Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Talitha Dewinta Arif
"Industri kecantikan di Indonesia yang terus berkembang pesat, mendorong merek-merek lokal untuk memperkuat daya saing di pasar yang kompetitif. Mad For Makeup, salah satu merek kosmetik lokal, berinovasi melalui komunitas ‘Rebel Secret Society’ yang mengimplementasikan strategi co-creation dengan melibatkan anggota komunitas dalam pengembangan produk. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran ‘Rebel Secret Society’ dalam mendukung branding Mad For Makeup sebagai merek inklusif melalui strategi kehumasan untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) di kalangan Gen Z di Indonesia. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis konten sebagai teknik pengumpulan datanya, penelitian ini mengkaji 19 unggahan Instagram @rebelsecretsociety pada periode Oktober–November 2024. Hasil analisis menunjukkan bahwa komunitas ini memanfaatkan Discord dan Instagram sebagai platform utama untuk membangun komunikasi yang efektif. ‘Rebel Secret Society’ berhasil mengintegrasikan elemen sense of community, tribe building, dan remarkability, yang memperkuat ikatan komunitas, meningkatkan keterlibatan anggota, serta mendukung strategi branding. Selain berperan sebagai co-creators, anggota komunitas juga berfungsi sebagai promoters aktif dalam membantu Mad For Makeup menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen sekaligus memperluas brand awareness di kalangan target audiens utamanya, yaitu Gen Z.
The rapidly growing beauty industry in Indonesia has encouraged local brands to enhance their competitiveness in a highly dynamic market. Mad For Makeup, one of the local cosmetic brands, has innovated through the ‘Rebel Secret Society’ community by implementing a co-creation strategy that involves community members in product development. This study aims to analyze the role of ‘Rebel Secret Society’ in supporting Mad For Makeup’s branding as an inclusive brand through public relations strategies to increase brand awareness among Gen Z consumers in Indonesia. Using a descriptive qualitative approach with content analysis as the data collection technique, this study examines 19 Instagram posts from @rebelsecretsociety during the October–November 2024 period. The analysis shows that the community utilizes Discord and Instagram as primary platforms to foster effective communication. ‘Rebel Secret Society’ successfully integrates elements of sense of community, tribe building, and remarkability, which strengthens community bonds, increases member engagement, and supports their branding strategies. In addition to acting as co-creators, community members also serve as active promoters, assisting Mad For Makeup in creating products tailored to consumer needs while expanding brand awareness among its primary target audience, Gen Z."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Raihanah Aqila,author
"Saat ini, banyak perusahaan atau brand yang menggunakan brand ambassador sebagai bagian dari strateginya, salah satunya menjadikan artis asal Korea Selatan, seperti aktor dan idol group sebagai brand ambassador dari produk nya. Penelitian ini menganalisis strategi penggunaan S.Coups, Wonwoo, dan Vernon Seventeen sebagai Brand Ambassador dalam kampanye Lead The Wave Chitato berdasarkan fungsi Publicity, strategi Three Ways Strategy, dan manfaat brand ambassador. Dan, melalui metode penelitian desk study. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan brand ambassador mampu menciptakan sentimen positif melalui kesamaan nilai antara Chitato dan Seventeen, yaitu self-producing dan autentisitas. Strategi Three Ways yang diterapkan meliputi push strategy melalui promosi langsung di media sosial dan iklan; pull strategy melalui konten tantangan interaktif yang mendorong partisipasi audiens; serta pass strategy yang memanfaatkan komunitas penggemar untuk memperluas pesan melalui word-of-mouth. Selain itu, manfaat brand ambassador mencakup peningkatan visibilitas merek, perluasan jangkauan audiens terutama generasi muda, dan penguatan identitas kampanye. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa kolaborasi dengan idol K-Pop sebagai brand ambassador efektif dalam meningkatkan kesadaran merek, menciptakan keterhubungan emosional dengan audiens, dan mengikuti tren pemasaran global yang relevan.
Many companies or brands use brand ambassadors as part of their strategies, including selecting South Korea artists, such as actors and idol groups as their brand ambassadors. This research analyzes the strategy of using S.Coups, Wonwoo, and Vernon Seventeen as Brand Ambassadors in Chitato's Lead The Wave campaign based on the publicity function, Three Ways Strategy, and brand ambassador benefits. And through the desk study as a research method in this article. The results of the analysis show that the use of brand ambassador is able to create positive sentiment through the similarity of values between Chitato and Seventeen, namely self-producing and authenticity. The Three Ways Strategy applied includes push strategy through direct promotion on social media and advertisements; pull strategy through interactive challenge content that encourages audience participation; and pass strategy that utilizes the fan community to expand the message through word-of-mouth. In addition, brand ambassador benefits include increased brand visibility, expanded audience reach especially the younger generation, and strengthened campaign identity. The conclusion of this study confirms that collaboration with K-Pop idols as brand ambassador is effective in increasing brand awareness, creating an emotional connection with the audience, and keeping up with relevant global marketing trends."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
Unggah4 Universitas Indonesia Library
Salma Alyfa Wibowo
"Penggunaan teknologi kini terus berkembang karena adanya kemudahan mengakses teknologi untuk mendapatkan informasi. Hal ini didukung dengan bermunculannya inovasi dalam penggunaan teknologi dan digitalisasi masyarakat di era disrupsi ini. Media sosial merupakan salah satu bentuk dari inovasi dan transformasi yang memungkinkan proses mediasi dimana individu menjadi 'terhubung melalui interaksi' pada lembaga sektor publik. Salah satu lembaga sektor publik yang menghimpun seluruh wilayah yang ada di Indonesia adalah Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI). Tulisan ini menganalisis penggunaan dan produk media sosial Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) seperti penyebaran informasi serta respon publik melalui akun resmi Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) yang meliputi Website, Instagram, Twitter dan Facebook. Metode penelitian yang digunakan dalam analisis ini adalah kualitatif. Dalam praktiknya, Humas Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) telah mengimplementasikan komunikasi digital sebagai bentuk penetrasi dari teori gatekeeping, government public relations dan organizational information. Namun, Humas Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) masih melakukan komunikasi satu arah dan kurang interaktif dengan masyarakat. Hasil studi ini menyarankan adanya komunikasi dua arah dan program kehumasan yang lebih melibatkan keikutsertaan masyarakat. Penelitian mengenai praktik Humas Pemerintah di media sosial pun kedepannya dapat menggunakan komunikasi strategis sebab aktivitas kehumasan memerlukan perencanaan yang bersifat kreatif.
The use of technology is now growing because of the ease of accessing technology to obtain information. This is supported by the emergence of innovations in the use of technology and the digitalization of society in this era of disruption. Social media is a form of innovation and transformation that enables mediation processes in which individuals become 'connected through interaction' in public sector institutions. One of the public sector institutions that brings together all regions in Indonesia is the Regional Representative Council of the Republic of Indonesia (DPD RI). This paper analyzes the use and social media products of the Regional Representatives Council of the Republic of Indonesia (DPD RI) such as the dissemination of information and public responses through the official accounts of the Regional Representatives Council of the Republic of Indonesia (DPD RI) covering Website, Instagram, Twitter and Facebook. The research method used in this analysis is qualitative. In practice, the Public Relations of the Regional Representatives Council of the Republic of Indonesia (DPD RI) has implemented digital communication as a form of penetration of the theory of gatekeeping, government public relations and organizational information. However, the Public Relations of the Regional Representatives Council of the Republic of Indonesia (DPD RI) still conducts one-way communication and is less interactive with the community. The results of this study suggest two-way communication and public relations programs that involve more community participation. Research on government public relations practices on social media can also use strategic communication in the future because public relations activities require creative planning."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library