Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Zhafira Novianti
Abstrak :
Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan koleksi referensi di Perpustakaan Fakultas Seni Rupa Institut Kesenia Jakarta Perpustakaan FSR IKJ . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemanfaatan koleksi referensi di Perpustakaan Fakultas Seni Rupa IKJ oleh para penggunanya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan koleksi referensi di Perpustakaan Fakultas Seni Rupa IKJ dapat dikatan tinggi yaitu, sebanyak 67 mahasiswa 95.71 dari 70 mahasiswa yang mengetahui keberadaan koleksi referensi memanfaatkan koleksi tersebut. Namun, ada juga mahasiswa yang tidak memanfaatkannya karena tidak mengetahui keberadaan koleksi tersebut yang dapat disebabkan oleh tidak adanya peran pustakwan dalam sosialisasi dan pendidikan pemakai terhadap koleksi tersebut.
......
This study discusses about the utilization of reference collection at Perpustakaan Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta Perpustakaan FSR IKJ . This study aims to determine the level of reference collections utilization in Perpustakaan FSR IKJ. This research is a descriptive research with survey method. The result of the research shows that the level of reference collections utilization in Perpustakaan FSR IKJ is quite high, that is 67 students 95.71 from 70 students who know the collection had utilize the collections. However, there are also students who do not utilize it because they do not know the existence of it and because there is no role of the librarians in the socialization and user education of the collections.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S69411
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Jusa Junaedi
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai persepsi pustakawan perguruan tinggi terhadap tindakan plagiarisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pustakawan Universitas Indonesia terhadap tindakan plagiarisme dan upaya pencegahan yang dilakukan oleh mereka untuk membantu sivitas akademika dalam mencegah tindakan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun pemilihan informan berdasarkan metode purposive sampling dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pustakawan Universitas Indonesia memiliki kesamaan persepsi terhadap tindakan plagiarisme. Selain itu, mereka juga telah melakukan beberapa upaya yang dapat mendukung sivitas akademika dalam mencegah tindakan tersebut.
ABSTRACT
This undergraduate thesis discusses perception of academic librarian towards plagiarism. This research aims to know the perception of librarians of Universitas Indonesia towards plagiarism and prevention efforts undertaken by them for helping sivitas akademika in preventing that action. This research uses qualitative approach with case study method. Selection of informants based on purposive sampling method with data collection techniques through observation, interviews and document analysis. Result of this research shows that librarians of Universitas Indonesia have similarity perception towards plagiarism. In addition, they have also made several efforts which can help sivitas akademika in preventing that action.
2017
S70003
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Rezky Rahmansyah
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai penerapan layanan referensi menggunakan model bisnis penjualan langsung pada PT Konsultan Informasi Indonesia Instanid . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapanan layanan referensi menggunakan model bisnis penjualan langsung pada PT Konsultan Informasi Indonesia Instanid . Penerapan tersebut dipermudah dengan adopsi bisnis layanan referensi tersebut ke dalam Business Model Canvas. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan dari layanan referensi konvensional saat ini adalah dengan munculnya layanan referensi virtual yang lebih memudahkan pengguna dalam mengakses informasi. Layanan referensi Instanid adalah layanan yang dapat mengisi konsultasi sebagai inti bisnis dari model bisnis yang dilakukan oleh Instanid. Konsultasi virtual pada Instanid dapat mempermudah dalam menyebarluaskan informasi sehingga memudahkan pengguna untuk transfer pengetahuan.. Model bisnis layanan referensi Instanid dapat dideskripsikan secara singkat melalui sembilan kotak dalam Business Model Canvas.
ABSTRACT
This study discusses the application of reference services using the direct sales business model in PT Konsultan Informasi Indonesia Instanid . This study aimed to describe the application of reference services using the direct sales business model in PT Konsultan Informasi Indonesia Instanid . The application is gotten easier with the adoption of the reference service businesses into the Business Model Canvas. This study is a qualitative research with case study method. The results showed that the challenges of conventional reference services today is the emergence of virtual reference service that is easier for users to access information. Instanid reference service is a service that can fill in the consultation as the core business of the business model that is performed by Instanid. Virtual Consultation on Instanid may be easier to disseminate information that allows users to transfer knowledge. Reference Instanid service business model can be described briefly through nine boxes in the Business Model Canvas.
2017
S69029
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library