Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Martha Dina Apriliana
"Kecelakaan yang berkaitan dengan lalu lintas dan insiden yang berkaitan dengan kendaraan menjadi penyebab utama kecelakaan di area pertambangan. Salah satu penyebabnya adalah kelelahan pada operator truk tambang. Penelitian ini dilaksanakan untuk menjelaskan gambaran kelelahan subjektif dan menganalisis faktor-faktor risiko yang berhubungan dengan kelelahan subjektif pada operator kendaraan tambang batu bara di area mining dan hauling PT Adaro Indonesia. Faktor-faktor risiko yang diteliti meliputi faktor risiko tidak terkait pekerjaan (usia, status gizi (IMT), lingkar leher, keluhan kesehatan, kuantitas tidur, dan kualitas tidur) dan faktor risiko terkait pekerjaan (area kerja, masa kerja, shift kerja, commuting time, dan lingkungan kerja terutama temperatur, kebisingan, getaran, dan pencahayaan). Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari hingga Juli 2022. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari kuesioner yang disebarkan secara dalam jaringan (daring), yang meliputi kuesioner karakteristik individu dan pekerjaan, Fatigue Assessment Scale (FAS) dan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan uji chi-square serta uji regresi logistik ganda model prediksi. Besar sampel minimal dalam penelitian ini adalah 436 operator, namun data yang berhasil dianalisis adalah sebanyak 440 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 130 operator (29,5%) mengalami kelelahan subjektif. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji chi-square menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara faktor risiko tidak terkait pekerjaan, yaitu status gizi (IMT gemuk dan obesitas), keluhan kesehatan, dan kualitas tidur terhadap kelelahan subjektif pada operator. Hasil analisis statistik inferensial juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara faktor risiko terkait pekerjaan, yaitu masa kerja, temperatur, kebisingan, getaran, dan pencahayaan, terhadap kelelahan subjektif pada operator. Sementara itu, hasil analisis inferensial menggunakan uji regresi logistik ganda model prediksi menunjukkan bahwa kualitas tidur merupakan variabel yang paling dominan berhubungan dengan kelelahan subjektif pada operator.

Accidents related to traffic and incidents related to vehicles are the main causes of accidents in mining areas. One of the causes is fatigue on mining truck operators. This study was conducted to describe subjective fatigue and analyze risk factors related to subjective fatigue in coal mining vehicle operators in mining and hauling area of ​​PT Adaro Indonesia. The risk factors studied included non-work-related risk factors (age, nutritional status (BMI), neck circumference, health complaints, sleep quantity, and sleep quality) and work-related risk factors (work area, length of work, shift work, commuting time, and work environment, especially temperature, noise, vibration, and lighting). The study was conducted from February to July 2022. The data used in this study came from a questionnaire distributed online, which included a questionnaire on individual and job characteristics, the Fatigue Assessment Scale (FAS), and the Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Data were analyzed using descriptive analysis and inferential analysis with chi-square test and multiple logistic regression test for prediction models. The minimum sample size in this study was 436 operators, but the data that were successfully analyzed were 440 respondents. The results showed that as many as 130 operators (29.5%) experienced subjective fatigue. The results of inferential statistical analysis using the chi-square test showed that there was a significant relationship between risk factors not related to work, namely nutritional status (fat and obesity BMI), health complaints, and sleep quality on subjective fatigue in operators. The results of inferential statistical analysis also show that there is a significant relationship between work-related risk factors, namely working period, temperature, noise, vibration, and lighting, and subjective fatigue on operators. Meanwhile, the results of inferential analysis using multiple logistic regression test predictive models indicate that sleep quality is the most dominant variable associated with subjective fatigue in operators."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angga Hadi Nugraha
"Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi risiko kecelakaan pada operator dan pengawas di PT Adaro Indoonesia berdasarkan paradigma psikometrik. Jumlah responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 229 orang yang terdiri dari 122 operator dan 107 pengawas. Penelitian yang dilakukan dengan dua metode, yaitu menggunakan kuesioner persepsi risiko berdasarkan paradigma psikometrik (kuantitatif) dan wawancara yang ditujukan kepada para operator dan pengawas (kualitatif). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa persepsi secara umum responden masih kurang baik. Apabila ditinjau berdasarkan jabatan, persepsi risiko operator sudah baik, sedangkan persepsi risiko pengawas masih kurang baik. Apabila ditinjau berdasarkan perusahaan tempat responden bekerja, persepsi risiko responden yang berasal dari RA dan SIS sudah baik. Sebaliknya, persepsi risiko responden yang berasal dari PAMA dan BUMA masih kurang. Berdasarkan hasil penelitian, perusahaan diharapkan menciptakan dan meningkatkan program-program yang efektif untuk meningkatkan persepsi dan awareness terhadap risiko pekerja.
The core aim of the present study is to analyze risk perception of accident among operators and group leader in PT Adaro Indonesia based on psychometric paradigm. Number of involved samples are 229 workers. They consist of 122 operators and 107 group leader. This study is conducted by questionnaire survey and interviews. The result showed that risk perception of samples are low. Based on their occupation, operator?s risk perception are good but risk perception of supervisors are low. According to company, the result showed that samples came from RA and SIS has good risk perception. Contrast with samples came from PAMA and BUMA, their risk perception are low From the result, company should create and develop effective programs to increase risk perception of workers and their awareness."
Depok: Universitas Indonesia, 2013
T39279
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library