Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Elin Pike Rusadhi
"Untuk mengatasi kemacetan dengan segera, beberapa kota memilih untuk mengadakan infrastruktur busway daripada infrastruktur kereta api. Pengadaan infrastruktur transportasi seharusnya diikuti dengan peningkatan harga lahan di wilayah sekitar. Terdapat perdebatan apakah peningkatan harga lahan akibat infrastruktur busway setara dengan infrastruktur kereta api.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengukur dampak Transjakarta terhadap harga lahan kelurahan-kelurahan di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan data panel. Variabel keluaran adalah harga lahan dalam 3 (tiga) tahun; 2013, 2014, dan 2015. Terdapat 2 (dua) treatment dalam penelitian ini; yaitu pengadaan busway koridor 12 dan perpanjangan koridor 2.
Penelitian ini menggunakan pendekatan difference-in-difference dan juga estimasi score matching yaitu Nearest Neighbor Matching. Studi ini menemukan bahwa pengadaan busway baru akan meningkatkan harga lahan sekitar 20 – 30 persen. Kuantitas ini cukup besar namun cukup masuk akal. Karena itu adalah benar jika dampak busway setara dengan kereta api. Manfaat yang besar ini dapat digunakan untuk mendorong peran serta swasta dan publik dalam membantu pembiayaan pengadaan infrastruktur busway.

To immediately curb severe traffic congestion, some cities choose to establish bus rapid transit (BRT) infrastructure over rail-transit. New establishment of transportation infrastructure should be followed by the increases of land value. There have been debates whether the increases on land value because of BRT establishment are on par of railway investments.
This study mainly intents to determine the impact of TransJakarta BRT on land value of sub-districts in DKI Jakarta Province. The research utilizes panel data. Outcome variable is land value in 3 (three) years; 2013, 2014, and 2015. There are two treatments in this thesis. They are installation of BRT route 12 and installation of extension of BRT route 2.
This study utilizes difference-in-difference approach as well as score matching estimation namely Nearest Neighbor Matching (NNM). The research found that the new installation of BRT causes land value to increase around 20 – 30 percent. This magnitude is high. Hence it is correct to say that BRT impact on land value is on par with other transportation establishment such as railway. Its apparent benefit to land value can be used as basis to encourage more private and public-sector involvement in helping to fund the BRT installation.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T52021
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putut Purwandono
"ABSTRAK
Tesis ini membahas dampak masuknya maskapai berbiaya murah low-cost carrier terhadap perubahan jumlah penumpang internasional pada rute-rute penerbangan internasional di kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur. Dengan memanfaatkan data dari 30 bandara internasional di Asia Timur dan Asia Tenggara serta analisis fixed-effect, penelitian ini mampu membuktikan bahwa masuknya maskapai tersebut mampu meningkatkan jumlah penumpang internasional secara signifikan. Namun demikian, dampak positif ini akan sedikit terkoreksi ketika jarak antara bandara asal dan bandara tujuan semakin jauh. Penelitian ini juga menemukan bahwa bertambahnya jumlah maskapai berbiaya murah pada rute-rute internasional jarak pendek mampu meningkatkan jumlah penumpang dengan signifikan

ABSTRACT
This master thesis studies the impact of low cost carrier LCC on the change of international air passenger movements in Southeast Asia and East Asia. By using data of 30 major international airports in Southeast Asia and East Asia and employing fixed effect model, this research is successful in finding the fact that LCC entry causes number of international air passenger to increase significantly. This impact however, is moderated as distance between origin and destination airports becomes longer. Furthermore, it is found that additional LCC company is effective to increase number of international air passenger for relatively short distance route"
2016
T47502
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Krisianto
"ABSTRAK
Dengan menggunakan kasus elektrifikasi di Kepulauan Seribu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dampak elektrifikasi terhadap kesejahteraan masyarakat dengan mengevaluasi dampaknya terhadap pengeluaran rumah tangga. Pada Februari 2008, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan mendapat aliran listrik PLN untuk pertama kalinya melalui sambungan kabel listrik bawah laut dari Jakarta. Selanjutnya pada tahap kedua, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara mendapat jaringan listrik PLN pada Februari 2012. Pelaksanaan elektrifikasi secara bertahap tersebut, secara tidak langsung menciptakan kelompok treatment dan control yang ideal untuk dilakukannya penelitian evaluasi dampak elektrifikasi.Penelitian ini menggunakan metode Difference in Difference dimana Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan digunakan sebagai treatment group dan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara sebagai control group. Tahun 2007 dipilih sebagai periode awal penelitian dan periode lanjutan adalah tahun 2008 sampai 2011. Hasil regresi menunjukkan bahwa elektrifikasi mengakibatkan dampak signifikan terhadap pengeluaran rumah tangga khususnya pada tahun pertama dan kedua setelah elektrifikasi. Elektrifikasi meningkatkan pengeluaran rumah tangga total, makanan dan bukan makanan. Sedangkan pengeluaran transportasi turun signifikan. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa elektrifikasi dapat meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat yang ditunjukkan oleh peningkatan pengeluaran rumah tangga.

ABSTRACT
By using the electrification cases in Seribu Islands Regency, this research tries to analyze the impact of small islands electrification on community 39 s welfare by evaluating the household expenditures. In February 2008, the Indonesian South Seribu Islands district enjoyed its first electricity connection via submarine cables from the main island Jakarta. In a second stage, the North Seribu Islands district also got a submarine power connection in February 2012. Since the electrification is done gradually, it creates an ideal treatment and control group for impact evaluation methodology.This paper uses Difference in Difference method using the South Seribu Islands district as a treatment group, and the North Seribu Islands district as a control group. 2007 was selected as the baseline period with the follow up period from 2008 to 2011. The regression result shows that electrification gives a significant impacts on household expenditures particularly in the first two year after electrification. It increases the total, food, and nonfood expenditure. At the same time, the household expenditure for transportation purposes drop significantly. From these results, we may conclude that electrification can increase the community economic activity which is showed by the increasing of household expenditure"
2016
T47497
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library