Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fadil Wimala
Abstrak :
Dalam rangka merespon berbagai isu global yang berkaitan dengan perubahan iklim dan pemanasan global di era globalisasi ini, pemerintah dan para pakar lingkungan menetapkan target untuk menggunakan energi alternatif, terbaharui, dan berkelanjutan untuk mengurangi polusi yang muncul dari sumber energi yang tidak ramah lingkungan seperti bahan bakar fosil atau petrodiesel. Biodiesel merupakan bahan bakar yang dapat diperbaharui serta lebih ramah lingkungan yang diharapkan dapat menjadi solusi yang baik untuk membantu mengatasi masalah lingkungan ini. Biodiesel merupakan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan yang dihasilkan dari proses transesterifikasi lemak hewani, minyak nabati dan sumber organik lainnya. Proses transesterifikasi biodiesel dapat dilakukan dengan menggunakan alkali sebagai katalis untuk memisahkan triasilgliserol menjadi suatu ester alkil dan senyawa gliserol. Melalui pemisahan ini, komponen kimia yang mirip dengan bahan bakar fosil dapat diproduksi. Namun demikian, karakteristik biodiesel perlu diperhatikan lebih lanjut untuk memaksimalkan kinerja biodiesel pada mesin diesel. Skripsi ini berfokuskan kepada eksperimen dan penyelidikan terhadap tegangan permukaan dan massa jenis dari empat bahan bakar biodiesel alami dan sembilan metil ester fraksinasi berdasarkan ketergantungan temperatur. Hasil eksperimen ini memberikan bukti adanya hubungan antara tegangan permukaan dan massa jenis. Disamping itu, terlihat juga data perubahan suhu yang mencirikan dampak dari panjang – pendeknya rantai asam lemak pada kepadatan dan tegangan permukaan.
In order to respond the global issues regarding climate change and global warming in this new era of globalization, governments and environmentalists set the targets to provide an alternative, sustainable and renewable energy to decrease the pollution emerging from non-sustainable sources such as a fossil fuels or petrodiesel. The increase in the use of biodiesel fuels is expected to be a better solution to help address the environmental problems impacting on society. Biodiesels are an alternative, environmentally friendly energy resources generated from the transesterification process of animal fats, vegetable oils and other organic resources. The transesterification process of biodiesels can be carried on by using an alkaline as the catalyst to separates the triacylglycerol into an alkyl ester and a glycerol compound. Through this separation, a friendly chemical component similar with a fossil fuel can be produced. Nevertheless, further characteristics of biodiesels need to be observed in order to maximize the performance of biodiesels on the diesel engine. This report will focus on surface tension and density experimental investigations of four biodiesel fuels and nine fractionated methyl ester based on temperature dependency. The results are evidence of the relationship between surface tension and density. Also, the temperature change data characterizes the impact of fatty acid chain length upon density and surface tension.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44774
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sinuraya, Muhammad Ridho Ade Putra
Abstrak :
Sekarang ini kegunaan bahan bakar suplemen meningkat disebabkan oleh meningkatnya harga bahan bakar yang berasal dari fosil (minyak dan gas). Pada mesin diesel, bahan bakar tambahan tidak dapat langsung ditambahkan pada bahan bakar diesel . Vortex Mixer adalah sebuah alat untuk mengatur banyaknya suplai bahan bakar tambahan dan juga mencampurnya secara merata sebelum campuran tersebut masuk ke ruang pembakaran. Eksperimen ini dilakukan untuk menganalisa karakteristik aliran udara setelah melewati Vortex Mixer dan menganalisa performa pencampuran. Eksperimen ini juga akan membuktikan bahwa Vortex Mixer ini mempercepat jarak yang dibutuhkan untuk mencampur bahan bakar suplemen dengan suplai udara. Untuk mencapai maksud tersebut dilakukan analisa dari profil kecepatan dan temperatur dari aliran setaleh melewati Vortex Mixer. Vortex mixer diuji coba dalam wind tunnel. Semua kondisi, seperti kecepatan wind tunnel dan temperatur dari Heat Gun, diatur untuk mensimulasikan kondisi kerja dari mesin diesel enam liter dan empat tak.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S38078
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tengku Aditya Priandana
Abstrak :
This report deals with the heat exchanger modeling for the Cummins engine. The engine is used in dual fuel project that ongoing at Queensland University of Technology, interested in developing and optimizing a dual fuel engine developed by Uli Kruger. The design being calculated and designed to achieved appropriate heat exchanger that will be used at the engine. The heat exchanger need to provide sufficient heat transfer energy that required to vaporize the ethanol. The limited space that available to install the heat exchanger also needs to be considered. To overcome the requirement, student tried to calculate and design a copper tube coil heat exchanger. Beside heat exchanger, this report also determines the hazard and safety issues not only during the dual fuel engine test campaign but also when services and modification are carry out.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51021
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Wirawan
Abstrak :
Laporan ini merupakan tugas akhir penulis dalam studinya di Queensland University of Technology (QUT), Brisbane, Australia. Penulis bergabung ke dalam tim projek Dual Fuel Engine dengan pengawasan Dr. Richard Brown yang berpusat pada penelitian, perancangan, pelaksanaan dan mengoptimalkan system dual fuel yang ditemukan dan dipatentkan (7,000,573 B2) oleh Mr. Uli Kruger. Di dalam tim ini, setiap anggota memiliki kontribusi masing-masing guna mengembangkan projek tersebut. Projek penulis memusatkan pada beberapa hal, sebagai berikut: testing dual fuel engine, kaliberasi ethanol injector dan design heat exchanger. Tujuan utama dalam projek penulis adalah untuk merancang heat exchanger untuk mesin Dual Fuel yang digunakan untuk experiment lebih lanjut. Dengan perhitungan thermodynamic yang akurat diharapkan rancangan heat exchanger ini bias menyediakan energy yang cukup untuk memanaskan ethanol menjadi gas di dalam system dual fuel tersebut. Tujuan lain dari projek ini adalah menampilkan hasil dari experiment yang dilaksanakan pada bunlan Desember 2008 dan kalibrasi ethanol injector. Menganalisa performa mesin dan mengidentifikasi setiap masalah yang mungkin timbul dalam system dual fuel. Kaliberasi ethanol injector dilakukan untuk mengetahui apakah injector yang dipilih sesuai dengan system tersebut. Mesin yang digunakan dalam projek ini adalah Mesin diesel buatan Ford dengan kapasitas 2701CC, 4 Cilinder. Kecepatan rata-rata mencapai 2500rpm, dengan ukuran bore x stroke: 108.2 x 115 (mm), volume perindahan 1057 dan rasio kompresi 15.5:1. Mesin ini yang kemudian dimodifikasi dengan Kruger dual fuel system sehingga dapat menggunakan campuran diesel dan ethanol sebagai bahan bakar. Penggunaan campuran Ethanol dengan diesel sebagai bahan bakar, atau bias juga disebut biodiesel diharapkan dapat menjawab masalah lingkungan yang ada pada saat ini. Masalah lingkungan ini yang mendorong penelitian untuk mengurangi kebutuhan dalam sumber energy yang tidak dapat diperbaharui. Mobil merupakan sumber karbon dioxida, gas rumahkaca yang utama penyebab pemanasan global. Dalam system Dual Fuel ini, diperlukan heat exchanger yang dapat menghasilkan energy yang sama untuk memanaskan ethanol di dalam system udara bahan bakar berdasarkan perhitungan dan rancangan yang sesuai. Perhitungan lain yang harus di pikirkan dalam rancangan adalah area pemasangan heat exchanger yang sangat terbatas. Penulis mencoba menyelesaikan masalah di atas menggunakan design type double pipe. Pemilihan type ini didasari beberapa alas an, yaitu: designnya yang sederhana, kemudahan pemasangan, ukuran yang dapat disesuaikan dengan area yang ada, dan biaya yang murah. Ukuran yang digunakan dalam rancangan tersebut disesuaikan dengan keterbatasan area, yang kemudian dimodifikasi lebih lanjut guna mencapai hasil yang maksimal. Double pipe heat exchanger dalam bentuk tradisionalnya merupakan alat yang paling sederhana untuk mengalihkan panas antara dua cairan atau gas, terdiri dari pipa di dalam pipa dengan hubungan yang tepat untuk kedua cairan atau gas tersebut, seperti yang dapat dilihat pada gambar 2.1.Perhitungan rancangan heat exchanger untuk mesin yang digunakan sebagai pegujian akan diterangkan lebih lanjut pada Chapter 3.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51019
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jagaddhita Pandya Atmaja
Abstrak :

ABSTRACT
In order to respond the global issues regarding climate change and global warming in this new era of globalization, governments and environmentalists set the targets to provide an alternative, sustainable and renewable energy to decrease the pollution emerging from non‐sustainable sources such as a fossil fuels or petrodiesel. The increase in the use of biodiesel fuels is expected to be a better solution to help address the environmental problems impacting on society.

Biodiesels are an alternative, environmentally friendly energy resources generated from the transesterification process of animal fats, vegetable oils and other organic resources. The transesterification process of biodiesels can be carried on by using an alkaline as the catalyst to separates the triacylglycerol into an alkyl ester and a glycerol compound. Through this separation, a friendly chemical component similar with a fossil fuel can be produced. Nevertheless, further characteristics of biodiesels need to be observed in order to maximize the performance of biodiesels on the diesel engine.

This report will focus on surface tension and density experimental investigations of four biodiesel fuels and nine fractionated methyl ester based on temperature dependency. The results are evidence of the relationship between surface tension and density. Also, the temperature change data characterizes the impact of fatty acid chain length upon density and surface tension.
2012
S43538
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library