Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Furqon Rosyadi Wardhani
Abstrak :
Sejak pertama dikembangkan di awal 1970, jaringan komputer terus berkembang dengan pesat. Berbagai perubahan yang signifikan terlihat pada media koneksi, kecepatan dan kapasitas saluran. Semua dilakukan demi mencapai salah satu tujuan awal perkembangan jaringan komputer; file sharing. Pada saat yang sama, teknologi komputer pun sudah sedemikian mutakhir, dengan perkembangan ke arah pervasive computing. Dengan teknologi ini manusia akan senantiasa mendapatkan bantuan dan layanan dari komputer di sekitarnya, bahkan tanpa perlu menyadari keberadaan komputer-komputer tersebut. Pervasive computing secara kasat mata mempermudah aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari tanpa memerlukan interaksi langsung dari user. Hal ini dapat dicapai karena pada pervasive computing komputer seolah-olah memiliki indera sehingga dapat mengenali kebutuhan user dengan memahami context yang berlaku. Berbagai informasi yang dikumpulkan oleh indera ini diproses sehingga dapat memberikan hasil sesuai dengan keinginan user. Sistem semacam ini didefinisikan sebagai sistem pervasive computing yang, bersifat context-aware. OurClass merupakan suatu aplikasi teknologi pervasive computing yang bersifat context-aware. Sistem yang akan dirancang dalam skripsi ini diharapkan mampu mewarisi sifat-sifat pervasive sekaligus memperkuat implementasi OurClass dalam kelas dengan menawarkan otomatisasi pertukaran file antar-user. Konsep context-aware memegang peranan penting dalam sistem ini untuk menentukan file mana yang perlu dikirimkan pada seorang user. Sebagai sistem pervasive computing, otomatisasi file transfer ini akan terjadi secara invisible hanya membutuhkan interaksi sesedikit mungkin dari user. Skripsi ini juga membahas percobaan implementasi sistem OurClass di laboratorium Multimedia Mercator Fakultas Teknik Universitas Indonesia untuk mengetahui kinerjanya. Hasil yang diperoleh dalam percobaan ini diharapkan berguna untuk pengembangan lebih lanjut.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S40747
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudhi Kurniawan
Abstrak :
Aplikasi JAVA merupakan sebuah bahasa program yang bersifat open source dan multiplatform dapat digunakan untuk membangun suatu aplikasi klien server pada jaringan komputer di kampus sehingga bisa dimanfaatkan untuk akses data perkuliahan pada sistem pervasive. Sebuah user interface di buat untuk memudahkan pengguna untuk dapat mengakses data perkuliahan dengan batasan - batasan dan fungsi - fungsi yang diatur sesuai dengan hak akses dari pengguna, disini dibuat 2 jenis hak akses pengguna yaitu Dosen, dan Mahasiswa. RMI (Remote Method Invocation) adalah sebuah metode pada bahasa pemrograman Java untuk membangun aplikasi klien - server. Metode RMI digunakan dalam mernbangun Graphic User Interface akses data perkuliahan dengan dukungan database menggunakan MS SQL Server2000 dan server data menggunakan FTP server. Pada tiap - tiap login akan di cek kebenaran username dan password lain dilihat status pengguna pada database sehingga akan mendapatkan user interface yang berbeda beda sesuai dengan statusnya. Untuk mahasiswa akan mendapat tampilan user interface yang bisa melihat jadwal kuliah, download materi kuliah, dan upload tugas - tugas dengan batasan - batasan tertentu, sedangkan untuk tampilan user interface dosen dapat melakukan upload tugas dan materi kuliah.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S40201
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sigit Ramadhani
Abstrak :
Wireless LAN adalah sebuah istilah dalam teknologi jaringan yang menggunakan gelombang radio sebagai medianya. Penggunaan wireless LAN yang semakin pesat memunculkan banyak ide-ide baru maupun implementasi yang diterapkan pada jaringan. Salah satunya adalah ide pembuatan perkuliahan berbasis jaringan nirkabel yang dirancang dengan pendekatan pervasive computing. Rancangan sistem dilakukan menggunakan pemrograman client-server yang bersifat connection-oriented. Protokol TCP/IP digunakan sebagai standar komunikasi dalam pemrograman client-server. Untuk proses pengiriman file digunakan protokol FTP. Pembuatan software yang akan dipasang pada komputer klien dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java yang bersifat multiplatform. Java dipakai dalam pembuatan software baik di sisi client maupun disisi server. Pada server terpasang SQL Server dan sebuah FTP Server untuk melayani client-nya. Proses berjalan diawali dengan pencarian server oleh sebuah program agent dan dilanjutkan dengan proses otentikasi client terhadap server. Client kemudian dapat melakukan permintaan akan layanan yang disediakan oleh server yaitu upload atau download file melalui menu yang muncul. Menu yang digunakan oleh client dibuat untuk digunakan semudah mungkin. Adanya permintaan dari client akan ditindak-lanjuti oleh server dengan mengirimkan data atau file yang sesuai.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S40192
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Glory Alifa Puncuna
Abstrak :
Berkembangnya akses ke fasilitas kesehatan dan pesatnya perkembangan teknologi kesehatan berperan dalam meningkatnya populasi lansia. Para lansia kebanyakan tinggal secara mandiri karena masih dapat melakukan kegiatan sehari hari dengan baik. Namun bertambahnya usia membuat kesehatan melemah dan mudah terganggu sehingga membutuhkan pemantauan berkala dan teratur. Sistem pemantauan kegiatan dengan sensor yang terpasang di badan dapat mendeteksi berbagai kejadian mengganggu kesehatan lansia dan meminta bantuan. Penelitian ini mengembangkan prototipe perangkat wearable, tempat obat otomatis dan aplikasi android yang dapat mendeteksi kejadian jatuh, mengirimkan alert untuk meminta bantuan, dan membantu memberikan pengingat untuk meminum obat. Prototipe dibuat dan diuji dalam skala laboratorium. ......The increasing access to health facilities and the rapid development of health technology have contributed to the increase in the elderly population. Most of the elderly live independently because they can still carry out their daily activities properly. But deterioration of health usually happens when someone is getting older so that it requires periodic and regular monitoring. An activity monitoring system with sensors installed on the body can detect various events that interfere with the health of the elderly and ask for help. This research develops wearable device prototypes, automatic medicine containers and android applications that can detect falls, send alerts for help, and help provide reminders to take medicine. Prototypes are made and tested on a laboratory scale.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Valentinus
Abstrak :
Kegiatan operasional harian tempat-tempat publik terutama di Kampus Universitas Indonesia seperti kantin, ruang kelas, dan tempat lainnya selalu menghasilkan sampah setiap harinya. Sampah yang dihasilkan pun bermacammacam, dari organik maupun sampah anorganik. Kehadiran Laboratorium Parangtopo di UI sebagai pionir pengolahan sampah organik telah membuat sampah organik bernilai ekonomi yang menjanjikan. Maka dari itu, perlu ada sebuah mekanisme/sistem untuk melakukan pemantauan/pelacakan terhadap alur sampah dari hulu (awal sampah diproduksi) sampai ke hilir (sampah telah diterima Laboratorium Parangtopo) demi mengetahui kualitas sampah organik pada setiap tempat publik tersebut (misal fakultas teknik, fakultas hukum, dan lain-lain). Penelitian ini berfokus pada rancang bangun sistem pelacakan alur/supply chain sampah di UI menggunakan teknologi RFID dan perangkat IoT berupa ESP32. Metode penelitian melibatkan wawancara dan observasi langsung di Laboratorium Parangtopo, fakultas, dan ruang publik di Universitas Indonesia. Data yang dikumpulkan berupa jumlah sampah yang sedang dikirim ke Laboratorium Parangtopo dan meneruskan data tersebut ke server pusat di Laboratorium Parangtopo untuk pengolahan data lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dibangun berhasil mengimplementasikan teknologi RFID dan IoT dengan baik, dengan pengujian fungsional menunjukkan semua fitur berjalan sesuai harapan, pengujian kinerja menunjukkan jarak baca perangkat kurang dari 2 sentimeter serta kecepatan setiap fitur mengirim data ke server kurang dari 2 detik setelah pengujian sebanyak 40 kali untuk setiap fitur yang ada. ......The daily operational activities in public places, especially at the University of Indonesia campus such as cafeterias, classrooms, and other areas, always generate waste every day. The waste produced varies, including both organic and inorganic waste. The presence of the Parangtopo Laboratory at UI as a pioneer in organic waste processing has made organic waste economically promising. Therefore, a mechanism/system is needed to monitor/track the waste flow from upstream (the initial production of waste) to downstream (waste received by the Parangtopo Laboratory) to determine the quality of organic waste in each public place (e.g., the Faculty of Engineering, Faculty of Law, etc.). This research focuses on designing a waste flow/supply chain tracking system at UI using RFID technology and IoT devices such as the ESP32. The research method involves interviews and direct observations at the Parangtopo Laboratory, faculties, and public spaces at the University of Indonesia. The data collected includes the amount of waste being sent to the Parangtopo Laboratory and transmitting this data to the central server at the Parangtopo Laboratory for further data processing. The research results show that the system successfully implements RFID and IoT technology, with functional testing demonstrating that all features operate as expected, performance testing indicating a reading distance of less than 2 centimeters, and the speed of each feature sending data to the server being less than 2 seconds after 40 attempts of testing for each feature.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gregory Patrick Triditya
Abstrak :
Sistem pemantauan dan pemeliharaan pada mesin maupun alat dalam dunia industry telah berkembang begitu jauh. Di Indonesia terutama, sistem pemantauan dan pemiliharaan di bidang industry masih melek teknologi yang mengakibatkan kebanyakan perusahaan kelas menegah kebawah masih melakukan pemantauan dan pemliharaan sistem traditional. Dimana sistem pemantauan traditional ini membutuh seorang pekerjan untuk setidaknya datang on the spot ke mesin untuk di pantau melalu monitor yang tertempel pada mesin untuk melihat kondisi mesin langsung, bahkan untuk kelas bisnis yang lebih rendah masih membutuhkan alat lain (contoh volt meter) untuk mengetahui kondisi mesin tersebut. Di lain sisi, teknologi Augmented reality sedang trending setelah kemunculan game pokemon go yang menampil sebuah jenis interface baru yang bersifat real-time dan immersive. Teknologi interface yang baru ini yang menurut penulis dapat digunakan untuk menggantikan sistem monitoring traditional. Oleh karena itu pada skripsi ini penulis menggabungkan sebuah sistem yang menerapkan augmented reality sebagai interface dan processing data hasil olahan dari banyak sensor yang terintegerasi pada sebuah internet of things yang tersusun dalam mesin yang akan menyimpan data olahan tersebut kesebuah database. Untuk pengujian yang dilakukan pada skripsi ini meliputi kecepatan waktu respon keseluruhan aplikasi yang mencakup database dan image recognition dan juga usability dari aplikasi untuk menggantikan sistem monitoring traditional. Untuk metode pengambilan data yang digunakan ialah pengujian dan survei terhadap waktu respon kepada pengguna. Dari percobaan tersebut didapatkan waktu rata-rata respon untuk database sebesar 19.57 milisecond dan waktu respon untuk image recognition 0.93 second dengan tingkat usability aplikasi dengan nilai rata puas.
Monitoring and maintenance systems on machines and tools in the industrial world have developed so far. In Indonesia in particular, industrial monitoring and maintenance systems are still technology literate, which results in the majority of middle-class companies still monitoring and maintaining traditional systems. Where this traditional monitoring system requires a worker to at least come on the spot to the machine to be monitored through a monitor attached to the machine to see the condition of the machine directly, even for lower business classes still need other tools (eg volt meters) to find out the conditions the machine. On the other hand, Augmented reality technology is trending after the appearance of the Pokemon game which features a new type of interface that is real-time and immersive. This new interface technology which according to the author can be used to replace the traditional monitoring system. Therefore, in this thesis the author combines a system that applies augmented reality as an interface and processing of processed data from many sensors integrated in an internet of things arranged in a machine that will store the processed data into a database. For testing conducted in this thesis includes the overall response time speed of the application which includes a database and image recognition and also the usability of the application to replace the traditional monitoring system. For data collection methods used are testing and surveys of response time to users. From these experiments it was found that the average response time for the database was 19.57 milliseconds and the response time for image recognition was 0.93 second with the usability level of the application with the average value of satisfaction. Aug.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ian Joseph
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai bagaimana teknologi blockchain dapat diterapkan pada sistem rekam medis elektronik menggunakan Ethereum. Tujuan dari penggunaan teknologi blockchain pada sistem rekam medis elektronik adalah untuk menjaga integritas data rekam medis supaya tidak berubah. Blockchain dapat digunakan untuk menyimpan metadata dan hasil enkripsi dari rekam medis yang tersimpan di dalam database, dengan demikian rekam medis akan memiliki segel yang dapat digunakan untuk verifikasi keaslian data. Proses pada penelitian ini terdiri atas perancangan sistem rekam medis pada blockchain serta pengujian performa hardware yang digunakan untuk menjalankan blockchain. Pada tahap pengujian akan dilakukan analisa pengaruh jumlah load transaksi terhadap performa Hardware blockchain. Melalui hasil analisa, jumlah load transaksi pada satu waktu memberikan pengaruh terhadap performa CPU dan durasi elapse time untuk setiap transaksi. Jumlah load transaksi tidak memberikan pengaruh secara langsung terhadap performa RAM dan Disk I/O, dikarenakan terdapat faktor eksternal yang memberikan pengaruh lebih besar terhadap kedua komponen tersebut dibandingkan jumlah load transaksi.
This research discusses how blockchain technology can be applied to electronic medical record systems using Ethereum. The purpose of blockchain implementation into an electronic medical record system is to keep the data integrity from data changes that are not permitted. Blockchain can be used to store the metadata and encryption result of a medical record that is stored in a database; thus, the medical record will have a seal that can be used to verify its authenticity. This research consists of designing a medical record system based on blockchain and evaluating system performance to run the blockchain. During the testing phase, the effect of the number of load transactions will be analyzed with the performance of the blockchain system. Through the results of the analysis, the number of transaction loads at one time influences CPU performance and the duration of the elapsed time for each transaction. The transaction load amount does not directly affect RAM and Disk I/O performance, because several external factors have a more significant influence on both components than the number of transaction loads.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bagaskara Ghanyvian Istiqlal
Abstrak :
Kualitas tidur yang baik sangatlah penting untuk berbagai aspek kehidupan seperti kesehatan fisik, kesehatan mental, keselamatan, konsentrasi, performa, penyembuhan, dan lain-lain. Kualitas tidur tidak hanya mencakup aspek fisiologis, tetapi juga memperhatikan aspek mental seperti: kondisi setelah tidur, kepuasan dengan tidur, dan pengaruh pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini mengusulkan penggabungan data objektif yang berasal dari Fitbit dan kuesioner subjektif untuk mengklasifikasi kualitas tidur menggunakan K-Nearest Neighbor. Klasifikasi ini bertujuan untuk mempelajari fitur-fitur yang paling pengaruh dalam kualitas tidur. Data objektif yang berisikan data fisiologis dan aspek tidur terukur oleh Fitbit, serta data subjektif mengenai aspek mental, keduanya dijadikan fitur deskriptif dalam model. Analisa fitur yang paling berpengaruh dilakukan dari dua sudut pandang model, yaitu fitur target kualitas tidur subjektif dan fitur target kualitas objektif. Kedua model dilatih dengan serangkaian data preprocessing yang termasuk didalamnya terdapat seleksi fitur dan ekstraksi fitur. Seleksi fitur berbasis ANOVA F Test akan dibandingkan dengan ekstraksi fitur Principal Component Analysis (PCA) dan Neighborhood Component Analysis(NCA). Seleksi fitur ANOVA F-Test lebih baik dari PCA dan NCA dengan peningkatan skor sebesar 0,06-0,08 pada model objektif, dan 0,01-0,06 pada model subjektif. Skor terbaik terbaik dari model subjektif yaitu 0,52 dengan parameter jumlah fitur = 3 dan k-neighbors = 27. Skor terbaik terbaik dari model objektif yaitu 0,72 dengan parameter jumlah fitur = 7 dan k-neighbors = 4. Pada akhirnya, ditemukan 3 Fitur yang paling berpengaruh dalam klasifikasi subjektf, dan 7 fitur yang paling berpengaruh dalam klasifikasi objektif.
Good quality sleep is very important for various aspects of life such as physical health, mental health, safety, concentration, performance, healing, and others. Sleep quality does not only include physiological aspects, but also pay attention to mental aspects such as condition after sleep, satisfaction with sleep, and influence on daily life. This study proposes combining objective data from Fitbit and subjective questionnaires to classify sleep quality using K-Nearest Neighbor. This classification aims to study the features that have the most influence in sleep quality. Objective data containing physiological data and sleep aspects measured by Fitbit, as well as subjective data on mental aspects, are both used as descriptive features in the model. The analysis of the most influential features is carried out from two viewpoints of the model, namely the subjective sleep quality target feature and the objective quality target feature. Both models are trained with a series of preprocessing data which includes feature selection and feature extraction. ANOVA F Test based on feature selection will be compared with feature extraction of Principal Component Analysis (PCA) and Neighborhood Component Analysis (NCA). ANOVA F-Test feature selection is better than PCA and NCA with an increase in scores of 0.06-0.08 in the objective model, and 0.01-0.06 in the subjective model. The best score of the subjective model is 0.52 with the parameter number of features = 3 and k-neighbors = 27. The best score of the objective model is 0.72 with the parameter number of features = 7 and k-neighbors = 4. In the end, it was found 3 the most influential features in the subjective classification, and 7 the most influential features in the objective classification.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Juan Patrick
Abstrak :
Microcredential adalah rekam capaian pembelajaran kursus yang terakumulasi sesuai dengan kebutuhan industri. Salah satu penerapan microcredential di Indonesia adalah program Kartu Prakerja. Kartu Prakerja adalah semi bantuan sosial menyediakan pelatihan dan bantuan insentif setelah memperoleh sertifikat sebagai bukti yang telah menyelesaikan pelatihan. Proses penyaluran bantuan insentif masih dilakukan secara manual mengakibatkan pengerjaan tidak transparan, kehilangan data, dan membutuhkan waktu yang lama. Tugas akhir ini merancang dan membangun sistem rekam sertifikat berbasis web pada blockchain. Tujuan pembuatan proyek sistem rekam sertifikat adalah mengurangi risiko antara pihak Kartu Prakerja dan learner. Data sertifikat berisi informasi learner, trainer, dan kursus menghasilkan sertifikat pelatihan terverifikasi yang dapat diakses oleh pihak-pihak membutuhkan kredibilitas. Metode penelitian tugas akhir dilakukan dengan metode kuantitatif dan siklus pengembangan web aplikasi. Kegiatan tugas akhir menghasilkan smart contract dan web aplikasi yang siap dijalankan dan digunakan pengguna dalam proses mekanisme transaksi kursus mengadaptasi Kartu Prakerja. Evaluasi dilakukan untuk menguji kerja sistem rekam sertifikat pada web dan smart contract. Sistem rekam sertifikat menyimpan data-data sertifikat yang digunakan untuk menvalidasi sistem pembayaran kursus secara otomasi dan transparan diatur dalam smart contract. ......Microcredential is a record of course learning outcomes accumulated in accordance with industry needs. An application of microcredential in Indonesia is the Kartu Prakerja program. Kartu Prakerja is a semi-social assistance program that provides training and incentive benefits after obtaining a certificate as proof that they have completed the training. The process of distributing incentive assistance is manually performed resulting in non-transparency, data loss, and time consuming. This project designs and builds a web-based certificate record system on the blockchain. The purpose of this final project is to reduce the risk between the Kartu Prakerja and the learner. The system records data containing learner, trainer, and course information to produce verified certificates accessible to parties in need of credibility. The final project research method is carried out with quantitative approaches and software development cycles. Final results are smart contracts and web that can be used by users in the process of course transaction mechanisms adapting the Kartu Prakerja. Evaluation is conducted to test the certificate record system for the web and smart contract. The certificate record system stores certificate data that is used to validate the course payment system automatically and transparently regulated in the smart contract.
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bimo Arief Wicaksana
Abstrak :
Saat ini, Web telah menjadi salah satu infrastruktur yang paling umum digunakan melalui Internet. Oleh karena itu, Web Based Augmented Reality (Web AR) memiliki potensi besar untuk menjadi solusi Mobile AR lintas platform yang dapat digunakan secara luas. Akan tetapi, karena Web AR merupakan teknologi yang relatif baru, pengembangan untuk Web AR multi pengguna masih sangat terbatas. Dalam penelitian ini dilakukan rancang bangun dan evaluasi untuk sistem Web AR multi pengguna menggunakan Three.js, AR.js, Node.js dan Socket.io. Skenario pemesanan lahan real estate dipilih untuk memberikan konteks yang lebih familiar untuk penggunaan sistem, dengan tujuan untuk mengembangkan fitur identifikasi pengguna, sinkronisasi data, responsif, dan manajemen akses. Pengujian dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan pengujian kualitatif, sistem yang dikembangkan mendapatkan nilai 4 untuk kemudahan, 4,25 untuk kecepatan sinkronisasi berbasis peristiwa, dan 3,95 untuk kecepatan sinkronisasi berbasis streaming, 3,5 untuk performa, 4,7 untuk daya tarik, dan 4,77 untuk potensi. Adapun dari pengujian kuantitatif diketahui bahwa jumlah objek 3D pada lingkungan berbanding lurus dengan performa CPU dan GPU pada sisi klien, dan jumlah pengguna aktif pada sistem mempengaruhi penggunaan CPU pada server. Diketahui juga bahwa latensi pada sistem dipengaruhi oleh penggunaan CPU dan GPU di sisi klien, serta intensitas komputasi pada server. ......Nowadays, Web has become one of the most common infrastructure used over the internet. Therefore, Web Based Augmented Reality (Web AR) has a huge potential to becoming a cross-platform Mobile AR solution. However, since Web AR is a fairly recent technology, the development for multi-user Web AR has been very limited. In this research, we developed and evaluated a multi-user Web AR system using Three.js, AR.js, Node.js, and Socket.io. A scenario for real estate land reservation is chosen to give a more familiar context for the use case of the system, with the goal of developing user identification, data synchronization, responsive, and access management. Based on the qualitative testing, the system achieved a score of 4 for ease of use, 4.25 for event-based synchronization, 3.95 for streaming-based synchronization, 3.5 for performance, 4.7 for attractiveness, and 4.7 for potential. From the quantitative testing, it is concluded that the amount of 3D objects in the environment is directly proportional to the CPU and GPU usage in the client-side, and the number of active users in the system affects the CPU usage in the server. It is also observed that latency of the system is affected by the CPU and GPU usage in the client-side, and intensity of computation on the server.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library