Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 17 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Annisa Dwi Putri
Abstrak :
Penelitian ini menganalisis mengenai penerapan pengendalian Kredit Usaha Kecil Menengah (UKM) pada Bank X, sebuah bank swasta nasional yang berkomitmen untuk terus mendukung program Pemerintah Indonesia dalam pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana Bank X mengendalikan pertumbuhan angka kredit macet (Non Performing Loan) disaat pertumbuhan portofolio terus bertambah. Bank X telah melakukan sistem pengendalian kredit baik sebelum ataupun sesudah pemberian kredit yakni dengan adanya kebijakan pemberian kredit yang jelas, pemberian tugas dan tanggung jawab yang jelas pada pihak-pihak yang berhubungan dengan pemberian kredit UKM serta adanya prosedur pemberian kredit dan pengawasan kredit setelah diberikan. Dalam penelitian didapatkan bahwa peningkatan jumlah portofolio diikuti dengan peningkatan jumlah kredit macet. Bank X perlu meningkatkan sistem pengendalian kredit UKM karena nilai Non Performing Loan yang terus naik akan menyebabkan ancaman bagi Bank X pada masa yang akan datang. Telah dilakukan berbagai strategi untuk mengantisipasi kenaikan nilai Non Performing Loan yakni dengan mengubah Account Officer menjadi Marketing Officer dan Credit Officer serta dilakukannya penyederhanaan proposal kredit sehingga diharapkan pemberian kredit menjadi lebih terkendali dan Non Performing Loan dapat berkurang. ......This research analyzes the application of Small Medium Enterprise (SME) credit control in Bank X, a private national bank that commits itself to keep supporting Indonesian Government program in empowering Small Medium Enterprise. This is a qualitative research with a descriptive design. The purpose of this research is to explain how Bank X control the growth of Non Performing Loan in the times of growing portfolio. Bank X has conducted credit control system either before or after release of loan, namely by applying clear-cut policy of loan release, assigning clear-cut tasks and responsibilities to those who might be involved in the UKM loan release, and also applying loan release procedure and supervison. From the research, it can be seen that the increase of the number of portfolios is followed by the the increase of non-performing loans. X bank needs to improve the UKM credit control system because the continuous increase of non-performing loans might threaten the bank in the future. Some strategies have been conducted to anticipate the increase of non-performing loans, namely by changing account officer into marketing officer and credit officer, and also by simplifyng credit proposal, in hope to take better control of loan release and to reduce the number of non-performing loans.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S45321
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yunindera Puspasari
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pengendalian internal atas pendapatan perusahaan gaming di Indonesia. Pendapatan PT A yang akan dianalisis adalah yang berasal dari model Business to Customer (B2C). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Analisis akan dilakukan dengan menggunakan kerangka pengendalian internal berdasarkan COSO. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pengendalian internal berdasarkan COSO belum sepenuhnya berjalan dengan baik. ......This study aims to analyze the implementation of internal control over the income of gaming companies in Indonesia. PT A's revenue to be analyzed is derived from the Business to Customer (B2C) model. This research is a qualitative research with a descriptive design. The analysis will be carried out using an internal control framework based on COSO. The results of this study indicate that the implementation of internal control based on COSO has not been fully implemented properly.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hikmatul Mujadalah
Abstrak :
Laporan magang ini membahas prosedur audit yang dijalankan oleh ABC Asosiasi dalam mengaudit pendapatan kontrak konstruksi jangka panjang pada PT A. PT A menggunakan persentase penyelesaian dengan basis unit-of-delivery dalam mengakui pendapatannya. Laporan ini menemukan bahwa pengakuan dan pengukuran pendapatan PT A telah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 23 Pendapatan (revisi 2010) dan PSAK 34 Kontrak Konstruksi (revisi 2010). Laporan ini juga menemukan bahwa semua prosedur audit telah dijalankan oleh auditor ABC Asosiasi seperti PSA (Pernyataan Standar Audit) No. 2 Tanggung Jawab dan Fungsi Audit, PSA No. 5 Rencana dan Pengawasan, PSA No. 25 Resiko Audit dan Materialitas, PSA No. 26 Sampel Audit, and Standard Audit 300 Perencanaan Audit pada Laporan Keuangan. Berdasarkan hasil audit, auditor percaya bahwa pendapatan PT A telah disajikan secara wajar. ...... This internship report is aimed to explain audit procedures obtained by ABC Associate in auditing revenue on long-term construction contract of PT A. In recognizing its revenue, PT A uses percentage of completion method with unit-ofdelivery basis. This report found that revenue recognition and measurement PT A has complied with Indonesian Financial Accounting Standards (PSAK) 23 Revenue (2010 revised) and PSAK 34 Construction Contract (2010 revised). In addition, this report also found that the audit procedures applied by ABC Associate have complied with the applicable standards such as PSA (Pernyataan Standar Audit) No. 2 Responsibility and Function Audit, PSA No. 5 Plan and Supervision, PSA No. 25 Audit Risk and Materiality, PSA No. 26 Audit Sampling, and Standard Audit 300 Planning an Audit on Financial Statement. Based on the result of audit, auditors believe that the revenue of PT A is fairly presented.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Citra Kristina T.M.
Abstrak :
ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk membahas peran audit internal terhadap penerapan manajemen risiko pada perusahaan reasuransi, prosedur dan pelaksanaan evaluasi atas penerapan manajemen risiko, pemberian rekomendasi dan pelaksanaan tindak lanjut atas hasil evaluasi penerapan manajemen risiko, dan efektivitas penerapan manajemen risiko pada perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa peran audit internal terhadap penerapan manajemen risiko dan proses manajemen risiko perusahaan yang belum efektif.
ABSTRACT
The focus on this research is the role of internal audit in Enterprise Risk Management process implemented in a reinsurance company, the procedures, which internal auditors used in evaluating the companys Enterprise Risk Management process, and the effectiveness of the companys implementation of Enterprise Risk Management. The method used in this research was qualitative with descriptive design. The results showed that internal audit did not exercise all of its roles and the companys Enterprise Risk Management process was not implemented effectively.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
David Dion
Abstrak :
Laporan Magang ini membahas mengenai implementasi pengakuan pendapatan berdasarkan IFRS 15 pada PT VWX Tbk. yang merupakan sebuah perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan informasi. Laporan ini juga membahas prosedur analisa kontrak yang dijalankan KAP DEF untuk menghitung pendapatan yang dapat diakui oleh PT VWX Tbk. selama tahun 2018. Proses analisa kontrak dilaksanakan menggunakan sistem aplikasi review berdasarkan IFRS 15. Selama melakukan analisa kontrak, penulis melihat kesesuaian sistem aplikasi review dengan IFRS 15 sebagai standar akuntansi yang mulai berlaku sejak 1 Januari 2018. Pada bagian selanjutnya, laporan ini akan memberikan ilustrasi dari dampak perubahan pengakuan pendapatan yang dilakukan PT VWX Tbk. Berdasarkan hasil analisis, penulis mengidentifikasi beberapa permasalahan yang dapat menjadi risiko dalam implementasi standar oleh PT VWX Tbk. Permasalahan signifikan yang ditemukan adalah terkait dengan kontrak yang hilang dan manajemen kontak. ......This internship report examined the implementation of revenue recognition according IFRS 15 in PT VWX Tbk., a company engages in telecommunication and information services. This report also discusses the contract analysis procedure carried out by DEF Public Accounting Firm to calculating the revenue that can be recognized by PT VWX Tbk. for the period of 2018. Contract analysis process are implemented using application review system based on IFRS 15. During the contract analyses process, the writer analyses the conformity of application review system with the accounting standard for revenue recognition that effective on January 1st 2018, which is IFRS 15. In the next section, this report will provide some illustration of the impact of changes in revenue recognition made by PT VWX Tbk. Based on the results of the analysis, the writer identified several problems that could be a risk in implementing standard by PT VWX Tbk. Significant problems found are related to missing contract and contract management.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hutauruk, Keirstin Mauli Rogate
Abstrak :
Laporan Magang ini membahas perlakuan akuntansi untuk aset tetap di PT ADE yang merupakan perusahaan yang menjalankan usaha di bidang investasi. Laporan ini juga membahas prosedur audit yang dijalankan KAP MA untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2018. Proses audit dilaksanakan berdasarkan ISA. Selama melakukan audit, auditor melihat kesesuaian kebijakan akuntansi terkait aset tetap dengan PSAK 16 sebagai standar akuntansi yang berlaku di Indonesia. Hasil audit menunjukkan beberapa temuan terkait reklasifikasi aset tetap berupa renovasi kantor (asset lainnya). Temuan tersebut dinilai material sehingga dilakukan penyesuaian. Secara keseluruhan, aset tetap pada PT ADE dinyatakan telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material. ......This internship report examined the accounting treatment on fixed assets of PT ADE, an investment company. This report also discusses the audit procedures carried out by MA Public Accounting Firm for the period ended in 31 December 2018. Audit processes are implemented based on ISA. During the audit process, auditor analyses the conformity of accounting treatment related to fixed assets using accounting standard that applicable in Indonesia, which is PSAK 16. The audit result shows that there is finding related to reclassification of office renovation (other assets). Since the amount of the finding is considered material, an audit adjustment was made. In conclusion, fixed assets of PT ADE are presented fairly in all material respects.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Najmina Hanifah
Abstrak :
Laporan magang ini membahas tentang evaluasi prosedur audit substantif yang dilakukan oleh KAP HLA terhadap akun kas dan setara kas PT SHP yang beroperasi di bidang real estat. Prosedur audit yang dievaluasi adalah pengujian substantif yang meliputi penyusunan lead schedule, pelaksanaan konfirmasi bank, pemeriksaan atas saldo pada rekening koran, dan pengujian saldo yang tercatat dalam mata uang asing. Prosedur tersebut dievaluasi kesesuaiannya berdasarkan standar audit yang berlaku, khususnya Standar Audit (SA) 500, SA 505, dan teori audit dalam buku Arens et al. (2019). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelaksanaan prosedur audit substantif yang dilakukan KAP HLA terhadap akun kas dan setara kas telah sesuai dengan teori audit dan standar yang berlaku, kecuali untuk konfirmasi bank yang perlu tambahan prosedur yang seharusnya dilakukan dalam pelaksanaannya. ......This internship report discusses the evaluation of substantive audit procedures performed by KAP HLA on the cash and cash equivalent accounts of PT SHP, which operates in the real estate sector. The audit procedures evaluated were substantive testing, which included the preparation of a lead schedule, conducting bank confirmations, examining balances on bank statements, and testing balances recorded in foreign currencies. The procedures were evaluated for compliance based on applicable auditing standards, specifically International Auditing Standard (ISA) 500, ISA 505, and audit theory in Arens et al. (2019). The evaluation results show that the substantive audit procedures performed by KAP HLA on cash and cash equivalent accounts are in accordance with the audit theory and applicable standards, except for bank confirmation which needs additional procedures that should be carried out in its implementation.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Savia Salsabila Adityawan
Abstrak :
Laporan magang ini disusun untuk mengevaluasi pengendalian internal pada proses Innovation di PT UVW. Innovation merupakan proses menggunakan strategi inovasi dalam membuat produk dan layanan yang akan meningkatkan posisi perusahaan melalui proses pengujian  dan optimalisasi produk. Evaluasi dilakukan dengan melihat ketersediaan dan keefektifan proses dalam Innovation lalu dibandingkan dengan Kerangka Pengendalian Internal COSO. Kerangka Pengendalian Internal yang dievaluasi terfokus pada 3 komponen, yaitu control environment, risk assessment, dan control activities. Dalam pengendalian internal control environment, pengendalian sudah efektif untuk memberikan jaminan yang wajar bahwa risiko dikelola dan tujuan dipenuhi tetapi dapat diberikan pengembangan lanjut untuk meningkatkan kinerja pengendalian. Pada pengendalian internal COSO risk assessment, semua kontrol yang dilakukan untuk melakukan penilaian risiko telah dilakukan secara efektif dan memadai sesuai dengan Kerangka Pengendalian Internal COSO. Terkait pengendalian internal COSO control activities, kontrol untuk aktivitas pengendalian sudah efektif dan masih dikembangkan lebih lanjut untuk meningkatkan kinerja. Dapat disimpulkan bahwa PT UVW telah menerapkan tiga komponen dalam Kerangka Pengendalian Internal COSO terkait proses Innovation secara efektif, tetapi perlu evaluasi dan penilaian lebih lanjut agar kinerja pengendalian internal lebih baik lagi. Selanjutnya, magang di PT UVW dievaluasi dengan refleksi diri terkait hal yang baik dan belum berjalan dengan baik selama kegiatan magang, serta menentukan tindak lanjut yang akan dilakukan ke depan. ......This internship report was prepared to evaluate internal control in the Innovation process at PT UVW. Innovation is the process of using an innovative strategy in creating products and services that will enhance the company's position through product testing and optimization processes. Evaluation is carried out by looking at the availability and effectiveness of processes in Innovation while being compared to with COSO's Internal Control Framework. The Internal Control Framework focused on evaluating 3 components, namely control environment, risk assessment, and control activities. In the internal control environment, controls are already effective to provide reasonable assurance which risks are managed and objectives are met but further development can be provided to improve control performance. In the COSO internal control risk assessment, all controls have been carried out effectively and adequately in accordance with the COSO Internal Control Framework. Regarding internal control of COSO control activities, controls have been effective and can be developed further to improve performance. It can be concluded that PT UVW has effectively implemented the three components in the COSO Internal Control Framework related to the Innovation process, but further evaluation and assessment is needed to enhance internal control performance even better. Furthermore, the internship at PT UVW is evaluated with self-reflection regarding things that are good and have not gone well during the internship, and determine the follow-up actions that will be carried out in the future.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ari Kristiawan Subagyo
Abstrak :
Penelitian ini menggunakan pendekatan RIMS Risk Maturity Model 2022 yang bertujuan untuk mengevaluasi tingkat maturitas risiko pada PT X yang merupakan Badan Usaha Milik Negara sektor konstruksi dalam menjalankan penugasan pemerintah proyek investasi Jalan Tol Trans Sumatera. Investasi Proyek Jalan Tol Trans Sumatera dikategorikan dalam risiko tinggi karena dinilai memiliki kelayakan investasi yang rendah. Penelitian ini memiliki kontribusi untuk memahami lebih jauh bagaimana perusahaan dalam mengelola risiko dengan kondisi model bisnis yang berbeda (non-profit). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode studi kasus single unit analysis (embedded) dengan metode pengumpulan data triangulasi yang menggunakan instrumen penelitian wawancara, dokumentasi dan observasi. Descriptive Qualitative Analysis digunakan sebagai metode dalam menganalisis data. Hasil penilaian Tingkat Maturitas Risiko secara keseluruhan mendapatkan nilai 3.76 dari skala tertinggi 5, berada pada tingkat Tier-3 yang berarti organisasi memiliki kemampuan dalam proses yang berulang (repeatable) dalam penerapan manajemen risiko. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi yang relevan dalam rangka perbaikan dan peningkatan penerapan manajemen risiko di perusahaan. ......This study uses the RIMS Risk Maturity Model 2022 in a bid to evaluate the level of risk maturity at PT X, a state-owned enterprise in the construction sector, in carrying out a government-assigned investment project for the Trans Sumatra Toll Road. The Trans Sumatra Toll Road investment project is categorised as high risk due to its perceived low investment feasibility. This study contributes to a deeper understanding of how the company manages risks under a different business model (non-profit). The qualitative research employs a single unit analysis (embedded) case study method with data triangulation using data collected through research instruments including interviews, documentation, and observation. Descriptive qualitative analysis is employed as the data analysis method. The Risk Maturity Level assessment produced an overall score of 3.76 out of a maximum score of 5. This places the company in Tier 3 and indicates that it has repeatable risk management processes. The findings of this research provide relevant recommendations for the improvement and enhancement of risk management implementation in the company.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arsya Shafira Firstri
Abstrak :
Tugas karya akhir ini membahas tentang pengendalian internal terhadap siklus pendapatan pada StartUp PQR. Tujuan dari penelitian tugas akhir ini adalah mengevaluasi pengendalian internal pada siklus pendapatan yang diterapkan dan melakukan analisis berdasarkan kerangka pengendalian internal COSO. Penelitian dilakukan dengan cara mengobervasi aktifitas perusahaan dan melakukan wawancara. Penelitian ini akan difokuskan kepada siklus pendapatan StartUp PQR. Hasil observasi menunjukkan bahwa pengendalian internal StartUp PQR berdasarkan kerangka COSO sudah berjalan dengan cukup baik. Peran inkubator bisnis dalam aktvitas pengendalian sangat besar, sehingga menghasilkan kontrol yang efektif. Hasil penelitian menyarankan untuk mulai menggunakan jurnal voucher sebagai dasar pencatatan pendapatan dan menyarankan agar CEO melakukan pengawasan secara berkala kepada tim keuangan. ...... This final project discusses the internal control of the revenue cycle at StartUp PQR. The purpose of this final project is to evaluate the internal control in the revenue cycle that is applied and perform an analysis based on the COSO internal control framework. The research was conducted by observing the company's activities and conducting interviews. This research will focus on the PQR StartUp revenue cycle. The observation results show that the internal control of StartUp PQR based on the COSO framework has been running quite well. The role of business incubators in control activities is very large, resulting in effective control. The results of the study suggest starting to use journal voucher as a basis for record revenue and suggest that the CEO conducts periodic supervision of the finance team.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>