Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Waliyadin
"ABSTRAK
Keberadaan unit bimbingan keija dalam struktur lembaga
pemasyarakatan memegang peranan yang cukup signifikan dalam membina
narapidana menjadi manusia seutuhnya yang sadar dan ingin hidup secara
berdampingan dalam tatanan hidup masyarakat yang beradab. Peningkatan kreativitas petugas bimbingan keija lembaga
pemasyarakatan merupakan wahana yang cukup menjanjikan dalam
meningkatkan produktivitas dan budaya keija serta pembinaan narapidana
secara berdaya guna dan berhasil guna ditengah keterbatasan institusi
memenuhi tuntutan anggaran operasional dan tingkat kesejahteraan yang
memadai. Kreativitas merupakan kemampuan mengidentifikasi banyak
kemungkinan solusi pada persoalan tertentu. Kreativitas bukanlah ciri
kepribadian tetapi keterampilan atau proses yang menghasilkan produk yang
kreatif. Setiap orang memiliki potensi kreatif dan dapat dipelajari serta
dikembangkan melalui suatu pelatihan yang bersifat apiiude dan nonapitude. Penulis mengajukan program ini sebagai alternatif penyelesaian
masalah dalam mengembangkan kemampuan menciptakan program pembinaan
narapidana yang berkualitas dan efektif melalui pelatihan peningkatan
kreativitas petugas bimbingan kerja lembaga pemasyarakatan."
2007
T37642
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Solichin
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kualitas soal
Ujian Akhir Madrasah (UAM) Madrasah Aliyah tahun pelajaran 2007/2008 serta
ingin mengetahui daya serap dan kemampuan siswa pada mata pelajaran fiqh di
Karesidenan Semarang Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini termasuk penelitian
deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah data respon siswa peserta ujian
dengan jumlah 6848 responden.. Pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik cluster/area sampling dan terpilih Kabupaten Kendal
sebagai kelompok sampel dengan jumlah responden 935 siswa terdiri dari 394
siswa MA Negeri dan 541 siswa MA Swasta. Adapun paket soal Fiqh berjumlah
50 butir soal terdiri dari 5 pilihan jawaban dengan waktu pengerjaan 90 menit.
Dilakukan analisa kualitatif dan kuantitatif berdasarkan teori tes klasik
menggunakan program ITEMAN serta teori tes modem menggunakan program
BIGSTEPS.Secara kualitatif tes tersebut cukup bagus, tetapi masih banyak
ditemukan pengecoh yang kurang berfungsi dangan baik. Adapun secara
kuantitatif berdasar teori tes klasik menggunakan Iteman, dari Statistik Tes
diperoleh Indeks kehandalan ( reliabilitas) tes 0,828, dengan rerata tingkat
kesukaran 0.56 dan indeks daya beda 0.317 dengan 4 soal yang ditolak dan hanya
14 soal yang pengecohnya berfungsi baik. Berdasarkan teori tes modem
menggunakan Bigsteps, diperoleh Indeks kehandalan tes 0,85, dengan tingkat
kemampuan siswa 0.45 , 5 soal ditolak dan terdapat 20 siswa yang tidak fit
dengan model.
Berdasar analisa diatas, kualitas tes tersebut cukup bagus dan bisa diterima
secara empiris, tetapi perlu dilakukan perbaikan terhadap alternatif pilihan
jawaban agar pengecoh bisa berfungsi dengan baik."
2009
T37992
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Marwiyah
"Penelitian ini menggunakan hasil tes UAS MA TP. 2007/2008. Tes terdiri dari 40 item. Respon terhadap tes dianalisis secara kuantitatif. Sebanyak 502 orang peserta tes dijadikan objek penelitian. Analisis terhadap data dilakukan dengan menggunakan software Iteman, Bigsteps dan Bilog-Mg 2PL. Data dikelompokkan berdasarkan asal sekolah. Kelompok pertama siswa yang berasal dari Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta, kedua siswa yang berasal dari sekolah Negeri dan ketiga berasal dari siswa sekolah Swasta. Jadi secara keseluruhan ada 9 kali menjalankan program karena setiap kelompok data dianalisis dengan 3 software.
Pendekatan teori tes klasik dalam hal ini menggunakan program Iteman pada data seluruh responden, baik dari sekolah Negeri maupun sekolah Swasta, dapat diketahui bahwa instrumen yang dalam hal ini adalah soal-soal PPKn yang digunakan pada ujian akhir sekolah di kabupaten Tanjung Jabung Barat telah cukup baik dengan Mean P atau rata-rata tingkat kesukaran "sedang", Mean Item- Total atau rata-rata daya pembeda soal "baik" yang berarti telah dapat membedakan antara siswa yang berkemampuan rendah dan berkemampuan tinggi.
Secara umum, jika dilihat dari Teori Tes Klasik (Classical Test Theory) PPkn yang diberikan pada sekolah Negeri lebih dapat membedakan "kelompok siswa pandai dengan kelompok siswa yang kurang pandai" dibandingkan dengan siswa sekolah Swasta. Demikian juga hal nya jika dilihat dari Teori Tes Modern (Item Response Theory).
This research is using UAS MA test results TP 2007/2008. Test is composed of 40 items. Respond towards test were analyzed quantitatively. Number of 502 test participants are taking as research object. Analysis towards data conducted by using Iteman, Bigsteps, and Bilog-Mg 2PL Softwares. Data are grouped based on school's origin. First group, students are derived from Madrasah Aliyah public or state, second students which derived from state school and third is from private school. And 9 times to run the program since each of data group analyzed by 3 softwares.
Classical test theory approach is using Iteman program in this case on thorough respondent's data either state school or private, it is found that instrument applied here is PPKn question which used on Final Examination at Tanjung Jabung Barat Municipality had reached mean P good enough or average of "medium " difficulty level, Mean Item Tot or the average of "good" differentiate which means it has distinguish among students who posses low or high capability.
Generally, if PPKn Classical Test Theory provided to state school would be more distinguishing "intelligent students groups with unlucky students" compares to private's students. So as happened to Modern Test Theory."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
T38281
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library