Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Maeyta Selli
Abstrak :
This paper aims to: (1) specify factors mediating the effects of consumer animosity towards the
consumers’ willingness to purchase imported products; (2) specify factors mediating the effects of allocentrism
towards consumers’ purchasing willingness on imported product; and (3) examine whether
product quality comparison between domestic vis-à-vis imported products moderates the relationships
between: (a) consumer animosity and consumers’ willingness to purchase (b)ethnocentrism and
consumers’ willingness to purchase. A survey was conducted to 209 respondents that have bought
Malaysian products in the past three months and lived in Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, and
Bekasi) area. The result shows that ethnocentrism mediated the relationship between animosity and
consumers’ willingness to purchase; while it does not work as a mediator in the relationship between
allocentrism and consumers’ willingness to purchase. In addition, product quality comparison does
not moderate the relationship between animosity and consumers’ willingness to purchase as well as
ethnocentrism and consumers’ willingness to purchase. Interpretations, contributions, and implications
for manager are also discussed.
Studi yang bersifat eksplorasi ini fokus pada persepsi dokter terhadap produk farmasi domestik
dan multinasional . Dokter dapat mempengaruhi keputusan pembelian obat dengan menjalankan
peran sebagai pengguna ( user ), pemberi pengaruh (influencer) , penjaga arus informasi (gatekeeper)
dan pembuat keputusan (deciders), sedangkan pasien melakukan peran sebagai pembeli (buyer) dan
pengguna (user). Perbedaan persepsi diukur dalam hal produk, citra merek dan harga. Data dikumpulkan
dari sampel 15 dokter (n = 15) dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 12 pertanyaan
yang diukur dalam skala Likert . Penelitian ini mengungkapkan bahwa citra merek merupakan faktor
yang paling mempengaruhi harga obat-obatan dan citra merek sangat berkaitan dengan kualitas dan
tingkat promosi untuk produk yang mendasarinya. Selain itu, dokter menganggap produk multinasional
berbeda dan lebih baik dari produk dalam negeri karena citra merek yang lebih kuat . Penelitian
ini juga memberikan kesimpulan bahwa preferensi dokter tidak sepenuhnya bebas bias dan dapat dipengaruhi
oleh perusahaan obat-obatan. Karena penelitian ini merupakan penelitian eksplorasi, maka
temuan penelitian ini perlu divalidasi dalam studi lanjutan dengan sampel yang lebih besar.
Management Research Center (MRC) Department of Management, Faculty of Economics, University of Indonesia and Philip Kotler Center, 2014
pdf
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Fikrul Arif Nadra
Abstrak :
The development of mobile technology and RFID leads to an innovative mobile payment technology by using NFC. One of the popular mobile device platforms today is Android. This research proposes an architecture of NFC-based payment system in cafeteria ? which is called NFCafe ? and the implementation of it in Android applications. It is a closed payment systems ? without involving third parties such as banks. The security issue is handled by using symmetric and asymmetric encryptions, they are RSA and AES. The application has been developed and successfully passed the testing conducted by several respondents.
Perkembangan teknologi mobile dan RFID mengarah ke teknologi pembayaran mobile yang inovatif dengan menggunakan NFC. Salah satu platform populer perangkat mobile saat ini adalah Android. Penelitian ini mengusulkan arsitektur sistem pembayaran berbasis NFC di kantin - yang disebut NFCafe - dan implementasi dalam aplikasi Android. Ini adalah sistem pembayaran tertutup - tanpa melibatkan pihak ketiga seperti bank. Masalah keamanan ditangani dengan menggunakan enkripsi simetris dan asimetris, RSA dan AES. Aplikasi ini telah dikembangkan dan berhasil lulus pengujian yang dilakukan oleh beberapa responden.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
AJ-Pdf
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library