Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 114 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Amelia Hanifa
Abstrak :
Perundungan merupakan fenomena yang sering terjadi di Indonesia, bahkan di dalam lingkungan pendidikan. Perundungan terbukti memiliki dampak negatif, baik pada korban maupun pelakunya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas Program Pelatihan Empati dan Kontrol Diri untuk menurunkan perilaku perundungan, serta meningkatkan empati dan kontrol diri. Peserta pelatihan adalah empat siswa sekolah dasar yang merupakan pelaku perundungan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimental dengan desain one group pre-test post-test. Teknik analisis data menggunakan wilcoxon signed-rank test untuk melihat perbedaan kondisi peserta pelatihan sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Pelatihan Empati dan Kontrol Diri dapat menurunkan perilaku perundungan secara signifikan berdasarkan penilaian oleh teman-teman partisipan (Z=-2.103, p=0.035). Meski demikian, hasil self-report dan penilaian guru menunjukkan penurunan perilaku perundungan yang tidak signifikan (Z=-1.826, p=.068; Z=-1.826, p=.068). Selain itu, program pelatihan ini tidak dapat meningkatkan kemampuan berempati secara signifikan, baik empati secara umum (Z=-1.826, p=0.068), afektif (Z=-1.604, p=0.109), maupun kognitif (Z=-1.826, p=0.068), serta hanya dapat meningkatkan kemampuan kontrol diri peserta secara memadai. ......Bullying is a phenomenon that often occurs in Indonesia, even within the educational environment. Bullying proved to have a negative impact on both the victims and the perpetrators. This study aims to evaluate the effectiveness of the Empathy and Self Control Training Program to reduce bullying behavior and increase empathy and self control. The participants were four elementary school bullies. The research method used was quasi-experimental with the design of one group pre-test post-test. Data analysis techniques used Wilcoxon signed-rank test to see differences in the conditions of participants before and after the intervention. The results indicate that the Empathy and Self Control Training Program can reduce bullying behavior significantly based on peer evaluations (Z = -2.103, p = 0.035). However, the results of the self-report and teacher assessment showed a non-significant decrease in bullying behavior (Z = -1.826, p = .068; Z = -1.826, p = .068). In addition, this training program cannot significantly improve empathy skills, both empathy in general (Z = -1.826, p = 0.068), affective (Z = -1.604, p = 0.109), and cognitive (Z = -1.826, p = 0.068), and can only improve the ability of participants to control themselves adequately.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
T52343
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Febri Prasetiyo Noor
Abstrak :

Mahasiswa seringkali kurang aktif terlibat dalam proses belajar di kelas, diduga ada pengaruh dari sensitivitas pada stigma akibat kesenjangan sosio-ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh dari sensitivitas pada stigma akibat kesenjangan sosio ekonomi (SSID) pada hubungan pengendalian diri, kebiasaan belajar, dan keterlibatan aktif mahasiswa di kelas. Partisipan sejumlah 121 mahasiswa universitas X, terdiri dari 107 perempuan dan 14 laki-laki, dengan rentang usia 20-23 tahun. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini adalah uji bivariate correlation dan uji regresi untuk melihat pengaruh moderasi SSID pada hubungan pengendalian diri dengan keterlibatan aktif di kelas melalui kebiasaan belajar. Hasil uji korelasi menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan antara pengendalian diri dengan kebiasaan belajar dan kebiasaan belajar dengan keterlibatan aktif mahasiswa di kelas. Hasil uji regresi menunjukkan peran kebiasaan belajar sebagai mediator pada hubungan pengendalian diri dengan keterlibatan aktif mahasiswa di kelas, namun tidak ada pengaruh yang signifikan dari SSID pada hubungan tersebut. Implikasi teoritis dari hasil penelitian ini adalah pengendalian diri yang baik dan kebiasaan belajar yang teratur dapat menjadi prediktor terhadap keterlibatan aktif mahasiswa di kelas, sementara implikasi praktisnya dapat dilakukan dengan melatih pengendalian diri dan membentuk kebiasaan belajar yang teratur untuk menggugah mahasiswa agar lebih aktif di kelas.


College students were often less-actively in their involvement at the classroom, thus  there was a suspected from the effect of sensitivity to stigma of SES-based identity discrepancy. This study aimed to see the effect of sensitivity to SES-based identity discrepancy (SSID) in the relationship of self-control, homework habits, and classroom engagement. Participants were 121 students from university X, consisted of 107 women and 14 men, with an age-range of 20-23 years. Analysis used in this study were bivariate correlation and regression test to see the moderation effect of SSID on the relationship of self-control and classroom engagement through homework habits. The results showed a positive and significant correlation between self-control and homework habits, then homework habits and classroom engagement. The regression test results showed the role of homework habits as a mediator in the relationship of self-control and classroom engagement, while there is no significant moderation effect of SSID. Theoretical implications from this study, such as high self-control and good homework habits can be a predictor of student`s classroom engagement, while the practical implications can be started with self-control training and formed a good homework habits to inspire students became more active in the classroom.

2019
T53165
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aristya Puspita Adi Wardhani
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari intervensi kognitif-perilaku dalam menurunkan kecemasan sosial pada siswa SMA di lingkungan akademik. Intervensi ini disusun berdasarkan tiga level tujuan intervensi kognitif-perilaku yang dikemukakan oleh Stallard (2005). Penelitian ini menggunakan mixed method design, yaitu dengan menggabungkan data secara kualitatif dan kuantitatif untuk melihat sejauhmana kecemasan sosial subjek penelitian sebelum dan setelah pemberian intervensi kognitif-perilaku. Data kualitatif diperoleh dengan wawancara terhadap subjek, guru dan teman sekolah dengan berpedoman pada tiga subskala kecemasan sosial dari La Greca dan Lopez (1998). Data kuantitatif diperoleh dengan mengukur tingkat kecemasan subjek menggunakan alat ukur Social Anxiety Scale for Adolescent (SAS-A) yang telah diadaptasi oleh Oktarani (2014). Dari data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa intervensi kognitif-perilaku ini dapat menurunkan tingkat kecemasan sosial subjek di lingkungan akademik. Agar mendapatkan hasil penelitian yang optimal, penting untuk membangun kepercayaan terhadap subjek penelitian dan melibatkan orang lain di sekitar subjek saat intervensi dilakukan. ......The intervention program based on three levels of cognitive-behavioral intervention objectives defined by Stallard (2005). This research study uses mixed method design, by combining data qualitatively and quantitatively to see the extent of social anxiety of the research participant before and after the cognitive-behavioral intervention is given. The qualitative data were obtained by interviewing the participant, participant's teachers, and participant's schoolmates. The interviewing guide is based on three social anxiety subscales defined by La Greca and Lopez (1998). Therefore, the quantitative data were obtained by measuring the level of anxiety of the participant using the Social Anxiety Scale for Adolescent (SAS-A) that had been adapted to Bahasa Indonesia by Oktarani (2014). The result showed that cognitive-behavioral intervention can reduce the level of social anxiety of the participant in the academic environment. Building trust with the participant and involving other people around the participant-such as parents and teacher- are important in order to get the optimum research results.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T53252
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arifiana Nabilah
Abstrak :
Persaingan era globalisasi saat ini menuntut individu lebih adaptif dalam menjalani karier. Adaptabilitas karier merupakan salah satu konstruk terkait psikologi karier yang berfokus untuk membantu individu mengawasi perkembangan karier semasa hidupnya. Asumsi yang ditegakkan adalah untuk mempunyai adaptabilitas karier, mahasiswa perlu memiliki bayangan yang jelas, spesifik dan mudah dibayangkan, diwakilkan oleh future work self. Selanjutnya, efikasi diri dalam keputusan karier diduga dapat memediasi hubungan future work self terhadap adaptabilitas karier. Penelitian ini dilakukan pada 263 orang mahasiswa tingkat akhir yang minimal berada di semester tujuh perguruan tinggi. Dalam penelitian ini, adaptabilitas karier diukur dengan Career Adapt-abilities Scale-International Form (CAAS-IF), future work self diukur dengan Future Work Self Saliance (FWSS) dan efikasi diri dalam keputusan karier diukur dengan Career Decision Self-Efficacy–Short Form (CDSE-SF). Hasil penelitian menunjukkan bahwa future work self memiliki hubungan yang kuat dengan adaptabilitas karier, serta hubungan ini merupakan mediasi parsial melalui efikasi diri dalam keputusan karier. Hasil penelitian ini memberikan beberapa manfaat bagi pusat pengembangan karier di perguruan tinggi. ...... Competition in the current era of globalization requires individuals to be more adaptive in their careers. Career adaptability is one of the constructs related to career psychology that focuses on helping individuals monitor career development during their lifetime. The assumption is to have a career adaptability, college students need to have clear, specific and easy to imagine images, represented by future work self. Furthermore, self-efficacy in career decisions is thought to mediated future work self relations with career adaptability. This research was conducted on 263 final years college students who were at least in the seventh semester of the university. In this research, career adaptability was measured by Career Adapt-abilities Scale-International Form (CAAS-IF), future work self was measured by Future Work Self Saliance (FWSS), and career decision self-efficacy was measured by Career Decision Self-Efficacy–Short Form (CDSE-SF). The results showed that future work self has a strong relationship with career adaptability, and this relationship is a partial mediation through self-efficacy in career decisions. The results of this study give some benefits for career development center in university.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T53232
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Surayya Sakinah
Abstrak :
Setelah pandemi covid-19, peserta didik kembali belajar secara tatap muka di sekolah. Hanya saja terdapat permasalahan pada keterlibatan belajar peserta didik dalam menjalani proses belajar di kelas. Peserta didik dinilai memerlukan kemampuan keterlibatan belajar secara proaktif agar mampu menjalani proses pembelajaran secara efektif. Teacher autonomy support dan peer relatedness berperan pada keterlibatan proaktif peserta didik dalam menerima instruksi, berinisiatif dan menyuarakan pendapat di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran peer relatedness sebagai moderator hubungan antara teacher autonomy support dan agentic engagement peserta didik SMA. Penelitian ini dilakukan pada 409 partisipan dari peserta didik SMA yang aktif belajar di sekolah. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Agentic Engagement Scale (AES), Learning Climate Questionnaire (LCQ) dan The Youth Relatedness Scale (TYRS) yang sudah diadaptasi dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia serta dimodifikasi sesuai dengan konteks penelitian. Berdasarkan perhitungan Moderated Regression Analysis (MRA), menunjukkan bahwa peer relatedness memiliki peran sebagai moderator dalam hubungan teacher autonomy support dan agentic engagement. Peer relatedness yang dirasakan peserta didik dapat memperkuat atau memperlemah hubungan antara teacher autonomy support dan agentic engagement peserta didik SMA setelah pandemi covid-19 (F hitung 241.825. p<0.05). ......After the Covid-19 pandemic, students returned to learning face-to-face at school. It's just that there are problems with students' learning involvement in the learning process in class. Students are assessed as requiring the ability to engage in proactive learning to be able to carry out the learning process effectively. Teacher autonomy support and peer relatedness play a role in students' proactive involvement in receiving instructions, taking initiative, and voicing opinions in the classroom. This research aims to understand the role of peer relatedness as a moderator of the relations between teacher autonomy support and agentic engagement of high school students. This research was conducted on 409 participants from high school students who were actively studying at school. The measuring tools used in this research are the Agentic Engagement Scale (AES), the Learning Climate Questionnaire (LCQ), and the Youth Relatedness Scale (TYRS) which have been adapted and translated into Indonesian and modified according to the research context. Based on Moderated Regression Analysis (MRA) calculations, show that peer relatedness has a role as a moderator in the relations between teacher autonomy support and agentic engagement. Peer relatedness felt by students can strengthen or weaken the relations between teacher autonomy support and agentic engagement of high school students after the COVID-19 pandemic (F count 241.825. p<0.05).
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sausan Khairunnisa Haida
Abstrak :
Pembelajaran matematika secara konsep akan semakin abstrak di jenjang pendidikan tinggi. Mahasiswa matematika lebih banyak menghadapi penyelesaian soal berupa pembuktian teorema. Tuntutan kognitif yang semakin berat dapat memperbesar peluang untuk mengalami cognitive failure. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui prediktor dari mathematics cognitive failure pada mahasiswa matematika yang secara khusus harus mendalami banyaknya konsep matematika. Pengukuran variabel dilakukan dengan mengkonstruksi Mathematics Cognitive Failure Questionnaire, mengadaptasi Metacognitive Skill Scale, dan menggunakan IPIP-BFM-25 Versi Indonesia. Pengambilan data dilakukan dengan accidental sampling kepada mahasiswa matematika dari 3 universitas terbaik di Indonesia menurut QS World University Ranking 2023. Total responden penelitian yang akan diolah menggunakan uji regresi berganda sejumlah 104 orang mahasiswa matematika dari semester 3, 5, dan 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa extraversion, agreeableness, conscientiousness, neuroticism, dan openness, serta keterampilan metakognitif bersama-sama dapat memprediksi mathematics cognitive failure secara signifikan. Besar sumbangan efektif dari prediktor yang mampu mempengaruhi mathematics cognitive failure pada mahasiswa matematika secara signifikan adalah 21,715% dari kepribadian openness, 16,125% dari keterampilan metakognitif, dan 8,539% dari kepribadian neuroticism. Penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi keterbukaan individu dengan hal baru dan kemauan untuk mengawasi pembelajarannya dengan strategi metakognitif, serta meminimalisir gejala dari neuroticism, maka individu akan terhindar dari mathematics cognitive failure. ......The concepts of mathematical learning become increasingly abstract at the higher education level. Mathematics undergraduate students must engage in proving theorems in each problem-solving activity. The cognitive demands will become increasingly severe, thereby increasing the chances of experiencing cognitive failure. This research was conducted to determine the predictors of mathematics cognitive failure in students of mathematics that have to study many mathematical concepts. Variable measurements were carried out by constructing the Mathematics Cognitive Failure Questionnaire, adapting the Metacognitive Skill Scale, and using the Indonesian version of IPIP-BFM-25. Data collection was carried out by accidental sampling among mathematics students from the three best universities in Indonesia based on QS World University Ranking 2023. The total number of research respondents who will be processed using multiple regression tests is 104 mathematics students from 3, 5, and 7 academic semesters. The results of the research show that extraversion, agreeableness, conscientiousness, neuroticism, and openness, as well as metacognitive skills together, can predict mathematics cognitive failure significantly. The effective contribution of predictors that can significantly influence mathematics cognitive failure in mathematics students is 21.715% from openness personality, 16.125% from metacognitive skills, and 8.539% from neuroticism personality. This research shows that the higher an individual's openness to new things and the willingness to monitor their learning with metacognitive strategies, as well as minimizing neurotic behavior, the individual will avoid mathematics cognitive failure.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vita Nasrida
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas program psikoedukasi Ceria Bersama Anak Tunarungu dengan Membaca (Cermat Baca) untuk meningkatkan keyakinan membaca orang tua dengan anak tunarungu usia dini (4-8 tahun). Desain penelitian ini adalah one group pretest posttest design. Partisipan dari penelitian ini adalah orang tua mendengar (n=15) dengan anak tunarungu usia 4-8 tahun yang bersekolah di TKLB P di Jakarta. Program psikoedukasi Cermat Baca berlangsung 1 hari selama 4 jam. Keyakinan membaca orang tua diukur dengan menggunakan alat ukur Parent Reading Beliefs Inventory (PRBI) oleh DeBaryshe dan Binder (1994) yang telah diadaptasi oleh Utomo et al. (2021). Hasil olah data pretest dan posttest 1 dengan metode Wilcoxon signed-rank test menunjukkan signifikansi nilai p sebesar 0,012 (p<0,05). Setelah jeda 2 minggu, hasil posttest 2 menunjukkan sedikit penurunan rata-rata skor partisipan dibandingkan posttest 1 namun hasil uji signifikansi tidak menunjukkan hasil yang signifikan. Dari hasil studi ini menekankan perlunya program intervensi yang berkesinambungan, materi program yang sesuai dengan latar belakang pendidikan orang tua yang beragam, serta pemberian umpan balik kepada partisipan selama sesi program untuk meningkatkan keyakinan membaca orang tua dengan lebih baik dan dampak yang lebih lama. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi ilmiah dalam pengembangan program intervensi serupa untuk orang tua dalam rangka mengembangkan kemampuan bahasa anak tunarungu usia dini. ......This study aims to measure the effectiveness of the Ceria Bersama Anak Tunarungu Dengan Membaca (Cermat Baca) psychoeducation to increase the parental reading beliefs of early childhood deaf children (4-8 years). The design of this research is a one group pretest posttest design. Participants in this study are hearing parents (n=15) with deaf children aged 4-8 years who attended TKLB P in Jakarta. The Cermat Baca workshop was held in 1 day for a duration of 4 hours. Parental reading beliefs were measured using the Parent Reading Beliefs Inventory (PRBI) measuring tool by DeBaryshe and Binder (1994) which was adapted by Utomo et al. (2021). The results of pretest and posttest 1 data processing using the Wilcoxon sign-rank test method showed a significance value of p of 0.012 (p<0.05). After a 2-week break, the results of posttest 2 showed a slight decrease in the average participant score compared to protest 1 but the results of the significance test did not show significant results. Based on these results, Cermat Baca psychoeducation is effective in increasing parental reading beliefs of parents with early childhood deaf chidlren, although the cause of increasing score after a 2-week gap needs to be looked at more carefully. The results of this study emphasize the need for a sustainable intervention program, program materials that are suitable for parents from diverse educational backgroud, as well as feedback provision to participants during program sessions to increase parents' reading beliefs better and have a longer lasting impact. The results of this research can be used as a scientific reference in developing similar intervention programs for parents in regards to early childhood deaf children’s language skills development.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dina Permata Sari
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji program intervensi dramatic play untuk meningkatkan empati anak usia 5-6 tahun. Desain penelitian ini adalah non-experimental within subject. Pelaksanaan rangkaian aktivitas penelitian dilakukan secara tatap muka di sekolah RA Al Ikhlas Kabupaten Bandung. Penelitian ini melibatkan guru sebagai fasilitator yang menyampaikan rangkaian aktivitas. Penelitian diawali dengan praintervensi berupa pemberian materi kepada guru terkait empati, dramatic play, dan rancangan intervensi. Partisipan penelitian adalah anak-anak kelas B berusia lima hingga enam tahun (n=5). Alat ukur yang digunakan saat pre-test dan post-test adalah Skala Empati Anak. Hasil analisis statistik Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan pada skor rata-rata anak pada waktu pre-test (M=7, SD=1.78) dan post-test 1 (M=11.16, SD=0.70) Z=-1.841ᵇ, p>0.05. Angka menunjukkan dramatic play tidak efektif meningkatkan empati anak. Hasil analisis statistik kedua menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan pada skor rata-rata post-test 1 dan rata-rata post-test 2 (M=11.4, SD=0.89) Z=-1.414ᵇ, p>0.05. Angka menunjukkan dramatic play tidak memberi pengaruh setelah jangka waktu tertentu. ......This study aims to examine the intervention program “dramatic play” to improving kindergarten’s empathy. This research design is on-experimental within subject. The implementation of research activities was carried out by face-to-face at RA Al Ikhlas School, Bandung Regency. This study involved the teacher as the person who delivered the activities. This study began with pre-intervention to providing materials for teacher related to empathy, dramatic play, and manual program research. The participants were kindergarten children age 5-6 years old (n=5). The measuring instrument used during pre-test and post-test is Skala Empati Anak. Statistical analysis used Wilcoxon Signed Rank Test showed that there was no significant difference on kindergarten’s emotional understanding mean score in pre-test (M=7, SD=1.78) and post-test 1 (M=11.16, SD=0.70) Z=-1.841ᵇ, p>0.05. It shows that dramatic play is no effective in increasing kindergarten’s emotional understanding. The result of the second statistical analysis show that there was no significant difference in the mean score of post-test 1 and post-test 2 (M=11.4, SD=0.89) Z=-1.414ᵇ, p>0.05. It shows that dramatic play doesn’t take effect certain amount of time.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chairunnisa Rizkiah
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas program pelatihan KASTURI (Sikap Positif Guru Inklusi) untuk meningkatkan sikap positif terhadap pendidikan inklusif pada guru Taman Tanak-Kanak (TK) inklusi. Desain penelitian ini adalah two-group pretest-posttest design. Partisipan dari penelitian ini adalah guru dari dua TK Negeri inklusi yang berbeda, yang dibagi menjadi kelompok kontrol (n=6) dan kelompok eksperimen (n=7). Pelatihan KASTURI berlangsung selama 5 hari dalam 1 sesi pembuka, 5 sesi materi, dan 1 sesi penutup. Topik yang dibahas dalam pelatihan in adalah konsep pendidikan inklusif, siswa berkebutuhan khusus, collaborative work, empati, dan Individualized Education Program (IEP). Untuk mengetahui efektivitas program pelatihan KASTURI, sikap guru diukur dengan menggunakan alat ukur the Multidimensional Attitudes Toward Inclusive Education Scale (MATIES) oleh Mahat (2008) dan diadaptasi untuk guru PAUD (Rizkiah & Kurniawati, 2019). Hasil analisis efek perbedaan skor pre-test dan post-test MATIES VI antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan perbedaan yang signifikan (p<0,05) antara kedua kelompok di semua komponen sikap guru, yaitu kognitif (p=0,000), afektif (p=0,008), dan konatif atau perilaku (p=0,000). Terdapat peningkatan skor yang signifikan pada kelompok eksperimen sesudah diberikan pelatihan pada komponen sikap kognitif (Mean Difference/MD=6,286; p<0,05), sikap afektif (MD=9,143; p<0,05) dan sikap konatif (MD=4,714; p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa program pelatihan KASTURI efektif untuk meningkatkan sikap positif guru TK terhadap pendidikan inklusif. Implikasi dari temuan ini dibahas dalam kaitannya dengan hasil penelitian- penelitian lain yang relevan dan saran bagi intervensi untuk guru TK inklusi di Indonesia. ......This study aimed to examine the effectiveness of the KASTURI (Positive Attitude of Inclusive Teachers) training program for inclusive kindergarten teachers. The study used a two-group pretest-posttest design. The participants were teachers from two different inclusive public kindergartens, divided into a control group (n = 6) and an experiment group (n = 7). The KASTURI training lasted for 5 days, which consisted of 1 opening session, 5 training sessions, and 1 closing session. Topics delivered in the training were related to the concept of inclusive education, students with special needs, collaborative work, empathy, and Individualized Education Programs (IEP). Teachers’ attitudes were measured by Multidimensional Attitudes Toward Inclusive Education Scale (MATIES) by Mahat (2008), adapted for preschool teachers (Rizkiah & Kurniawati, 2019). Analysis on pre-test and post- test scores of MATIES VI between study groups showed significant difference (p <0.05) between the two in all three components of teacher’s attitudes, namely cognitive (p = 0.000), affective (p = 0.008), and conative or behavioral component (p = 0.000). Experiment group’s attitude scores increased significantly in the cognitive (Mean Difference / MD = 6.286; p <0.05), affective (MD = 9.143; p <0.05) and conative component ( MD = 4.714; p <0.05). These findings show that the KASTURI training program is effective in enhancing inclusive kindergarten teachers’ positive attitude towards inclusive education. The implications of these findings are discussed in relation with other relevant studies and intervention suggestions for inclusive kindergarten teachers in Indonesia.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Evi Luthfiyah Nurjamil
Abstrak :
Pandemi COVID-19 telah mengurangi 2,3 juta peluang lapangan pekerjaan di Indonesia. Karir siswa SMK dinilai terancam karena lulusannya menyumbang tingkat pengangguran tertinggi di Indonesia, sehingga perlu ada usaha penyesuaian diri dalam merencanakan karir di masa depan. Penelitian ini menegakkan asumsi agar memiliki adaptabilitas karir yang kuat, siswa SMK perlu memiliki kepribadian proaktif yang mendorongnya untuk berinisiatif melakukan perubahan. Selanjutnya proses tersebut perlu dimediasi oleh kemampuan untuk bertahan menghadapi kesulitan (resiliensi). Penelitian ini dilakukan terhadap 686 orang siswa SMK di Indonesia menggunakan alat ukur Career Adapt-Abilities Scale International Form (CAAS-IF) untuk adaptabilitas karir, Proactive Personality Scale Short Form (PPS-SF) untuk kepribadian proaktif dan The Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC) untuk resiliensi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kepribadian proaktif memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan adaptabilitas karir (c’ = 0,384, SE = 0,087, p < 0,001). Diketahui pula adanya efek mediasi secara parsial oleh resiliensi (c’ = 0,384 < c = 1,283). Penelitian ini dapat menjadi acuan pentingnya memperkuat layanan Bimbingan Karir yang memberikan informasi karir diluar bidang yang tersedia di SMK ......The COVID-19 pandemic has reduced 2.3 million jobs in Indonesia. Vocational school students' careers are considered threatened because their graduates contribute to the highest unemployment rate in Indonesia, so there needs to be an adjustment effort in planning future careers. This study strengthens the assumption that in order to have a strong career adaptability, vocational students need to have a proactive personality that encourages them to take the initiative to make changes. Furthermore, this process needs to be mediated by the ability to withstand adversity (resilience). This research was conducted on 686 vocational students in Indonesia using the Career Adapt-Abilities Scale International Form (CAAS-IF) for career adaptability, the Proactive Personality Scale Short Form (PPS-SF) for proactive personality and The Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC) for resilience. The test results showed that proactive personality was positively and significantly related to career adaptation (c '= 0.384, SE = 0.087, p <0.001). It is also known that there is a partial mediation effect by resilience (c '= 0.384
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>