Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Langitan, Nikita Barten
"Tesis ini membahas mengenai agenda media massa dan imparsialitas yang dilakukan oleh media massa khususnya media berita online ketika menyampaikan berita mengenai konflik di Papua. Penetapan agenda media pada media berita online dipengaruhi oleh beberapa faktor dan menunjukkan bentuk imparsialitas yang dilakukan oleh media berita online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis agenda media yang terdapat dalam pemberitaan mengenai konflik di Papua dan imparsialitas yang dilakukan oleh media berita online. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan metode penelitian analisis isi, dengan menganalisis berita mengenai konflik di Papua pada media berita online dan kanal berita online, yaitu Detik.com, Papuanewsonline.com, dan Papuabarat.antaranews.com. Hasil dari penelitian menemukan bahwa media berita online dan kanal berita online dalam menetapkan agendanya dipengaruhi oleh faktor tertentu, yaitu representasi kaum elit. Penelitian ini juga menemukan bahwa Detik.com, Papuanewsonline.com dan Papuabarat.antaranews.com melakukan imparsialitas dengan bentuk ketidakberpihakan sebagai keseimbangan. Media sebagai pilar demokrasi keempat memiliki peran penting dalam pembentukan agenda publik dan menunjukkan ketidakberpihakan media ketika menyampaikan informasi, media massa terutama media berita online perlu untuk menjaga proses penetapan agenda yang dimiliki demi menjaga imparsialitasnya.

This thesis discusses the agenda of mass media and the impartiality of the mass media, especially online news media, when conveying news about the conflict in Papua. Agenda setting in online news media is influenced by several factors and shows a form of impartiality carried out by online news media. This research aims to analyze the media agenda contained in reporting on the conflict in Papua and the impartiality carried out by online news media regarding the conflict in Papua. The research was conducted using a descriptive quantitative approach and content analysis research methods, by analyzing news about the conflict in Papua in online news media and online news channels, namely Detik.com, Papuanewsonline.com, and Papuabarat.antaranews.com. The results of the research found that when setting their agenda, online news media and online news channels were influenced by certain factors, namely the representation of elites. This research also found that Detik.com, Papuanewsonline.com and Papuabarat.antaranews.com carry out impartiality with a form of impartiality as a balance. The media as the fourth pillar of democracy has an important role in forming the public agenda and shows the media's impartiality when conveying information. The mass media, especially online news media, need to maintain their agenda-setting process in order to maintain their impartiality."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nabilah Nisrina
"Isu sustainability atau keberlanjutan yang kian marak di kalangan publik turut memengaruhi para pelaku usaha untuk menyesuaikan produk yang mereka jual, berikut strategi bisnis dan pemasaran yang mereka lakukan, dengan masalah keberlanjutan alam. Industri retail di Indonesia pun tak luput dari pengaruh tersebut, yang mana dibuktikan dengan bermunculannya retail ramah lingkungan serta penerapan strategi berkelanjutan dalam bisnis mereka. Untuk memasarkan produk mereka dan menarik perhatian konsumen, para pelaku usaha harus memerhatikan strategi komunikasi pemasaran yang mereka lakukan. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan bauran Integrated Marketing Communication atau Komunikasi Pemasaran Terpadu, dengan mediasi dari citra merek (brand image), terhadap perilaku konsumen (consumer behavior) dalam konteks industri berkelanjutan (sustainable). Peneliti menetapkan Superindo sebagai objek penelitian ini, karena Superindo merupakan salah satu pelaku retail ternama di Indonesia yang telah menerapkan strategi retail yang berkelanjutan. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan paradigma positivistik dan metode kuantitatif berupa survei yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 205 responden yang memenuhi syarat melalui berbagai sarana media sosial, seperti Instagram, Telegram, dan WhatsApp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di antara lima bauran IMC, hanya periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), serta humas dan publisitas (public relations and publicity) yang mampu memengaruhi perilaku konsumen berkelanjutan (sustainable consumer behavior) secara langsung dan positif. Sementara itu, apabila melibatkan efek mediasi dari citra merek berkelanjutan (sustainable brand image), hanya dua bauran IMC yakni hubungan masyarakat dan publisitas (public relations and publicity) dan penjualan personal (personal selling) yang dapat memengaruhi perilaku konsumen berkelanjutan (sustainable consumer behavior). Namun secara keseluruhan, bauran IMC yang dimediasi oleh sustainable consumer behavior dapat memengaruhi sustainable consumer behavior secara positif. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan IMC dapat memengaruhi sustainable consumer behavior, dan dapat menjadi bagian yang penting dalam strategi komunikasi pemasaran suatu usaha.

The issue of sustainability, which is increasingly widespread among the general public, has begun to influence businesses to adapt the products they sell, along with the business and marketing strategies they implement, to the issue of natural sustainability. The retail industry in Indonesia is not immune from this influence, as proven by the emergence of environmentally friendly retail businesses and the implementation of sustainable strategies in their business. To market their products and attract the attention of consumers, it is necessary for businesses to pay attention to the marketing communication strategies they use. Therefore, this research was conducted with the aim of analysing the effect of implementing the Integrated Marketing Communication mix, with the mediation effect from brand image, on consumer behavior in the context of sustainable industry. Superindo is chosen the object of this research because Superindo is one of the well-known retail players in Indonesia that has implemented sustainable retail strategy in their business. This research was carried out by applying quantitative methods in the form of survey, which was conducted by distributing questionnaires to 205 respondents who met the requirements via various social media tools, such as Instagram, Telegram, and WhatsApp. The research results show that among the eight IMC mixes, only advertising, sales promotion, and public relations and publicity are able to directly and positively influence sustainable consumer behavior. Meanwhile, by involving the mediating effect of sustainable brand image, it is found that only two IMC mixes, namely public relations and publicity and personal selling, can influence sustainable consumer behavior. However, by involving the mediating effect of sustainable brand image, the implementation of IMC mixes as a whole is able to positively influence sustainable consumer behavior. In conclusion, IMC mixes can influence sustainable consumer behavior and can be an important part in the marketing communication strategy of a business.
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library