Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lang Jagat
Abstrak :
Karakter virtual merupakan simulasi grafik yang bisa berupa objek manusia riil maupun imaginer yang memungkinkan objek berinteraksi dengan pengguna baik melalui suara, ekspresi wajah, isyarat, dan pandangan. Banyak penelitian telah dilakukan dalam pengembangan karakter animasi 3D yang tidak hanya pada platform PC melainkan juga pada platform mobile. Pada thesis ini membahas mengenai implementasi dari karakter anamasi virtual 3D dan 3D engine di iPad dengan menggunakan library graphics OpenGL ES dan bahasa pemrograman Objective-C dan C++. Tujuan dari projek ini adalah porting library SMR yang telah dikembangkan oleh tim SAMSARA dari laboratorium SAMSARA di Universtité de Bretagne Sud (UBS). Library ini digunakan untuk mengembangkan applikasi 3D real time untuk visualisasi dan animasi karakter manusia yang menggunakan bahasa isyarat Perancis (Sign Language on French). Animation real time dari karakter virtual di iPad harus memperhitungkan beberapa keterbatasan yang dimiliki oleh oeh iPad seperti kemampuan grafik, ruang disk, dan ukuran memori. Source Code library SMR harus dilakukan beberapa modifikasi sehingga memungkinkan untuk berjalan dengan baik di platform iPad. ......A virtual character is graphics simulation of real or imaginary persons that enable natural can be interact with the user by means of voice, facial expression, gesture, and gaze direction. Many research has developed 3D virtual character animation not only in PC platform but also in Mobile device. This Theses present an implementation of a 3D virtual character animation and rendering engine running on iPad using OpenGL-ES with Objective-C and C++. The Objective of this project is a port of the library SMR that has developed by the team SAMSARA from Valoria laboratory at Université du Bretagne Sud (UBS). This library used for developing applications that make use of real time 3D graphicsm for visualization and animation of 3D virtual human character use sign language in French. Real time animation of virtual character on iPad represent a challenging task since many limitation must be taken into account with respect the processing power like graphics capabilities, disk spaces, and memory size. The original source code has been modified to make SMR library work on the iPad platform, and further optimizations have been done to increase the runtime performance as well.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T30084
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Mulyanto
Abstrak :
ABSTRAK
Sistem pendeteksi emosi EmoLogus ditujukan untuk mengetahui nilai emosi yang terkadung didalam sebuah kalimat percakapan di dalam bahasa perancis pada anak-anak berusia antara 5-9 tahun. Proses pengolahan kalimat untuk mendapatkan nilai emosi meliputi proses pemisahan kalimat kedalam bentuk kata, pembentukan kata agar sesuai dengan struktur bahasa perancis, proses pemahaman kalimat, dan perhitungan nilai emosi. Nilai emosi di definisikan dalam nilai positif dan negative dengan range -2 sampai +2. Nilai negative mewakili perasaan jijik, ketakutan, kemarahan, dan kesedihan, nillai nol mewakili rasa netral, dan nilai positif mewakili rasa gembira dan kejutan. Penelitian ini ditujukan untuk merancang ulang sistem Emologus untuk menghasilkan sebuah aplikasi baru yang lebih mudah di gunakan oleh pengguna awam, sehingga kedepannya EmoLogus tidak hanya diterapkan untuk robot saja, tapi juga untuk aplikasi-aplikasi komputer, mobile dan lain-lain. Dalam penelitian ini digunakan bahasa pemrograman java untuk desain interface grafis dan bahasa pemrograman λProlog yang digunakan untuk pengembangan Emolgus. Hasil penelitian menunjukan bahwa Java dapat berkomunikasi dengan baik dengan bahasa pemrograman λProlog dan aplikasi yang dihasilkan lebih user mudah digunakan yang mana sebelumnya tidak dapat dilakukan dengan bahasa pemrograman λProlog.
ABSTRACT
EmoLogus emotion detection system is intended to determine the value of emotions which is contained in a conversational sentence in French towards children aged between 5-9 years old. The word processing to get the value of emotion includes the sentence separation process into the form of word, formation of words in the structure of French, process of sentence comprehension and calculating the value of emotional. The value of emotion is defined in the positive and negative values with a range of -2 to +2. Negative value represents the feelings of disgust, fear, anger, and sadness. The value of zero represents a sense of neutral. Positive value represents a sense of joy and surprise. This study is aimed to redesign the system of Emologus to generate a new application which is easier to be used by novice users, so that Emologus is not only applied for robots, but also for computer applications, mobiles and others. This study uses java programming language for graphics and interface design and λProlog which is used for the development Emolgus before. The result of this research shows that Java can communicate well with λProlog programming language and the application which is produced is better than before. It could not be done before with λProlog programming language, but now it can.
2012
T30941
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library