Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Dyatmika Paramaanindya
"
ABSTRAKKeuangan Islam sudah bukan topik yang hanya dibahas oleh orang Islam, namun sudah diterima di seluruh dunia. Di Indonesia, untuk mengikuti perkembangan keuangan islam, OJK meluncurkan tiga indeks saham berbeda yang didedikasikan untuk memantau saham-saham yang terdaftar di daftar efek syariah. Dalam rangka meluncurkan index syariah, OJK juga menerbitkan kriteria-kriteria yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan agar bisa terdaftar di daftar efek syariah. Salah satu dari kriteria tersebut adalah perusahaan tidak boleh memilki tingkat hutang lebih dari 45%, maka dari itu perusahaan yang sesuai syariah diperkirakan akan bereaksi berbeda dari perusahaan yang tidak sesuai syariah. Studi ini menggunakan data cross-sectional seluruh perusahaan yang tercatat di bursa efek Jakarta pada tahun 2017. Data diproses menggunakan metode Ordinary Least Square. Ada empat variabel yang digunakan sebagai penentu struktur modal, yaitu: profitability, firm size, tangibility, dan business risk. Hasilnya adalah variabel-variabel ini mempengaruhi perusahaan sesuai syariah dan perusahaan tidak sesuai syariah secara berbeda, dengan beberapa variabel signifikan secara statistik untuk perusahaan tidak sesuai syariah tetapi tidak signifikan untuk perusahaan yang sesuai syariah Sebagai contoh, profitability merupakan variabel yang signifikan untuk perushaan tidak sesuai syariah, namun tidak signifikan untuk perusahaan sesuai syariah.
ABSTRACTIslamic finance is a subject that is no longer reserved for Muslims around the world, the usage of Islamic finance is now widely accepted by most countries. In Indonesia, to meet with the demand, OJK launched three indices dedicated to sharia compliant stocks. In doing so, has come up with a list of criteria that a firm needs to meet to be classified as sharia compliant. One of which is that a sharia compliant firm must maintain a debt level of below 45%, because of this sharia compliant firms are expected to behave differently from sharia non-compliant firms that do not have this restriction placed upon them. This study uses a cross-sectional data of all firms in Indonesia that is listed in the year of 2017, and the data is processed using Ordinary Least Square regression method. We used four independent variables: profitability, firm size, tangibility, and business risk as our determinants. The result is there are variables that do affect sharia compliant and non-compliant firms differently, with some variables being significant for sharia non-compliant firms but not significant for compliant firms. For example, the variable profitability was found to be significant for sharia non-compliant firms, but not for sharia compliant firms."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Adhi Kurniawan Poer Utomo
"Komunitas merek berbasis situs media jejaring sosial merupakan komunitas yang dibangun di dalam situs media jejaring sosial. Penelitian ini berusaha meneliti apakah komunitas merek di situs media jejaring sosial memiliki pengaruh positif terhadap elemen utama komunitas atau penanda komunitas dan praktik penciptaan nilai yang menuntun kepada kepercayaan merek dan loyalitas merek. Responden pada penelitian ini merupakan 300 anggota dari komunitas merek BlackBerry di Facebook dan / atau Twitter yang telah menjadi anggota dalam kurun waktu lebih dari tiga bulan yang tersebar di kota-kota besar pulau Jawa. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa komunitas merek di media sosial memiliki pengaruh terhadap penanda komunitas, memiliki pengaruh terhadap dua dari empat variabel praktik penciptaan nilai, memiliki pengaruh terhadap kepercayaan merek yang menuntun kepada loyalitas merek. Pembahasan mengenai pengaruh serta kontribusi dan saran penelitian juga dibahas dalam penelitian ini.
Social media based brand communities is a community built on the social media site. This study tried to find out whether brand community in social media sites have a positive influence on the major elements of a community or community markers values creation practices that lead to the brand trust and brand loyalty. Respondents in this study are 300 members of the BlackBerry brand community on Facebook and / or Twitter, which has become a member within a period of more than three months spread across the major cities of Java. The results of this study stated that the brand community has an influence on markers of brand community, the value creation practice, brand trust, and brand loyalty. Implicasion, research contributions, and suggestions are also discussed."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S43970
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Suci Fitriyani
"Asuransi jiwa unit link syariah merupakan salah satu bentuk inovasi bisnis dan kreatif dalam pengembangan dunia asuransi jiwa, dimana nasabah tidak hanya mendapatkan proteksi jiwa melainkan juga investasi, kemudian dalam pelaksanaannya harus sesuai dengan prinsip syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Inovasi (perceived relative advantage, perceived complexity, perceived compatibility), awareness level, dan religious belief terhadap adopsi produk asuransi jiwa unit link syariah PT Prudential Life Assurance menggunakan Diffusion of Innovation theory (DOI) yang diadaptasi oleh Roger (2003). Survei daring dilakukan kepada nasabah pemegang polis asuransi jiwa syariah PT Prudential Life Assurance yang beragama Islam, berusia lebih dari 17 tahun dan berdomisili di wilayah Jabodetabek. Analisis data pada penelitian ini menggunakan software SPSS 26 dan Lisrel 8.8 dengan metode pengolahan data Structural Equation Modelling (SEM) untuk menguji variabel pada penelitian terhadap 202 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif perceived relative advantage, perceived compatibility awareness level, dan religious belief terhadap adopsi unit link syariah, sedangkan pengaruh perceived complexity terhadap adopsi unit link syariah menghasilkan data yang tidak signifikan. Selain itu peran moderasi dari jenis kelamin dan usia berpengaruh signifikan, sedangkan moderasi pendidikan tidak berpengaruh signifikan.
Sharia unit link life insurance is a form of business and creative innovation in the development of the world of life insurance, where customers not only get life protection but also investment, then in its implementation it must be in accordance with sharia principles. This study aims to determine the effect of the Innovation variable (perceived relative advantage, perceived complexity, perceived compatibility), awareness level, and religious belief on the adoption of PT Prudential Life Assurance's sharia unit link life insurance product using the Diffusion of Innovation theory (DOI) which was adapted by Roger (2003). An online survey was conducted to customers of PT Prudential Life Assurance's sharia life insurance policy holders who are Islamic religion, over 17 years old and domiciled in the Greater Jakarta area. Data analysis in this study used SPSS 26 and Lisrel 8.8 software with Structural Equation Modeling (SEM) data processing methods to examine the variables in the study of 202 respondents. The results showed that there was a significant and positive effect of perceived relative advantage, perceived compatibility awareness level, and religious belief on the adoption of sharia unit links, while the effect of perceived complexity on the adoption of sharia unit links resulted in insignificant data. In addition, the moderating role of gender and age has a significant effect, while the moderation of education has no significant effect."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library