balik keberhasilannya, ada banyak ketidakpastian dan kompleksitas. Berkaitan dengan itu, IFSTTAR melaksanakan dua proyek yang berbeda, seperti: RESTRAIL proyek sebagai proyek Eropa dalam transportasi perkotaan bidang publik yang bertujuan untuk mengurangi terjadinya kasus bunuh diri dan penebus salah di properti kereta api dan gangguan layanan dan konsekuensi lain peristiwa ini menyebabkan dengan menyediakan kereta api industri dengan analisis dan identifikasi pencegahan yang efektif biaya dan langkah-langkah mitigasi sebagai sistem panduan untuk transportasi kereta api dan proyek ISART sebagai proyek nasional di bidang perkotaan transportasi multimoda bertujuan untuk memberikan bantuan kepada mereka yang bertanggung jawab untuk kontrol efisien transportasi multimoda sistem. Terkait dengan pengelolaan proyek penelitian laporan ini membahas dua pertanyaan khususnya: Bagaimana mengelola sebuah proyek penelitian dan jenis titik tambahan diperlukan untuk meningkatkan metodologi yang ada dalam manajemen proyek penelitian dicontohkan oleh RESTRAIL dan ISART. Dalam menghadapi pertanyaan-pertanyaan ini laporan tersebut memberikan saran dengan mengadopsi atau dikombinasikan pengalaman dari negara lain. Ini adalah topik diskusi dalam sebuah laporan selama pelatihan penelitian proyek di IFSTTAR.

As we all know that the successful of a research project can increase knowledge in various fields such as humanity, culture, society and new applications. However behind his success, there are many of uncertainty and complexity. Relating with it, IFSTTAR implementing two of different projects, such as: RESTRAIL project as European project in the field urban public transport aimed to reduce the occurrence of suicides and trespass on railway property and the service disruption and other consequences these events cause by providing the rail industry with an analysis and identification of cost effective prevention and mitigation measures as guidance transport system for railways and ISART project as national project in the field urban transport multimodal aimed to provide assistance to those responsible for the efficient control of systems multimodal transport. Associated with managing a research project this report addresses two questions in particular: How to manage a research project and what kind of additions point are needed to improve an existing methodology in research project management exemplified by RESTRAIL and ISART. In dealing with these questions the report gives a suggestion by adopted or combined the experience from other countries. This is a topic of discussion in a report during research project training in IFSTTAR."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
T31142
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Guswandi
"ABSTRAK
Jakarta telah memiliki Busway TransJakarta sebagai transportasi umum, saat ini
permasalahan dari Bus way di Jakarta adalah delay antar bus, dan juga polusi
udara yag di hasilkan oleh bus setiap harinya. Bus tersebut menggunakan gas
alam sebagai bahan bakarnya, sementara stasiun pengisian gas yang ada
jumlahnya terbatas, dan lokasinya cukup jauh dari beberapa koridor tempat lokasi
bus tersebut di operasikan, dan akibatnya bus yang beroparasi akan berkurang
ketika mereka melakukan pengisian bahan bakar dan akan menigkatkan delay
bagi para penumpang yang menunggu bus.
Tujuan dari thesis ini adalah untuk mengoptimasi waktu tempuh dan mengurangi
waktu tunggu penumpang di setiap halte, menggunakan kendaraan cerdas yang
otonom pada jalur bus dan mendeskripsikan arus lalu lintas pada level makro.
Tujuan lainnya adalah untuk mengurangi polusi udara dari emisi gas, serta polusi
suara yang di timbulkan bus.
Sumulasi dari lalu lintas pada thesis ini menggunakan software SCANeR TM
Studio, yang membandingkan antara bus konvensional dengan bus cerdas yang
otonom di koridor 1 dari bus way TransJakarta. Dan berdasarkan simulasi,
penggunaan bus cerdas yang otonom memperoleh waktu perjalanan yang singkat
daripada bus konvensional, kcepatan perjalanan lebih konstan dan jarak antar bus
juga lebih konstan. Dampak lainnya polusi udara berkurang.

Abstract
Jakarta has a Busway TransJakarta for public transport, nowadays the problem of
Bus Way at Jakarta is the delay between buses, and also emission produced by the
buses every day. The buses using natural gas fuel and for refuel the gas, buses
have to go to station which located far from the corridor where they operated and
the impact, operating buses while the other do some refueling will reduced and the
delay for the passenger will be increased
The aim of this thesis is to optimize the travel time and to reduce the waiting time
of public in each station of the public transportation in Jakarta by using Intelligent
Autonomous Vehicles (IAV) into the bus lane and describing traffic flow in
macroscopic level. Other goal is to reduce the pollutant gas emission that the
buses produce including the acoustic pollution
Simulation of traffic in this thesis using software SCANeR TM Studio,
which comparison between conventional buses at existing condition with IAV bus
in corridor 1 of TransJakarta. And based on this simulation, using IAV bus has
short time travel then using of conventional vehicle, travel speed be more constant
and the headway between the bus more constantly. With the ability to reconfigure
itself when there is an error or failed system. Other impact of application the IAV
into corridor 1 is reducing the air pollution"
2012
T30908
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library