Ditemukan 26 dokumen yang sesuai dengan query
Fathima Dzata Shabrina
Abstrak :
Skripsi ini membahas keunggulan-keunggulan yang dimiliki tiga buku anak seri Robin karya Sjoerd Kuyper yang berhasil memenangkan penghargaan Gouden dan Zilveren Griffel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Metode yang digunakan untuk menganalisis keunggulan ketiga buku dari segi kualitas kesusastraan, dengan mengkaji penokohan, alur, latar, humor, tema dan amanat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keunggulan tiga buku seri Robin tersebut sehingga buku-buku tersebut layak memenangkan penghargaan Gouden dan Zilferen Griffel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga buku seri Robin tersebut memenuhi kriteria sebagai buku anak yang baik sehingga layak dianugrahi penghargaan Gouden dan Zilveren Griffel.
......This Thesis examines the literary quality of Sjoerd Kuyper’s Gouden and Zilveren Griffel awards winning children’s book series Robin. The research method is a qualitative descriptive interpretive. In particular it consisted of a content analysis of three books of Robin series. To be able to find the specific characteristics that made the books of this series win the Gouden and Zilveren Griffel award, aspects such as characters, plot, setting. humor and message are being examined. The outcomes of this research show that the Robin book series complies with all the criteria for good children’s books, thus making it a valid winner of the Gouden and Zilveren Griffel awards.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S53603
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Cavin Rubenstein
Abstrak :
Dalam roman ini terkandung kritik terhadap stereotif negatif dan juga sikap masyarakat pada masa itu yang mengecilkan posisi dan peran Nyai. Nyai dalam roman ini ditampilkan sebagai seorang perempuan pribumi yang posisinya terendah dalam masyarakat, namun dia adalah satu-satunya tokoh perempuan yang diberi kesempatan untuk mengutarakan pemikiran atau pandangannya atas kondisi masyarakat. Dia adalah tokoh yang dikerdilkan masyarakat, namun bisa berpikir dan menyatakan pendapatnya yang besar.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008
S15968
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Bianda Anjani
Abstrak :
ABSTRAK
Perayaan Sinterklaas merupakan tradisi khas Belanda yang sangat populer. Perayaan Sinterklaas mulai mendapat banyak kritikan dan menimbulkan perdebatan di Belanda dengan adanya figur Zwarte Piet. Pada facebook terdapat sebuah laman yang mengampanyekan protes terhadap figur Zwarte Piet karena dianggap sebagai bentuk rasisme terhadap orang kulit hitam. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukan oposisi biner antara kelompok pro dan kontra Zwarte Piet pada komentar laman facebook Zwarte Piet is Racisme. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok pro Zwarte Piet memandang kelompok kontra Zwarte Piet yang kebanyakan merupakan kelompok pendatang sebagai penyebab munculnya perdebatan mengenai Zwarte Piet. Anggapan kelompok kontra Zwarte Piet sebagai pendatang mengindikasikan masih adanya penolakan terhadap kelompok pendatang dari penduduk Belanda asli dalam struktur masyarakat Belanda.
Sinterklaas is a very popular Dutch tradition. The celebration of Sinterklaas began to receive a lot of criticism that is causing a debate in the Netherlands because of Zwarte Piets existence. On facebook, there is a page for a campaign protest against Zwarte Piet because it is considered as a form of racism. This study aims to show the binary opposition between the pros and cons of the existence of Zwarte Piet shown by the comments on the facebook page Zwarte Piet is Racisme. This current research shows that the pro side of Zwarte Piet sees the cons side which mostly consisted of immigrants as the cause of the current dispute over Zwarte Piet. This presumption that the cons side are mostly immigrants indicated the engrained rejection targeted at the immigrants by the native Dutch people in Dutch society structure
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Bani Muslim
Abstrak :
ABSTRAK
Iklan merupakan salah satu jenis teknik komunikasi massa yang dibuat oleh produsen untuk mempromosikan produknya kepada masyarakat. Setiap iklan memiliki cara tersendiri untuk menarik minat masyarakat , begitu juga dengan iklan minuman bir . Heineken merupakan perusahaan bir asal Belanda . Di dalam iklan ditemukan makna kata yang tersirat dan tersurat, juga makna adegan dan gambar . Makna tersebut akan ditelusuri lebih dalam dengan kajian semiotika dan teori kebudayaan. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan representasi budaya Belanda dan memaparkan makna slogan Vier de Oranjekoorts dalam iklan bir Heineken piala dunia tahun 2014. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
ABSTRACT
Advertisement is one type of mass communication techniques made by producers to promote their products to the public. Every advertisement has its own way of attracting people, as well as beer beer advertisements. Heineken is a Dutch beer company . In the advertisement found the meaning of the word is implied and explicit, as well as the meaning of scenes and images The meaning will be explored more deeply by the authors with the study of semiotics and cultural theory . This research aims to describe the representation of Dutch culture and explain the meaning of the slogan ldquo Vier de Oranjekoorts rdquo in Heineken beer advertisement world cup in 2014. This research uses qualitative method and presented descriptively.
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf;
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Muhardian Arfianto
Abstrak :
ABSTRAK
Dalam suatu peristiwa komunikasi kita diharapkan memberikan informasi yang ringkas, jelas, tidak ambigu, tidak bertele-tele, dan terbukti kebenarannya. Ada maksimpercakapan yang harus kita patuhi dalam bertuturan. Dengan mematuhi maksim percakapan tersebut kemungkinan terjadinya kesalahpahaman dapat dihindari. Tulisan ini membahas mengenai analisis pelanggaranmaksimyang terjadi dalam 5komik berjudulJan, Jans, en de Kinderen. Pelanggaran maksim tersebut dianalisis antara lain menggunakan teori yang dikemukakan oleh Grice. Selain itu juga dianalisis efek lanjutan yang timbul dari pelanggaran maksim yang terjadi.
ABSTRACT
In a communication, we are expected to provide concise, clear, not ambigous, and true proven. There are maxim that we must obey in a conversation. by abiding the maxim, the possibility of misunderstanding can be avoided. This journal is about analysis of maxim failure that happened in 5 Jan, Jans, en de Kinderen comics. That maxim failure will be analyzed using the theory by Grice. It will also be analyzed the continous effect wich arise because of that maxim failure.
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Ayu Apriani
Abstrak :
ABSTRAK
Kecap manis merupakan salah satu panganan khas Indonesia. Salah satu merek kecap yang terkenal di Indonesia adalah kecap Bango. Selain di Indonesia, kecap manis juga terkenal di luar negeri, salah satunya di Belanda karena Belanda memiliki hubungan historis yang kuat dengan Indonesia. Di Belanda juga terdapat beberapa perusahaan yang memproduksi kecap manis, salah satu yang terkenal adalah Conimex. Terdapat hal yang menarik dalam iklan kecap Bango (2011) dari Indonesia dan iklan Ketjap Manis Conimex (2011) dari Belanda. Kedua iklan tersebut sama-sama menampilkan citra kebudayaan Indonesia, namun citra tersebut ditampilkan dengan cara dan pendekatan yang berbeda. Selain itu, terdapat pula citra keluarga harmonis dalam kedua iklan tersebut.
ABSTRACT
Kecap is one of typical Indonesian condiment and seasoning. One of the famous kecap brands in Indonesia is kecap Bango. Besides in Indonesia, kecap is also well-known abroad. One of them is in the Netherlands because the Netherlands has a strong historical relationship with Indonesia. In the Netherlands, there are also several companies that produce kecap. One of which is Conimex. There are interesting things in kecap Bango advertisement (2011) from Indonesia and Ketjap Manis Conimex advertisement (2007) from the Netherlands. Both advertisements display the image of Indonesian culture, but they are displayed in different ways and approaches. In addition, there are also harmonious family image in both advertisements.
2018
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Amyra Putri Larasati
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan representasi kehidupan masyarakat imigran Suriname dalam buku yang berjudul Het Gym karya Karin Amatmoekrim, seorang penulis asal Suriname. Buku Het Gym menceritakan tentang seorang anak remaja berdarah Suriname yang atas keinginan ibunya melanjutkan pendidikannya di Gymnasium yang mayoritas pelajarnya adalah orang Belanda berkulit putih. Analisis ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka yang dilakukan secara deskriptif dan argumentatif. Dalam analisis ditunjukkan penokohan dan latar cerita untuk memperlihatkan identitas budaya tokoh ndash; tokoh Suriname dalam buku. Hasil dari analisis kemudian dibandingkan dengan keadaan imigran Suriname sesungguhnya di Belanda.
ABSTRACT
This research aims to describe the representation of the life of Surinamese imigrants in the book Het Gym by Karin Amatmoekrim, a Surinamese writer. Het Gym is about a Surinamese teenager who on her mothers orders continued her studies to a Gymnasium, where the majority of the students are Caucasians. This analysis uses descriptive and argumentative method. The analysis shows the characterizations and the setting of the story to describe the cultural identity of the Surinamese characters in the book. The results are then compared to the actual situation of the Surinamese imigrants in the Netherlands
2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Fitrah Adhitama
Abstrak :
Kelahiran De Vijftigers pada pertengahan abad ke-20 memunculkan beberapa nama penulis baru, salah satunya adalah Remco Campert. Sebagai salah satu penulis besar Belanda, sudah banyak karya Remco Campert yang melegenda, salah satunya roman Een Liefde in Parijs 2004 . Roman tersebut bercerita tentang perjalanan Richard Sanders ke Paris, pertemuannya dengan seorang perempuan membuat dirinya terjebak dalam pencarian ingatan masa lalu yang telah terhapus. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi kepustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan perkembangan karakter dalam roman Een Liefde in Parijs. Dalam penelitian ini dibahas mengenai tokoh dan penokohan yang hadir dalam cerita ini yang kemudian difokuskan pada analisis kepribadian yang dimiliki oleh tokoh utama, Richard Sanders. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara ayah Richard dengan Richard memiliki banyak sumbangsih terhadap kepribadiannya.
......
The birth of De Vijftigers in the middle of 20th century has brought a few new authors, one of them is Remco Campert. As one of the greatest authors in the Netherlands, some of Campert rsquo;s work are already have the legendary status, including a novel called Een Liefde in Parijs 2004 . This roman tells about Richard Sanders rsquo; journey in Paris. A meeting with a girl makes him trapped in a situation where he had to find his old forgotten memory. This research is qualitative research with literary study. It aims to explain the character development in Een Liefde in Parijs. In this research the characterization of the main character that is presented in the text will be examined using personality analysis. The result shows that the relationship between the main character and his father has a significant influence in his personality development.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Deasy Augusti Wiranda
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini berisi analisis simbol dan makna yang ada pada iklan sampo Dove tahun 2013, yang berjudul Dove Hair Therapy Intense Repair. Pada iklan ditemukan tanda yang sarat akan makna. Makna ini akan dikaji lebih dalam menggunakan kajian semiotika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan simbol dan makna yang tersirat dalam iklan sampo Dove di Belanda tahun 2013. Penelitian ini akan memperoleh hasil berupa makna dari gambar-gambar dan tulisan-tulisan dalam iklan Dove Hair Therapy Intense Repair.
ABSTRACT
This study contains an analysis of the symbols and meanings that exist in the 2013 Dove shampoo ad, entitled Dove Hair Therapy Intense Repair. On the ads found a sign full of meaning. This meaning will be studied more deeply using semiotics study. This research uses descriptive qualitative method. The purpose of this research is to expose the symbol and meaning implicit in Dove shampoo advertisement in Netherlands 2013. This research will get result of meaning from the pictures and writings in Dove Hair Therapy Intense Repair.
2018
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Syadza Fadhilah
Abstrak :
Jurnal ini membahas gambaran kehidupan orang Belanda di Hindia-Belanda pada masa penjajahan Belanda dan kekuasaan Jepang hingga masa kemerdekaan RI dalam buku Our Childhood in The Former Colonial Dutch East Indies (2011) yang ditulis oleh Ralph Ockerse dan Evelijn Blaney. Buku ini berkisah tentang dinamika kehidupan Ockerse dan keluarganya di Hindia Belanda pada tahun 1935 sampai dengan tahun 1946. Sebagaimana tercatat dalam sejarah, tahun 1940 sampai 1946 adalah masa di mana transisi otoritas di Hindia-Belanda, mulai dari kekuasaan Belanda, kependudukan Jepang pada tahun 1942, hingga kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Transisi otoritas tersebut berdampak langsung kepada orang Belanda di Hindia Belanda. Kondisi masyarakat yang berubah-ubah secara signifikan pada masa itu dapat tercermin pada kehidupan orang Belanda, salah satunya kepada kehidupan Ralph Ockerse tokoh utama dalam buku Our Childhood in The Former Colonial Dutch Indies. Dinamika kehidupan orang Belanda ini menimbulkan pertanyaan: bagaimana gambaran kehidupan orang Belanda di Hindia-Belanda dalam buku Our Childhood in The Former Colonial Dutch Indies? Bagaimana orang Ockerse sebagai representasi orang Belanda dalam buku ini melihat kehidupannya sendiri di Hindia-Belanda?
...... This paper will dicuss the description of the Dutchs life in Dutch East Indies during Dutch colonial era and Japans authority up until Indonesias independence in Our Childhood in The Former Colonial Dutch Indies (2011) written by Ralph Ockerse and Evelijn Blaney. This book tells about the dynamics of Ockerses and his familys life in Dutch East Indies from 1935 until 1946. According to the historical data, the most intense authorities transition in Dutch East Indies happened from 1940 untul 1946, began with Dutchs authority, Japans authority in 1942, until Indonesias independence in 1945. These authorities transitions affected the Dutch citizen in Dutch East Indies directly, in this case was Ralph Ockerse as the main character of the book. This dynamics triggering several question: Hows the life of the Dutch in Dutch East Indies described in Our Childhood in The Former Colonial Dutch Indies? How Ockerse, as the representation of the Dutch in this book sees his own life in Dutch East Indies?
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library