Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Eka Putri Sandyastuti
Abstrak :
Penelitian ini membahas pemanfaatan data rujukan online oleh mahasiswa FEB UI. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pemanfaatan data rujukan online; kelebihan dan kekurangan yang dirasakan mahasiswa dalam memanfaatkan data rujukan online; serta mengetahui fasilitas dan sosialisasi yang telah dilakukan dalam meningkatkan pemanfaatan data rujukan online tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian survei yang menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar responden telah memanfaatkan data rujukan online yang dimiliki Pusat Sumber Belajar (PSB). Data rujukan online yang paling banyak diminati responden yaitu Thomson Reuters Datastream. Setengah dari jumlah responden memanfaatkan data rujukan online untuk mengerjakan skripsi dan setengah sisanya untuk mengerjakan tugas kuliah.
Hasil penelitian ini juga menyarankan agar pihak PSB bekerja sama dengan para dosen dalam mensosialisasikan data rujukan online yang dimiliki dengan cara pemberian tugas untuk menggunakan rujukan online PSB FEB UI kepada mahasiswa.
......This study discusses about the untilisation of online database reference by FEB UI students. The purpose of this study is to describe the untilisation of online database Reference; to find out the advantages and disadvantages perceived by student; and to find out whether the facilities and socialization is sufficient to support the students in using the online database. This research is descriptive quantitative research which is using questionnaire as an instrument to collecting data.
The results shows that most of respondents has use the online database reference that provided by Pusat Sumber Belajar (PSB) FEB UI. Online database reference which is the most preferred by respondets is Thomson Reuters Datastream. Half of the respondents use the online dtabase reference to work on their thesis and the other for doing the coursework.
The results also suggested that the PSB should cooperate with the faculty lecturer in term of online database reference sosialization.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S63746
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Cempaka Putri Andiani
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas corner di Perpustakaan Fakultas Ekonomi di Jakarta. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tujuan pihak eksternal mendirikan corner di perpustakaan, tujuan perpustakaan menerima corner, serta respon pengguna perpustakaan terhadap keberadaan corner tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan Fakultas Ekonomi menjadi arena dari berbagai kepentingan, yaitu sebagai media bagi pihak eksternal untuk melakukan propaganda, media bagi organisasi induk untuk menunjukkan eksistensi, serta menjadi arena kepentingan dari pengelola perpustakaan untuk bisa memberikan manfaat bagi organisasi induk, unit, pengguna, dan juga masyarakat luas.
ABSTRACT
This thesis discusses corner in the Economics Faculty Library in Jakarta. The purpose of this study is to identify the purpose of external parties in establishing a corner in the library, the purpose of the library received a corner, and the user response to the corner. This study is a qualitative study using the case study method. The data collected by observation, interviews, and document analysis. The results shows that the Economics Faculty Library becomes the arena of various interests, that is as a medium for external parties to conduct propaganda, a medium for the parent organization to demonstrate its existence, and also as an arena for the library manager to provide benefits to the parent organization, users, and also the community.
2016
S64809
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Angelino Prathama Putra
Abstrak :
ABSTRAK
Penilitian ini membahas tentang analisis kebutuhan fungsional dalam penilaian arsip ditinjau dari pengaruh budaya institusi perusahaan MRO Maintenance, Repair Overhaul pesawat terbang di PT GMF AeroAsia. Aspek yang akan dikaji adalah proses dan komponen analisis fungsional dalam metode penilaian makro arsip serta budaya pengelola informasi dalam mempengaruhi berjalannya penilaian rekod. Penelitian yang diadakan pada bulan April hingga Juni 2018 ini merupakan penelitian kualitatif dalam bentuk studi kasus. Data penelitian diperoleh dengan melakukan observasi lapangan, wawancara dengan metode purposive sampling dan analisis dokumen perusahaan yang berkaitan dengan pengelolaan dan penilaian rekod di GMF AeroAsia. Hasil penelitian menunjukan bahwa GMF AeroAsia telah melakukan analaisis dalam proses penilaian makro rekod perusahaan. Hal ini dapat diindikasikan dari terekamnya komponen fungsi utama perusahaan dan rekodrekod unit kerja yang memenuhi cakupan fungsi tersebut pada JRD Jadwal Retensi Dokumen perusahaan . Walaupun pelaksanaan analisis fungsional masih bersifat parsial, penilaian makro rekod di GMF AeroAsia masih dapat menciptakan JRD yang adaptif dan memenuhi kebutuhan operasional dan akuntabilitas perusahaan. Pencapaian ini didukung oleh beberapa budaya pengelola informasi yang terbentuk diantaranya: Kepatuhan terhadap regulasi otoritas penerbangan menjadi suatu motivasi dominan dalam pelaksanaan penilaian rekod; Penilaian makro rekod dianggap sebagai wujud pertanggung jawaban pengelola informasi tehadap keselamatan dan keamanan masyarakat; serta Penilaian makro rekod dipecaya dapat meningkatkan efektfivitas dan efisiensi operasional. Penilaian makro di GMF AeroAsia memiliki beberapa kendala diantaranya; Pengelolaan rekod yang masih dapat ditunda dengan prioritas kerja lainnya, minimnya dokumentasi dan knowledge sharing dari proses penilaian makro yang dilakukan serta perlunya tambahan tenaga kerja untuk membantu para pengelola informasi.
ABSTRACT
This research discusses about the functional analysis in archival appraisal, reviewed by the perspective of information manager culture at Maintenance, Repairment and Overhaul MRO company, GMF AeroAsia. The aspects that were analyzed are about functional analysis process and its component on macro appraisal method. This research also identifying information managers understanding and believe when performing their duties on record appraisal and its further handling. The research which was conducted from February until April 2018 applied qualitative method in the form of case study. Collecting data were conducted by field observation, interview with purposive sampling and analyzing the document which related with archival management and appraisal process. The results of the study show that GMF AeroAsia has been carrying out a functional analysis in the record macro appraisal of the company. While still patrial, functional analysis in record macro appraisal has succeeded in creating an adaptive Document Retention Schedule that meets the operational needs and corporate accontability. This achievement is supported by several information manager cultures including compliance with the regulation of aviation authority becomes a dominant motivation in the execution of the record appraisal record macro appraisal is consideed to be the responsibility of the information manager to the safety of the community and record macro appraisal can improve operational effectiveness and efficiency. Record macro appraisal at GMF AeroAsia has several constrains such us being delayed in its processing for the sake of other works which are deemed more important, the lack of documentation and knowledge sharing in macro appraisal process, and the need to increase the amount of employees to assist the information managers.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library