Abstrak :
Harapan terbesar perbaikan dan peningkatan taraf kehidupan di masyarakat adalah melalui pendidikan yang berkualitas. Melalui pendidikan juga setiap orang dapat mengenal kebenaran. Melalui bimbingan belajar diupayakan terjadi peningkatan kualitas pendidikan bagi anak-anak di wilayah Dumpit, Tangerang. Terdapat banyak anak-anak usia sekolah yang kurang mendapatkan perhatian terhadap pendidikan yang layak karena keterbatasan kondisi keluarga. Orang tua juga terlihat kurang memerhatikan anaknya. Hal itu terlihat dari penampilan, kondisi kesehatan, kelengkapan peralatan belajar, dan tingkah laku. Melalui bimbingan belajar siswa diperkenalkan arti sebuah pendidikan, pendidikan moral dan karakter, serta pola hidup sehat. Materi pelajaran yang diberikan kepada anak pra-TK dan TK adalah menghitung, menulis, membaca, dan menyanyi; untuk anak tingkat SD dan sederajatnya adalah Matematika, IPA, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Seni Budaya, PKn, dan IPS; untuk anak tingkat SMP, SMA, dan sederajatnya adalah Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Akuntansi, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Sejarah, dan PKn. Metode pembelajaran yang digunakan para tutor bervariasi disesuaikan dengan jumlah siswa yang hadir dan keberagaman kemampuan belajar masingmasing siswa. Pembelajaran dibuat aktif dan menyenangkan, sehingga tidak menimbulkan kejenuhan. Harapannya agar bimbingan belajar ini dapat bermanfaat dan berdampak nyata bagi para siswa, tutor, dan masyarakat di sekitar.
Jakarta: Pusat Pemberdayaan Masyarakat - Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, 2019
300 JPM 3:1 (2019)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library