Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Diah Kartini Lasman
"Imigrasi telah menjadi isu besar bagi negara Prancis sejak pasca perang dunia kedua, menimbulkan beragam permasalahan dan belum pernah ditemukan formula yang tepat untuk mengatasinya. Anak muda imigran di Prancis memiliki kekhasan sebagai generasi kedua atau ketiga yang dilahirkan dan dibesarkan di Prancis karena mengenyam pendidikan Prancis dalam suasana diskriminatif dan keterpinggiran. Lagu rap sebagai salah satu produk budaya urban menjadi salah satu sarana ekspresi mereka.
Tesis ini akan mengkaji representasi identitas anak muda imigran di Prancis dalam lagu-lagu rap karya Rohff, seorang rapper terkenal di Prancis. Teori yang digunakan dalam tesis ini adalah mengenai representasi dan identitas dari Stuart Hall, didukung oleh konsep-konsep Kathryn Woodward mengenai identitas.
Hasil analisis menunjukan bahwa dalam lagu-lagu rap karya Rohff, anak muda imigran di Prancis direpresentasikan sebagai kaum yang tertindas dan terkurung oleh sistem yang melingkupi mereka, baik sistem pemerintahan ataupun sosial ekonomi.

Immigration has been a big issue in France since post second world war. It has been the roots of many problems, such as riots, discrimination, racism,etc. Nebertheless,the formula to overtake this big issue has not been found yet. Young immigrant in France, has unique caracteristic for being the second or third immgrant generation in France. They were born and grew up in France in the heat of discrimination and marginalisation as an immigrant. They need space to express themselves and therefore street art or l?art de la rue was born.
This tesis is focusing on representation of young immigrant identity in France through Rohff's rap. Stuart Hall theory's on representation and Cultural Identity, combined with Kathryn Woodward concept on Identity and Difference is the main theory employed.
The result shows that young immigrant in France represent their identity as someone who is imprisoned by the discriminative system (government and/or social-economny)."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2010
T27853
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Gultom, Eva Solina
"ABSTRAK
Tesis ini merupakan penelitian tentang konflik kapital simbolik dan kapital
budaya yang terjadi pada Injil dan ulos Batak Toba yang ditunjukkan melalui
pertarungan wacana dalam tiga milis Batak Toba, yaitu Silaban Brotherhood,
Batak Cyber Community dan Batak Gaul Community. Rumusan permasalahan
dari tesis ini adalah bagaimana ulos dapat berperan sebagai kapital simbolik yang
digunakan dalam usaha perebutan kekuasaan oleh kelompok yang masih
mempertahankan adat (tradisionalisme) terhadap kelompok yang berusaha
mereformasi adat yang berbau religi lama dan menggantinya dengan religi baru.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang berupa analisis wacana
(discourse analysis). Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan teori
Bourdieu yang membahas tentang habitus dan bagaimana strategi perlawanan
yang digunakan dalam perebutan kekuasaan untuk mendapatkan suatu kekuasaan
simbolik melalui tiga milis Batak Toba yaitu Silaban Brotherhood, Batak Cyber
Community dan Batak Gaul Community. Pada penelitian ini, penulis menemukan
pada akhirnya agama (Injil) tidak dapat mengubah masyarakat Batak Toba
melalui permasalahan yang timbul akan resistensi adat dan ulos. Hal ini
disebabkan oleh pertahanan identitas kebatakan yang telah melekat ?kental? dan
mendarah daging pada setiap orang Batak Toba yang ditunjukkan melalui
kepemilikan kapital simbolik dan kapital budaya yang tidak hanya berfungsi
sebagai simbol/lambang budaya tetapi juga berfungsi sebagai simbol kedudukan,
solidaritas/kekeluargaan dan simbol komunikasi.

Abstract
This thesis is a study about conflicts of symbolic capital and cultural capital that
occurs in the Gospel and Toba Batak traditional cloths. It is shown through
struggling discourses in three mailing lists of Toba Batak namely Silaban
Brotherhood, Batak Batak Cyber Community and Community Gaul. At first, the
contradiction between ulos (custom) and the Gospel has been going on since the
beginning of the entry of Christianity in the land of Batak. The main problem of
this thesis is how ulos can act as a symbolic capital that is used to get a power by
those who still maintain the custom (traditionalism) from groups who are seeking
a reformation of the old religion and replacing it with a new religion. The method
of this thesis used a qualitative method of discourse analysis (discourse analysis).
In conducting this study, the author used Bourdieu?s theory of habitus and
discusses how the strategies of resistance that are used in a power struggle to get a
symbolic power. In this research, the author found that religion (gospel) does not
change the Toba Batak society through important whether or not to maintain the
customs and ulos. This is caused by a defense that has been attached the
Bataknese identity and ingrained in each of the Batakness people as they basically
are an open society who are supposed to chew again its elements and can be used
in maintaining Batak identity."
2012
T30473
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Anuri Furqon
"Tesis ini menjelaskan tentang bagaimana masyarakat muslim Jakarta memaknai tentang ulama di Jakarta. Fokus penelitiannya adalah bagaimana komunikasi sosial memungkinkan sirkulasi pengetahuan sosial Lentang keulamaan dalam Ruang Jakarta. Ulama bagi masyarakat Islam merupakan poros kegiatan religiusitasnya dengan memotret ulama kita bisa melihat baaimana masyarakat muslim Jakarta berkembang. Teori yang digunakan adalah teori representasi sosial, teori yang melihat bagaimana pengetahuan sosial terbentuk dan berkcmbang. Teori ini mclihat bagaimana masyarakat merupakan organisme yang otonom dalam memahami hal yang masuk dalam sistem ide, nilai dan praktiknya yang tampak pada pengetahuan sosial. Pengetahuan ini dibentuk melalui konsensus yang tampak hasil dari praktek kehidupan keseharian masyarakat Jakarta.
Dari hasil penelitian ditcmukan bagaimana masyarakat Jakarta membentuk pengctahuan sosial lentang ulama. Dari pengetahuan sosial itu tampak bahhwa konscp tentang ulama bagi masyarakat jakarta berkembang, dari konsep yang baku yang berasal dari kitab suci menjadi konsep yang bcrsifat sosial. Pembentukan pengetahuan sosial merupakan interaksi manusia dengan ruang, memori sosial, norma sosial, nilai budaya yang diungkapkan dalam bahasa yang digunakan dalam kehidupan keseharian, dan konteks sosialnya sehingga pemaknaan ulamanya lebih Iuas daripada makna bakunya.

This thesis describes how muslim society in Jakarta representing of ulama in Jakarta, how ulama to be understood. The focus of the research is how social communication facilitate circulation of social knowledge of ulama in Jakarta spasial. Ulama for muslim society is a central to their religiousity, by portraying how people of Jakarta understanding ulama we can sec how development of muslim society in Jakarta. This thesis use theory of social representation to see how the genesis of social knowledge and its development. For the theory, society has his autonomous in creating social knowledge by understanding new salient thing through system of idea, value and practice in everyday life practice formed by social consensus.
The result of research fotmd how muslim society of Jakarta constructs social knowledge of ulama. Social knowledge show true meaning of ulama originated fiom Alquran becoming socially concept. Construction of social knowledge made by interaction between man with geographical space, social memory, social nomts, culture values, they are expressed through everyday life languange and its social context. Hence, the meaning of ulama for muslim society of Jakarta is larger than true meaning.
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
T33842
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fahmi Taftazani
"Kebijakan Direktif Television Without Frontiers merupakan fondasi kebijakan audiovisual Komunitas Eropa, terkait skema subsidi, distribusi produk, dan perlindungan terhadap anak di bawah umur. Globalisasi telah mengubah arah dan visi kebijakan sektoral. Sisi lain, dinamika politik dan budaya muncul pada tingkat Negara Nasional, terkait tahap implementasi kebijakan tersebut. Upaya perlindungan terhadap sektor pertelevisian kemudian dilakukan oleh pemerintah Prancis, dengan mengatur tatapenyiaran dan kuota acara televisi. Hal ini merepresentasikan peran Negara dalam perlindungan konten kultural terhadap kebijakan pada tingkat supranasional. Sebagai hasilnya, konsep ruang publik dalam pertelevisian berubah, terkait fungsinya dalam konteks globalisasi dan sebagai salah satu pilihan kebijakan Komunitas Eropa yang berdimensi sistem ekonomi neoliberalisme.

Television Without Frontiers Directive is a cornerstone of the European Community audiovisual policy, related to the subsidy schemes, the European product distribution, the advertising and the protection of minors. Globalization and the development of satellite had altered the direction and vision of the European Community sectoral policies. Inversely, political and cultural dynamics occurred at the National level, related to the implementation of the Directive. Efforts to protect television sector were carried out by the French government by setting up rules of broadcasting. It represents the government's role in the protection of cultural content or cultural exception vis à vis policy imposed by the European Community. As a result, the concept of public space in European television had shifted, related to its functions in the context of globalization and as policy choices of a neoliberalism dimension."
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2011
T31610
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Karatoruan Angelique Steffanie
"[ABSTRAK
Komedi situasi (sitcom) merupakan salah satu bentuk tayangan di televisi yang berusaha
menampilkan potret realita sosial. Meskipun berakar dari fakta dan kondisi masyarakat,
komedi situasi juga merekonstruksi paradigma audiens dengan representasi yang
disuguhkan dalam bentuk audio sekaligus visual.
Tetangga Masa Gitu sebagai sebuah sitcom baru berusaha menampilkan sosok perempuan
Indonesia yang baru dan berbeda dengan stereotipe konvensional. Tetapi di saat yang sama,
terdapat bagian dari identitas lama yang masih dipertahankan. Hal ini menunjukkan adanya
sebuah ideologi yang mendasari representasi tersebut dan berusaha dikukuhkan. Melalui
tesis ini, penulis melihat sebuah redefinisi yang semu dari sosok perempuan yang digagas
dalam episode-episode sitcom ini.
Teori Representasi digunakan untuk meninjau dialog-dialog dan cuplikan adegan dalam
tayangan Tetangga Masa Gitu dan menunjukkan proses redefinisi identitas perempuan.
Tesis ini mencoba memberikan pemahaman akan representasi dalam televisi yang
meskipun berubah, akan selalu terhubung dengan akar identitas sebuah masyarakat.

ABSTRACT
Situation comedy (Sitcom) is one kind of television show presenting snapshots of a society.
Eventhough it is based on fact and social conditions, a sitcom also reshapes its audiences?
paradigm through audio & visual representations showed in it.
As a new sitcom, Tetangga Masa Gitu is trying to present a new model of Indonesian
women, which differs from the conventional stereotypes. However, there are parts of the
old identity that emerge in the sitcom. It shows that there is this one form of ideology
constructing the way this sitcom represents women. In this research, the aim is to see the
false redefinition on women narrated in episodes of this sitcom.
Theory of representation is used to analyze dialogues and screenshots, and identify the
process of redefining women?s identity. This thesis attempt to provide understanding upon
representations in television which tends to change, yet is always connected to its root in
social identity.;Situation comedy (Sitcom) is one kind of television show presenting snapshots of a society.
Eventhough it is based on fact and social conditions, a sitcom also reshapes its audiences’
paradigm through audio & visual representations showed in it.
As a new sitcom, Tetangga Masa Gitu is trying to present a new model of Indonesian
women, which differs from the conventional stereotypes. However, there are parts of the
old identity that emerge in the sitcom. It shows that there is this one form of ideology
constructing the way this sitcom represents women. In this research, the aim is to see the
false redefinition on women narrated in episodes of this sitcom.
Theory of representation is used to analyze dialogues and screenshots, and identify the
process of redefining women’s identity. This thesis attempt to provide understanding upon
representations in television which tends to change, yet is always connected to its root in
social identity., Situation comedy (Sitcom) is one kind of television show presenting snapshots of a society.
Eventhough it is based on fact and social conditions, a sitcom also reshapes its audiences’
paradigm through audio & visual representations showed in it.
As a new sitcom, Tetangga Masa Gitu is trying to present a new model of Indonesian
women, which differs from the conventional stereotypes. However, there are parts of the
old identity that emerge in the sitcom. It shows that there is this one form of ideology
constructing the way this sitcom represents women. In this research, the aim is to see the
false redefinition on women narrated in episodes of this sitcom.
Theory of representation is used to analyze dialogues and screenshots, and identify the
process of redefining women’s identity. This thesis attempt to provide understanding upon
representations in television which tends to change, yet is always connected to its root in
social identity.]"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
T43267
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fine, Welcy
"Perempuan Minangkabau termasuk yang berada di Nagari Taeh Baruah salah satu nagari asli Minangkabau berada di bawah sistem matrilineal yang secara ideal mengatur posisi perempuan menjadi istimewa. Berbeda dengan perempuan yang berada di bawah sistem patrilineal, perempuan Minangkabau dianggap memiliki posisi dominan dan ideal dalam masyarakatnya, namun demikian sistem matrilineal tidak menjamin perempuan Minangkabau terlepas dari pengaruh kuasa yang berasal dari berbagai pihak. Salah satu kuasa yang terlihat adalah dari transformasi penutup kepala perempuan Minangkabau seiring dengan berubahnya rezim dan zaman. Perubahan ini tidak hanya terkait akan budaya berbusana namun juga terkait dengan berbagai kuasa yang mempengaruhi tatanan hidup masyarakat Nagari Taeh Baruah. Penelitian ini mengambil rentang waktu dari 1950an hingga 2017 dengan mengambil fokus di Nagari Taeh Baruah, sehingga ditemukan pola kuasa yang terjadi dari waktu ke waktu. Selain pola kuasa dalam penelitian ini juga ditemukan bagaimana cara masyarakat matrilineal Nagari Taeh Baruah dalam menegosiasi berbagai kuasa yang dilekatkan pada tubuh perempuan.

Minangkabau women, including those who live in Nagari Taeh Baruah, one of the native Minangkabau nagari, lived under a matrilineal system which ideally regulates the position of women to be special. According to Minangkabau custom, rules governing the position of women are considered ideal where the culture of Islamic patriarchy meets the culture of Minangkabau matriarchy. However, in reality Minangkabau women in Nagari Taeh Baruah remain subject to the ambient powers government regulation, among other things. This can be seen from how women in Nagari Taeh Baruah have been subjected to regulations on how to wear head covering along with the changing regime and era. This change is not only related to the culture of dress, but also related to various powers that influence the living arangements of the people of Nagari Taeh Baruah. This study took a span of time from 1950s to 2017 by focusing on Nagari Taeh Baruah, so that a pattern of power occurred from time to time. In addition to the pattern of power in this study also found how matrilineal community in negotiating various powers attached to the female body."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T49965
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sergius Derick Adeboi
"Penelitian ini membahas bagaimana surat kabar nasional memberitakan para atlet perempuan pemeroleh medali emas SEA Games 2017. Pembahasan dari beberapa artikel yang dipilih melingkupi bagaimana media membangun karakteristik heroik bagi para atlet, sekaligus juga bagaimana citra feminin tidak bisa dilepaskan dari mereka. Dengan menggunakan metode tekstual yang membedah satu per satu teks berita beradasarkan tipologi pemberitaan, dapat ditemukan bahwa terjadi irisan antara karakteristik heroik para atlet dengan narasi yang juga memberi muatan feminin. Ditemukan penamaan-penamaan khusus yang diberikan sebagai simbol bagi para atlet, disertai dengan dramatisasi pencapaian, juga kontestasi antara atlet junior dengan senior, hingga deskripsi-deskripsi yang mengarah kepada feminintas para atlet dan terpresentasikan dalam sosok tiga atlet wushu putri Indonesia. Temuan ini menunjukkan bahwa nilai-nilai heroisme para atlet perempuan di dalam media masih dibangun lewat karakteristik gender tertentu.

This research discusses how national newspapers covered female athletes who won gold medals at the 2017 SEA Games. The discussion, based on several selected articles, encompasses how the media constructs heroic characteristics for these athletes while also associating them with feminine images. By using a textual analysis method that deconstructs each news article based on the typology of reporting, it can be observed that there is an intersection between the heroic characteristics of the athletes and the narratives that also imbue them with femininity. Specific names and titles are found that are given as symbols for the athletes, accompanied by dramatizations of their achievements, as well as competitions between junior and senior athletes. Additionally, there are descriptions that lead to the femininity of the athletes, which is prominently presented in the figure of three Indonesian female wushu athletes. These findings indicate that the heroism values of female athletes in the media are still constructed through specific gender characteristics. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library