"
ABSTRAKKarya ilmiah ini menganalisa karya-karya seni Nam June Paik yang mencakup berbagai instalasi, patung,
pertunjukan, dan video. Diinformasikan oleh gagasan `posthuman sibernetis` seperti yang diusulkan oleh N.
Katherine Hayles dalam How We Became Posthuman, sebuah konsep yang dirinya dibangun di atas teori
sibernetika Norbert Wiener, karya tersebut mencoba untuk menghubungkan teori-teori posthumanis tentang
dematerialisasi, rematerialisasi, perwujudan, dan virtualitas dari perspektif sibernetika ke `teknologi manusiawi`
Nam June Paik sebagai karya seni. Karya ilmiah ini kemudian membahas pendekatan visual dan konseptual
Paik serta filosofinya terhadap teknologi-khususnya hubungan antara teknologi dan tubuh, dan persimpangan
teknologi dan budaya-pandangan utopis yang saya ambil dalam mempertimbangkan kembali hubungan kita
sendiri dengan teknologi dalam konteks media digital saat ini, dengan tujuan untuk menawarkan sikap yang
lebih optimis terhadapnya.
ABSTRACTThis paper examines the installations, sculptures, performances, and videos that make up Nam June Paik`s
(1932-2006) body of work. Informed by notions of the `cybernetic posthuman` as proposed by N. Katherine
Hayles in How We Became Posthuman, a concept which in turn is built upon Norbert Wiener`s cybernetic
theory, it attempts to relate posthumanist theories of dematerialisation, rematerialisation, embodiment, and
virtuality from a cybernetic perspective to Nam June Paik`s `humanised technology` as art. It then discusses
Paik`s visual and conceptual approach and his philosophy towards technology-particularly the relationship
between technology and body, and the intersection of technology and culture-a utopian view that I take in
reconsidering our own relationship with technology in today`s digital media context, in hopes of offering a more
optimistic attitude towards it."