Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Manik, Grace Eunice Patricia
"Dampak kemajuan teknologi yang semakin meningkat pesat sangat berdampak bagi sektor usaha, khususnya usaha menengah. Ditengah persaingan yang semakin ketat, suatu usaha harus bisa mempertahankan eksistensinya menuju keberlanjutan bisnis mereka. Untuk mewujudkan keberlanjutan usaha bagi lingkungan, ekonomi, dan sosial maka usaha harus memiliki kapabilitas untuk melakukan inovasi. Kapabilitas inovasi bisa diwujudkan melalui adanya inovasi produk, inovasi layanan, inovasi proses, dan inovasi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kapabilitas inovasi memberikan pengaruh positif kepada keberlanjutan bisnis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksplanatif yang perolehan datanya dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara daring kepada 135 pemilik dan manajer usaha menengah bidang food and beverages di DKI Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara inovasi produk, inovasi proses, dan inovasi pemasaran terhadap keberlanjutan bisnis.
The impact of rapidly increasing technological advances has a huge impact on the business sector, especially medium-sized businesses. In the midst of increasingly fierce competition, businesses must be able to maintain its existence towards the sustainability of their business. To create business sustainability for the environment, economy, and social aspects, businesses must have the capability to innovate. Innovation capability can be realized through product innovation, service innovation, process innovation, and marketing innovation. This study aims to determine whether innovation capability has a positive influence on business sustainability. This research is a quantitative study with an explanatory design which the data acquisition was carried out by distributing questionnaires online to 135 owners and managers of medium-sized food and beverages businesses in DKI Jakarta. The results showed that there is a positive influence between product innovation, process innovation, and marketing innovation on business sustainability."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Itsnani Dzatki Hanifah
"Desa Wisata Candirejo merupakan salah satu desa wisata yang di Kabupaten Magelang yang terletak 3 km dari Candi Borobudur. Desa wisata ini menawarkan berbagai paket wisata yang memanfaatkan kekayaan alam dan sumber daya manusianya serta dikelola oleh penduduk melalui Koperasi Desa Wisata Candirejo. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh partisipasi dalam perencanaan terhadap partisipasi dalam pelaksanaan di Desa Wisata Candirejo, serta dampaknya pada peningkatan infrastruktur, pendapatan, kualitas hidup, dan budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksplanatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan penyebaran kuesioner kepada 130 penduduk dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan regresi sederhana, berganda, dan uji Sobel. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara partisipasi dalam perencanaan terhadap partisipasi dalam pelaksanaan. Namun, tidak terdapat pengaruh langsung antara partisipasi dalam perencanaan terhadap infrastruktur, pendapatan, kualitas hidup, dan budaya. Sebaliknya, partisipasi dalam pelaksanaan berpengaruh signifikan terhadap keempat aspek tersebut. Penelitian juga menemukan bahwa partisipasi dalam perencanaan memengaruhi infrastruktur, pendapatan, kualitas hidup, dan budaya melalui partisipasi dalam pelaksanaan.
Candirejo Tourism Village is a tourist village located in Magelang Regency, 3 km from Borobudur Temple. This tourism village offers various tour packages that utilize its natural wealth and human resources and is managed by the residents through the Candirejo Tourism Village Cooperative. This study aims to analyze the influence of participation in planning on participation in implementation in Candirejo Tourism Village and its impact on improving infrastructure, income, quality of life, and culture. The study uses a quantitative approach and explanatory research type. Data collection was conducted by distributing questionnaires to 130 residents using purposive sampling technique. Data analysis was performed using simple regression, multiple regression, and Sobel test. The results showed an influence between participation in planning and participation in implementation. However, there was no direct influence between participation in planning and infrastructure, income, quality of life, and culture. In contrast, participation in implementation significantly influenced these four aspects. The study also found that participation in planning affects infrastructure, income, quality of life, and culture through participation in implementation."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Syafira Aslikhati Pratama
"Perhatian dan pengetahuan konsumen terhadap kegiatan bisnis ramah lingkungan dan meningkatnya permintaan produk ramah lingkungan tidak terjadi pada produk fesyen berkelanjutan. Sehingga hal tersebut menjadi tantangan bagi merek yang mengusung konsep fesyen berkelanjutan untuk membangun brandingnya, termasuk beberapa merek fesyen berkelanjutan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh green brand positioning, green brand knowledge, dan attitude toward green brand terhadap green purchase intention dari Sejauh Mata Memandang sebagai salah satu merek fesyen berkelanjutan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan sampel yang mengikuti akun media sosial Instagram Sejauh Mata Memandang, dan belum pernah membeli produk Sejauh Mata Memandang. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa green brand positioning berpengaruh signifikan terhadap green brand knowledge, tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap attitude toward green brand. Sedangkan green brand knowledge berpengaruh signifikan terhadap attitude toward green brand, dan attitude toward green brand berpengaruh signifikan green purchase intention. Dengan demikian, Sejauh Mata Memandang harus fokus untuk memperbaiki green brand positioning mereka untuk memastikan keberhasilan sikap konsumen terhadap merek mereka dan dapat memasarkan bisnis mereka dengan lebih baik.
Consumers' attention and knowledge to eco-friendly business activities and the increasing demand for green products didn’t occur to sustainable fashion products. So that’s a challenge for sustainable fashion brands to build their branding, include the several of sustainable fashion brands in Indonesia. This study aims to analyse the influence of green brand positioning, green brand knowledge, and attitude toward green brands to green product purchase intention from Sejauh Mata Memandang, as a one of sustainable fashion brand in Indonesia. This study uses samples who following Sejauh Mata Memandang Instagram account, and haven’t bought Sejauh Mata Memandang. Furthermore, the data obtained were processed using the Structural Equation Modeling (SEM) analysis method. The results of this research show that green brand positioning have significant effect on green brand knowledge, but does not have significant effect on attitude toward green brand. Meanwhile, green brand knowledge has significant effect on attitude toward green brand, and attitude toward green brand followed by significant effect on green purchase intention. Thus, Sejauh Mata Memandang should improving their green brand positioning so as to ensure the success of consumer's attitude to their brand and better market their businesses."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library