Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Theresiana Dwirina Novita
Abstrak :
ABSTRAK Pada tesis ini dijelaskan struktur mikro dan laju korosi yang berasal dari adanya proses cold work dan anodisasi pada paduan aluminium 5083 yang pada proses tersebut terjadi deformasi plastis. Penelitian ini menggunakan variasi derajat deformasi (% cold work) yaitu 0%, 25% dan 50%. Proses anodisasi menggunakan larutan H2SO4 0,1 M dengan waktu pencelupan lima menit. Uji mikroskop optik dan SEM dilakukan untuk menganalisis perubahan ukuran butir dan jenis korosi. Pengaruh cold work dan anodisasi terhadap laju korosi diteliti dengan pengujian Potensiostat. Hasil pengujian menunjukkan semakin bertambahnya % cold work, ukuran butir partikel semakin kecil. Laju korosi sebelum anodisasi lebih tinggi dibandingkan dengan laju korosi setelah anodisasi. Korosi yang terbentuk setelah anodisasi merupakan korosi sumuran.
ABSTRACT This thesis explained the microstructure and the corrosion rate resulting from the process of cold work and anodizing on aluminum alloy 5083 which is in the process of cold work occurs plastic deformation. This study uses a variation of the degree of deformation (% cold work) of 0%, 25% and 50%. Anodizing process using a 0.1 M H2SO4 solution with immersion time of 5 minutes. Test optical microscopy and SEM for analysis of changes in grain size and type of corrosion. The effect of cold work and anodizing on corrosion rate observed with the testing potentiostat. The test results showed that the increasing % cold work, the size of grain particles get smaller. The corrosion rate before anodizing higher than the rate of corrosion after anodization. Corrosion happens after anodizing is pitting corrosion.
2016
T52372
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shenia Arin Syahprida
Abstrak :
Industri gas merupakan sektor penting di dalam pembangunan nasional baik dalam hal pemenuhan kebutuhan energi dan bahan baku industri di dalam negeri maupun sebagai penghasil devisa negara. Teknologi CO2 removal digunakan untuk mengurangi kandungan asam sehingga kandungan hidrokarbon pengotor maksimal 5% karena kemurnian LPG ±95% [1]. Salah satu metode pemurniannya adalah dengan absorbsi CO2 [2]. Salah satu unit penting dalam CO2 Removal adalah unit dehidrasi. Dalam studi ini, peristiwa korosi pada pipa lean glycol material A 106 Grade B diameter 2” dipelajari menggunakan analisa laboratorium dan analisa RBI. Berdasarkan hasil percobaan didapatkan Tsperc = 78.175,48 Psi, Ysperc = 56.129,59 Psi dan elongasi 26,66%. Dari nilai Tsperc didapatkan Sperc = 26.058,49 Psi. Berdasarkan hasil analisa OEM didapatkan bahwa komposisi kimia sampel pipa masih dalam range standar untuk material A 106 Grade B. Dari analisa SEM, diketahui bahwa material pipa masih memiliki keuletan yang baik, meskipun dari analisa EDX diketahui telah terjadi korosi. Dari hasil uji korosi potensiostat didapatkan laju korosi (CR) sebesar 2,0741 mmpy (500C) dan 2,9298 mmpy (920C). Berdasarkan hasil uji ultrasonik didapatkan bahwa posisi 6B memiliki ketebalan minimum. Posisi ini juga merupakan posisi dengan CR tertinggi (2.12 mmpy) dan RL terendah (1,29 tahun). Namun karena MAWP Posisi 6B masih lebih tinggi dari working pressure, sehingga pipa masih aman untuk dioperasikan. Inpeksi selanjutnya direkomendasikan dilakukan pada 2021 dengan metode review proses dan NDT eksternal. Pemodelan yang didapatkan dari penelitian ini RL = 8,1774 CR2– 25,081 CR + 19,993 dengan nilai R = 0,9547. ......Gas industry is an important sector in national development both in terms of meeting energy needs and industrial raw materials in the country and as a source of foreign exchange. CO2 removal technology is used to reduce the acid content so that the maximum impurity hydrocarbon content is 5% due to the ± 95% purity of LPG [1]. One of the purification methods is CO2 absorption [2]. One of the important units in CO2 removal is dehydration unit. In this study, corrosion phenomenon of 2” diameter lean glycol pipe A 106 Grade B was studied using laboratory analysis and RBI analysis. It was found that Tsperc = 78,175.48 Psi, Ysperc = 56,129.59 Psi and pipe elongation 26.66%, so that Sperc = 26.058.49 Psi. OEM result that chemical composition of sampel pipe is still in a range of standard pipe. From SEM analysis, it is known that the pipe material still has good ductility, although from EDX analysis it is known that corrosion has occurred. From EIS test, corrosion rates (CR) are 2.0741 mmpy (500C) and 2.9298 mmpy (920C). Based on ultrasonic test, position 6B had a minimum thickness. It was obtained that this position also has the highest CR (2.12 mmpy) and the lowest RL (1,29 tahun). Morever MAWP is still higher than working pressure, so this pipe is still safe to operate. Further inspection should be done in 2021 using process review and NDT external methods. Corrosion modeling equation obtained is RL = 8,1774 CR2–25,081 CR + 19,993, R = 0,9547.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shenia Arin Syahprida
Abstrak :
Industri gas merupakan sektor penting di dalam pembangunan nasional baik dalam hal pemenuhan kebutuhan energi dan bahan baku industri di dalam negeri maupun sebagai penghasil devisa negara. Teknologi CO2 removal digunakan untuk mengurangi kandungan asam sehingga kandungan hidrokarbon pengotor maksimal 5% karena kemurnian LPG ±95% [1]. Salah satu metode pemurniannya adalah dengan absorbsi CO2 [2]. Salah satu unit penting dalam CO2 Removal adalah unit dehidrasi. Dalam studi ini, peristiwa korosi pada pipa lean glycol material A 106 Grade B diameter 2” dipelajari menggunakan analisa laboratorium dan analisa RBI. Berdasarkan hasil percobaan didapatkan Tsperc = 78.175,48 Psi, Ysperc = 56.129,59 Psi dan elongasi 26,66%. Dari nilai Tsperc didapatkan Sperc = 26.058,49 Psi. Berdasarkan hasil analisa OEM didapatkan bahwa komposisi kimia sampel pipa masih dalam range standar untuk material A 106 Grade B. Dari analisa SEM, diketahui bahwa material pipa masih memiliki keuletan yang baik, meskipun dari analisa EDX diketahui telah terjadi korosi. Dari hasil uji korosi potensiostat didapatkan laju korosi (CR) sebesar 2,0741 mmpy (500C) dan 2,9298 mmpy (920C). Berdasarkan hasil uji ultrasonik didapatkan bahwa posisi 6B memiliki ketebalan minimum. Posisi ini juga merupakan posisi dengan CR tertinggi (2.12 mmpy) dan RL terendah (1,29 tahun). Namun karena MAWP Posisi 6B masih lebih tinggi dari working pressure, sehingga pipa masih aman untuk dioperasikan. Inpeksi selanjutnya direkomendasikan dilakukan pada 2021 dengan metode review proses dan NDT eksternal. Pemodelan yang didapatkan dari penelitian ini RL = 8,1774 CR 2 – 25,081 CR + 19,993 dengan nilai R = 0,9547. ......Gas industry is an important sector in national development both in terms of meeting energy needs and industrial raw materials in the country and as a source of foreign exchange. CO2 removal technology is used to reduce the acid content so that the maximum impurity hydrocarbon content is 5% due to the ± 95% purity of LPG [1]. One of the purification methods is CO2 absorption [2]. One of the important units in CO2 removal is dehydration unit. In this study, corrosion phenomenon of 2” diameter lean glycol pipe A 106 Grade B was studied using laboratory analysis and RBI analysis. It was found that Tsperc = 78,175.48 Psi, Ysperc = 56,129.59 Psi and pipe elongation 26.66%, so that Sperc = 26.058.49 Psi. OEM result that chemical composition of sampel pipe is still in a range of standard pipe. From SEM analysis, it is known that the pipe material still has good ductility, although from EDX analysis it is known that corrosion has occurred. From EIS test, corrosion rates (CR) are 2.0741 mmpy (500C) and 2.9298 mmpy (920C). Based on ultrasonic test, position 6B had a minimum thickness. It was obtained that this position also has the highest CR (2.12 mmpy) and the lowest RL (1,29 tahun). Morever MAWP is still higher than working pressure, so this pipe is still safe to operate. Further inspection should be done in 2021 using process review and NDT external methods. Corrosion modeling equation obtained is RL = 8,1774 CR 2 – 25,081 CR + 19,993, R = 0,9547.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hendy Setiawan
Abstrak :
Sebuah perusahaan minyak dan gas di Subang, PT. X merupakan salah satu asset penting negara di Jawa Barat, dimana hasil produk dari perusahaan ini memberikan konstribusi terhadap perekonomian di pulau Jawa, khususnya di Jawa Barat. Input feed gas yang diperoleh PT. X ini memiliki konsentrasi CO2 cukup tinggi sebesar 23%, pemisahan CO2 removal dimaksudkan untuk mengurangi kandungan CO2 hingga kurang dari 5%. Hal ini karena CO2 dengan kadar > 5% sangat korosif tergantung pada tekanan (pressure) dan temperature. Proses pemurnian gas dilakukan oleh 2 unit identic CO2 removal, dimana sistem perpipaan menjadi penting untuk menyalurkan gas dari satu tempat ke tempat lain. Hasil analisa menunjukkan mekanisme kerusakan aktual pada pipa adala korosi CO2. Nilai laju korosi tertinggi sebesar 0,24 mm/year pada tahun 2020 karena adanya reaksi antara Fe dengan H2CO3 sebagai akibat dari perubahan temperature dan partial pressure CO2 model laju korosinya adalah Y = 0,0001x2 – 0,0297x + 1,5599 untuk pengaruh temperature dan Y = 9E-05x2 – 0,0228x + 1,5436 untuk pengaruh partial pressure CO2. Dari matriks kekritisan didapatkan 1-line number pada peringkat resiko medium high sehingga action yang perlu dilakukan adalah bersifat corrective maintenance dengan interval setiap 4 tahun sekali dan metode inspeksi nya adalah ultrasonic test. Hasil analisa kelayakan menunjukkan bahwa pipa yang diteliti masih layak beroperasi karena nilai MAWP masih di atas working pressure pipa tersebut. Model polynomial Y = 42,097x2 – 607,42x + 2724,8 sebagai model prediksi MAWP pada tahun 2025 mendatang dimana nilainya juga masih berada di atas working pressure sehingga masih layak digunakan sampai 2025. ...... An oil and gas company in Subang, PT. X is one of the important state assets in West Java, where the products of this company contribute to the economy on the Java, especially in West Java. Feed gas input obtained by PT. X has a high enough CO2 concentration up to 23%, the separation of CO2 removal us intended to reduce the CO2 content to less than 5%. This event is required due to CO2 concentration >5% is corrosive depending on pressure and temperature. The gas purification process is carried out by two identical CO2 removal unit, where the piping system is important to transfer gas from one place to another. The analysis result shows that the actual damage mechanism is CO2 corrosion. The highest corrosion rate value is 0,24mm/year in 2020, because of the reaction between Fe and H2CO3 as a result of changes in temperature and partial pressure CO2, the corrosion model is Y = 0,0001X2- 0,0297x + 1,5599 for the effect of themperature and Y = 9E-05X2 – 0,0228x + 1,5436 for the effect of CO2 partial pressure. From the critilically matrix, it is obtained one line number at the risk rating for medium high, so the action that need to be done is corrective maintenance at interval every 4 years and the inspection method is the ultrasonic test. The result of the feasibility analysis show that the pipe under study is still feasible to operate because the MAWP value still above the pipe’s working pressure. Polynomial model Y = 42,097x2 – 607,42x + 2724,8 as a prediction mode for MAWP in 2925 where the value also still above it it means the pipe still suitable for use until 2025.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Laksmana Putra Leuvinadrie
Abstrak :
Lapangan-X merupakan salah satu penyumbang gas terbesar di Jawa Barat, dimana pelanggan gasnya merupakan perusahaan-perusahaan yang memberikan konstribusi terhadap keberlangsungan perekonomian di pulau Jawa. Gas alam lapangan-X memiliki kandungan CO2 dengan konsentrasi tinggi sebesar 23%, pengoperasian pemisahan CO2 removal dimaksudkan untuk mengurangi kandungan CO2 sehingga memiliki heating value yang tinggi. Hal ini karena CO2 dengan kadar > 5% dapat mempengaruhi heating value gas, toxicity dan sangat korosif khususnya pada pelanggan untuk memproses lebih lanjut produknya. Pada proses pemurnian gas di lapangan-X, bejana tekan Absorber, LP Flash Column dan Rich Solution heater memiliki peranan utama dalam proses absorbsi CO2. Hasil analisa menunjukkan mekanisme kerusakan aktual bejana tekan dengan standard amine treating pada API RP 571 memiliki perbedaan, khususnya mekanisme kerusakan amine corrosion pada ketiga bejana tekan dan chloride stress corrsion cracking pada LP Flash Column. Nilai corrosion rate tertinggi sebesar 0,604 mm/year pada tahun 2020 karena adanya peningkatan jumlah HCO3- dalam bentuk kondensasi asam (HSAS) yang dapat bereaksi dengan Fe akibat perubahan temperatur proses melalui model corrosion rate Y = -0,0556x + 4,6359 (head) dan Y = -0,0161x + 1,3682 (shell) pada bejana tekan. Dari matriks kekritisan didapatkan 2 bejana tekan pada peringkat resiko medium dan 1 bejana tekan medium high, sehingga respon inpeksi/maintenance yang perlu dilakukan adalah bersifat corrective maintenance dengan interval setiap 6 tahun sekali dan ruang lingkup inspeksi pada kategori medium. Model polynomial Y = 0,0007X2 – 0,0099X + 3,7452 (head) dan Y = 0,0005X2 – 0,0842X + 3,3876 (shell) sebagai model prediksi amine corrosion rate pada temperatur rentang 40 s/d 1300C menunjukkan perbedaan grafik antara aktual dan standard API RP 581, hal ini disebabkan karena pada standard prediksi corrosion rate digunakan untuk amine treating pada sistem H2S dan CO2 sedangkan pada grafik polynomial aktual digunakan untuk prediksi corrosion rate untuk amine treating pada sistem CO2 tanpa adanya H2S. ......Field-X is one of the largest gas contributors in West Java, where gas customers are companies that contribute to the sustainability of the economy in Java. X-field natural gas has a high CO2 content of 23%, the CO2 removal operation is intended to reduce the CO2 content so that it has a high heating value. This is because CO2 with levels> 5% can affect the heating value gas, toxicity and is very corrosive, especially for customers to further process the product. In the gas purification process in field-X, the Absorber pressure vessel, LP Flash Column and Rich Solution heater have a major role in the CO2 absorption process. The analysis results show that the actual damage mechanism of the pressure vessel with the standard amine treating on API RP 571 has a difference, especially the damage mechanism of amine corrosion in the three pressure vessels and chloride stress corrosion cracking on the LP Flash Column. The highest corrosion rate value is 0.604 mm / year in 2020 due to an increase in the amount of HCO3- in the form of acid condensation (HSAS) which can react with Fe due to changes in process temperature through the corrosion rate model Y = -0.0556x + 4,6359 (head) and Y = -0.0161x + 1.3682 (shell) in the pressure vessel. From the criticality matrix, there are 2 pressure vessels at the risk rating for medium and 1 pressure vessel for high medium, so that the inspection / maintenance response that needs to be done is corrective maintenance at intervals every 6 years and the scope of the inspection is in the medium category. Polynomial model Y = 0.0007X2 - 0.0099X + 3,7452 (head) and Y = 0.0005X2 - 0.0842X + 3,3876 (shell) as a prediction model for amine corrosion rate at temperatures ranging from 40 to 1300C shows the difference in the graph between the actual and the API RP 581 standard is because the prediction standard of corrosion rate is used for amine treating in H2S and CO2 systems while the actual polynomial graph is used for prediction of corrosion rate for amine treating in CO2 system without H2S.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ferry Budhi Susetyo
Abstrak :
Rust remover akan menghilangkan seluruh karat dari permukaan logam. Terdapat tiga metode dari rust remover yaitu: rust remover berbahan dasar asam (acid base) , shoot blasting dan rust remover X. Rust remover X adalah sebuah produk yang berbahan dasar air (water based) sehingga relatif aman, efektif serta tidak berbahaya bagi lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah mempelajari kinerja rust remover X pada pelat besi berkarat, mengetahui kapan waktu rust remover X bekerja maksimal, mempelajari kinerja rust remover X pada oksida besi dan mengetahui unsur-unsur pada rust remover X dan waste rust remover X. Metodologi penelitian karakterisasi spesimen dengan menggunakan SEM, XRF dan XRD. Untuk karakterisasi XRD dilakukan sebelum dan sesudah perendaman. Kesimpulan penelitian ini adalah fasa-fasa pelat besi, sebelum di rendam adalah Fe 28,2 %, Fe3O4 25,96 %, SiO2 39,43%, dan FeO2 6,4 %, fasa pelat besi, setelah di rendam adalah Fe 100 %, waktu rust remover X bekerja maksimal antara 60 menit sampai 90 menit, fasa-fasa oksida besi, sebelum di rendam adalah Fe3O4 77,77 % dan FeO2 22,23 %, fasa-fasa oksida besi, setelah di rendam adalah Fe3O4 66,18 % , FeO2 28,89 % dan FeS 4,93 %, unsur-unsur pada rust remover X adalah Na 4,71 %, P 54,15 %, S 39,87 %, K 0,38 %, Ca 0,57 %, Fe 0,32 % dan unsur-unsur waste rust remover X adalah P 26,03 %, S 12,44 %, Ca 0,38 %, Mn 0,98 %, Fe 59,96 %, dan Zr 0,21 %.
ABSTRACT Rust remover will lost all of the rust from the surface of metal. There are three type of the rust remover product: acid base rust remover, shoot blasting (sand blasting) and X rust remover. X rust remover is water based product, effective also save for environtment. Aim of the research are to know performance rust X remover in rusty iron plate, Time rust remover X work best, performance X rust remover in iron oxide and know elements in X rust remover also waste X rust remover. Methodology this research are characterization specimen with SEM, XRF and XRD. For XRD characterization is do before and after immerse. Conclusions the research are iron phases before immerse are Fe 28,2 %, Fe3O4 25,96 %, SiO2 39,43%, dan FeO2 6,4 %, iron phases after immerse is Fe 100 %, rust remover X work best between 60 minutes until 90 minutes, iron oxide phase before immerse are Fe3O4 77,77 % dan FeO2 22,23 %, %, iron oxide phase after immerse are Fe3O4 66,18 % , FeO2 28,89 % and FeS 4,93 %, elements in X rust remover are Na 4,71 %, P 54,15 %, S 39,87 %, K 0,38 %, Ca 0,57 %, Fe 0,32 % and waste X rust remover are P 26,03 %, S 12,44 %, Ca 0,38 %, Mn 0,98 %, Fe 59,96 %, and Zr 0,21 %.
2010
T29010
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nendar Herdianto
Abstrak :
Penggabungan hidroskiapatit (HA), yaitu material bioaktif untuk pengganti tulang, dengan senyawa kalsium fosfat yang resorbable seperti TCP menjadi Biphasic Calcium Phosphate (BCP) dilakukan untuk meningkatkan sifat osteokonduktifitas dari HA sehingga terapi kerusakan tulang dapat dilakukan lebih efektif. Pencampuran serbuk HA, yang pembuatannya menggunakan bahan baku batu gamping, dengan serbuk TCP komersial dilakukan secara mekanik dengan beberapa perbandingan persen massa HA/TCP. Perbandingan persen massa HA/TCP yang diperoleh setelah proses sintering pada suhu 1000°C selama 10 menit adalah 94/6, 83/17, 90/10, 73/24 (dengan tambahan fasa CaCO3) dan 61/30 (juga dengan tambahan fasa CaCO3). Proses sintering menyebabkan perubahan khususnya pada komposisi fasa, akibat dekomposisi HA, TCP dan CaCO3, juga perubahan pada derajat kekristalan, menjadi lebih tinggi, dan ukuran kristalit, menjadi lebih besar. Uji bioresorbsi dilakukan secara in vitro dengan merendam lima jenis sampel BCP dengan komposisi fasa berbeda pada larutan SBF selama 10 hari dengan pengambilan data kandungan kalsium yang terdisolusi dalam SBF pada hari ke-2, 4, 6, 8 dan 10. Hasil uji memperlihatkan bahwa sifat bioresorbsi BCP cenderung dipengaruhi oleh komposisi fasa, khususnya kandungan HA dan TCP-nya, serta derajat kekristalan fasa HA. Semakin tinggi kandungan TCP maka semakin resorbable suatu material BCP. Sebaliknya, semakin tinggi kandungan HA maka kurang resorbable material BCP tersebut. Selain itu, BCP dengan derajat kekristalan yang lebih tinggi memiliki sifat resorbabilitas yang lebih rendah. ......The combination of hydroxyapatite (HA) and tri-calcium phosphate (TCP) as a new material called biphasic calcium phosphate (BCP) is an ideal material for bone substitute due to its excellent bioactivity, from its HA content, and good bioresorbability, from its TCP content. The concept is based on an optimum balance of HA and TCP therefore the implant can be adjusted to fit the rate of bone ingrowth without loosing its bioactivity. In this research, HA, which was derived from limestone, and TCP, which was obatained commercially and is an industrial grade, were mixed mechanically with five different HA/TCP weight ratio. After sintered at 1000°C during 10 minutes, it was obtained BCP samples with five different HA/TCP ratio, i.e. 94/6, 83/17, 90/10, 73/24 (with the addition of CaCO3 phase) dan 61/30 (also with the addition of CaCO3 phase). The sintering process has changed not only their chemical composition but the degree of crystallinity and crystallite size as well. The in vitro biocompatibility test was carried out by immersion of the BCP samples into simulated body fluid (SBF) during 10 days, with the measurement of calcium release from the samples on the 2nd, 4th, 6th, 8th and 10th day. The result shows that the rate of bioresorbtion tends to be influenced by the HA and TCP content, and the degree of crystallinity as well. The higher TCP content the more bioresorbable the BCP. In contrary, the higher HA content the less bioresorbable the BCP. More over, the higher the degree of crystallinity the less bioresorbable the BCP.
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2011
T24750
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Waluyo
Abstrak :
Pada penelitian ini dilakukan pembuatan dan karakterisasi paduan Sn-Zn dengan menggunakan XRF, XRD dan DSC. Karaktersisasi untuk mengetahui struktur, Kristalisasi dan Sifat Termal Paduan Sn?Zn. Penelitian dengan mengunakan alat uji DSC bekerja pada suhu 31° C hingga 400 °C dan laju 10°C/menit. Paduan Sn? Zn pada penelitian ini berasal dari unsur-unsur murninya yang dilebur secara bersamaan pada suhu sekitar 600°C selama 10 sampai 15 menit. Persen berat (wt % ) Zn dibanding Sn yang digunakan adalah 6 %. 40% dan 41%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan wt % Zn, mempengaruhi Struktur , sifat termal Paduan Sn-Zn dan juga cenderung menghambat kristalisasi Sn. ......In this research, manufacture and characterization of Sn-Zn alloys using XRF, XRD, DSC and SEM. Characterization for to know microstructure, heat capacity Cp as a function of temperature (T) of Sn-Zn solder material. Research tools DSC test worked at temperature 31°C to 400°C and the rate of 5°C / min. Sn-Zn solder material in this study originated from the pure elements are melted together at a temperature of about 700°C for 10 to 15 minutes. Zn than the weight percent of Sn used was 6%, 30%, 40% and 41%.. The results showed that the addition of weight percent Zn, influence to microstructure of sample Sn-Zn and Sn tends to inhibit the growth of crystals.
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2010
T29883
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Kozin
Abstrak :
In order to reduce the dependency on imported products of railway wheels, efforts have been made to produce it in the country. The manufacture of railway wheels is done through a casting process of raw materials originated from used railway wheels. The results of the casting process requires heat treatment processes to improve the mechanical properties in accordance with the standards. This study has begun with the manufacture of test specimens for chemical composition, tensile strength, hardness and microstructure. It is followed by heat treatment processes namely normalizing, flame hardening and tempering. The normalizing process, at a temperature of 850°C with a holding time of 2 hours followed by cooling in the air, has resulted in tensile strength of 906.1 MPa and hardness of 24 HRC. The flame hardening process at a temperature of 800°C with a holding time of 60 seconds followed by water quenching has resulted in hardness of 57.33 HRC. The tempering process at a temperature of 500°C with a holding time of one hour followed by cooling in the air, has resulted in a final surface hardness of 34 to 37 HRC that complies with the railway standard with effective depth of hardening of 10 mm.
Dalam rangka untuk mengurangi ketergantungan terhadap produk impor roda kereta api, maka telah dilakukan usaha untuk membuatnya di dalam negeri. Usaha pembuatan roda kereta api dilakukan melalui proses pengecoran dengan bahan baku dari roda kereta api bekas. Hasil dari proses pengecoran tersebut memerlukan proses perlakuan panas untuk mendapatkan sifat mekanik yang sesuai dengan standar. Penelitian ini diawali dengan pembuatan spesimen untuk pengujian komposisi kimia, kekuatan tarik, kekerasan dan struktur mikro. Selanjutnya dilakukan proses perlakuan panas berupa normalizing, flame hardening dan tempering. Proses normalizing dilakukan pada temperatur 850°C, waktu penahanan selama 2 (dua) jam dan didinginkan di udara menghasilkan kekuatan tarik sebesar 906.1 MPa dan kekerasan 24 HRC. Proses flame hardening pada temperatur 800°C, waktu penahanan 60 detik dengan media pendingin air menghasilkan kekerasan permukaan sebesar 58.35 HRC. Proses tempering pada temperatur 500°C, waktu penahanan selama 1 (satu) jam menghasilkan kekerasan antara 34-37 HRC dengan kedalaman pengerasan efektif sebesar 10 mm.
Depok: Universitas Indonesia, 2012
T31280
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Taufan Krisdana Budi
Abstrak :
ABSTRAK
Selama lebih dari 100 tahun, steel core digunakan sebagai konduktor pada kabel untuk memberikan ketahanan terhadap kekuatan tarik, mengurangi defleksi ke ground (sag) serta mampu mengakomodir rentang antar tiang yang cukup panjang. Dalam perkembangannya, seiring dengan permintaan akan kebutuhan peningkatan effisiensi dan kapasitas, telah ditemukan beberapa type dari konduktor dalam beberapa dekade terakhir. Type dari konduktor yang telah dikembangkan tersebut diklaim mampu, meningkatkan electrical capacity pada temperatur operasi yang tinggi dengan tingkat losses yang rendah. Konduktor ini diistilahkan dengan ACCC (Aluminum Conductor Composite Core) yang memiliki ketahanan terhadap temperatur tinggi. Pada penelitian ini sifat mekanik dari composite core ini diukur pada range temperatur 100 - 300°C selama 120 menit untuk tiap sampel dengan kenaikan temperatur tiap 50°C. Di atas temperatur 150°C, terjadi penurunan sifat mekanik dari composite core akibat perubahan struktur mikro dan berkurangnya sifat adhesive pada bagian interface. Sifat mekanik dari composite core ini menjadi bagian yang menentukan dalam aplikasinya untuk mendapatkan konduktor yang tahan terhadap temperatur tinggi dengan defleksi yang cukup kecil.
ABSTRACT
For over one hundred years steel core strands have been used to increase the tensile strength and reduce thermal sag of bare overhead conductors to accommodate longer spans between fewer or shorter structures. As demand for electricity continues to grow, increasing the capacity and efficiency of existing or proposed transmission lines is becoming increasingly important. A new type of conductor that have been developed are claimed to be capable, increasing the electrical capacity at a high operating temperature with the loss rate is low. The conductor is designated ACCC (Aluminum Conductor Composite Core) which is resistant to high temperature. In this research, the high temperature strength of the conductor is assessed. The strength of the composite core measured at 100°C to 300°C within 120 minutes by 50°C increment. Above 150°C, the strength dropped due to the phase change in the matrix which degraded the elastic properties and decrease interface adhesion. The mechanical properties of the composite core highlight the potential for the use of composite materials to produce overhead conductors with low sag at high temperatures
2016
T46513
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>