Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Maqdhesy
Abstrak :
RSIA HERMINA Pasteur mempakan salah sam rumah sakit di Kota Bandung yang mengkhususkan pada pelayanan kesehatan ibu dan anak. RSIA HERMINA Pasteur memiliki fasilitas yang menjadi unggulan yaitu pelayanan Perinatologi, NICU, PICU, Fetomatemal dan Klinik Tumbuh Kembang. Seperti yang tercantum dalam Program Market Leader HERMINA Grup, Insialasi Perinatologi/NICU/PICU diharapkan menjadi pusal rujukan di wilayalmya. Hal ini menjadi peluang bagi RSIA HERMINA Pasteur untuk turut serw dalam penurunan AKB di Kota Bandung dan sekitamya. Salah saru instalasi yang menjadi unggulan RSIA HERMINA Pasteur adalah NICU yang merupakan nmng perawatan khusus bagi bayi risiko tinggi atau yang memerlukan pemantauan ketat dan membutuhkan alat bantu pemapasan khusus/ventilator.
Setelah berjalan hampir tiga tahun BOR NICU masih belum menunjukkan peningkatan dibandingkan produk unggulan lainnya yaitu PICU dan ICU. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan penelitian mengenai kinenja NICU RSIA HBRMINA Pasteur. Untuk malakukan penilaian kincrja ini dipergunakan pendekatan Balanced Scorecard yang memiliki empat perspektif.
Dalam penclitian ini, peneliti ingin memperoleh gambaran kinerja NICU rumah sakit yang sesuai (appropriate) dan layak (/kasible), rnenggunakan prinsip kemngka manajemen Balanced Scorecard (BSC), sebagai alat ukur dan perangkat manajcmen untuk meningkatkan kinerja.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara mendalam, telaah dokumcn dan observasi lapangan untuk memperoleh gambaran kinerja dan model BSC yang sesuai dengan NICU rumah sakit.
Dari penelitian ini didapatkan kinerja NICU RSIA HERMINA Pasteur berdasarkan perspcktif keuangan, perspektif pelanggan, perspelctjf bisnis internal dan perspelctif pertumbuhan dan pembelajaran, Kincrja NICU berdasarkan perspektif keuangan menunjukkan bahwa NICU merupakan unit kerja yang memerlukan biaya operasional besar tetapi tidak banyak mcnghasilkan kemmtungan bagi rumah sakit. Dengan demikian tidak dapat diharapkan untuk menj adi profit centre bagi rumah sakit. Gambaran kinerja NICU berdasarkan perspektif pelanggan menunjukkan bdrwa pada tahmm 2006 dan triwulan I tahun 2007 masih terjadi beberapa kasus penolakan pasien yang berkaitan dengan biaya. Hal ini bertolak belakang dengan perluasan pasar yang dilakukan rumah sal
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2007
T34546
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library