Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Magdalena Baga
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan memperlihatkan kompleksitas representasi
masyarakat Belanda New York yang terlihat dalam AHONY yang merefleksikan
perebutan ruang spasial dan budaya antara Inggris dan Belanda di Amerika
Serikat dari abad ke 17-19. Kompleksitas representasi ini ditunjukkan melalui
lapisan multi dimensi AHONY yang membangun mitos bangsa Amerika sebagai
sebuah bangsa baru melalui penggambaran masyarakat Belanda di New York
abad ke-17. Pada saat yang sama disertasi ini menunjukkan bagaimana AHONY
melontarkan kritik pada kebijakan politik abad ke-19, dan bagaimana parodi
politik ini menunjukkan ambivalensi antara upaya memunculkan kontribusi
masyarakat Belanda di New York dan bias pengarang. Kajian ini menggunakan
representasi dan inventing tradition sebagai konsep untuk menganalisis teks, dan
metode pendekatan New Historicism (Sejarah Baru) untuk meletakkan teks pada
konteks zamannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teks mengungkapkan
gagasan kebangsaan dan masalah kemanusiaan. Gagasan kebangsaan berkaitan
dengan pluralisme berbangsa, sementara itu masalah kemanusiaan yakni kritik
terhadap disingkirkannya sebuah etnis minoritas. Namun demikian, hasil
penelitian juga memperlihatkan bahwa teks A History of New York memberi bias
etnis, ?ras?, dan kelas

ABSTRACT
This study aims to demonstrate the complexity of the representation of the Dutch
New York in AHONY reflecting spatial and cultural struggle between England
and the Netherlands in North America from 17-19 century. The complexity of the
representation is demonstrated through multidimensional layers of AHONY
building the American myth as a new nation through the depiction of the Dutch
New York in the 17th century. At the same time this dissertation shows how
AHONY through parody criticizes on the political policy of the 19th century, and
how this political parody shows the ambivalence between the effort to reveal the
contribution of the Dutch New York and the bias of the author. This study uses
the representation and inventing tradition as concepts for analyzing the text, and
the approach of New Historicism puts the text on the context of its time. The
results indicate that the text expresses the idea of nationality and humanitarian
issues. The idea of nationality related to the pluralism of the nation, while the
humanitarian problem is a critique of marginalization of an ethnic. However, the
result also shows that the text, A History of New York, implies ethnic bias, "race",
and class."
2016
D2231
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harfiyah Widiawati
"Disertasi ini berisi kajian terhadap tiga novel Indonesia pasca-Reformasi untuk menyingkap cara negara bekerja dengan konsep the art of modern government yang meliputi pengaturan penduduk, ekonomi politik, dan perangkat pengamanan (security apparatuses). Penelitian ini mengurai (1) kontribusi teoretik karya sastra (novel) dalam memberi warna baru bagi wacana governmentality; (2) bentuk kepengaturan dominan yang muncul dalam anatomi tiga novel dan membentuk kekhasan novel pasca-Reformasi; (3) keterlibatan tiga novel dalam merespons atau menjadi agensi yang ikut serta menyebarluaskan rezim kepengaturan. Analisis terhadap novel Lampuki, Puya ke Puya, dan Dawuk menunjukkan bahwa governmentality pasca-Reformasi di Indonesia berbeda dengan yang diteorikan oleh Michel Foucault. Corak kepengaturan Reformasi tidak terpusat pada satu sumber kekuasaan, melainkan tersebar ke berbagai kelompok dan kepentingan yang tidak selalu menampakkan dirinya. Walaupun ideologi kepengaturannya cenderung sama-sama bagian dari resonansi kapitalisme global, wujud dari rezim kepengaturan tersebut senantiasa berubah, dan menyesuaikan diri dengan habitat dan ekosistemnya. Novel berfungsi sebagai heteroglossia, hadir beriringan (coexist) dengan teks lainnya, menciptakan ruang baru dalam konstruksi governmentality yang semula bercorak positivistik menjadi rezim kepengaturan yang bercorak humanistik. Heteroglossia sastra Reformasi didominasi oleh kepengaturan ekonomi politik. Walaupun kepengaturan tubuh dan ruang kerap muncul beriringan dengan mekanisme penormaan dan pendisiplinan, keempatnya hadir mengintensifikasi kepentingan ekonomi yang menjadi leitmotif bagi elemen-elemen cerita. Analisis terhadap ketiga novel Indonesia pasca-Reformasi menegaskan bahwa pola kekuasaan yang menjalankan fungsi-fungsi governmentality telah menciptakan hierarki tinggi-rendah, kuat-lemah, kaya-miskin, bahkan memungkinkan sistem kekuasaan dapat mengatur siapa yang berhak hidup dan siapa yang layak mati. Masing-masing teks memperlihatkan wilayah yang abu-abu di hadapan cermin governmentality, bahwa dalam situasi yang berakibat pada keterpinggiran, keniscayaan nasib buruk bagi kelas menengah ke bawah, bahkan korban-korban yang terus berjatuhan, dimunculkan pula pihak-pihak yang tampak merasa nyaman hidup dalam rezim kepengaturan, dan berupaya terus mempertahankannya. Perspektif govermentality atas tiga teks novel pemenang sayembara, ternyata tidak hanya menyingkap akibat laten dari rezim kepengaturan di Indonesia, tapi pada saat yang bersamaan, juga memperlihatkan keberpihakan teks-teks tersebut pada rezim kepengaturan, mengafirmasinya secara diam-diam, dan berusaha mempertahankannya.

The dissertation discusses three post-Reform Indonesian novels to reveal how the state works with the concept of the art of modern government which includes governmentality of population, political economy, and security apparatuses. This research analyzes (1) the theoretical contribution of literary works (novels) in assigning a new color to the discourse of governmentality; (2) the dominant form of governmentality appearing in the anatomy of the three novels that builds the unique characteristics of post-Reform novels; (3) the involvement of the three novels in responding or else becoming an agency that contributes to the dissemination of the regime of governmentality. Analyses on the novels Lampuki, Puya ke Puya, and Dawuk shows that post-Reform governmentality in Indonesia is different from that theorized by Michel Foucault. The style of the Reform governmentality is not centered on one power but spread over various groups and interests, which are mostly concealed. Even though the governmental ideology tends to be equally part of the resonance of global capitalism, the form of the governmentality is constantly changing and adapting itself to its habitat and ecosystem. The novel functions as a heteroglossia, coexisting with other texts, creating a new space in the construction of governmentality which was originally positivistic in nature, coloring it with a humanistic touch. Literary heteroglossia of Reform era is dominated by the governmentality of political economy. Even though the biopolitics and spatial governmentality often coexists with normalizing and disciplinary mechanisms, these four emerge to intensify economic interests that become the leitmotif for the story’s literary elements. The finding confirms that the pattern of power bearing the functions of governmentality has created hierarchies of high-low, strong-weak, rich-poor, even allowing the system of power to govern who deserves to live and let die. Each text shows a gray heterotopia in the mirror of governmentality, resulting in a distorted reflection of lower middle class marginalization, among which parties with comfortable living are inevitable in the regulatory regime, and seeks to continue to maintain it. The governmental perspective of the three award-winning novels, in fact, not only reveals the latent effects of the governmentality in Indonesia, but at the same time also shows the alignment of these texts to the governmental regime, affirming it, and secretly attempting to maintain it."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library