"
ABSTRAKSeiring dengan perkembangan zaman, bisnis apotek semakin marak tersebar di
seluruh Indonesia. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya apotek yang berdiri
di Indonesia dari mulai apotek milik pribadi, apotek milik negara maupun apotek
milik swasta. Selain sebagai tempat dilakukannya tugas profesional, apotek juga
merupakan suatu tempat bisnis. Dalam menjalankan perannya di apotek, apoteker
dituntut untuk bekerja secara profesional. Dalam hal ini, apoteker harus
memahami pengelolaan perbekalan farmasi apotek, manajemen apotek serta
pelayanan kefarmasian dengan patient-oriented. Oleh sebab itu, Fakultas Farmasi
Universitas Indonesia bekerja sama dengan Apotek Mitrasana untuk
menyelenggarakan Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) pada tanggal 13 – 26
Januari 2014. Tugas Khusus dengan judul Analisis Kebutuhan Konsumen Gerai
Apotek Mitrasana Sakura Regency (SRY) Periode 1 Januari 2013 – 31 Januari
2014 bertujuan untuk mengetahui, mengamati dan menganalisis kebutuhan
konsumen pada Apotek Mitrasana Sakura Regency (MSA SRY).
ABSTRACTAlong with the times, the pharmacy business increasingly widespread throughout
Indonesia. It is characterized by the increasing number of pharmacies that stands
in Indonesia ranging from private pharmacies, pharmacies state and privately
owned pharmacies. Apart from being a professional task done, a pharmacy is also
a place of business. In carrying out its role in the pharmacy, the pharmacist is
required to work in a professional manner. In this case, the pharmacist should
understand pharmaceutical pharmacy management, pharmacy management and
pharmacy services to patient-oriented. Therefore, Faculty of Pharmacy, University
of Indonesia coorporating with Apotek Mitrasana organized Pharmacist Internship
Program on January, 13th to 26th 2014. Specific Assignment titled Consumer Need
Analysis Apotek Mitrasana Sakura Regency (SRY) Period Januari, 1st 2013 –
Januari, 31 th 2014 aims to find out, observe and analyze the needs of consumers at
Apotek Mitrasana Sakura Regency (MSA SRY)."