Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sianturi, Devianna
Abstrak :
Pengiriman produk ke pelanggan sangat penting bagi perusahaan karena menyangkut kredibilitas dan realibilitas. Pengiriman yang tepat kepada pelanggan dapat memberikan hasil kepada kepuasan pelanggan. Oleh karena itu diperlukan Penjadwalan rute kunjungan yang tepat ke pelanggan. Penjadwalan dan rute kunjungan ke pelanggan merupakan permasalahan yang penting pada Distributor Depok produk minuman susu pada PT. X. Penentuan penjadwalan dan rute kunjungan ke setiap pelanggan yang dilakukan selama ini belum memiliki prosedur atau langkah yang baku dan jelas. Hal ini menyebabkan beberapa permasalahan, di antaranya: (1) adanya kunjungan ke pelanggan sedangkan pelanggan tidak membutuhkan kunjungan tersebut, sebaliknya (2) tidak adanya pasokan produk ke pengecer menyebabkan tertundanya kebutuhan pasokan produk ke pengecer. (3) rute yang dilalui belum memperhatikan jarak tempuh. Ketiga permasalahan ini mcmberikan pengaruh terhadap peningkatan ongkos transportasi yang harus dikeluarkan oleh distributor Depok. Penjadwalan dan rute kunjungan yang tepat diharapkan dapat memberikan total ongkos transportasi yang minimal. Permasalahan penjadwalan dan rute kunjungan pada penelitian ini merupakan Periodic Vehicle Routing Problem (PVRP). Kriteria performansi yang digunakan adalah total ongkos transportasi dalam satu periode. Penentuan rute kunjungan menggunakan algoritma Saving dengan versi paralel sebagai metode konstruksi dan menggunakan Local-Search sebagai metode perbaikan dari metode konstruksi. Hasil penelitian menunjukkan penurunan total ongkos transportasi pada sistem aktual terhadap metode konstruksi sebesar 25.8 %, dan terhadap metode perbaikan sebesar 46.2 % sedangkan penurunan total ongkos transportasi metode konstruksi terhadap metode perbaikan sebesar 28.3 %.
Product shipment to customers is very important for the company since it has a very close relationship with credibility give a good result to customers satisfaction. The scheduling and visit route to the customers is an important problem in Milk Drink Product in PT. X. The scheduling and visit route decision to every customer that is made still does not have a standard and clear procedure or step yet. This case causes some problems among others: (1) there is visit to the customer but the customer does not need the visit, (2) there is no product supply to retailer that causes the product supply need to retailer is delayed, (3) the route that is passed does not pay attention to the radius get, These three problems give an influence to the increase of transportation charges that has been given by Depok distribution. An exact scheduling and visit route is hoped to give a minimum transportation charges. The problem of scheduling and visit route in this research is Periodic Vehicle Routing Problem (PVRP). Performance criterion that is used is a total transportation charges in a period. The visit route decision by using Saving Algorithm with parallel version as a construction method and using Local-Search as a preparation method from construction method. The result of this research shows a discharges in total transportation charges in the actual system toward construction method as large as 25,8 % and toward the improvement method as large as 46,2 %, but there is a discharges in total Transportation charges of construction method toward the improvement method as large as 28,3 %.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16877
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ritonga, Din Aswan Amran
Abstrak :
Tingkat persaingan yang semakin kompleks pada era informasi, dibutuhkan kemampuan perusahaan untuk dapat mengeksploitasi dan memobilisasi aset-aset yang tidak berwujud disamping aset-aset berwujudnya. Salah satu alat bantu pengukuran kinerja yang dapat mengakomodasi tuntutan perubahan yang terjadi adalah Balanced Scorecard yang menggunakan empat perspektif dalam mengukur kinerja suatu perusahaan, yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. PT. X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri kemasan, khususnya kemasan fleksibel, selama ini masih bergantung pada pengukuran kinerja secara parsial, belum representatif dan komprehensif. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba melakukan pengukuran dan analisa kinerja dengan menggunakan metode Balanced Scorecard. Analisa yang dibuat berdasarkan penerjemahan visi dan misi perusahaan kepada masing-masing perspektif yang ada pada Balanced Scorecard. Dari hasil pengukuran terhadap 21 KPI, diperoleh hasil 11 KPI tidak mencapai target dan 10 KPI mencapai target. Berdasarkan hasil analisa kinerja dirumuskan inisiatif strategis perusahaan, perspektif keuangan dirumuskan tiga inisiatif strategis, perspektif pelanggan 2 inisiatif strategis, perspektif proses bisnis internal 2 inisiatif strategis dan 2 inisiatif strategis untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.
The competition level which is too complex in this revolution of information era that happen nowadays required companies to have competitive specialization that extremely dependent on their ability to mobilize and exploit intangible asset beside tangible asset. One of the performance measurement tools that can accommodate of occurring changes is the Balanced Scorecard which uses four perspective in measuring the performance of the company, which are financial perspective, customer perspective, internal business perspective and learning and growth perspective. PT. X is a company which run in packaging industry, especially flexible packaging, which until now still depends on partial performance measurement, that is not representative and comprehensive enough, so this research tries to measure and analyze company's performance using Balanced Scorecard, based on the company vision and mission into each perspective. The results of measurement 21 KPI's are 10 KPI's, above the target and 11 KPI's below the target, Based on the Performance analyses, Initiative strategic are formulated as company initiative strategic, which is three initiative strategic on financial perspective, two initiatives strategic on customer perspective, two initiative strategic on internal business process and two initiative strategic on learning growth perspective.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16864
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library