Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Geraldin Christina
Abstrak :
ABSTRAK
Pergeseran peran konsumen dan kemajuan teknologi informasi berbasis internet memberikan jalan sekaligus memacu pemilik bisnis dan pemasar untuk terus menerus memperbarui strategi pemasarannya. Saat ini peran produsen dan konsumen tidak lagi terpisah dalam hal penciptaan nilai. Nilai suatu produk diciptakan bersama oleh produsen dan konsumen melalui integrasi sumber daya dan penerapan kompetensi, atau yang lebih dikenal dengan value co-creation. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh experiential marketing dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap kepuasan dan niat beli konsumen dalam konsep value co-creation. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan membagi responden menjadi empat kelompok dengan kombinasi treatment yang berbeda. Penelitian diikuti oleh 120 responden yang dipilih secara acak dan melakukan penelitian di wilayah Jabodetabek. Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan independent sample t-test untuk melihat perbedaan rata-rata kepuasan dan niat beli konsumen di masing-masing kelompok beserta signifikansinya. Hasil analisis dengan metode uji t mendapatkan bahwa kombinasi treatment yang menghasilkan tingkat kepuasan dan niat beli konsumen paling tinggi adalah kombinasi experiential marketing tinggi dan persepsi kemudahan penggunaan tinggi. Namun dari hasil pengujian lebih lanjut, ditemukan bahwa treatment penjelasan secara lisan pada variabel persepsi kemudahan penggunaan justru menurunkan tingkat kepuasan dan niat beli konsumen.
ABSTRACT
The shifting of customers’ role and the proliferation of internet-based information technology have facilitated and triggered the business to continuously improve their marketing strategy. Now value creation cannot be separated between producers and consumers. Through the integration of resources and competencies producer and customer co-create the value. This phenomenon is known as value co-creation. This research is aimed to explore the effect of experiential marketing and perceived ease of use (PEOU) on customer satisfaction and customer purchase intention within value co-creation setting. This research uses experimental methodology by grouping the respondences into four group of different treatment. The research uses 120 randomly-chosen samples from Jabodetabek area. The data then be tested using independent sample t-test to measure the difference of mean satisfaction and mean purchase intention between different group. T-test measurement shows that the group of high experiential - high PEOU results highest satisfaction and purchase intention level among other groups. In addition, further research shows that treatment by oral explanation decreases the level of customer satisfaction and customer purchase intention.
2014
S54154
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Viensa Pradipta
Abstrak :
Kemajuan pesat di bidang teknologi mobile dan devices telah membuat mobile banking menjadi sangat penting dalam mobile commerce dan jasa finansial di Indonesia. Menggunakan innovation diffusion theory dan knowledge-based trust, penelitian ini mengembangkan sebuah model penelitian untuk menganalisis pengaruh dari innovation attributes (perceived relative advantage, ease of use dan compatibility) dan knowledge-based trust (perceived competence, benevolence dan integrity) terhadap attitude dan behavioral intention untuk menggunakan mobile banking. Berdasarkan survei dari 150 orang responden, penelitian ini menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menginvestigasi model penelitian. Hasil pengolahan data mengindikasikan jika perceived compatibility, competence, benevolence and integrity secara signifikan mempengaruhi attitude, dimana secara langsung mempengaruhi behavioral intention untuk menggunakan mobile banking.
Rapid advances in mobile technologies and devices have made mobile banking increasingly important in mobile commerce and financial services in Indonesia. Using innovation diffusion theory and knowledge-based trust literature, this study develops a research model to examine the effect of innovation attributes (perceived relative advantage, ease of use and compatibility) and knowledge-based trust (perceived competence, benevolence and integrity) on attitude and behavioral intention about using (or continuing to use) mobile banking across customers. Based on a survey of 150 participants, this study uses a structural equation modeling approach to investigate the research model. The results indicate that perceived compatibility, competence, benevolence and integrity significantly influence attitude, which in turn lead to behavioral intention to using (or continue-to-use) mobile banking.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44520
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Goretti Ajeng Roehdiani
Abstrak :
Skripsi ini membahas mengenai bagaimana functionality dan usability mampu menjelaskan information phrase, agreement phrase, dan settlement phrase sebagai tiga tujuan utama website. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan responden konsumen www.agoda.com dan www.rajakamar.com yang pernah berkunjung ke websitenya dalam 12 bulan terakhir. Kuisioner yang disebar sebanyak 250 kuisioner untuk 250 responden. Responden ditanya mengenai bagaimana pengaruh variabel-variabel tersebut pada website www.agoda.com dan www.rajakamar.com. Model penelitian yang digunakan merupakan gabungan antara penelitian Bai, Law, dan Wen (2008) mengenai The Impact of Website Quality on Customer Satisfaction and Purchase Intentions: Evidence from Chinese Online Visitors dan Chiou, Lin, dan Perng (2011) mengenai A Strategic Website Evaluation of Online Travel Agencies. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dua variabel yang diteliti, yaitu functionality dan usability mampu menjelaskan variabel information phrase, agreement phrase, dan settlement phrase. Saran untuk penelitian ini adalah saluran distribusi online yang digunakan lebih banyak dan variabel yang diteliti juga lebih banyak, serta penyebaran kuisioner bisa melalui offline.
This essay discusses the functionality and usability of how explain the information phrase, agreement phrase and settlement phrase as three main objectives website. This research is a quantitative research with www.agoda.com and www.rajakamar.com respondents who've been to the website in the last 12 months. Questionnaires were distributed 250 questionnaires to 250 respondents. Respondents were asked about how the influence of these variables to the website www.agoda.com and www.rajakamar.com. The model used in this research is a combination of research Bai, Law, and Wen (2008) about The Impact of Website Quality on Customer Satisfaction and Purchase Intentions: Evidence from Chinese Online Visitors and Chiou, Lin and Perng (2011) about A Strategic Website Evaluation of Online Travel Agencies. These results prove that the two variables studied, the functionality and usability can explain the information phrase, agreement phrase and settlement phrase. Suggestions for this study is the online distribution channels are being used more also studied variables are many, and can be spread through offline questionnaires.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45593
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Melantthika Rosni Andriana
Abstrak :
ABSTRAK
Perilaku belanja kompulsif dewasa ini menjadi salah satu topik menarik bagi sejumlah peneliti di bidang konsumsi maupun bidang pemasaran. Karena dianggap sebagai akibat dari materialisme dan dampak buruk dari konsumerisme. Alasannya, karena kedua hal tersebut berpengaruh sangat serius, baik itu secara perseorangan maupun bagi publik. Perilaku compulsive buying dapat diakibatkan dari beberapa faktor. DeSarbo dan Ewards (1996) membagi dua faktor yang memengaruhi seseorang untuk berperilaku compulsive buying yaitu predispostional factors dan circumstansial factors. Menggunakan aplikasi Lisrel sebagai pengolah data, Emosi yang terdiri dari image consciousness dan compulsive spending berpengaruh signifikan terhadap materialism yang dilakukan pengguna sebagai mediasi untuk mempengaruhi dorongan untuk membeli maupun mempengaruhi dorongan untuk berbelanja sehingga dapat menciptakan sifat compulsive buyer. Hal ini didukung dengan nilai t-value yang sama tinggi antara image consciousness, materialism dan compulsive spending . Sifat materialism tidak terlalu berpengaruh signifikan terhadap credit card usage yang dilakukan pengguna karena orang yang memiliki sifat matrealistik tidak selalu memiliki kecenderungan untuk memakai kartu kredit untuk pemuas kebutuhan pribadinya.
ABSTRACT
Compulsive buying today become one of the topics of interest to a number of researchers in the field of consumer and field marketing. Since it is considered as a result of the adverse effects of materialism and consumerism. The reason is, because both of these are very serious effect, either individually or for the public. Compulsive buying behavior can result from several factors. DeSarbo and Ewards (1996) divides the two factors that influence a person to behave compulsive buying are predispostional factors and circumstansial factors. Using Lisrel applications as data processor, Emotions which consists of image consciousness and compulsive spending a significant effect on a user's materialism as mediation to influence or affect the urge to buy an urge to shop so it can create compulsive nature of the buyer. This is supported by the value of the t-value is equally high among image consciousness, materialism and compulsive spending. The nature of materialism is not too significant effect on credit card usage as the user who made the matrealistic properties do not always have the tendency to use credit cards for satisfying personal needs.
2014
S53597
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Beti Agustina
Abstrak :
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Average Collection Period, Inventory Turnover in Days dan Average Payable Period terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur listed BEI tahun 2010-2011. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Average Collection Period, Inventory Turnover in Days dan Average Payable Period terbukti berpengaruh negatif secara signifikan terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur di Indonesia. Melalui hasil yang diperoleh, sangat disarankan bagi perusahaan ? perusahaan terbuka di Indonesia untuk lebih memperhatikan dan serius dalam perihal pengelolaan modal kerja perusahaan, dimana terbukti dapat membantu dalam meningkatkan profitabilitas perusahaan. ......This study aims to examines the Influence of Average Collection Period, Inventory Turnover in Days and Average Payable Period on Manufacturing Firm?s Profitability, Evidence from Indonesia listed manufacturing company 2010-2011. The findings indicate that Average Collection Period, Inventory Turnover in Days and Average Payable Period are negatively related to Manufacturing Firm?s Profitability. Thus, the results strongly suggest that working capital management practices work favorably to higher the manufaturing fim?s profitability.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46135
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Paruntung, Abigail Thyca
Abstrak :
UMKM memiliki peranan penting dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia. Oleh karena itu perlu diperhatikan faktor-faktor yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan bisnis dalam UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh skema, efikasi diri, ikatan sosial yang lemah, ikatan sosial yang kuat, mentor, dinamisme pasar, heterogenitas pasar, dukungan pasar terhadap Entrepreneurial Opportunity Recognition UMKM binaan Kementerian Koperasi dan UKM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan single cross-sectional. Data primer diperoleh melalui wawancara menggunakan kuesioner terstruktur dalam skala Likert yang kemudian dianalisis dengan metode regresi. Hasil analisis membuktikan bahwa skema, mentor, heterogenitas pasar dan akses pasar secara signifikan berpengaruh positf terhadap Entrepreneurial Opportunity Recognition. ......SME play an important role in the growth of the Indonesian economy. Therefore SME industry is needed to be addressed in order to have more understanding about the factors that are contributing towards its business growth. This study investigates the perceived importance of schema, self efficacy, weak ties, strong ties, mentor, market dynamism, market heterogeneity and market munificence to Entrepreneurial Opportunity Recognition in SME under State Minister For Cooperatives Small And Medium Enterprises. An empirical survey was conducted through a structured questionnaire in Likert scale which were analyzed by regression. The results of the analysis prove that schema, mentor, market heterogeneity and market munificence is positively related to Entrepreneurial Opportunity Recognition for SME's.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S47774
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Miranda Hasanah
Abstrak :
Perkembangan Internet yang pesat mendorong industri online content service tumbuh dengan cepat. Banyak aplikasi yang menyediakan akses untuk download musik digital melalui Smartphone, Tablet, MP4 Player, atau Personal Computer. Untuk dapat berhasil dalam menjual musik digital secara online, sangatlah penting untuk mengetahui alasan kenapa pelanggan mau atau tidak mau membayar untuk musik digital online. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa pengaruh persepsi nilai terhadap minat beli musik digital melalui iTunes Store dan menganalisa pengaruh kesadaran etis konsumen tentang pembajakan online terhadap ke dua variable tersebut. Dengan menggunakan aplikasi Lisrel sebagai pengolah data, perceived usefulness tidak terbukti memberikan pengaruh positif terhadap perceived value. Perceived of enjoyment memberikan pengaruh positif signifikan terhadap perceived value. Technicality memberikan pengaruh positif yang tidak signifikan terhadap perceived value, Perceived fee memberikan pengaruh negatif signifikan terhadap perceived value. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa persepsi nilai memberikan pengaruh positif signifikan terhadap minat beli musik digital melalui iTunes Store dan pengaruh kesadaran etika diri konsumen yang tinggi tentang pembajakan online memberikan pengaruh positif signifikan terhadap persepsi nilai dan keinginan membeli musik digital di iTunes Store. ......The proliferation of the internet has encouraged the growth of online content service industry. There are lots of applications that provide access to download digital music through Smartphone, Tablet, MP4 Player, or Personal Computer. In order for the music digital to succeed, it is essential to understand why consumers are willing to pay for digital music online. The purpose of this study is to analyze the influence of perceived value and purchase intention in the context of digital music through iTunes Store and analyze the influence the ethical self-efficacy for online piracy with the other two variable. With Lisrel application to run the data, the result indicate perceived usefulness doesn’t have significant influence on perceived value, while perceived of enjoyment have significant influence on perceived value. Technicality doesn’t have significant influence on perceived value. Perceived fee have negative significant influence on perceived value. The result indicate that perceived value have significant influence on purchase intention in the context of music digital through iTunes Store and the ethical self-efficacy for online piracy have significant influence on perceived value and purchase intention.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53596
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lidhyananta Martdianasari
Abstrak :
ABSTRAK
Saat ini, terjadi perubahan perilaku konsumen dalam keputusan pembelian mereka yang lebih melihat pada persepsi atas brand dibandingkan realita produk tersebut. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan pola pikir dari product-blame menjadi brand-blame. Mengingat persepsi adalah hal yang sangat sensitif dan mudah berubah, maka brand orientation dapat menjadi pilihan strategi perusahaan untuk memenangkan konsumen, kompetisi dan pasar. Berdasarkan hal-hal tersebut, peneliti mengadakan penelitian mengenai brand orientation pada UMKM dan pengaruhnya terhadap kinerja keuangan UMKM. Penelitian ini menggunakan metode SEM. Kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini adalah brand orientation berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan UMKM.
ABSTRACT
Consumer behaviour has changed recently. Consumer base their decision of purchasing much more on their perception of the brand, other than the product reality. Mindset are shifting from product-blame to brand-blame. Because the nature of perception are very sensitive dan easily change, brand orientation can be strategic option for company to survive dan win the competition, consumer, and market. Therefore, researcher wants to study about brand orientation on MSMEs and it impacts on financial performance on MSMEs. Structural Equation Modelling Method was used. The study reveals that brand orientation has positif impact on financial performance on MSMEs.
2014
S54110
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library