Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sychev, Victor Feodorovich
Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Dep. Agama RI, 2008
297.598 SYC i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Bilgrami, K.S.
New Delhi: Today & Tomorrow's Printers & Publishers, 1979
R 571.295 BIL f I
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Asy-Syeikh Abdurrauf As-Singkily
Banda Aceh: Lembaga Naskah Aceh (NASA), 2015
091.598 11 ASY m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jalaluddin At-Tarusani
Banda Aceh: Lembaga Naskah Aceh (NASA), 2015
091.598 11 JAL s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Malaysia: university of Malaya Press, [date of publication not identified]
346.015 IMP (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Kuala Lumpur : University of Malaya Press, 2009
346.015 IMP (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Farras Hadyan
Abstrak :
Pelayanan rekam medis rawat inap merupakan salah satu aspek penilaian mutu yang tercermin dalam kualitas dokumen rekam medis  dan pengelolaannya di bagian unit rekam medis. Terdapat empat indikator sasaran mutu rekam medis yang harus dipenuhi dalam pelayanan yaitu kelengkapan, keakuratan, ketepatan waktu pengembalian, dan pemenuhan persyaratan hukum. Hasil evaluasi bulanan URM RS Muhammadiyah Taman Puring (RSMTP) menunjukan persentase kelengkapan resume medis pada Bulan November 2021 yang masih rendah (32,10%). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan mutu rekam medis pasien rawat inap di RSMTP Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif observasional dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang menggunakan kerangka analisis sistem input-process-output. Subjek penelitian ini merupakan profesional pemberi asuhan dan pihak yang terlibat dalam fungsi pengelolaan dan pengawasan rekam medis, sedangkan objek penelitian adalah rekam medis rawat inap Bulan Mei 2022 sebanyak 103 sampel. Hasil penelitian menunjukan output berupa persentase rekam medis yang bermutu baik adalah sebesar 33%. Terkait dengan hasil tersebut, terdapat beberapa kendala pada komponen input dan process seperti kurangnya ketersediaan SDM rekam medis yang sesuai kompetensinya, belum tersosialisasinya SOP dan kebijakan terkait pengisian rekam medis, alur pendaftaran pasien yang belum tersedia, hingga fungsi pemantauan dan evaluasi yang belum berjalan dengan baik. ......Inpatient medical record service is one aspect of quality assessment which is reflected in the quality of medical record documents and their management in the medical record unit. There are four indicators of the quality of medical records, cosist of completeness, accuracy, timeliness of returns, and fulfillment of legal requirements. The results of the monthly MRU evaluation of the Muhammadiyah Taman Puring Hospital (RSMTP) show the percentage of complete medical resumes in November 2021 are still low (32.10%). The purpose of this study was to determine the factors associated with the quality of medical records of inpatients at RSMTP South Jakarta. This study uses a descriptive observational study with qualitative and quantitative approaches that use a system analysis framework. The subjects of this study were professional care provider and parties involved in the function of managing and supervising medical records, while the object of research was inpatient medical records in May 2022 with 103 samples. The results showed that the output in the form of the percentage of good quality medical records was 33%. Related to these results, there are several obstacles in the input and process components such as the lack of availability of medical record human resources according to their competence, the lack of socialization of SOPs and policies related to filling out medical records, the patient registration flow that is not yet available, to the monitoring and evaluation function that still need improvement.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Deviriyanti Agung
Abstrak :
Kepuasan pasien adalah indikator penting dalam menilai kualitas pelayanan kesehatan. Pasien cenderung menilai kualitas pelayanan berdasarkan pengalaman mereka, termasuk interaksi dengan tenaga medis, kemudahan akses, dan tingkat kenyamanan yang mereka rasakan. Pasien yang merasa puas dengan pelayanan memiliki kemungkinan lebih besar untuk mematuhi pengobatan yang direkomendasikan dan tindakan medis yang diperlukan. Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah melakukan survei kepuasan masyarakat kepada pengguna layanan dengan mengukur kepuasan masyarakat pengguna layanan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui analisis hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien Poliklinik Obstetri dan Ginekologi di Rumah Sakit Muhammadiyah Taman Puring. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif observasional dengan pendekatan kuantitatif dengan cara potong lintang (cross sectional). Subjek penelitian ini merupakan pasien Poliklinik Obstetri dan Ginekologi di Rumah Sakit Muhammadiyah Taman Puring yang berusia ≥ 18 tahun yang merupakan pasien baru maupun pasien lama, namun bukan merupakan pasien rujukan dari poliklinik lain dengan jumlah sampel sebanyak 99 responden yang akan mengisi instrumen penelitian berupa kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan kualitas pelayanan pada dimensi tangible (p value sebanyak 0,000); dimensi empathy (p value sebesar 0,000); dimensi reliability (p value sebesar 0,000); dimensi responsiveness (p value sebesar 0,000); dimensi assurance (p value sebesar 0,000) terhadap kepuasan pasien. ......Patient satisfaction is an important indicator in assessing the quality of health services. Patients tend to judge the quality of care based on their experiences, including interactions with medical personnel, ease of access, and the level of comfort they feel. Patients who are satisfied with services are more likely to comply with recommended treatment and necessary medical procedures. One of the efforts that must be made to improve public services is to conduct community satisfaction surveys for service users by measuring the satisfaction of service users. The purpose of this study was to analyze the relationship between service quality and patient satisfaction at the Obstetrics and Gynecology Polyclinic at Muhammadiyah Hospital Taman Puring. This research uses a descriptive observational study with a quantitative approach using a cross-sectional method. The subjects of this research were patients from the obstetrics and gynecology clinic at Muhammadiyah Taman Puring Hospital aged ≥ 18 years who were new or existing patients, but were not referred patients from other polyclinics with a sample size of 99 respondents who would fill out the research instrument in the form of a questionnaire. The result shows that there is a relationship between service quality in the dimension of tangible (p value of 0.000); empathy (p value of 0.000); reliability (p value of 0.000); responsiveness (p value of 0.000); assurance (p value of 0.000) on patient satisfaction.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library