Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Santo Freddy
Abstrak :
Indonesia memiliki potensi yang cukup besar pada sumber energi dari Pembangkit Listrik Tenaga Listrik Mini Hidro (PLTM) namun pemanfaatannya masih tergolong sangat sedikit. Pengembangan sumber energi ini tentu perlu diimbangi dengan peningkatan infrastruktur yang membutuhkan investasi yang tidak sedikit. Investasi pada PLTM memiliki risiko yang tinggi, baik pada perencanaan atau pada proses pembangunannya nanti sehingga diperlukan rencana strategis untuk mengantisipasi risiko-risiko yang ada. Skripsi ini menganalisis faktor-faktor risiko secara kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui dampak dari faktor-faktor risiko tersebut pada keberlangsungan PLTM dengan metode Manajemen Risiko. Pendekatan yang dilakukan untuk penilaian risiko adalah Value at Risk (VaR) dan model finansial. Hasil dari perhitungan tersebut adalah daftar kemungkinan risiko yang mungkin akan terjadi dalam bentuk model Risk Register dan nilai risiko yang memetakan pengaruh faktor-faktor risiko terhadap PLTM secara finansial untuk mendapatkan rekomendasi mitigasi risiko. Skripsi ini bisa dapat menjadi referensi atau pertimbangan bagi pihak ? pihak yang berkepentingan dalam mengelola risiko dan mitigasi risiko sebagai salah satu usaha pengembangan potensi PLTM. ......Indonesia has considerable potential in the energy sources of Mini-Hydro Power Plant (MHPP) but its utility is still relatively not significant. Development of these sources of energy would need to be offset by increased infrastructure that requires abundant amount of investment. Investments in MHPP was included in investments with high risk, either in construction planning or in the process of its construction at a later so we need strategic plan to anticipate the risks that can occurs. This thesis will mapping risk factors for quantitative and qualitative analysis to know the impact of these risk factors on the sustainability of the MHPP with the method of risk management. The approach of risk assessment is Value at Risk (VaR) and financial models. The result of model calculation is a list of risks which may occur in the form of model Risk Registers and value of risks that mapping the influence of risk factors on financial aspect of MHPP to get recommendations for risk mitigation. This thesis can be can be a reference or consideration for the stakeholders in managing risk and risk mitigation as one of the potential MHPP development efforts.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S55583
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gede Arya Satya Dharma
Abstrak :
Pertumbuhan industri penerbangan di Indonesia telah mendorong peningkatan terkait Gate Assignment Problem di Bandara yang sangat berpengaruh terhadap kepuasan penumpang di Bandara Soekarno Hatta. Pada penelitian ini dibuat Model Optimasi Stokastik Gate Assignment Problem dengan fungsi tujuan minimalisasi jumlah Ungated Flights di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta. Model ini dibangun menggunakan pendekatan Simulated Annealing dengan output berupa Gate Assignment Order pesawat di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta. Dari model tersebut dapat dilihat bahwa terjadi penurunan jumlah Ungated Flights, yang menandakan terjadinya perbaikan dalam sistem Gate Assignments di Bandara. Kedepannya, diperlukan pengembangan penelitian meliputi penambahan fungsi tujuan lain seperti minimalisasi jumlah penumpang pada Ungated Flights serta pembuatan model berbasis real time.
The growth of the aviation industry in Indonesia has enhance the increase of Airport Gate Assignment Problem which mostly affect on passenger satisfaction in Soekarno Hatta International Airport. This research constructed Gate Assignment Problem Stochastic Optimization Model with the objective is to minimize the number of Ungated Flights. This model was constructed using Simulated Annealing, which the output is the aircraft Gate Assignment Order at Terminal 2 Soekarno Hatta International Airport. The decreasing of the number of Ungated Flights has occurred, which indicates an improvement of the system. This research may be developed in the future by adding another objective function such as minimizing the number of ungated flights passengers and constructing real time based model.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S56109
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Her Arynie Nur Baiti Ingga Wulandari
Abstrak :
Sekitar sepuluh tahun lalu tren pengguna jasa 3PL oleh perusahaan-perusahaan telah meningkat. Dikarenakan kebutuhan perusahaan untuk mendapatkan profit tinggi dengan biaya yang rendah. Dengan bantuan 3PL, perusahaam-perusahaan dapat mengatasi hal tersebut dengan cara meminimalisasikan biaya untuk inventory dan juga shipment dari keseluruhan operasional supply chain. Total Field adalah sebuah perusahaan penyedia jasa 3PL di Malaysia, yang memasuki bidang warehousing pada tahun 2007. Sebagai perusahaan yang belum matang, TFL perlu meminimalisasikan biaya operasionalnya. Pada sisi lain, TFL juga sudah mendapatkan teguran dari pelanggan mereka dalam hal keterlambatan pengiriman barang. Dalam penelitian ini, sebuah metode heuristic Travelling Salesman Problem digunakan untuk menentukan rute terpendek order picking di dalam gudang. Kemudian metode ini dikemabangkan menjadi sebuah pemrograman yang dapat digunakan perusahaan secara nyata. Setelah mengolah data yang didapatkan, dapat dilihat bahwa dengan menggunakan metode ini, jarak rute order picking menjadi lebih pendek sebesar lebih dari 20%. Maka Apabila jarak berkurang, secara otomatis waktu yang diperlukan untuk order picking juga akan berkurang.
The 3PL users in such industries and companies have increased for the last decade especially in South East Asia. Because companies are striving to get bigger profits with lower costs. With the help of 3PL, companies can achieve that goal by reducing the inventory and also shipment cost for the whole supply chain activities. Total Field is a 3PL provider in Malaysia which started to venture the field of warehousing in 2007. As a new company by itself, TFL also have the need to reduce their operating cost to get higher profit. On the other hand, TFL already have complains of late delivery services for the customers. In this paper, a heuristic method of travelling salesman problem is used to determine the shortest route for each order picking in the warehouse. Why minimize the order picking route? Because 63% of the total cost from the warehouse operation is consumed by order picking. Then in this paper it is developed into a program that the company can use in real situations when delivery order comes. Afterwards, a set of data was processed using the model that has been built. It shows that just with using this heuristic method, the distance travelled is decreased to more than 20%. With the decreasing distance, no doubt that the time needed for order picking will also be minimized.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58126
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Widayanti
Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang model perhitungan konsumsi energi dan emisi karbon yang dihasilkan pada pengoperasian MRT Jakarta. Model ini selanjutnya memberikan perhitungan uji kelayakan pada investasi regenerative braking dan memberikan perhitungan pendapatan non-farebox yang diperoleh dari Clean Development Mechanism (CDM) dengan penekanan emisi karbon. Pendekatan Co-Benefits dan framework ASIF digunakan untuk melakukan perhitungan konsumsi energi dan emisi karbon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MRT Jakarta harus memaksimalkan penggunaan regenerative braking dengan tingkat efisiensi minimal sebesar 17% untuk memperoleh keuntungan secara finansial. Selanjutnya, MRT Jakarta harus memaksimalkan model operasi untuk mendapatkan tingkat efisiensi semaksimal mungkin sehingga mendapatkan keuntungan finansial yang lebih besar dan menciptakan lingkungan yang lebih baik dengan penekanan emisi karbon. ...... This research discusses an assessment model of energy consumption and carbon emissions generated in the operation of MRT Jakarta. The model provides feasibility study of investment on regenerative braking technology and gives the calculation of non-farebox revenue derived from reduction of carbon emissions through Clean Development Mechanism (CDM). Co-Benefits approach and ASIF framework are used to perform calculations of energy consumption and carbon emissions. The results show that MRT should maximize the use of regenerative braking with a minimum efficiency level of 17% for significant financial gain. Furthermore, MRT Jakarta should maximize the model operation to obtain the maximum level of efficiency so that it will lead to larger financial benefit and creating a better environment by reducing carbon emissions.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S55816
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library