Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Syafaruddin
Abstrak :
ABSTRAK
Proses pengecaran dengan menggunakcm telcanan tinggi banyal: dlpakai oleh industri pengecoran logam unfuk memprodulnsi berbagai macam komponen kenabraan bemzotor. Hal ini disebablran karena dapaz dipenuhirgya tuniutan kualitas produk seperti Ioleransi dimensi yang lrelai,.s1ffat lcelcuatan dan lazalitas pennukaan yang bail; serta rnemililci sgfat kelredapan yang iinggi. , `

Namun pada proses produksi dengan menggzmalcan metode ini sering airem ukan cacat yang dapat memxrunlran kualitas produk yang dihasilkan. IGn¢s~us unruk pradul: CHC Daihatsu Classy, cacat yang sering diremulcan adalah porositas pada Iubang pelepasan udara (pressure balancing system) . Untulr itu, dilalcukan penelitian berupa pengaturan paramerer pengecoran (FSSP, Vpl, Vp2, P intenszfkasi, dan T ceiakan) zmruk melihat qfekrgva terhadqp kondisi porositas, .Serra dilalcukan rhermal analysis casting untuk menganalisa laemungkinmr tezjadirgva cacar akibat lresalahan Iermal desainnya.

Dari hasil penelitian dikerahui bahwa porositas secara utama disebabkan oleh adanya udara yang redebalc yang disertai adanya shrinkage internal dalam jumlah sedilcir. Berdaarrkan analisa data yang dilakulran, caca! ini dapai ditanggulangi dengan rnengatur kondisi pengecoran lerutama unrul: Vpl, Vp2, dan P inrensqjikasi. Selain ilu, diumlkarz juga unrulc mendesain bentuk die yang barn, untuk rnengaiasi maialah porasitas secara Iebih baik.
1996
S41188
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Heryanto
Abstrak :
Pengecoran cetak tekanan tinggi merupakan metode pengecoran yang paling tepat digunakan untuk menghasilkan benda atau kamponen dalam jumlah besar yang memiliki kekuatan dan sifat kekedapan yang baik, toleransi dimensi yang ketat, hedinding tipis dan memiliki bentuk yang relatif rumit, serta kualitas permukaan yang tinggi. Tetapi, adanya cacat flow line pada produk coran menyebabkan kualilasnya berkurang, terutama kualitas permukaan dan sifot kekedapannya. Oleh karena itu perlu adanya penelitian juga menanggulangi cacat tersebut. Dari sekian banyak parameter yang ada, pengaturan parameter mesin, temperatur dies, dan dlsain sistem saluran masuk adalah parameter yang paling mungkin be1peugaruh terhadap cacal flow litw baik secara kualitas maupun kuantifas. Hasil penditian menunjukkan bahwa cacat flow line ini hisa ditanggulangi atau dikurangi keberadaannya dengan melakukan pengaluran parameter mesin dan sistem pendiuginan dies yang tepat lain itu. disain sistem saluran masuk yang baikjuga memegaug peranan yang sangat penting. Dengan diasumsi overflow, gate, dan runuer yang sesuai dengan karakterislik benda cor dan aliran logam cair saat pengisian, dapat diperoleh kualitas benda cor yang baik dan terhindar dari masalah cacat flow line.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S41184
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Heddyanto Tedjo
Abstrak :
ABSTRAK
Proses pengecoron cerokon permcmen Sebago! soloh so?tu merocio pengeoorun yung dlpergunokon doiom lndusfrf seccvo Iucrs fefutcmo dcfcm pembuoron komponen oromoril sepe/1! piston. Cetokon /ogomnyo mompu memberikon srmkfur coron yung ooik don oefxexumm lrnggl, cffscmpfng roleromi cttmensf yung cukup keror.

Dolom proses produksl plsfon disel 6D16, nllcl kekercrson merupokon sarah smu mcrsczloh yung cllhodcrpl dI!T?rOf}O GYUGDGY suofu vorfos' mio! kekercwn don terkcdcmg kekeroscrn prooifk Ieblh rendoh don* sfcndor kualhos yang dfferapkon. Coco? kekercsan fnlloh ycrlg Cfsebuf sebogcl kerrdcxkseilfclcn kekeroscn { hardness ou1}.

Parameter proszzs prodyksi berpomn panting dcfom memt>er!kcrn korczmerfs!/k coron, yung dldomlnos' ofeh ICQDCIFUSUFI srruktur merologrcrl yung tefbenfuk sefomo pemoekuan. T?.{7'1,CS&VUTfJf cerokon merupokon rokror penrfng yang mompu mengoengomhl rqfu pembekuon, yung dengan sencfrmya berpengoruh rerhodcrp korakferlsfik comm. Temperalur cetokon yung lfnggl okon memperrombut Icju pemoekuon don merongsnng remenrbxnyo kekcsoron srrukfur whlnggo menurunkcn kekevoson produk. Pengomrorl Ssfern pendlngln cefokun don wckru Sklus yung YGDGJ' dqoar cffrokukon unruk mengendcmcn femperorur cerokon dolam menghosilkan corcm dengon kuomw yung konston.
1996
S41183
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mochamad Djunaedi
Abstrak :
Outer tube merupakan salah satu komponen kendaraan roda dua, dimana pada aplikasinya memerlukan sifat mekanis yang baik dan bebas dari cacat. Proses pembuatan outer tube menggunakan pengecoran dengan metode gravity die casting. Dimana kualitas hasil pengecoran dipengaruhi oleh parameter proses pembuatannya. Pada penelitian ini temperatur cetakan Iogam dijadikan sebagai parameter penelitian. Kecenderungan cacat yang terjadi pada outer tube antara Iain misrun, retak , shrinkage dan udara terjebak_ Dan daerah yang mengalami cacat - cacat tersebut merupakan daerah - daerah dengan kemungkinan terbesar terjadinya cacat tersebut sesuai dengan teori yang teiah ada. Design dies merupakan salah satu dari penyebab cacat - cacat tersebut. Sedangkan sifat mekanis yang dihasilkan dari proses pengecoran ini tergantung dari kondisi - kondisi pengecoran yang dilakukan , tidak berhubuhgan dengan design cetakan outer tube.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S41167
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Dhammamitta Virya
Abstrak :
ABSTRAK
Penghalusan butir merupakan salah satu metode penguatan logam yang paling banyak diterapkan pada logam-logam ringan, seperti alumunium. Pada proses pengecoran, struktur halus dari logam tuang dapat diperoleh dengan cara memberikan unsur-unsur perangsang nukleasi ke dalam logam cair. Pada saat pembekuan, diharapkan unsur-unsur tambahan ini dapat bernukleasi awal dan membentuk inti bagi pertumbuhan kristal dari logam dasar.

Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh unsur titanim dan boron terhadap efektifitas penghalusan butir paduan Al-Si-Cu yang dipergunakan pada proses pembuatan outer tube. Salah satu komponen shock absorber (peredam kejut) kendaraan bermotor roda dua. Selanjutnya akan dilihat pula pengaruh penghalusan butir terhadap sifat cor dan sifat mekanis paduan aluminium tersebut. Dengan mengatur parameter proses, seperti waktu penahanan dan temperatur logam cair diharapkan akan terlihat parameter yang sesuai untuk memperoleh penghalusan butir yang optimal.
1996
S41189
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ridzqie Soegiharto
Abstrak :
ABSTRAK
Tidak adanya cacat merupakan suatu syarat yang harus dipenuhi pada produk under bracket, karena adanya suatu cacat menyebabkan produk rersebut ridak dapat dipasar- kan.

Cacat-cacat tersebut (udara terjebak, penyusutan dan titik panes) tidak dapat dihilangkan, oleh karena itu di!akukan anaiisa-analisa untuk menghilangkannya. Adapun analisa yang di!akukan adalah sebagaf berikut: a memvariasikan prosedur pengoperasian (temperatur/M , cair, Lemperatur cetakan, waktu penuangan). b. penyumbatan safuran udara pada benda cor. c. anafisa sfszem saluran.

Dari hasil analisa yang diiakukan disimpulkan bahwa cacat- cacat yang terjadf pada produk tersebut disebabkan oleh sistem saluran yang kurang sempurna, baik desain maupun dimensfnya.
1996
S41171
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahendra Kusherybowo
Abstrak :
ABSTRAK
Paduan Al-5| ACBA merupakan paduan yang banyak dlpakcl daldm produksl piston kendaraan bBflT\0fO|' karena momlllkl kekuatan yang ttnggl. dapat dllakukan prosss heat hoatment dan memtllkl koeltsten ekspansl thermal yang rendah. Salah satu lenls plston yang menggunakan paduan Int adatah piston gasoline typo DX 450.

Pada produksl plston DX 450 dengan metode glattty dle casting yang dllanlutkan dengan proses I6 temper, ttmbul suatu polmasalahan belupa coca! betook hltam yang tampak pada pormukaan piston. Caoat tetsebut tertadt pada 1 30 % produkst dan dlkhawatlrkan mernpengaruhl kekuatan mekants plston.

Hipotesa teqadtnya oacat adatah karena konsumsl phosfor yang bdleblh atau karena Iemperatur solution treatment yang tettalu ttnggl. Akan tetopl sotelah dllakukan penetlttan, lemyata kedua vartabet tefsebut bukan rnerupakan fuktor yang menentukan ttmbulnya cacat bercak hitam.
1996
S41209
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Samsu Romli
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S41163
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ervik Rinaldi
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S41162
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library