Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sipahutar, Rini Juliana
"Start-up memegang peranan penting sebagai salah satu penggerak perekonomian di Indonesia yaitu sebagai platform bagi ekonomi digital. Kesuksesan sebuah start-up terletak pada kemampuan start-up untuk mengelola teknologi informasi untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dan mencapai tujuan perusahaan. Oleh karena itu, start-up membutuhkan manajemen layanan teknologi informasi. Manajemen layanan teknologi informasi merupakan serangkaian aktivitas atau proses yang dilakukan untuk memastikan teknologi informasi memenuhi kebutuhan bisnis. Pengambilan keputusan untuk adopsi manajemen layanan teknologi informasi dipengaruhi oleh pendorong dan penghalang. Oleh karena itu penelitian ini berkontribusi dalam mengidentifikasi pendorong dan penghalang adopsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mengidentifikasi pendorong dan penghalang melalui wawancara semi terstruktur dengan 9 orang praktisi start-up. Pendorong dan penghalang diturunkan dari faktor adopsi dalam teori Diffusion of Innovation dan diolah menggunakan open coding dan thematic analysis. Selanjutnya pendorong dan penghalang adopsi akan dievaluasi menggunakan member validation interview bersama 5 orang reviewer. Pengujian pendorong dan penghalang terhadap adopsi manajemen layanan teknologi informasi dilakukan dengan pendekatan kuantitatif yaitu dengan menyebar kuesioner ke 235 praktisi start-up di Indonesia. Kemudian dilakukan beberapa analisis statistik seperti analisis deskriptif, uji reliabilitas dan validitas, analisis korelasi dan analisis regresi untuk membuktikan pendorong dan penghalang berpengaruh pada adopsi manajemen layanan teknologi informasi. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan enam pendorong adopsi yaitu kualitas layanan yang dihasilkan, efektivitas dan efisiensi workflow, kolaborasi tim, regulasi, pertumbuhan perusahaan dan dukungan top management, sedangkan penghalang adopsi mencakup waktu adopsi, kurangnya kesadaran pegawai, keterbatasan kompetensi pegawai dan budaya perusahaan.

Start-up plays an important role as one of the drivers of the economy in Indonesia, namely as a platform for the digital economy. The success of a start-up lies in the start-up's ability to manage information technology to meet company needs and achieve company goals. Therefore, start-up needs information technology service management. Information technology service management is a series of activities or processes carried out to ensure information technology meets business needs. Decision making for the adoption of information technology service management is influenced by both drivers and barriers. This research therefore contributes to identifying the drivers and barriers to adoption. This study uses a mixed method approach by combining qualitative and quantitative approaches. A qualitative approach was used to identify drivers and barriers through semi-structured interviews with 9 start-up practitioners. The drivers and barriers are derived from the adoption factors in the Diffusion of Innovation theory and analyzed using open coding and thematic analysis. Furthermore, the drivers and barriers to adoption will be evaluated using member validation interviews with 5 reviewers. Testing the drivers and barriers to the adoption of information technology service management was carried out using a quantitative approach, namely by distributing questionnaires to 235 start-up practitioners in Indonesia. Then performed statistical analysis such as descriptive analysis, reliability and validity analysis, correlation analysis and regression analysis to prove the drivers and barriers affect the adoption of information technology service management. Based on the results of data processing, it can be concluded that there are six drivers of adoption, namely the quality of service produced, the effectiveness and efficiency of the workflow, team collaboration, regulation, company growth and top management support. Meanwhile, the barriers to adoption include adoption time, lack of employee awareness, limited employee competence and company culture."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arfive Gandhi
"Sebagai salah satu dampak transformasi digital, proses-proses bisnis gig economy ternyata masih mengalami sejumlah masalah lemahnya monitoring dan evaluasi proyek, penyalahgunaan platform, serta pengerjaan proyek yang terlalu berisiko. Padahal, gig economy menjadi skema kerja fleksibel berbasis platform yang potensial bagi masyarakat Indonesia. Penelitian utama disertasi ini berargumentasi bahwa permasalahan permasalahan terkait proses bisnis gig economy memerlukan solusi strategis yang menjembatani perbaikan proses proses bisnis dalam ekosistem gig economy. Oleh karena itu, penelitian utama disertasi ini mengonstruksi model kematangan untuk proses bisnis gig economya (disebut AMICO) yang terdiri dari dua bagian besar: komposisi elemen serta skema penilaian. Disertasi ini menjadi laporan kemajuan yang merefleksikan pembangunan model kematangan pada bagian komposisi elemen dengan mengadopsi enam fase pengembangan model kematangan yang digagas oleh de Bruin dkk. Dengan menerapkan pendekatan campuran, penelitian utama disertasi ini mengumpulkan dan mengolah data melalui teknik wawancara dan kuesioner untuk diolah menggunakan teknik analisis tematik dan statistik. Penelitian utama disertasi ini telah menghasilkan tiga elemen: determinan, dimensi, dan gradasi tingkat kematangan. Tiga determinan tersebut adalah Actor (meliputi determinan Managed Operator, Managed Gig Workers, Managed Clients, dan Managed Vendors), Platform (meliputi determinan Managed Platform Quality dan Managed Platform Usability), serta Transaction (meliputi Managed Specifications, Managed Times, Managed Benefits, dan Managed Risk). Setiap determinan diukur kematangannya menggunakan lima level kematangan yang gradasinya telah divalidasi oleh pakar: Initial, Performed, Defined, Quantitative Measured, and Optimized. Penelitian utama disertasi ini juga telah mendekomposisi komponen determinan ke dalam skema asesmen yang terdiri dari instrumen, cara kerja, serta purwarupa. Instrumen asesmen diperoleh dengan mengadopsi butir-butir kegiatan pada uji empiris serta mengombinasikannya dengan teori-teori pendukung yang relevan. Proses pengembangan AMICO telah sampai pada proses pembangunan purwarupa melalui penyusunan perjalanan pengguna, analisis tugas hierarki, identifikasi tujuan pengguna, serta pembangunan purwarupa itu sendiri. Dari sisi teoretis, hasil penelitian ini juga telah dikritisi menggunakan tiga teori alami sistem informasi yang diinisiasi oleh Gregor. Dari sisi praktik, determinan dan dimensi yang telah ditetapkan menjadi acuan dalam proses rekayasa perangkat lunak sebagai bagian dari pengembangan platform gig economy.

As one of the impacts of digital transformation, the gig economy is a potential platform-based flexible work scheme for the people of Indonesia. Unfortunately, gig economy business processes are still experiencing many problems, weak project monitoring and evaluation, misuse of platforms, and project execution that is too risky. The primary research argues that problems related to the gig economy business process require strategic solutions that bridge the improvement of business processes in the gig economy ecosystem. Therefore, the primary research constructs a maturity model of the gig economy business processes (called AMICO), consisting of two major parts: the composition of elements and the assessment scheme. This dissertation reflects a maturity model development in the element composition by adopting the six phases of maturity model development initiated by de Bruin et al. By applying a mixed approach, the primary research performed interviews and questionnaires using thematic and statistical analysis techniques. As a result of the first research question, the primary research has produced three elements: determinants, dimensions, and gradations of maturity levels. The three determinants are Actor (covering Managed Operators, Managed Gig Workers, Managed Clients, and Managed Vendors), Platform (covering Managed Platform Quality and Managed Platform Usability), and Transaction (covering Managed Specifications, Managed Times, Managed Benefits, and Managed Risk). Each determinant is measured for maturity using five maturity levels whose gradations have been validated by experts: Initial, Performed, Defined, Quantitative Measured, and Optimized. The main research of this dissertation has also decomposed the determinant components into an assessment scheme consisting of instruments, working methods, and prototypes. The assessment instrument is obtained by adopting the activity items on the empirical test and combining it with relevant supporting theories. The AMICO development process has reached the prototype development process through the preparation of user journeys, task hierarchy analysis, identification of user goals, and the development of the prototype itself. From a theoretical view, the results of this study have also been criticized using the three natural theories of information systems initiated by Gregor. From a practical view, the determinants and dimensions determined to become a reference in the software engineering process as part of the development of the gig economy platform."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library