Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 90 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Insan Kamil
"Laporan magang ini berjudul Evaluasi Prosedur Audit Test of Details Atas Akun Piutang Usaha Pada Perusahaan Konstruksi. Hal yang menjadi pembahasan adalah bagaimana proses audit yang dilakukan sampai pada tahap prosedur pengujian rincian tersebut. Pada praktiknya hal yang dilakukan oleh mahasiswa magang adalah pengumpulan bukti audit dengan melakukan konfirmasi atas piutang usaha, melakukan konfirmasi kedua, dan test of detail. Laporan ini dibatasi pada prosedur yang diikuti selama magang. Pada akhirnya dapat disimpulkan dari hasil evaluasi tersebut apakah KAP XYZ telah menjalan prosedur test of details sesuai dengan International Standard on Auditing (ISA). Evaluasi tersebut mencakup hal-hal yang berkaitan dengan ISA 500 tentang asersi manajemen dan bukti audit, ISA 505 tentang bukti audit dan penggunaan alternatif prosedur, dan ISA 520 tentang bukti audit dan prosedur analitis. Laporan magang ini ditutup dengan hal-hal yang berkaitan dengan refleksi diri selama magang. Pembahasannya dibatasi pada tiga aspek yakni bekerja di bawah tekanan, interaksi dengan tim, klien, dan pihak lainnya, serta implementasi teori dan praktik. Hasilnya adalah dua aspek yakni bekerja di bawah tekanan dan implementasi teori dan prakterk telah berjalan baik. Sedangkan untuk aspek interaksi dengan tim, klien, dan pihak lainnya perlu diperbaiki.

This internship report is evaluates the Test of Details Audit Procedure on Accounts Receivable Accounts at Construction Companies. The matter being discussed is how the audit process carried out has reached the stage of testing the details. In practice, what interns do is collect audit evidence by confirming accounts receivable, conducting a second confirmation, and test of details. This report is limited to the procedures followed during the internship. In the end, it can be concluded from the evaluation results whether KAP XYZ has carried out the test of details procedure in accordance with international standards on auditing. The evaluation includes matters relating to ISA 500 on management assertions and audit evidence, ISA 505 on audit evidence and the use of alternative procedures, and ISA 520 on audit evidence and analytical procedures. This internship report closes with matters relating to self-reflection during the internship. The discussion is limited to three aspects, namely working under pressure, interaction with the team, clients, and other parties, and implementation of theory and practice. The result is two aspects, namely working under pressure and the implementation of theory and practice has been going well. As for the aspect of interaction with the team, clients, and other parties need to be improved."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Abdurrahman Ahmad Idrus Salam
"ABSTRAK

Laporan ini membahas proses validasi atau pemeriksaan dokumen Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN) yang dilakukan oleh PT LT. Pemrosesan SKBDN yang dimulai dari penerimaan SKBDN hingga pencairan SKBDN dilakukan dengan berdasarkan pada Peraturan Bank Indonesia Nomor 5/6/PBI/2003 dan Standar serta Instruksi Kerja PT LT. Dalam penerimaan SKBDN, ada tahap yang tidak sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia, yaitu tahap Penerimaan SKBDN. PT LT seharusnya hanya menerima SKBDN dari Bank Negosiasi, namun pada praktiknya PT LT juga menerima SKBDN dari konsumen. Selama proses pemeriksaan yang dilakukan oleh Dinas SP&GC, terdapat perbedaan alur kerja serta tindakan-tindakan yang tidak diinstruksikan dalam Instruksi Kerja perusahaan. Perbedaan tersebut terdapat pada proses penandatanganan SKBDN oleh Kepala Dinas SP&GC dan pendistribusian Tanda Terima Jaminan Hal-hal tersebut berpotensi menimbulkan masalah bagi Dinas SP&GC, maupun PT LT secara keseluruhan.


ABSTRACT
This report discusses the process of validating or examining Domestic Letter of Credit (SKBDN) conducted by PT LT. SKBDN processing starting from SKBDN receipts until SKBDN disbursement is conducted based on Bank Indonesia Regulation Number 5/6/PBI/2003 and PT LT Standards and Work Instruction. In receiving SKBDN, there is a stage that is not in accordance with Bank Indonesia Regulations, that is the stage of SKBDN Receipt. PT LT should only receive SKBDN from the Negotiation Bank, but in practice PT LT also receives SKBDN from consumers. During the inspection process carried out by the SP&GC Service, there are differences in workflows and actions that are not instructed in the company's Work Instructions. The difference is found in the process of signing the SKBDN by the Head of the SP&GC Service and the distribution of Guarantee Receipts. This has the potential to cause problems for the SP&GC Service, as well as PT LT as a whole.

"
2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Amy Pramanda
"ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan menguji secara empiris pengaruh intellectual capital (IC) terhadap kualitas laba dengan corporate governance sebagai variabel moderasi. Model pengukuran IC menggunakan model Pulic (1998) yaitu Vallue added Intellectual Coefficient (VAICTM) dan ketiga komponennya yaitu Human Capital Effciency (HCE), Structured Capital Efficiency (SCE), dan Capital Employed Effciency (CEE). Variabel kualitas laba dalam peneltian ini diproksikan dengan discretionary accrual Hasil penelitian menunjukkan intellectual capital memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap kualitas laba. Begitu juga dengan komponennya yaitu HCE. Namun, SCE dan CEE memiliki pengaruh signifikan dan negatif terhadap kualitas laba. Keberadaan corporate governance tidak berpengaruh signifikan memperkuat hubungan intellectual capital dan kualitas laba


ABSTRACT

This study aims to empirically examine the influence of intellectual capital (IC) on earning quality with corporate governance as a moderating variable. The measurement of IC use a model Pulic (1998) that Vallue added Intellectual Coefficient (VAICTM) and three component of it (Human Capital effciency (HCE), Structured Capital Efficiency (SCE), and Capital Employed effciency (CEE)). Variable of earnings quality in this research is proxied by discretionary accrual The results showed intellectual capital (VAICTM) and HCE have a significant and positive effect on the quality of earnings. However, SCE and CEE have a significant and negative effect on the quality of earnings. The existence of corporate governance does not significantly strengthen the relationship of intellectual capital and earnings quality.

"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S56891
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Lailinnur Srg
"Laporan magang ini membahas tentang penerapan pencatatan akuntansi berbasis akrual untuk siklus persediaan pada laporan keuangan Kementerian Agama Kabupaten Tapanuli Tengah pada tahun 2015. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual harus diterapkan oleh semua instansi pemerintahan mulai tahun 2015. Kementerian Agama Kabupaten Tapanuli Tengah merupakan salah satu instansi pemerintah yang diwajibkan menggunakan pencatatan akuntansi berbasis akrual. Sebelum PP No.71 Tahun 2010 ini dikeluarkan, peraturan terakhir yang digunakan oleh pemerintah sebagai landasan dalam melakukan pencatatan akuntansi adalah PP No.24 Tahun 2005 tentang pencatatan akuntansi berbasis kas menuju akrual. Fokus dari penulisan ini adalah tentang bagaimana penerapan pencatatan akuntansi berbasis akrual di Kemenag Kab. Tapteng pada tahun 2015 khususnya akuntansi persediaan karena selama magang penulis lebih difokuskan di bagian akuntansi persediaan.

This internship report discusses about the implementation of accrual-based accounting record for the inventory cycle in the financial statements of the ministry of religion tapanuli district middle in 2015. Government regulation no.71 of 2010 on accrual-based government accounting standards must be applied by all government agencies in 2015. The ministry of religion tapanuli district middle is one of the government agencies that are required to use the accrual-based accounting records. Before the government regulation no.71 of 2010 was issued, the last rule used by the government as a cornerstone in making the accounting records are the government regulation no.24 of 2005 on a cash basis accounting towards the accrual. The focus of this paper is on how of the implementation of accrual-based accounting at the ministry of religion tapanuli district middle in 2015 especially for inventory cycle because during internship author of more focused in accounting for inventories."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rizqi Fitria Senja Paramita
"ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis hasil aspek pengungkapan informasidantransparansi pada penerapan GCG pada Perum LPPNPI sertafaktor-faktor yang memengaruhi perubahannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan perolehan data primer melalui wawancara dengan Sekretaris Perusahaan, Kepala dan satu orang Staff Biro Pengelolaan Kinerja Perusahaan, Manajemen Risiko dan GCG. Data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan perusahaan, laporan pelaksanaan evaluasi tingkat maturitas implementasi GCG, laporan hasil assessment penerapan GCG, dan informasi lain yang relevan topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengungkapan informasi dan transparansi Perum LPPNPI mengalami perubahan dari tahun 2014-2016. Dari 16 paremeter yang dianalisis, 15 diantaranya mengalami perubahan yaitu enam parameter yang meningkat setiap tahunnya terkait penyajian laporan tahunan, ikhtisar data keuangan penting, laporan dewan pengawas dan laporan direksi, profil perusahaan, analisa dan pembahasan manajemen, serta pengungkapan praktik tata kelola perusahaan yang baik. Tujuh parameter yang meningkat pada tahun 2015 dan menurun pada tahun 2016 terkait prosedur pengendalian informasi, kepatuhan terhadap kebijakan pengendalian informasi, media penyediaan informasi, situs perusahaan, pemutahiran informasi dan situs perusahaan, bagian tersendiri mengenai laporan keuangan, serta perolehan penghargaan. Dua parameter lainnya yaitu adanya media lain dan keikutsertaan dalam Annual Report Award ARA. Satu parameter yang tetap selama tahun 2014-2016 adalah tingkat kemudahan akses informasi perusahaan serta terdapat tujuh faktor yang memengaruhi perubahan tersebut.

ABSTRACT
This study analyzes the results of information disclosure and transparency aspects of GCG implementation on Perum LPPNPI as well as factors influencing the changes. This study uses a case study approach with primary data through interviews with Corporate Secretary, Head and one staff of the Corporate Performance Management, Risk Management and GCG Management Staff. Secondary data obtained from company annual report, GCG level evaluation report, GCG assessment report, and other relevant information on research topic. The results of this study indicate that the results of information disclosure and transparency of Perum LPPNPI have changed from 2014 2016. Of the 16 parameters analyzed, 15 of them were amended, six parameters increased each year in relation to the presentation of annual reports, an overview of important financial data, supervisory reports and reports of directors, company profiles, analysis and management discussions, and disclosure of good corporate governance practices . Seven parameters are increasing by 2015 and declining by 2016 in terms of information control procedures, compliance with information control policies, information provision media, corporate sites, information updates and company sites, separate portions of financial lapses, and award recognition. Two other parameters are the presence of other media and participation in the Annual Report Award ARA . One fixed parameter during 2014 2016 is the level of ease of access to corporate information and there are seven factors that influence the change."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irena Aulia Putri
"ABSTRAK
Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur audit KAP STR atas liabilitas yang belum tercatat atau disebut prosedur search for unrecorded liabilities (SURL) pada PT K, sebuah perusahaan jasa penambangan terpadu. Kerangka evaluasi yang dijadikan acuan adalah International Standards on Auditing (ISA). Berdasarkan hasil analisis, prosedur SURL yang dilakukan pada PT K sudah sesuai dengan ISA dan berhasil memenuhi tujuan ISA untuk memperoleh bukti audit yang cukup dan tepat dalam membentuk kesimpulan sebagai basis opini auditor."
2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hanifah Az Zahra
"ABSTRAK
Laporan magang ini membahas tentang PT XYZ sebagai perusahaan properti yang melakukan klaim atas penggantian biaya (reimbursement) terhadap unit bisnisnya yaitu Hotel W. Klaim tersebut terkait tagihan atas penyedia jasa outsourcing yang dilakukan oleh pihak ketiga sebagai penyedia jasa. Proses verifikasi tagihan dilakukan sejak tagihan diterima PT XYZ dari pihak ketiga, lalu dilakukan pembayaran kepada pihak ketiga, kemudian ditagihankan kepada Hotel W, hingga PT XYZ menerima pembayaran dari Hotel W. Proses verifikasi dokumen tagihan yang saat ini dijalankan oleh PT XYZ masih menggunakan software sederhana. Oleh karena itu diusulkan penggunaan software yang terintegrasi dalam memproses dokumen tagihan. Penggunaan software terintegrasi akan membatu proses verifikasi dapat dijalankan secara maksimal. Selain itu sistem pengawasan dan evaluasi juga akan dilakukan secara tepat.

ABSTRACT
The focus of this interenship report is to discuss about PT XYZ as a property company that claims reimbursement of its business unit, Hotel W. The claim relates to billing for providers of outsourcing services carried by third parties as service providers. The billing verification process is done from the time the bill was received by PT XYZ from third parties, then payment was made to third parties, and then claims the bill to the Hotel W, until PT XYZ received paymen from Hotel W. The verification process of billing documents currently carried out by PT XYZ is still using simple software. Therefor, it is proposed to use integrated software that will help the verification process to be carried optimally. In addition, the monitoring and evaluation system will also be carried out appropriately."
2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nadia Larasati
"Laporan karya magang ini bertujuan untuk menganalisis penerapan PSAK 30 (revisi 2011) tentang sewa di PT SDR dengan kasus Kontrak A dan Kontrak B. Untuk Kontrak A dan Kontrak B, PT SDR mengklasifikasikan kontrak sewa di tahun 2018 sedangkan kontrak dimulai 2017. Berdasarkan hasil analisis, waktu pengklasifikasian kontrak sewa tidak sesuai PSAK 30 (revisi 2011). Untuk Kontrak A, PT SDR mengklasifikasikan kontrak sebagai sewa pembiayaan. Berdasarkan analisis, klasifikasi Kontrak A sudah sesuai dengan PSAK 30 (revisi 2011). Untuk Kontrak B, PT SDR mengklasifikasikan kontrak sebagai sewa operasi. Berdasarkan analisis dengan salah satu faktor yaitu jenis menara yang disewa di Kontrak B hanya dapat di isi oleh PT SDR, penulis mengklasifikasikan kontrak B sebagai sewa pembiayaan.

This final project aims to analyze the implementation of PSAK 30 (revised 2011) leasing tower at PT SDR with cases of contract A and contract B. For contract A and contract B, PT SDR classifies the lease contract in 2018 while the contract starts in 2017. Based on the analysis, the time of classifying the rental contract is not in accordance with PSAK 30 (revised 2011). For Contract A, PT SDR classifies contracts as finance leases. Based on the analysis, the classification of Contract A is in accordance with PSAK 30 (revised 2011). For Contract B, PT SDR classifies contracts as operating leases. Based on the analysis with one of the factors, the tower type leased in Contract B can only be filled by PT SDR, the author classifies contract B as a finance lease."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Karina Ramadhani Savitri
"Laporan magang ini membahas mengenai prosedur audit substantif uji rinci yang diterapkan oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) S atas akun persediaan PT J untuk periode 31 Desember 2021. PT J adalah perusahaan yang bergerak pada industri otomotif yang memproduksi kendaraan dan komponennya. Laporan magang ini berfokus pada evaluasi uji rinci yang dilakukan penulis selama magang di KAP S. Prosedur substantif uji rinci yang di evaluasi antara lain tes rekonsiliasi persediaan, tes biaya persediaan bahan baku, tes cut-off penerimaan persediaan, dan tes pergerakan saldo persediaan sejak tanggal observasi. Evaluasi dilakukan dengan menguji kesesuaian antara prosedur dengan Standar Audit (SA) yang berlaku di Indonesia. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa prosedur substantif uji rinci yang diterapkan KAP S terhadap akun persediaan PT J telah sesuai dengan standar yang berlaku. Selain evaluasi tersebut, laporan magang ini juga membahas hasil refleksi diri penulis terhadap pengalaman yang diperoleh selama magang di KAP S.

This internship report discusses the substantive audit procedure test of details implemented by S Public Accounting Firm (KAP) on PT J’s inventory for the period of December 31st, 2021. PT J is a company engaged in the automotive industry which produce vehicle and its components. This internship report focuses on the evaluation of the test of details carried out by the author during the internship at KAP S. Substantive procedure test of details which are evaluated consists of test inventory reconciliation, test the cost of raw materials inventory, test inventory receipts cut-off, and test the inventory balance movement since the observation date. The evaluation is carried out by testing the conformity of the procedures and the auditing standards implemented in Indonesia. The result of the evaluation shows that the substantive audit procedure test of details implemented by KAP S on PT J’s inventory are in accordance with the applicable standards. Other than that, this internship report also discusses the result of the author’s self-reflection on the internship experience gained during the internship at KAP S."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Aldi Tritama
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari harga minyak mentah dan faktor-faktor fundamental yang meliputi perubahan net operating cash flow, perubahan nilai cadangan migas terbukti (proved reerve) dan perubahan tingkat produksi minyak dan gas bumi terhadap profitabilitas yang diproksikan dengan ROE serta imbal hasil saham.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan minyak dan gas bumi yang terdaftar di 4 (empat) bursa saham, yakni New York Stock Exchange (NYSE), London Stock Exchange (LSE), Australia Securities Exchange (ASX) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2007-2010.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa harga minyak dan perubahan net operating cash flow berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROE dan return saham. Sedangkan perubahan nilai cadangan terbukti dan perubahan tingkat produksi minyak dan gas bumi tidak berpengaruh terhadap ROE dan return saham.

This study aims to examine the effect of crude oil prices and fundamental factors. These fundamental factors includes changes in net operating cash flow, changes in value of oil and gas proved reserves and also changes in value of oil and gas production on profitability which described by return on equity (ROE) and stock return of international oil and gas companies.
Sample that used in this study are oil and gas companies listed in 4 (four) stock exchanges; the New York Stock Exchange (NYSE), London Stock Exchange (LSE), Australia Securities Exchange (ASX) and Indonesia Stock Exchange (BEI) for the period from 2007 until 2010.
The results of this study found that crude oil prices and changes in net operating cash flow have positive and significant impact to ROE and stock return. While changes in the value of oil and gas proved reserve and oil and gas production has no significant impact to ROE and stock return.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9   >>