Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gema Putra Rahardjo
"Energi gelombang laut memiliki potensi energi terbaharukan yang besar, dan studi ini mencoba untuk memanfaatkan energi terbaharukan dengan menggunakan suatu floating absorbers yang dipasangkan dengan peralatan Sistem hidrolik Power Take-Off (PTO). Studi ini memfokuskan pada analisis hidrodinamika yang terjadi apda badan floating absorbers dengan mengaplikasan potential flow theory dengan metode Constant Panel Method dan Higher Order Boundary Element Method dan evaluasi dari pengaruh dari berbagai rasio diameter terhadap draft. Setelah itu, studi ini akan menganalisis RAOs (Response Amplitude Operators) dan gaya hidrodinamika untuk berbagai rasio untuk menentukan desain optimal. Dari hasil analisis, didapatkan rasio optimal untuk floating absorber adalah 1.0 dengan mempertimbangkan keadaan gelombang.

Ocean wave energy has a large potential for renewable energy, and this study attempts to utilize renewable energy by using a floating absorber coupled with a hydraulic Power Take-Off (PTO) system. This study focuses on hydrodynamic analysis that occurs in floating absorber bodies by applying potential flow theory with the Constant Panel Method and Higher Order Boundary Element Method and evaluating the effect of various diameter ratios on draft. After that, this study will analyze the RAOs (Response Amplitude Operators) and hydrodynamic forces for various ratios to determine the optimal design. From the analysis results, the optimal ratio for floating absorber is around 1.0 based on the condition of the waves."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Renaldi Haryo Yudho
"Energi gelombang adalah sumber energi terbarukan yang menjanjikan. Analisis hindcasting dilakukan menggunakan data gelombang NOAA dan ERA5 untuk memahami karakteristik gelombang di Indonesia. Pemodelan data membantu dalam memperkirakan potensi energi gelombang di berbagai lokasi. Penelitian ini mendukung pengembangan energi terbarukan dan diversifikasi sumber energi. Data hindcasting dari NOAA dan ERA5 meningkatkan pemahaman tentang potensi energi gelombang di Indonesia. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk meningkatkan estimasi potensi energi gelombang. Selain itu, penelitian ini juga memberikan simulasi keekonomian dalam pembuatan Wave Energy Converter (WEC) yang berfungsi memberikan gambaran dengan hasil akhir Levelized Cost of Electricity (LCOE) beserta perbandingannya dengan WEC lain.

Wave energy is a promising renewable energy source. Hindcasting analysis is conducted using NOAA and ERA5 wave data to understand the characteristics of waves in Indonesia. Data modeling assists in estimating the wave energy potential at various locations. This research supports the development of renewable energy and the diversification of energy sources. Hindcasting data from NOAA and ERA5 enhance the understanding of wave energy potential in Indonesia. Further research is needed to improve the estimation of wave energy potential. Additionally, this study provides an economic simulation in the construction of Wave Energy Converters (WEC) that aims to provide insights into the Levelized Cost of Electricity (LCOE) and compare it with other WEC technologies."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Teuku Rachmat Razak Muzaki
"Perangkat Wave Energy Converter (WEC) adalah sebuah teknologi yang memungkinkan konversi energi
dari gelombang laut menjadi gelombang mekanik (Hjerm, 2013) WEC disusun oleh sistem transmisi
Hydraulic power Take-Off (HPTO) yang memungkinan konversi daya pada HPTO (Jusoh et al., 2019).
Meski begitu, belum banyak riset yang membahas performa rancangan dan penerapan power smoothing
dalam menjaga kestabilan daya HPTO. Riset ini bertujuan untuk membahas penerapan power smoothing
pada rangkaian HPTO dan efeknya terhadap performa rancangan. Performa rancngan HPTO yang
dianalisis adalah torsi (Nm), putaran motor (RPM), dan daya yang dihasilkan (kW). Sementara Aspek
smoothing HPTO yang dievaluasi adalah pengaruh dari variabel volume serta tekanan precharged gas
akumulator tipe gas/bladder terhadap perfroma HPTO. Simulasi parameter dilakukan melalui
MATLAB/Simscape dan Simulink sementara proses optimasi parameter komponen HPTO dilakukan
dengan fitur Response Optimizer menggunakan algoritma Sequential Quadratic Programming pada
konfigurasi rancangan yang berbeda. Pada riset ini parameter divariasikan untuk melihat efeknya terhadap
performa dan kestabilan rancangan HPTO. Hasil simulasi yang diperoleh menunjukkan bahwa akumulator
mempengaruhi kestabilan dan nilai performa berupa torsi (Nm), putaran motor (RPM), dan hasil daya (kW)
pada HPTO single absorber.

Wave Energy Converter (WEC) is a technology that converts wave energy into mechanical energy (Hjerm,
2013). It is done through Hydraulic power Take-Off (HPTO), a transmission system that allows WEC to
capture the energy. However, the research that discusses the HPTO design performance and its power
smoothing application is minimal. This research aims to discuss the implementation of power smoothing
through the use accumulator in keeping the system performance and power stability. The design
performance that will be analyzed is the torque (Nm), rotation of motor (RPM), and power output (kW) .
On the contrary, the HPTO smoothing aspect that is evaluated is the effect of the variable volume and
precharged gas accumulator type gas/bladder pressure on HPTO performance. Parameter simulation is
carried out through MATLAB/Simscape and Simulink. Furthermore, the HPTO component parameter
optimization process is carried out with the Response Optimizer feature using the Sequential Quadratic
Programming algorithm in different design configurations. In this research, the parameters were varied to
see the effect on the performance and stability of the HPTO design. The simulation results obtained show
that the accumulator affects the stability and performance values in the form of torque (Nm), motor rotation
(RPM), and power output (kW) on a single absorber HPTO.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Hammam Gopar
"Penelitian ini mempelajari terkait analisis hambatan kapal bulk carrier pada skala model dan skala penuh menggunakan CFD NUMECA Fine/Marine dan formula empiris metode Holtrop-Mennen. Penelitian ini juga akan membandingkan perbedaan hambatan antara hasil simulasi CFD dan perhitungan formula empiris metode Holtrop-Mennen yang digunakan sebagai validasi hasil simulasi. Selanjutnya, penelitian ini menganalisis nilai koreksi (ΔCF) dari skala model dan skala penuh dengan menggunakan hasil dari simulasi CFD yang diharapkan dapat digunakan sebagai gambaran terkait ekstrapolasi dalam mencari nilai hambatan dengan ukuran kapal tertentu. Hasil penelitian dari kedua metode menunjukkan bahwa gaya yang dihasilkan meningkat signifikan seiring dengan peningkatan skala kapal, dimana tidak adanya perbedaan yang signifikan diantara kedua metode tersebut dengan nilai error dari 1,72% sampai dengan 13,30%. Selain itu, didapatkan bahwa nilai koreksi (ΔCF) yang lebih besar pada ukuran kapal kecil menunjukkan bahwa simulasi pada skala model memerlukan penyesuaian yang lebih signifikan untuk akurasi pada skala penuh dibandingkan ukuran kapal yang lebih.

This study analyses the correction value (ΔCF) of the model scale and full scale us using CFD NUMECA Fine/Marine and the empirical formula of the Holtrop-Mennen method. It will also compare the difference in drag between the CFD simulation results and the empirical formula calculation of the Holtrop-Mennen method, this serves as a validation for the simulation findings. The findings of the two techniques demonstrate that as the ship's scale rises, the forces generated increase significantly. Between the two approaches, there is no discernible difference in error levels, which range from 1,72% to 13,30%. Moreover, the greater correction value (ΔCF) for lower ship sizes implies that model-scale simulations need more substantial modifications to be accurate at full scale than do larger ship sizes."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tarigan, Leonardo Guntur
"Emisi dari industri pelayaran berkontribusi sebesar 2,89 persen dari total emisi CO2 global. dimana jenis kapal container, kapal curah, dan kapal tanker menjadi kontributor terbesar yaitu lebih dari 80% dari total emisi. Bagi kapal existing dapat melakukan strategi untuk menurunkan nilai EEXI sehingga memenuhi standar nilai EEXI yang disyaratkan salah satunya dengan Optimized hull design pengurangan konsumsi bahan bakar dengan mengurangi hambatan yang timbul dari lambung kapal. Penggunaan metode Computational Fluid Dynamics (CFD) dan metode berbasis Slender-Ship Theory saat ini telah banyak digunakan untuk menganalisis seakeeping kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan lambung kapal Tanker 17500 DWT dengan pemasangan ESD jenis fin secara full scale untuk mengevaluasi pengaruhnya terhadap efisiensi dan emisi. Referensi yang digunakan untuk menghitung dan melakukan simulasi adalah MARPOL Annex VI and EEXI relevant guidelines/guidance dengan estimasi speed-power curve dari tank test. Selanjutnya dilakukan penelitian hambatan pada lambung kapal dengan metode CFD pada kondisi calm water yang akan divalidasi dengan metode Holtrop dan Maxsurf Resistance. Setelah itu akan dilakukan simulasi CFD Openwter untuk mendapatkan karakteristik performa kapal dan divalidasi hasilnya menggunakan metode regresi polinomial B-series profiling. Kemudian akan dilakukan self-propulsion test dengan CFD Resistance with Actuator Disk dalam kondisi calm water untuk mendapatkan nilai power operasional desain kapal. Dengan adanya optimasi ESD fin nilai Thrust deduction factor meningkat akibat nilai thrust meningkat dan resistance kapal menurun. Nilai Wake factor juga meningkat karena nilai Va menurun, tetapi nilai Relative Rotation Efficiency menurun. Nilai wake factor menyebabkan nilai efisiensi juga meningkat, hal tersebut terbukti pada nilai Hull Efficiency dan Propulsive Efficiency meningkat. Dilakukan juga simulasi seakeeping dengan Metode Slender-Ship Theory dan CFD untuk mendapatkan nilai added resistance yang dialalami kapal berdasarkan titik resonant frequency kapal di wavelentgh ratio 1-1.25. Nilai EHP karena penurunan hambatan yang dialami kapal sebesar 2.55% sehingga nilai BHP juga menurun, hal itu menunjukkan bahwa daya output main engine untuk menggerakkan kapal maju pada kecepatan servis yang tetap akan semakin berkurang sehingga mengurangi fuel consumption main engine. Hal tersebut berpengaruh kepada hasil perhitungan nilai EEXI attained yang disebabkan oleh peningkatan nilai referenced speed yang dialami kapal. Optimasi pemasangan fin di lambung kapal mampu menurunkan nilai EEXI kapal hingga memenuhi standar dengan penurunan nilai EEXI sebesar 9.5%. Setelah adanya optimasi lambung dengan fin total fuel consumption dan CO2 emission kapal berkurang sebesar 8.6%, tetapi belum bisa memenuhi standar CII yang dibutuhkan oleh kapal.

Emissions from the shipping industry account for approximately 2.89 percent of total global CO2 emissions, with container ships, bulk carriers, and oil tankers being the largest contributors, representing more than 80% of these emissions. Existing vessels can implement strategies to lower their Energy Efficiency Existing Ship Index (EEXI) values to comply with the required EEXI standards, one approach being the optimized hull design to reduce fuel consumption by minimizing the resistance generated by the ship’s hull. The use of Computational Fluid Dynamics (CFD) and Slender-Ship Theory-based methods has become prevalent for analyzing ship seakeeping. This study aims to optimize the hull of a 17500 DWT Tanker by installing a fin-type Energy Saving Device (ESD) on a full scale to assess its impact on efficiency and emissions. The references used for calculations and simulations include MARPOL Annex VI and EEXI relevant guidelines/guidance, with an estimation of the speed-power curve from tank tests. The research involves analyzing the hull resistance using the CFD method in calm water conditions, which will be validated with the Holtrop method and Maxsurf Resistance. Subsequent CFD Open water simulations will be conducted to determine the ship’s performance characteristics, validated using the polynomial regression method of B-series profiling. A self-propulsion test with CFD Resistance and Actuator Disk will also be performed in calm water conditions to ascertain the operational power design of the ship. With the optimization of the ESD fin, the Thrust Deduction Factor increases due to the rise in thrust and the decrease in ship resistance. The Wake Factor also increases as the Va value decreases, but the Relative Rotation Efficiency decreases. The increase in the Wake Factor leads to improved efficiency, evidenced by the enhanced Hull Efficiency and Propulsive Efficiency. Seakeeping simulations using the Slender-Ship Theory and CFD methods are also conducted to determine the added resistance experienced by the ship based on the ship’s resonant frequency point at a wavelength ratio of 1-1.25. The ship’s resistance decreases by 2.55%, resulting in a reduction in Effective Horsepower (EHP) and Brake Horsepower (BHP), indicating that the main engine’s output power for propelling the ship forward at a constant service speed will be reduced, thereby lowering the main engine’s fuel consumption. This impacts the calculation of the attained EEXI value due to the increase in the ship’s referenced speed. The optimization of fin installation on the ship’s hull successfully reduces the ship’s EEXI value by 9.5%, meeting the standards. After the hull optimization with fins, the total fuel consumption and CO2 emissions of the ship decreased by 8.6%, but it has not yet met the required Carbon Intensity Indicator (CII) standards."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andang Deva Ardhiansyah
"WEC merupakan teknologi yang mampu mengonversi energi dari gelombang laut menjadi energi listrik. Energi yang dibawa oleh gelombang laut akibat hembusan angin menyimpan energi yang dapat diserap dan diolah oleh WEC untuk menghasilkan listrik. Hydraulic power take-off (HPTO) merupakan komponen yang sangat penting dalam suatu rancangan WEC yang berfungsi untuk mengubah energi kinetik yang dihasilkan oleh floating absorber menjadi energi listrik. HPTO biasanya dilengkapi dengan akumulator hidrolik. Akumulator digunakan untuk menyetabilkan tekanan fluida dan mencegah terjadinya kavitasi pada sistem HPTO. Penggunaan akumulator pada unit HPTO menunjukkan hasil yang positif dalam menyetabilkan aliran fluida dan menghasilkan listrik pada kondisi gelombang yang relatif lebih kecil. Tedapat beberapa jenis akumulator yang beredar di pasaran, yaitu akumulator tipe Gas-Charged dan Spring-Loaded. Dalam rancangan WEC, akumulator tipe Gas-Charged adalah yang paling sering digunakan. Pengujian terhadap penggunaan akumulator tipe Spring-Loaded sebagai alternatif pengganti Gas-Charged pada HPTO belum pernah dilakukan. Penelitian ini akan membahas tentang perbandingan performa antara kedua tipe akumulator tersebut dalam dalam menyimpan energi pada suatu rancangan WEC. Serangkaian perhitungan dan simulasi telah dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai landasan teori terkait dan perhitungan dari software MATLAB (Simulink, Simscape). Variabel yang diperhatikan dalam penelitian ini adalah nilai hydraulic power dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akumulator tipe Spring-Loaded memiliki performa energy storage yang lebih baik dibandingkan akumulator tipe Gas-Charged. Hal tersebut disebabkan karena akumulator tipe Spring-Loaded memiliki pressure ratio yang lebih besar daripada akumulator tipe Gas-Charged.

WEC is a technology for converting energy from ocean waves into electrical energy. The energy carried by ocean waves due to wind gusts stores energy that can be absorbed and processed by WEC to generate electricity. Hydraulic power take-off (HPTO) is a vital component in a WEC design that converts kinetic energy generated by the floating absorber into electrical energy. HPTO is usually equipped with a hydraulic accumulator. The accumulator stabilizes fluid pressure and prevents cavitation in the HPTO system. The application of accumulators in HPTO units shows positive results in stabilizing fluid flow and generating electricity in relatively smaller wave conditions. There are several types of accumulators on the market, namely Gas-Charged and Spring-Loaded type accumulators. In the WEC design, the Gas-Charged type accumulator is the most commonly used. Testing of the application of Spring-Loaded type accumulators as an alternative to Gas-Charged on HPTO has never been done. This study will discuss about the comparative analysis of performance between those types of accumulators in storing energy in a WEC design. A series of calculations and simulations have been carried out by considering some related theoretical bases and MATLAB software (Simulink, Simscape) functions. The variables considered in this study are the value of hydraulic power and supply time. The results of this study indicate that the Spring-Loaded accumulator has better energy storage performance than the Gas-Charged type accumulator as the Spring-Loaded type accumulator has a larger pressure ratio."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Febrianto Wibowo
"Energi baru terbarukan merupakan terobosan yang memanfaatkan sumber energi yang dapat diperbaharui secara alami dan memiliki dampak lingkungan yang lebih rendah dibandingkan dengan sumber energi konvensional, seperti batu bara, minyak, dan gas alam. Lebih dari 70 % permukaan bumi ditutupi oleh permukaan laut. Berdasarkan geografis, energi gelombang laut merupakan salah satu terobosan sumber energi yang melimpah di dunia. Potensi energi gelombang laut di Indonesia sangat besar, mengingat Indonesia memiliki garis pantai yang panjang dan terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Pasifik. Kondisi geografis ini memberikan kesempatan untuk memanfaatkan energi gelombang laut sebagai sumber energi terbarukan yang potensial.
Terdapat berbagai macam sistem konversi energi gelombang yang telah dirancang dan dikembangkan untuk menyerap energi gelombang laut untuk dikonversi menjadi energi listrik. Penyerapan gelombang laut. Riset ini bertujuan untuk mendesain dan menganalisis lebih jelas konsep desain variasi Hydraulic Power Take-Off (HPTO) menggunakan simulasi parameter yang dilakukan melalui MATLAB/Simscape dan Simulink dengan proses optimasi parameter komponen HPTO yang dilakukan dalam fitur Response Optimizer. Selanjutnya, dalam fitur tersebut akan didapatkan hasil dengan metode yang telah kita tentukan sebelumnya. Dari hasil desain HPTO Silinder Ganda Dan Silinder Tiga tersebut akan dibandingkan dengan metode Sequential Quadratic Programming (SQP).
Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang hubungan komponen Hydraulic Power Take-Off (HPTO) dan bagaimana perubahan hydraulic motor mempengaruhi kinerja sistem HPTO secara keseluruhan. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan rekomendasi parameter desain yang dihasilkan setelah optimasi sistem. Diharapkan penelitian ini dapat lebih mengoptimalkan penerapan teknologi Wave Energy Converter (WEC) bertipe Single Point Floating Absorber dengan sistem HPTO Silinder Ganda dan Silinder Tiga dalam mengkonversi energi gelombang laut menjadi energi listrik secara efisien dan efektif.

Renewable energy is a breakthrough that utilizes naturally replenished sources and has a lower environmental impact compared to conventional energy sources like coal, oil, and natural gas. With over 70% of the Earth's surface covered by oceans, wave energy is a significant and abundant renewable resource worldwide. Indonesia, with its extensive coastline and strategic location between the Indian and Pacific Oceans, holds substantial potential for harnessing wave energy.
This research focuses on designing and analyzing variations of the Hydraulic Power Take-Off (HPTO) system using MATLAB/Simscape and Simulink simulations. Parameter optimization is conducted through the Response Optimizer feature. The study aims to compare the performance of double-cylinder and triple-cylinder HPTO designs using the Sequential Quadratic Programming (SQP) method.
The results of this research are expected to enhance the understanding of the relationship between HPTO components and the impact of hydraulic motor variations on the overall performance of the HPTO system. The goal is to provide design parameter recommendations following system optimization. This research aims to further optimize the application of Single Point Floating Absorber-type Wave Energy Converters (WEC) with double-cylinder and triple-cylinder HPTO systems for efficient and effective wave energy conversion into electrical power.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Ainun Nazzrin Chuzain
"Studi ini mempelajari pemanfaatan energi terbarukan menggunakan Wave Energy Converter dengan   floating absorber dalam memanfaatkan energi gelombang laut. Penelitian ini melibatkan kinematika silinder dan hidrodinamika pada badan floating absorber dengan menerapkan teori aliran potensial, serta mengevaluasi pengaruh dari variasi rasio diameter dengan draft yang berbeda. Boundary element method menggunakan simulasi Ansys Aqwa. Selanjutnya, penelitian ini menganalisis Respons Amplitude Operator (RAO) dan gaya hidrodinamika dengan variasi draft untuk menentukan desain yang optimal. Hasil analisis menunjukkan bahwa rasio lengan WEC terhadap silinder hidrolik memiliki nilai 1,23 dan variasi draft floating absorber yang optimal adalah 1,00 dengan mepertimbangkan karakteristik gelombang.

This study studies the utilization of renewable energy using a Wave Energy Converter with a floating absorber in utilizing ocean wave energy. This study involves cylinder kinematics and hydrodynamics of the floating absorber body by applying potential flow theory, as well as evaluating the effect of variations in diameter ratio with different drafts. Boundary element method using Ansys Aqwa simulation. Furthermore, this study analyzes the Amplitude Operator Response (RAO) and hydrodynamic forces with variations in draft to determine the optimal design. The results of the analysis show that the ratio of the WEC arm to the hydraulic cylinder has a value of 1.23 and the optimal variation of the floating absorber draft is 1.00 taking into account the wave characteristics"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library