Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Febrian Nur Pamungkas
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku bunuh diri yang terdapat dalam film Koe no Katachi (2016) karya Yamada Naoko. Penulis menggunakan teori interpersonal bunuh diri Joiner dalam Van Orden (2010) dan Three-Step Theory of Suicide Klonsky dan May (2015) untuk menganalisis perilaku bunuh diri dalam film Koe no Katachi dengan metode mise en scene Monaco (2000). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku bunuh diri yang digambarkan oleh film Koe no Katachi berupa pemikiran bunuh diri sebanyak empat kali (aktif dan pasif) dan percobaan bunuh diri yang digagalkan sebanyak satu kali. Selain itu, film ini tidak menampilkan pengetahuan bunuh diri yang dapat memicu fenomena suicide copycat. Film Koe no Katachi dapat dilihat sebagai refleksi situasi masyarakat Jepang dengan terus meningkatnya kasus bunuh diri remaja akibat perundungan. Peran orang-orang terdekat dari individu yang memiliki perilaku bunuh diri digambarkan menjadi solusi paling efektif dalam pencegahan bunuh diri. Sementara itu, partisipasi pihak-pihak seperti, pemerintah, sekolah, dan komunitas masyarakat yang seharusnya aktif dalam penanganan masalah ini terlihat minim. Oleh karena itu, film ini dapat dilihat sebagai kritik sosial kurangnya kepedulian institusi formal seperti sekolah dan negara terhadap perilaku bunuh diri dan perundungan remaja.
This study aims to analyze the suicidal behavior contained in the film Koe no Katachi (2016) by Yamada Naoko. The author uses Joiner's interpersonal theory of suicide in Van Orden (2010) and Klonsky and May's Three-Step Theory of Suicide (2015) to analyze suicidal behavior in Koe no Katachi film with Monaco’s (2000) mise en scene method. The results showed that the suicidal behavior described in Koe no Katachi consists of four suicidal thoughts (active and passive) and one failed suicide attempt. In addition, this film does not feature any suicide knowledge which can trigger the phenomenon of copycat suicide. Koe no Katachi can be seen as a reflection of current Japanese society, in which the number of adolescent suicides is increasing due to act of bullying. People who are closest to the suicidal individuals are described to be having a major role and are most effective in preventing the act of suicide. Meanwhile, participation of parties such as the government, schools, and communities in dealing with this matter are considered to be minimal. Therefore, this film can be seen as a social critique of formal institutions such as schools and the state due to their ignorance towards adolescent suicidal behavior and bullying."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Taufik Hidayatullah
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat representasi ibu tunggal dalam film Yu o Wakasu Hodo no Atsui Ai (Her Love Boils Bathwater) dan refleksi film tersebut terhadap fenomena keluarga dengan ibu tunggal di Jepang. Penulis menggunakan teori representasi Stuart Hall (1997) sebagai konsep dasar dan teori analisis film melalui karakterisasi tokoh Petrie dan Boggs (2011) serta mise-en-scène Monaco (2000) dalam menganalisis data berupa tangkapan layar adegan yang menampilkan tokoh ibu tunggal dari segi penampilan dan pekerjaan, alasan ibu tunggal dalam bertahan hidup melawan kanker, percakapan ibu tunggal dengan anaknya, dan relasi ibu tunggal dengan mantan suaminya dengan menggunakan metode analisis teks dan visual. Dari hasil analisis, ditemukan tokoh ibu tunggal yang kuat dan berdaya. Hal ini dipengaruhi oleh absennya figur seorang ayah sebagai kepala keluarga, sehingga mau tidak mau ibu tunggal harus menjadi sosok yang kuat dan berdaya demi keluarganya. Film Yu o Wakasu Hodo no Atsui Ai dapat dilihat sebagai refleksi terhadap representasi ibu tunggal yang kuat dan berdaya pada fenomena keluarga dengan ibu tunggal di Jepang yang semakin meningkat dalam satu dekade terakhir.
This study aims to look at the representation of single mother in the film titled Yu o Wakasu Hodo no Atsui Ai (Her Love Boils Bathwater) and its reflection on the phenomenon of families with single mother in Japan. The writer uses Stuart Hall’s representation theory (1997) as the basic concept and theory of film analysis through the characterization of Petrie and Boggs (2011) and the mise-en-scène of Monaco (2000). The data that is analyzed using textual and visual analysis methods is in the form of screenshots of scenes featuring single mother in terms of her appearance and job, her reason to survive against cancer, her conversation with her child, and her relationship with her ex-husband. The result shows that the single mother figure is strong and empowered. This is influenced by the absence of a father figure as the patriarch, so that like it or not a single mother must be a strong and empowered figure for the sake of the family. The film Yu o Wakasu Hodo no Atsui Ai can be considered as a reflection of the strong and empowered single mother in the Japan’s growing single mother family phenomenon over the last decade."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Yarra Rania Nurul Iman
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberadaan wacana heteronormatif manga boys’ love (BL) dan bagaimana wacana tersebut memengaruhi popularitas BL di Indonesia. Penulis menggabungkan metode model analisis femininitas dan maskulinitas oleh Zhou, et al. (2018), analisis teks, dan interpretasi komposisi visual oleh Rose (2001) untuk menganalisis keberadaan wacana heteronormatif dalam manga Dakaretai Otoko 1-i ni Odosarete Imasu dan metode analisis tematis oleh Clarke dan Braun (2013) untuk menganalisis tanggapan pembaca BL Indonesia di Twitter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dakaretai Otoko 1-i ni Odosarete Imasu merupakan BL dengan wacana heteronormatif dan pembaca BL Indonesia di Twitter juga lebih sering mengungkit aspek heteronormatif manga tersebut. Preferensi pembaca BL Indonesia yang memilih manga BL dengan karakter heteronormatif dapat dibaca sebagai bukti kuatnya internalisasi norma-norma heteronormatif di Indonesia yang didukung oleh nilai-nilai agama dan sosial.
This research discusses the existence of heteronormative themes in boys’ love (BL) manga and determines how they affect the popularity of BL in Indonesia. This research combines Zhou, et al. (2018)’s femininity and masculinity model, text analysis method, and compositional interpretation method by Rose (2001) to analyse the heteronormative themes in Dakaretai Otoko 1-i ni Odosarete Imasu and thematic analysis method to examine Indonesian BL readers’ comments on Twitter. Results have shown that Dakaretai Otoko 1-i ni Odosarete Imasu indeed has heteronormative themes and the comments on Twitter are mostly focused on heteronormative aspects of the manga. Indonesian BL readers’ tendency to prefer BL mangas with heteronormative themes can be seen as an evidence of the strong internalisation of heteronormative norms in Indonesia, which is also supported by the religious and social values."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library