Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 114 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ryan Raka Surya
"Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kembali mengenai topik discount framing, salah satu faktor yang diduga, bisa meningkatkan intensi membeli konsumen dan nilai transaksi, jika dikaitkan dengan produk dengan harga rendah atau tinggi, dengan ukuran diskon rendah atau tinggi, dan dikontrol menggunakan harga referensi Internal. Sampel yang digunakan adalah penduduk Millenial Indonesia yang memiliki kemampuan untuk melakukan pembelian terhadap produk berharga rendah ataupun tinggi. Penelitian ini menggunakan analsisi Multivariate of Covariance ( MANCOVA ) untuk mengolah data yang digunakan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk penduduk Millenial Indonesia, ukuran diskon masih merupakan faktor utama yang mempengaruhi nilai transaksi, dan format diskon masih menjadi hal yang tidak dianggap secara signifikan. Sedangkan dari sisi harga referensi internal, produk dengan harga tinggi mendapat perhatian lebih daripada produk berharga rendah. Ini berarti, penduduk Millenial Indonesia masih mengandalkan ukuran diskon dalam membeli produk daripada, memperhatikan format diskon yang digunakan, dan sensitif terhadap produk dengan harga tinggi.

The study aims to explore on the topic of discount framing, which is one factor that has been researched over the years for having impact on Purchase intention and perception of transaction value, both for high price or low price product, for both low and high discount size. This Study also has Internal Reference Price as Covariance, which is suspected to have some form of involvement in Purchase intention and Transaction Value. Sample used are Indonesian Millennials Citizen that have purchasing power for both products price point. This research is using Multivariate analysis of Covariance (MANCOVA) to process the data. Theresult showed that for Indonesian Millennials citizens, discount size is still the significant factor that affects perception on transaction value, and discount format, generally, is still ignored. For the Covariance, Internal Reference Price high price product is still getting more attention for this segment. Allinall, Indonesian Millennial Citizens still use discount size as a parameter to buy a product and are sensitive to high price products."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harahap, Aktian Widyarizki
"Berdasarkan Kebijakan Energi Nasional, target Energi Terbarukan adalah 23% dari bauran energi nasional pada tahun 2025, pemerintah Indonesia berencana untuk menambah target energi terbarukan dan energi alternatif lainnya. Namun, masalah dalam keberlanjutan proyek ketenagalistrikan yang ada dimana mindset perusahaan terdahulu lebih memilih mengembangkan proyek energi fosil daripada energi terbarukan. Hal ini timbul akibat dari masalah organisasi yang masih belum dapat menyiapan kesiapan perubahan organisasi terhadap adopsi energi terbarukan. Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan studi empiris secara kuantitatif dengan menggunakan structural equation model untuk menyeidiki tiga faktor penentu kesiapan perubahan yaitu external pressure, innovation intention, dan commitment of resources. Penelitian dilakukan pada perusahaan Independent Power Producer (IPP) di Indonesia dengan hasil menunjukkan bahwa innovation intention yang merupakan bagian dari budaya inovasi menjadi faktor terbesar penentu kesiapan perubahan organisasi pada sektor tenagalistrikan di Indonesia. Faktor penentu lainnya seperti commitment of resources yang merupakan dorongan internal dalam memberikan alokasi sumber daya tidak menunjukkan pengaruh yang kuat dalam mendorong kesiapan perubahan energi terbarukan.

Based on the National Energy Policy, the Renewable Energy target in Indonesia is 23% of the national energy mix in 2025, the Indonesian government plans to add renewable and alternative energy power plants by 2028. However, the author acknowledges that there have been urgent problems in the sustainability of existing electricity projects where the mindset of previous companies prefers to develop fossil energy projects rather than renewable energy. The fenomena gap arises due to organizational problems that are still unable to prepare change readiness in the organizational level towards intention to adopt renewable energy. A rapidly changing environment in developing countries, especially in the electricity sector, moves this research to be carried out by conducting quantitative empirical study using the structural equation model to investigating the three determinants of change readiness namely external pressure, innovation intention, and commitment of resources. The study was conducted on the IPP in Indonesia with the results showing that the innovation intention which is part of the culture of innovation is the biggest factor determining change readiness. Other determinants such as commitment of resources do not show a strong influence to encouraging change readiness for renewable energy."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meuthia Larasati
"Pasar Indonesia sangat seluler, 67% dari pelaku belanja online menggunakan ponselnya untuk berbelanja. Maka dari itu, peran dari aplikasi seluler e-commerce sangat lah penting. Bagian paling integral dari aplikasi seluler e-commerce adalah sistem rekomendasi. Sistem ini bertugas merekomendasikan produk kepada pengguna sesuai aktivitas dan profil preferensi mereka. Suatu sistem rekomendasi dapat dikatakan berhasil apabila dapat menghasilkan niatan membeli pada pengguna. Namun, hal ini membutuhkan kepercayaan dari pengguna. Pada penelitian ini, diselidiki faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan pengguna, yaitu: recommendation quality, transparency, dan mobile app quality. Sebanyak 640 responden yang menggunakan aplikasi seluler e-commerce dalam jangka 6 bulan diteliti. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif dari recommendation accuracy, novelty, dan diversity terhadap recommendation quality; pengaruh positif dari explanation terhadap transparency; pengaruh positif dari information quality, recommendation quality, dan transparency terhadap trust; dan pengaruh positif dari trust terhadap purchase intention.

The Indonesian market is very mobile, 67% of online shoppers prefer to shop on their mobile phones. While, the role of mobile app grows more important, so does the role of recommendation agent in it. The task of such agent is to point customers to additional items of interest in the catalog based on their current activity and preference profile. The system is proven useful if it can generate users purchase intention and trust is the prerequisite of such intention. This study aims to investigate the trust-building factors, namely: recommendation quality, transparency, and the mobile app quality itself. We collected 640 respondents who accessed an e-commerce mobile app within the last 6 months. This study reveals that there is a positive correlation from recommendation accuracy, novelty, and diversity towards recommendation quality; a positive correlation from explanation towards transparency; a positive correlation from information quality, recommendation quality, and transparency towards trust; and a positive correlation from trust towards purchase intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Dzaki Albiruni
"ABSTRAK
Peningkatan pengguna internet di Indonesia memicu perubahan gaya hidup masyarakat, tidak terkecuali dalam berbelanja. Dengan eksistensi e commerce, masyarakat di Indonesia telah mengenal metode belanja baik secara tradisional maupun online. Pertumbuhan e commerce yang semakin pesat akan menyediakan berbagai alternatif dalam berbelanja bagi masyarakat, baik sebagai penjual maupun pembeli. Hal ini menjadikan pembeli dapat memilih platform mana yang sesuai ketika mencari barang pilihan mereka, baik dalam kondisi baru maupun bekas. Pembeli tentunya memiliki berbagai latar belakang dan preferensi tersendiri dalam memilih barang, termasuk ketika membeli barang bekas secara online. Platform e-commerce khususnya C2C perlu mengetahui motivasi dari perspektif pembeli, seperti price orientation, bargaining power, critical orientation, usefulness, ease of use, need to be unique, nostalgia, trust, dan assurances dalam melakukan pembelian. Oleh karena itu, penelitian ini akan berfokus pada pengaruh motivasi berbelanja barang bekas secara online di perspektif pembeli, sikap mereka terhadap berbelanja barang bekas, serta niat pembelian kembali. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan meneliti motivasi dari 502 pembeli barang bekas secara online di Indonesia yang kemudian dianalisis dengan menggunakan Partial Least Squares - Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Peneliti menemukan bahwa motivasi dalam berbelanja barang bekas secara online berpengaruh secara signifikan baik terhadap sikap pembeli dalam berbelanja barang bekas maupun niat pembelian kembali dari pembeli di Indonesia.
ABSTRACT
The increasing level of internet users in Indonesia has triggered changes in people's lifestyles, including in their way of shopping. The e-commerce existence in Indonesia causes people to be more familiar with shopping methods, both traditional and online. The rapid growth of e-commerce provides various alternatives for users, both as sellers and buyers. Buyers nowadays can choose their suitable platform based on goods, both in new and used conditions. Their backgrounds and preferences in selecting goods will affect the way of buying second-hand goods. E-commerce platforms, especially C2C, need to know various motivations from the buyer's perspective, such as price orientation, bargaining power, critical orientation, usefulness, ease of use, need to be unique, nostalgia, trust, and assurance in buying second-hand goods. Therefore, this research will focus on the influence of online second hand shopping motivation from a buyer's perspective, their attitude towards second-hand shopping, and repurchase intentions. This study uses purposive sampling by examining motivations of 502 second-hand online buyers in Indonesia, which is then analyzed by using Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Researcher finds that motivation in shopping for second-hand goods online has a significant effect both on the attitudes of buyers in shopping for second-hand goods and repurchase intention from Indonesian buyers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jessica Joanne Mahardhika
"Dewasa ini, User Generated Content (UGC) merupakan salah satu media utama bagi konsumen untuk membangun keterikatan dengan merek (customer brand engagement) dengan mengaitkan nilai fungsional dan nilai emosional yang dirasakan pengguna UGC. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti content quality, design quality, dan technology quality UGC yang dapat mempengaruhi keterikatan konsumen dengan merek (customer brand engagement), melalui nilai fungsional dan emosional sebagai mediator pada hubungan tersebut. Penelitian ini menggunakan model yang terdapat pada teori Stimulus-Organisme-Respons (S-O-R). Responden pada penelitian ini merupakan generasi Z dan milenial berusia 18-41 tahun, memiliki akun media sosial Youtube, Instagram, dan/atau Tiktok, serta pernah melihat UGC selama satu bulan terakhir. Kuesioner disebarkan secara online. Data sebanyak 286 responden yang terdapat pada penelitian utama diolah dengan menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum, nilai fungsional dan emosional memiliki peran sebagai mediator dalam hubungan antara kualitas UGC dan keterikatan konsumen dengan merek (customer brand engagement). Secara lebih lanjut, ditemukan bahwa content quality mampu memberikan pengaruh positif terhadap keterikatan konsumen dengan merek (customer brand engagement) dengan bantuan nilai fungsional dan nilai emosional sebagai mediator. Kemudian, technology quality dapat memberikan pengaruh positif terhadap keterikatan konsumen dengan merek (customer brand engagement) dengan bantuan nilai emosional dan design quality dapat memberikan pengaruh positif terhadap keterikatan konsumen dengan merek (customer brand engagement) dengan bantuan nilai emosional.

Nowadays, User Generated Content (UGC) is one of the main media for consumers to build brand engagement by linking the functional value and emotional value felt by UGC users. The purpose of this study is to examine the content quality, design quality, and technology quality of UGC that can affect consumer brand engagement, through functional and emotional values as mediators in the relationship. This study uses the model contained in the Stimulus-Organism-Response (S-O-R) theory. Respondents in this study were Generation Z and millennials aged 18-41 years, had social media accounts on Youtube, Instagram, and/or Tiktok, and had seen UGC for the past month. Questionnaires were distributed online. The data of 286 respondents in the main study was processed using the Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) method. The results of this study indicate that in general, functional and emotional values have a role as a mediator in the relationship between UGC quality and consumer brand engagement. Furthermore, it was found that content quality was able to have a positive influence on consumer brand engagement with the help of functional values and emotional values as mediators. Then, technology quality can have a positive influence on consumer brand engagement with the help of emotional values and design quality can have a positive influence on consumer brand engagement with the help of emotional values."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Muhammad Rifai
"Dalam beberapa tahun terakhir, pesatnya perkembangan teknologi digital telah memungkinkan perusahaan di seluruh industri untuk bersaing dan menciptakan nilai dengan cara yang benar-benar baru. Untuk menanggapi perkembangan teknologi perusahaan digital-migrants secara sistematis mulai meningkatkan kemampuan dan sumber daya digital perusahaan.
Penelitian ini menjelaskan pengaruh kemampuan kepemimpinan digital, sumber daya digital dan kemampuan digital yang berimplikasi pada kinerja perusahaan. Studi ini juga menggambarkan dan menjelaskan tentang bagaimana kemampuan kepemimpinan digital harus dapat mengelola sumber daya perusahaan di era transformasi digital.
Penelitian ini menggunakan Smart Partial Least Squares 3.2.8 dan hasil analisis dikumpulkan dari 46 manajer pada perusahaan digital-migrants. Studi ini menunjukkan kemampuan kepemimpinan digital secara positif terkait dengan sumber daya digital perusahaan dan kapabilitas digital. Selanjutnya, teori dan implikasi praktis dari temuan ini juga dibahas dalam penelitian ini.

In the recent years, the rapid development of digital technologies has enabled companies across the industries to compete and create value in completely new ways. To leverage these possibilities and to respond to possible threats, many digital-migrants companies have systematically started to enhance their digital capabilities and resources.
This study describes the effect of digital leadership capabilities, digital resources and digital capabilties that have implication for company performance.
This study also illustrates and explains about how digital leadership capabilities should be able to manage the company resources in the era of digital transformation. The study use Smart Partial Least Squares 3.2.8 and the result of the analysis is collected from 46 manager of digital-migrants companies. The study shows digital leadership capabilities are positively related to the company's digital resources and digital capabilty. Furthermore, the theory and practical implications of these findings are also discussed in the study.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T54472
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mayzura Ghassani
"ABSTRAK
Gagasan utama dari penelitian ini adalah di bidang pemasaran politik, dengan pemilihan presiden Indonesia terbaru pada bulan April 2019 sebagai fokus studinya. Peneliti bertujuan untuk menguji dampak electronic word-of-mouth (e-WOM) terhadap kekuatan merek seorang kandidat politik untuk pemilih millennial. Studi ini penting untuk mengeksplorasi penggunaan e-WOM dalam konteks kandidat politik, di mana sering digunakan dalam penelitian produk barang atau jasa. Millennial sebagai subjek penelitian juga meningkatkan keunikan penelitian ini karena pemilih milenial cukup signifikan dalam daftar pemilih pada pemilihan terakhir, yaitu sekitar 34% - 50%.
Pendekatan penelitian yang diadopsi dalam penelitian ini mencakup teori positive electronic word-of-mouth di mana teori tersebut dihipotesakan untuk mempengaruhi citra merek dari kandidat politik dan mengarah pada ekuitas merek kandidat politik. Peneliti juga menambahkan sikap merek sebagai variabel anteseden untuk memperkuat dukungan teoritis.
Temuan penelitian ini memberikan bukti bahwa e-WOM memiliki pengaruh positif terhadap citra merek dari kandidat politik, dan brand image juga menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap ekuitas merek. Dalam penelitian ini juga terbukti bahwa pengaruh sikap merek politik terhadap ekuitas merek politik lebih tinggi ketika dimediasi oleh brand image. Dengan demikian, kesimpulan utama yang ditarik dari penelitian ini adalah e-WOM dan brand attitude memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap ekuitas merek dalam konteks kandidat politik, tetapi pengaruhnya akan lebih tinggi ketika para kandidat memiliki brand image politik yang positif.

ABSTRACT
The focus of this research is in the area of political marketing, focusing on the latest Indonesias presidential election on April 2019. Researcher aims to examine the impact of electronic word-of-mouth (e-WOM) towards the equity of political candidates for millennial voters. This study is important in order to explore the usage of e-WOM in the context of political candidate, where it is frequently used in researches of service or products brand. Millennial as the subject of study also scale up the uniqueness of this research because millennial voters were quite significant in the voter list in the last election, which is around 34% - 50%.
The research approach adopted in this study includes positive electronic word-of-mouth theory where it is hypotized to influence brand image of political candidates and leads to political brand equity. Researcher also add brand attitude as antecedent variable to strenghten the theoritical support. The findings of this research provide evidence that e-WOM has a positive influence towards brand image of political candidates, and brand image also shows significant influence to brand equity. It is also proven that the influence of political brand attitude towards political brand equity is higher when it is mediated by brand image. Thus, the main conclusions drawn from this study are e-WOM and brand attitude have significant and positive influence towards brand equity in context of political candidate, but the influence will be higher when the candidates have positive political brand image.
"
2020
T54941
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raihana Abida
"Konsumen di seluruh dunia sedang mencari rasa kehidupan yang lebih baik, penjualan produk premium bertumbuh dengan sangat cepat. Apple melalui produknya konsisten menerapkan strategi premiumisasi, sebab tujuan dari Apple adalah bukan menjual produk yang low cost, melainkan produk yang memberikan brand experience yang luar biasa bagi konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor dari brand experience yang mempengaruhi keinginan konsumen untuk membayar harga premium terhadap produk Apple: iPhone, Macbook, dan Apple Watch. Pengaruh brand experience ini dimediasi oleh brand credibility dan perceived uniqueness konsumen. Sampel yang digunakan adalah pengguna iPhone, Macbook, dan Apple Watch di Indonesia yang menggunakan produk Apple tersebut minimal 1 tahun terakhir. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dalam mengolah data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dari brand experience terhadap keinginan konsumen untuk membayar harga premium pada produk Apple secara keseluruhan, maupun produk iPhone dan Macbook secara spesifik. Namun hubungan positif dari brand experience terhadap keinginan konsumen untuk membayar harga premium tidak terjadi pada produk Apple Watch. Lebih lanjut, terdapat peran mediasi yang signifikan dari brand credibility terhadap produk Apple secara keseluruhan, Macbook, iPhone, dan Apple Watch. Lalu terdapat peran mediasi yang signifikan pula dari perceived uniqueness terhadap produk Apple secara keseluruhan, Macbook dan iPhone. Peran perceived uniqueness tidak signifikan pada produk Apple Watch.

Consumers around the world are looking for the taste of good life, sales of premium products are growing very fast. Apple through its products consistently applies the strategy of premiumization, because Apple's goal is not to sell low-cost products, but products that provide exceptional brand experience for consumers. This study aims to determine the factors of brand experience that influence consumers willingness to pay (WTP) a price premium for Apple products: iPhone, Macbook, and Apple Watch. The influence of brand experience is mediated by brand credibility and perceived uniqueness. The sample used is iPhone, Macbook and Apple Watch users in Indonesia who use Apple products for at least the past 1 year. This research uses Structural Equation Modeling (SEM) in processing data. The results of this study indicate that there is a positive and significant relationship of brand experience to consumers willingness to pay a price premium for Apple products as a whole, as well as iPhone and Macbook products specifically. But the positive and significant relationship of brand experience to consumers willingness to pay a price premium does not occur in Apple Watch products. Furthermore, there is a significant mediating role of brand credibility for Apple products as a whole, as well as Macbook, iPhone and Apple Watch. Then there is also a significant mediating role from the perceived uniqueness of Apple products as a whole, Macbook and iPhone. However the mediating role of perceived uniqueness is not significant in Apple Watch products."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Margaret Mart
"Untuk mengetahui sikap masyarakat terhadap premium restoran, peneliti ingin mengetahui faktor-faktor yang membuat konsumen merasa puas dengan restoran sehingga mampu memiliki hubungan yang baik, yaitu delapan dimensi gaya komunikasi, kualitas makanan, dan lingkungan fisik dapat mempengaruhi COSE, kepuasan, dan dedication behavior. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil penelitian menunjukan gaya komunikasi perhatian, meninggalkan kesan dan santai memiliki pengaruh positif terhadap COSE. Selanjutnya, lingkungan fisik dan kualitas makanan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan. Dan kepuasan serta COSE berpengaruh positif terhadap dedication behavior.

To know people's behavior about premium restaurant, the manufacturer is expected to find out factors which make customers feel satisfied with the restaurant, to build good relationship between them, which are eight dimensions of communication style, food quality, physical environment, which influences COSE, satisfaction, and dedication behavior. This research used Structural Equation Modeling (SEM) as data analysis technique.
The result showed that communication style, which are attentive, impression leaving, and relax have a positive impact on COSE. Furthermore, physical environment and food quality have a positive impact on satisfaction, additionally satisfaction and COSE have a positive impact to dedication behavior.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45623
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Frinantika Novira
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dining factors dalam mempengaruhi emosi positif, perceived value, dan behavioral intentions konsumen restoran Sushi Tei. Penelitian ini mengembangkan model Mehrabian-Russell dengan menambahkan food dan atmospherics authenticity untuk mengkaji bagaimana authenticity mempengaruhi behavioral intentions. Teknik sampling yang digunakan yaitu snowball sampling dan mall intercept dengan total sampel berjumlah 235 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM).
Hasil penelitian menunjukkan kualitas makanan memiliki pengaruh positif terhadap emosi positif dan perceived value, tetapi atmospheric authenticity hanya berpengaruh positif terhadap perceived value. Selain itu emosi positif dan perceived value memiliki pengaruh positif terhadap behavioral intentions.

This research is intended to identify how dining factors influence positive emotions, perceived value, and behavioral intentions of Sushi Tei customers. This research modified the extended Mehrabian-Russell model by adding the authenticity of food and atmospherics to examine how ethnic authenticity influences behavioral intentions. Sampling technique used snowball sampling and mall intercept with total sample are 235 respondents. This research used Structural Equation Modeling (SEM) as the data analysis technique.
The results show that food quality influences positive emotions and perceived value, but atmospheric authenticity only influences perceived value. Furthermore positive emotions and perceived value have an influence on behavioral intentions.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45643
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>