Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Marhara Tua
"Kalimantan Barat merupakan provinsi terluas keempat setelah Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah dengan luas wilayah daratan seluas 146.807 km². Panjang jalan nasional dalam provinsi ini sepanjang 2117,17 km dengan kondisi kemantapan jalan 93.88%. Karakteristik mutu konstruksi dan kontribusi komponen manajemen konstruksi terhadap capaian mutu perlu diketahui, agar pekerjaan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan karakteristik mutu yang diinginkan dalam preservasi jalan dengan kontrak long segment, serta kontribusi komponen manajemen konstruksi terhadap capaian mutu dimaksud. Kuesioner disebar kepada para stakeholder penyelenggaraan Jalan Nasional di Provinsi Kalimantan Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kelompok responden yaitu owner dan penyedia jasa sepakat bahwa (1) ketepatan desain, (2) pemahaman terhadap metode, jadwal, dan desain, dan (3) ketepatan mutu adalah komponen manajemen konstruksi dengan peringkat teratas. Analisa regresi linier berganda merumuskan bahwa X5 – Desain dan Supervisi adalah variabel dengan pengaruh terbesar terhadap capaian mutu preservasi jalan kontrak long segment.
West Kalimantan is the fourth largest province after Papua, East Kalimantan, and Central Kalimantan with a land area of 146.807 km². The length of the national roads in this province is 2.117,17 km with road stability rating of 93,88%. The characteristics of construction quality and the contribution of the construction management component to quality achievement need to be identified and analyzed, so that road preservation work can be carried out effectively and efficiently. This study aims to obtain the desired quality characteristics in road preservation with a long segment contract, as well as the contribution of construction management components to the intended quality achievement. The questionnaire was distributed to stakeholders of National Road network preservation in West Kalimantan Province. Results show that both owners and service providers agree that (1) design accuracy, (2) understanding of method, schedule and design, and (3) quality accuracy are the highest rank components of construction management. Multiple linear regression formulates that X5 – Design and Supervision is the variable with the most impact on quality of road preservation with long segment contract. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Tan Katili
"Meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan infrastruktur merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi, khususnya untuk infrastruktur jalan, karena mempunyai peranan penting untuk mobilitas dan aksesibilitas masyarakat serta untuk meningkatkan daya saing perekonomian masyarakat. Pemerintah mengupayakan percepatan terhadap peningkatan kuantitas dan kualitas berbagai infrastruktur penunjang pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala yang dihadapi pada penerapan skema Availability Payment pada proyek infrastruktur jalan khususnya di pulau sumatera. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisa statistik deskriptif, R2 test, uji F, uji Autokorelasi, dan uji multikolinearitas. Hasil kuesioner yang diolah yaitu 75 sampel yang terdiri dari Satker-satker, PPK, Pengawas, dan Sub Direkorat pusat di lingkungan Ditjen Bina Marga. Dari hasil penelitian adalah faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap kesuksesan penerapan KPBU AP yaitu terlambatnya penyelesaian konstruksi jalan, risiko estimasi biaya life cycle, dan bencana alam. Kemudian dilakukan mitigasi terhadap tiga faktor tersebut dengan melakukan pemilihan dan seleksi yang ketat terhadap kontraktor yang handal dan klausul kontrak yang standar, termasuk klausul penalty dan liquidity damages pada risiko terlambatnya penyelesaian konstruksi jalan. Kemudian melakukan kesepakatan /kontrak dengan supplier lebih awal pada risiko estimasi biaya life cycle, dan aset yang berada pada suatu proyek infrastruktur dapat diasuransikan bila dimungkinkan pada risiko bencana alam.
The increasing public need for infrastructure services is a basic need that must be met, especially for road infrastructure, because it has an important role for community mobility and accessibility as well as for increasing the competitiveness of the community's economy. The government seeks to accelerate the increase in the quantity and quality of various infrastructure supporting development. This study aims to analyze the obstacles faced in the implementation of the Availability Payment scheme on road infrastructure projects, especially on the island of Sumatra. The data analysis used in this study were validity test, reliability test, normality test, descriptive statistical analysis, R2 test, F test, autocorrelation test, and multicollinearity test. The results of the processed questionnaires were 75 samples consisting of the Satker – Satker, PPK, Supervisors, and the Central Sub Directorate within the Directorate General of Highways. From the research results are the factors that have a significant effect on the success of the implementation of PPP AP, namely the late completion of road construction, the risk of estimated life cycle costs, and natural disasters. Then the mitigation of these three factors is carried out by conducting strict selection and selection of reliable contractors and standard contract clauses, including penalty clauses and liquidity damages at the risk of late completion of road construction. Then make an agreement/contract with the supplier early on the risk of estimated life cycle costs, and the assets in an infrastructure project can be insured if possible against the risk of natural disasters."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Yudhy Trielistyanto
"Keterlambatan proyek konstruksi telah menjadi penyakit kronis bagi dunia konstruksi. Pelaksanaan Pembangunan Gedung Negara dengan prosentase keterlambatan lebih dari 50% dari total jumlah proyek pada setiap Tahun Anggaran yang terjadi di lingkungan Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta memerlukan perhatian serius. Selain besarnya dampak yang terjadi akibat keterlambatan proyek konstruksi, konflik internal mengenai tahapan konstruksi mana yang paling berdampak terhadap keterlambatan perlu diselesaikan. Studi ini diusulkan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tahapan konstruksi yang paling mempengaruhi keterlambatan proyek konstruksi Gedung Negara, sehingga dapat dikembangkan strategi yang tepat pada setiap tahapan konstruksi untuk meningkatkan kinerja waktu. Dikembangkan model persamaan struktural yang merepresentasikan pengaruh tiga variabel laten dari tahapan pembangunan Bangunan Gedung Negara terhadap keterlambatan proyek konstruksi. Data yang dikumpulkan dari survei kuesioner dan wawancara dari pemilik, kontraktor, konsultan pengawas, dan konsultan perencana, digunakan untuk merumuskan dan menganalisis model lebih lanjut. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengatasi akar penyebab keterlambatan dan peningkatan kinerja waktu dalam proyek konstruksi.
Construction project delays have become a chronic disease for the construction world. The implementation of State Building Construction with a percentage of delays of more than 50% of the total number of projects in each Fiscal Year that occurs within the Department of Human Settlements, Spatial Planning and Land Affairs of DKI Jakarta Province requires serious attention. In addition to the magnitude of the impact that occurs due to delays in construction projects, internal conflicts regarding which stages of construction have the most impact on delays need to be resolved. This study is proposed to identify and analyze the construction stages that most influence delays in the construction project of the State Building, so that appropriate strategies can be developed at each stage of construction to improve time performance. A structural equation model that represents the effect of three latent variables from the stages of the construction of the State Building on construction project delays was developed. Data collected from a questionnaire survey and personal interviews from owners, contractors, supervisory consultants, and designers, were used to formulate and further analyze the model. The findings of this study are expected to provide a significant contribution to the efforts of the DKI Jakarta Provincial Government in overcoming the root causes of delays and improving time performance in construction projects. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library