Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 170 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nita Ismayati
"
ABSTRAK
Penelitian mengenai pemanfaatan layanan perpustakaan kelurahan telah dilakukan di Perpustakaan Kelurahan Lubang Buaya, Perpustakaan Kelurahan Cipinang Cempedak, dan Perpustakaan Kelurahan Bidara Cina. Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemanfaatan layanan perpustakaan kelurahan di Jakarta Timur, khususnya perpustakaan kelurahan yang telah meraih prestasi dalam pengelolaan perpustakaan.
Pengumpulan data dilakukan melalui kajian pustaka, pengamatan, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Hasil kajian pustaka diharapkan dapat diperoleh informasi mengenai pengertian dan bentuk perpustakaan kelurahan. Hasil pengama_tan dan wawancara diharapkan dapat memperoleh gambaran menge-nai kondisi perpustakaan kelurahan yang sesungguhnya, sedang_kan dari penyebaran kuesioner diharapkan memperoleh gambaran pendapat masyarakat tentang perpustakaan kelurahan dan peman_faatannya. Pelaksanaan pengumpulan data dijelaskan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perpustakaan kelurahan belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat. Keberadaan perpustakaan kelurahan hanya diketahui oleh 16.21persen responden. Dari sejumlah itu, yang pernah berkunjung berjumlah 31.94 persen. Tingkat pemanfaatan yang dilakukan pemakai hampir seluruhnya (78.25 %) bersifat tidak tetap, yaitu berkunjung jika ada urusan di kantor kelurahan dan tidak tentu. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kondisi perpustakaan kelurahan yang meliputi tenaga pengelola, koleksi dan promosi perpustakaan belum berjalan sebagaimana aturan yang tercantum di Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Khusus Ibukota Jakarta No. 234 tahun 1995 tentang Fetunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Perpustakaan Kelurahan di Lingkungan Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta.
"
1997
S15307
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ambari
"Telah dibuat suatu Sistem Kendali dan Pemroses Alat Pengumpul Data Pemilih Secara Elektronik Di Dalam Pemilu Presiden dengan menggunakan Microcontroller ,yang dapat
digunakan kpu (komisi pemilihan umum) sebagai sarana perhitungan suara pada pemilihan umum presiden, kelebihannya adalah dapat mengurangi biaya operasional karena sistem tidak
menggunakan kertas dan menconterengnya cukup menekan tombol yang disediakan dan nama kandidat presiden dapat dilihat pada layar LCD. Buzzer akan berbunyi sebagai indikator bahwa
pemilih sudah melakukan hak pilihnya dan hasilnya akan di display ketika semua pemilih sudah melaukan hak pilihnya. Waktu yang dibutuhkan untuh memilih juga ralatif singkat karena tidah perlu melipat-lipat lagi kertas

Has created a Full System and Processing Equipment Electronic Voter Data Collector In
The Presidential Election by using the microcontroller, which can be used in the General
Elections Commission (electoral commission) as a means of calculation of votes in presidential
elections, the excess is able to reduce operating costs because the system does not use paper and
menconterengnya simply press the button provided and the name of the presidential candidates
can be viewed on the LCD screen. Buzzer will sound as an indicator that the voters had done the
right vote and the results will be displayed when all voters have melaukan vote. Time required untuh choose ralatif also brief because tidah-fold longer need to fold the paper
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2010
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Salsabila Fastdiecie
"Saat ini penggunaan media sosial di masyarakat dengan intensitas tergolong tinggi menjadi hambatan sekaligus peluang bagi perpustakaan dalam menjalankan fungsinya yang berorientasi kepada pengguna. Saat ini sudah banyak perpustakaan yang menggunakan media sosial sebagai sarana promosi layanan dan koleksi yang dimilikinya. Akan tetapi, masih banyak perpustakaan yang belum dapat mengelola media sosial secara efektif. Hal ini jugalah yang terjadi pada akun media sosial Instagram Perpustakaan Jakarta. Hingga akhirnya pada tahun 2022 dilakukan revitalisasi Perpustakaan Jakarta dan dilakukan re-branding perpustakaan melalui akun media sosial salah satunya instagram. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi pengelolaan media sosial instagram Perpustakaan Jakarta dalam membangun branding perpustakaan di era digital serta hambatan-hambatan yang dialami. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus dengan pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi yang dilakukan selama periode waktu Oktober 2023 hingga November 2023 di Perpustakaan Jakarta. Informan ditentukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teori The Circular Model of SOME yang dituturkan oleh Regina Luttrell yang memiliki 4 aspek yakni sharing, optimize, manage, dan engage. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh kesimpulan bahwa Perpustakaan Jakarta berupaya untuk menunjukkan identitas, ciri khas maupun citra yang melekat dan berkesan di dalam benak pengguna melalui konsep yang dimilikinya yakni perpustakaan hadir sedekat itu sebagai ruang ketiga untuk masyarakat dalam belajar, berkarya, dan bertumbuh. Kemudian pemanfaatan pengelolaan instagram dalam membangun branding Perpustakaan Jakarta dilakukan melalui berbagai hal dimulai dari pembuatan konten instagram yang diunggah berupa foto, video ataupun carousel serta disesuaikan dengan konsep untuk meningkatkan insight atau kunjungan para pengguna instagram. Pesan dibuat, dikemas, dan disampaikan sedemikian rupa sehingga pengguna mengerti, menerima pesan serta berupaya memicu ketertarikan pengguna untuk berinteraksi. Perpustakaan Jakarta juga bekerjasama dan berkolaborasi dengan influencer, komunitas, tokoh, ataupun instansi tertentu.

The high use of social media in society is both a challenge and an opportunity for libraries to carry out their user-oriented functions. Currently, several libraries use social media as a means of promotion for their services and collections. However, there are still many libraries that cannot manage their social media effectively. This also happened to Jakarta Library's Instagram social media account, until in 2022, it was revitalized and re-branded. The aim of this research is to identify the Jakarta Library's Instagram social media management strategy and obstacles in building library branding in the digital era. This research uses a qualitative case study method. Data collected using interviews and observations from October 2023 to November 2023 at the Jakarta Library. Informants were determined using purposive sampling technique. This research uses the Regina Luttrell’s Circular Model of SOME which has 4 aspects: sharing, optimizing, managing and engaging. The research concluded that the Jakarta Library seeks to show its identity, characteristics, and image that stick and impress in the minds of users through its concept of the library exists as a third space for the community to learn, work, and grow. Then the use of Instagram management in building Jakarta Library branding is done through various things starting from creating Instagram content which is uploaded in the form of photos, videos or carousels and adapting it to the concept to increase insight or visits by Instagram users. Messages are created, packaged and delivered in such a way that users understand, receive the message and try to trigger the user's interest in interacting. The Jakarta Library also collaborates and collaborates with influencers, communities, figures or certain institutions."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ni Made Lila Sri Kamala
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi dan proses yang dilakukan Museum Subak dalam mendiseminasi informasi sebagai upaya preservasi pengetahuan Budaya Subak. Museum Subak mengalami kendala kurangnya pemandu dalam proses diseminasi informasi Budaya Subak sehingga berdampak pada kunjungan setiap tahunnya yang semakin berkurang. Kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap Subak menyebabkan mulai berubahnya alih fungsi lahan Subak menjadi lahan pariwisata.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada proses diseminasi informasi Budaya Subak di Museum Subak Bali dengan periode penelitian dari Desember 2023 – Mei 2024. Hasil menunjukkan bahwa dalam strategi diseminasi informasi terdapat pemanfaatan media yang belum sepenuhnya beralih ke digital. Selain itu, Museum Subak membentuk kegiatan yang diupayakan dapat menunjang proses diseminasi informasi dengan menggunakan Model SECI. Namun, proses tersebut belum dilakukan secara merata yang berfokus di salah satu Kabupaten di Bali. Kesimpulan dari penelitian ini diketahui proses internalisasi mendominasi dalam kegiatan diseminasi informasi dengan melibatkan kegiatan belajar bersama di museum, museum keliling, dan seminar kajian koleksi. Dengan demikian, studi ini dibatasi pada Museum Subak dan bermanfaat dalam mempreservasi pengetahuan melalui diseminasi informasi, khususnya dengan meningkatkan semangat generasi muda dalam mempelajari dan memahami Budaya Subak. Penelitian ini berkontribusi pada perkembangan pengetahuan Budaya Subak di masyarakat melalui Museum Subak.

This research aims to identify the strategies and processes carried out by Museum Subak in disseminating information as an effort to preserve Subak Cultural knowledge. Museum Subak is experiencing the problem of a lack of guides in the process of disseminating Subak Cultural information, resulting in fewer visits each year. The lack of public knowledge about Subak has led to the conversion of Subak land into tourism land. This research uses a qualitative method with a case study approach in the process of disseminating information on Subak Culture at the Subak Museum Bali with a research period from December 2023 - May 2024. The results show that in the information dissemination strategy there is use of media that has not completely switched to digital. Apart from that, Museum Subak has established activities which are intended to support the information dissemination process using the SECI Model. However, this process has not been carried out evenly, focusing on one district in Bali. The conclusion of this research is that the internalization process dominates information dissemination activities involving joint learning activities in museums, mobile museums and collection study seminars. Thus, this study is limited to the Museum Subak and is useful in preserving knowledge through information dissemination, especially by increasing the enthusiasm of the younger generation in studying and understanding Subak Culture. This research contributes to the development of knowledge of Subak Culture in society through the Museum Subak."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Hafizh Ardiantiko
"Pada perusahaan televisi, terdapat section yang mempersiapkan program untuk membantu penyiaran program televisi yang disebut dengan Library. Section Library merupakan perpustakaan televisi yang hadir sebagai penyedia konten dan informasi berupa program tayangan untuk mendukung kegiatan penyiaran pertelevisian. Kegagalan dalam menjalankan tahapan penyiaran televisi akan menyebabkan kerugian seperti ketidakpuasan pemirsa televisi, turunnya reputasi siaran televisi dari masyarakat, dan kerugian-kerugian lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran section Library Televisi X dalam memberikan konten dan informasi serta mengidentifikasi proses persiapan penayangan program pada stasiun Televisi X. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus dengan pengumpulan data melalui wawancara serta observasi selama 5 bulan dari Februari hingga Juni 2024 ke tempat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa section Library Televisi X berperan mendukung penyiaran televisi dengan melakukan penerimaan materi program, pencatatan, dan memberikan materi, dan menyimpan program tayangan milik Televisi X. Selain itu, section Quality Control melakukan cek kelayakan program dan section Master Control Room menayangkan program televisi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran dan proses Library Televisi X bagi penyiaran begitu penting karena section ini yang bertanggung jawab terhadap keberlangsungan kegiatan penyiaran dari mulai menerima program hingga melakukan penyimpanan program tayangan.

In a television company, there is a section that prepares programs to assist with broadcasting called the Library. The Library section serves as the television archive, providing content and information in the form of programs to support broadcasting activities. Failure in executing the broadcasting stages can lead to various losses, such as viewer dissatisfaction, a decline in the television broadcast’s reputation, and other damages. This study aims to describe the role of the Library section at Television X in providing content and information and to identify the process of program preparation for broadcast at Television X. This research uses a qualitative method and a case study approach, with data collected through interviews and observations conducted over 5 months from February to June 2024 at the research site. The results show that the Library section of Television X supports television broadcasting by receiving program materials, recording them, providing materials, and storing Television X's programs. Additionally, the Quality Control section checks the program's feasibility, and the Master Control Room section broadcasts the television programs. The conclusion of this research indicates that the role and processes of the Library 2 section at Television X are crucial for broadcasting, as this section is responsible for the continuity of broadcasting activities from receiving programs to storing them."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Hafizh Ardiantiko
"Pada perusahaan televisi, terdapat section yang mempersiapkan program untuk membantu penyiaran program televisi yang disebut dengan Library. Section Library merupakan perpustakaan televisi yang hadir sebagai penyedia konten dan informasi berupa program tayangan untuk mendukung kegiatan penyiaran pertelevisian. Kegagalan dalam menjalankan tahapan penyiaran televisi akan menyebabkan kerugian seperti ketidakpuasan pemirsa televisi, turunnya reputasi siaran televisi dari masyarakat, dan kerugian-kerugian lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran section Library Televisi X dalam memberikan konten dan informasi serta mengidentifikasi proses persiapan penayangan program pada stasiun Televisi X. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus dengan pengumpulan data melalui wawancara serta observasi selama 5 bulan dari Februari hingga Juni 2024 ke tempat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa section Library Televisi X berperan mendukung penyiaran televisi dengan melakukan penerimaan materi program, pencatatan, dan memberikan materi, dan menyimpan program tayangan milik Televisi X. Selain itu, section Quality Control melakukan cek kelayakan program dan section Master Control Room menayangkan program televisi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran dan proses Library Televisi X bagi penyiaran begitu penting karena section ini yang bertanggung jawab terhadap keberlangsungan kegiatan penyiaran dari mulai menerima program hingga melakukan penyimpanan program tayangan.

In a television company, there is a section that prepares programs to assist with broadcasting called the Library. The Library section serves as the television archive, providing content and information in the form of programs to support broadcasting activities. Failure in executing the broadcasting stages can lead to various losses, such as viewer dissatisfaction, a decline in the television broadcast’s reputation, and other damages. This study aims to describe the role of the Library section at Television X in providing content and information and to identify the process of program preparation for broadcast at Television X. This research uses a qualitative method and a case study approach, with data collected through interviews and observations conducted over 5 months from February to June 2024 at the research site. The results show that the Library section of Television X supports television broadcasting by receiving program materials, recording them, providing materials, and storing Television X's programs. Additionally, the Quality Control section checks the program's feasibility, and the Master Control Room section broadcasts the television programs. The conclusion of this research indicates that the role and processes of the Library 2 section at Television X are crucial for broadcasting, as this section is responsible for the continuity of broadcasting activities from receiving programs to storing them."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Cita Karyakarsa Mandiri, 2009
001.42 MER
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Nadiah Istiqomah
"Skripsi ini membahas persepsi pemustaka terhadap tata ruang di Perpustakaan Nasional RI khususnya pada ruang layanan anak (lantai 7) dan ruang koleksi umum terbuka (lantai 21 dan 22). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan melakukan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemustaka sudah merasa nyaman dengan tata ruang yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional RI namun masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki seperti akses menuju lantai 22 dan informasi mengenai koleksi anak dalam rak.

The focus of this study is about users perception of interior design in National Library of Indonesia particularly in childrens room (7th floor) and open access book collection room (21st and 22nd floor). This research is using quantitative descriptive interpretive and questionnaire. The result of the study shows that users feel comfortable and satisfied with the interior design that used by National Library of Indonesia but there are still some flaws like access to 22nd floor and the information about children collection in the bookshelves."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Dyah Angreni
"ABSTRAK
Topik skripsi ini adalah mengenai pemanfaatan koleksi buku di Perpustakaan Umum Soemantri Brodjonegoro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh penggunaan koleksi buku di Perpustakaan Umum Soemantri Brodjonegor dan juga untuk mengetahui buku-buku yang paling sering dipinjam. Jumlah koleksi umum yang ada berjumlah 21.825 judul. Sampel yang diambil berjumlah 384 judul dengan probabilitas 95% dan batas galast 5 0/00. Besar interval sample adalah 57 dan unsur pertama sebesar 10 maka nomor selanjutnya adalah merupakan bilangan kelipatan 57, sehingga urutan yang didapat adalah 10, 67, 124, 181, dan seterusnya sampai sample berjumlah 384. Slip peminjaman yang diperiksa hanyalah slip peminjaman pada periode tahun 1990 sampai tahun 1994. Dari hasil penelitian diketahui bahwa koleksi terbesar didominasi oleh 3 kelas yaitu kelas Ilmu-ilmu Sosial (300), kelas Ilmu-ilmu Terapan (600) dan kelas Ilmu-ilmu murni, jumlah buku-buku yang dipinjam selama kurun waktu 5 tahun sebesar 63,97% dengan jumlah peminjam sebanyak 1.196 dari 245 judul yang pernah dipinjam. BUku-buku yang paling sering dipinjam berasal dari kelas Ilmu-ilmu Sosial (300). Koleksi buku terbesar adalah buku-buku yang bertahun terbit antara tahun 1985 sampai tahun 1989.

"
1996
S15136
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Munawar Hadi
"
ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi yang berkomponen teknologi telekomunikasi dan komputer telah diaplikasi ke dalam banyak bidang kehidupan manusia. Salah satunya adalah penerapan teknologi tersebut dalam kegiatan temu kembali informasi. Perpustakaan sebagai lembaga pengolah informasi juga menerapkan teknologi informasi dalam bentuk layanan penelusuran terpasang pangkalan data seperti yang dilakukan oleh Pusat informasi Kompas.
Skripsi ini mendeskripsikan pendapat pernakai atau pelanggan pangkalan data Kompas yang beralamat di Jakar_ta dan mencoba mendapatkan gambaran penelusuran yang dilakukan oleh pemakai. Diharapkan hasil penelitian ini dari dapat dimanfaatkan untuk masukan evaluasi layanan dan sistem penelusuran pangkalan data Kompas.
"
1997
S15312
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>