Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Clara Nuhermaria Agusta
Abstrak :
Pandemi Covid-19 membawa sejumlah tantangan dalam dunia pendidikan, kususnya terkait proses belajar-mengajar siswa. Pandemi Covid-19 membawa sejumlah konsekuensi psikologis pada kondisi emosi siswa dan hal ini memengaruhi tingkat subjective well-being secara kusus dalam konteks sekolah. Sayangnya, penelitian mengenai dampak pandemi Covid-19 pada subjective well-being di sekolah masih belum banyak dilakukan di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor internal yang diperkirakan dapat menjadi prediktor dari subjective well-being siswa di sekolah. Secara lebih spesifik, penelitian ini ingin melihat peran academic resilience dan student engagement terhadap subjective well-being yang dimediasi oleh academic hope pada pelajar SMA. Partisipan penelitian ini adalah 509 siswa SMA, SMK dan MA di Jabodetabek. Analisis dilakukan menggunakan uji structural equation modelling (SEM) dan diketahui bahwa model penelitian yang dikembangkan fit dengan data (RMSEA= 0.066 , GFI=0.901, NFI =0.901). Academic hope diketahui memediasi secara penuh hubungan antara student engagement dan subjective well-being, dan memediasi parsial hubungan antara academic resilience dengan subjective well-being. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan psikolog sekolah untuk mengembangkan academic resilience, student engagement, dan juga academic hope sebagai upaya untuk meningkatkan subjective well-being siswa di sekolah. ......The Covid-19 pandemic has brought a number of challenges in the world of education, especially related learning process of students. The are some psychological consequences caused by the pandemic, it affects student’s emotional state and also the level of student’s subjective well-being, in particular in the school context. Unfortunately, research on the impact of the Covid-19 pandemic on subjective well-being in schools is still not widely carried out in Indonesia. Therefore, this study aims to look at the internal factors that are thought to be predictors of the subjective well-being of students at school. More specifically, this study wants to see the role of academic resilience and student engagement on subjective well-being mediated by academic hope in high school students. The participants of this study were 509 senior high school, vocational and MA students in Jabodetabek. The analysis was carried out using the structural equation modeling (SEM) test and it is known that the research model developed fits the data (RMSEA = 0.066 , GFI = 0.901, NFI = 0.901). Academic hope is known to fully mediate the relationship between student engagement and subjective well-being, and partially mediate the relationship between academic resilience and subjective well-being. The results of this study can be used as a reference for school psychologists to develop academic resilience, student engagement, and also academic hope as an effort to improve the subjective well-being of students in schools.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sinambela, Sondang Juwita
Abstrak :
ABSTRAK
Proses pembentukan identitas diri yang merupakan isu penting usia remaja tidak dapat dipisahkan dengan sejauh mana pemahaman remaja mengenai dirinya sendiri (konsep diri). Selanjutnya konsep diri remaja mempengaruhi bagaimana perasaannya tentang dirinya dan perilakunya. Salah satu faktor yang mempengaruhi konsep diri yang terbentuk dalam individu adalah peran orang tua (Fitts, 1971). Perilaku orang tua yang penuh penghargaan dan memberikan standar perilaku yang jelas, serta diberikan pengharapan-pengharapan yang realistis memudahkan terbentuknya konsep diri positif dalam diri individu. Sebaliknya jika orang tuatidak memberikan informasi yang akurat mengenai dirinya maka hal ini berdampak terhadap munculnya konsep diri negatif dalam diri individu Subjek dalam penelitian ini, yakni F, merupakan seorang remaja putri yang memiliki konsep diri negatif. Hal ini terjadi karena ibu F kerap memberi penilaian negatif mengenai dirinya sehingga F pun pada akhirnya juga cenderung menilai dirinya secara negatif. Penelitian ini bertujuan mengatasi konsep diri negatif yang dialami F. Teknik intervensi yang dipergunakan adalah teknik coaching dengan teori asimilasi dan akomodasi yang dikemukakan oleh Piaget (1950) dijadikan dasar teori penyusunan intervensi. Intervensi juga melibatkan ibu F dengan tujuan meningkatkan pemahaman ibu F mengenai konsep diri F sehingga memungkinkan ibu F memberi informasi yang tepat bagi individu dalam rangka membentuk konsep diri yang lebih positif.
ABSTRACT
Process of identity formation is an important issue teens can not be separated by the extent to which adolescent understanding of itself (self-concept). Furthermore adolescent self-concept affects how he feels about him and his behavior. One of the factors that influence self concept formed in the individual is the role of parents (Fitts, 1971). Behavior of parents who respect and provide clear standards of behavior, and given realistic expectations facilitates the formation of a positive self-concept within the individual. Conversely, if the parents do not give accurate information about him then this affects the appearance of negative self-concept in individuals. Subjects in this study, ie, F, is a teenager who has a negative self-concept. This happens because her mother has often given a negative assessment of her so that F was in the end also tend to judge herself negatively. This study aims to overcome negative self-concept experienced by F. Intervention techniques that are used coaching techniques with the theory of assimilation and accommodation proposed by Piaget (1950) form the basis of the theory of development interventions. Intervention also involves her mother with the aim of improving understanding of mother of F concerning self concept of F so that enable mother of F to give appropriate information to F in order to form a more positive selfconcept.
2013
T35009
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Xenia Pramudita
Abstrak :
Mahasiswa mempunyai tugas utama untuk belajar di perguruan tinggi, selain dari kegiatan perkuliahan, sudah biasa mahasiswa juga dilibatkan dalam kegiatan organisasi urusan mahasiswa. Namun, masih ada perdebatan tentang apa itu keterlibatan mereka yang ada di organisasi kemahasiswaan memberikan pengaruh positif atau itu negatif untuk penyesuaian mereka dalam perkuliahan. Oleh karena itu, penelitian ia ingin tahu apakah ada hubungan positif antara keterlibatan dalam organisasi kemahasiswaan dan mahasiswa penyesuaian perguruan tinggi di Universitas Indonesia tahun kedua. Pengukuran keterlibatan dalam organisasi kemahasiswaan dilakukan menggunakan alat ukur Quality of Involvement Scale (QIS). Sedangkan kuliah penyesuaian diukur dengan Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ). Penelitian ini menggunakan metode korelasional dan melibatkan 270 mahasiswa UI 18-22 tahun yang sedang menempuh tahun kedua studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara keterlibatan dalam organisasi urusan mahasiswa dan penyesuaian perguruan tinggi. Hasil penelitian ini bisa dijadikan dasar universitas untuk memberikan dukungan bagi siswa untuk terlibat dalam organisasi kemahasiswaan, guna membantu menyesuaikan diri di kampus. ...... Students have the main task of studying in tertiary institutions, apart from lecturing activities, it is common for students to be involved in student affairs organization activities. However, there is still debate about whether their involvement in student organizations has a positive or negative influence on their adjustment in lectures. Hence, research he wanted to know if there was a positive relationship between deep engagement student organizations and college adjustment students at the University of Indonesia in the second year. Measurement of involvement in student organizations is carried out using the Quality of Involvement Scale (QIS) measurement tool. Meanwhile, the adjusted course was measured by the Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ). This study uses a correlational method and involves 270 UI students 18-22 years who are currently pursuing their second year of study. Research result shows that there is a positive relationship between involvement in student affairs organizations and college adjustment. The results of this research can be used as the basis for the university to provide support for students to be involved in student organizations, to help adjust themselves on campus.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library