Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fesya Fitriani
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekspektasi perusahaan mengenai perubahan jumlah penawaran kredit perbankan terhadap pengelolaan modal kerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan data panel dari 186 perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2004-2016. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa ekspektasi perusahaan mengenai perubahan jumlah penawaran kredit perbankan memengaruhi pengelolaan modal kerja perusahaan dalam beberapa aspek, yakni ekspektasi perusahaan mengenai perubahan jumlah penawaran kredit perbankan memengaruhi kebijakan pengelolaan kas dan investasi dalam persediaan secara positif serta pemberian pembayaran di muka secara negatif. Sedangkan ekspektasi perusahaan mengenai perubahan jumlah penawaran kredit perbankan tidak memengaruhi perpanjangan kredit perdagangan untuk pelanggan, penggunaan kredit perdagangan serta penerimaan pembayaran di muka. ......This study examines how the corporate expectation on change in supply of bank credit on corporate working capital management. This study uses panel of 186 Indonesian listed firms in Indonesia Stock Exchange during the 2004 2016 period. This study finds that corporate expectation on change in supply of bank credit has a positive correlation with cash management policies and investment in inventories. Corporate expectation on change in supply of bank credit also has a negative correlation with reverse trade credit given. This study also finds that corporate expectation on change in supply of bank credit has no correlation with extension of trade credit to customers, use of trade credit and reverse trade credit received.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Choirunnisa Rifa Juliani
Abstrak :

Penelitian ini menganalisis pengaruh korupsi terhadap cash holding dan cash flow sensitivity of cash perusahaan di emerging market ASEAN berdasarkan MSCI, yaitu Filipina, Indonesia, Malaysia dan Thailand. Penelitian ini menggunakan data panel dengan sampel 326 perusahaan. Variabel dependennya adalah cash holding dan changes in cash holdings. Variabel independennya adalah corruption index dan variabel interaksi antara corruption index dan cash flow. Variabel kontrolnya yang terdiri dari faktor spesifik perusahaan dan faktor makroekonomi. Periode penelitian yang dipilih dari tahun 1997-2018 yang dibagi menjadi 2 periode yang berbeda, yaitu tahun 1997-2007 (sebelum SEA-PAC) dan tahun 2008-2018 (setelah SEA-PAC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa korupsi berpengaruh secara positif terhadap cash holdings dan cash flow sensitivity of cash.


This study examine the effect of corruption on cash holding and cash flow sensitivity of cash in emerging market ASEAN based on MSCI i.e. Philippines, Indonesia, Malaysia and Thailand. This study used panel data set of 326 firms. The dependent variable are cash holding and changes in cash holdings. The independent variable are the corruption index and the interaction variable of corruption index and cash flow. The control variables consists of company-specific factors and macroeconomic factors. The research period is 1997-2018 that divided into period 1997-2007 (before SEA-PAC) and period 2008-2018 (after SEA-PAC). The findings show that corruption has a positive effect on cash holdings and cash flow sensitivity of cash.

Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fita Tri Novianti
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal perusahaan non keuangan yang mempengaruhi keputusan investor asing dalam berinvestasi di pasar modal Indonesia khususnya pada saham. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data panel dari perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2016. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa investor asing dalam melakukan investasi saham di Indonesia menetapkan karakteristik tertentu untuk mengurangi informasi asimetris pada perusahaan yaitu size perusahaan yang besar serta dividend yield, systematic risk, current ratio, dan return on asset yang rendah. ...... This study aims to know the firm rsquo s internal factor that effect foreign investors decision in investing stock in Indonesia Stock Exchange especially for stock. This study is quantitative research by panel data from non financial companies listed in Indonesia Stock Exchange in period of 2009 2016. This study finds that foreign investor in investing stock in Indonesia hold certain characteristics to reduce assymetric information in firm such as big size, also low dividend yield, systematic risk, current ratio, and return on asset.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nabila Sekar Hapsari
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal sosial dan faktor imbalan terhadap kesuksesan pengumpulan dana proyek crowdfunding di pasar negara berkembang selama periode Januari 2017 hingga Februari 2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari situs Kickstarter.com yang merupakan proyek-proyek yang berasal dari negara Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan. Penelitian ini menggunakan regresi ordinary least square sebagai metode analisis untuk pengujian hipotesis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah modal sosial yang dijelaskan oleh jumlah komentar yang ditulis oleh backers dan crowdfunders dan faktor imbalan yang dijelaskan oleh customized reward secara positif dan signifikan memengaruhi kesuksesan pengumpulan dana proyek crowdfunding di pasar negara berkembang. Sedangkan, kepemilikan akun facebook sebagai salah satu faktor modal sosial dan ego reward dan community reward sebagai faktor imbalan tidak berpengaruh terhadap kesuksesan pengumpulan dana proyek crowdfunding di pasar negara berkembang. Dari segi fitur proyek, jumlah target pendanaan proyek memengaruhi kesuksesan pengumpulan dana proyek crowdfunding, sementara durasi proyek tidak memengaruhi kesuksesan pengumpulan dana proyek crowdfunding. ......This study aims to determine the role of social capital and reward factor in the success of crowdfunding project fundraising in emerging market during the period of January 2017 until February 2019. Using secondary and cross-section data from Kickstarter.com, representing projects from Brazil, Russia, India, China, and South Africa, this research uses Ordinary Least Square as the method of data analysis for the hypothesis testing. Firstly, the results obtained from this study are internal social capital that is described by the numbers of comment posted by backers and crowdfunders and reward factor that is described by the customized reward have positive effect and significant role in the success of crowdfunding project fundraising in emerging market. Secondly, the ownership of facebook account as external social capital factor and ego and community reward as reward factor has no influence. Lastly, in terms of project features, it is evident that the goal amount of crowdfunding project influences the success of crowdfunding project fundraising, whilst project duration has no influence on the success of crowdfunding project fundraising. Therefore, the result of this research will bring important influence to the contribution of crowdfunding literatures in emerging market countries.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fiska Farhani
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor spesifik perusahaan, faktor spesifik industri, dan faktor spesifik negara terhadap dinamika struktur modal perusahaan dari 14 industri di Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Singapura. Penelitian ini menggunakan metode balanced data panel fixed effect robust dengan data tahunan selama periode 2009-2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor spesifik perusahaan, industri, dan negara merupakan determinan penting dalam penentuan struktur modal perusahaan. Pertama, ditemukan bahwa ukuran, profitabilitas, dan tangibilitas perusahaan merupakan faktor spesifik perusahaan yang paling berpengaruh terhadap struktur modal perusahaan. Kedua, ditemukan adanya kecenderungan dari perusahaan-perusahaan dalam satu industri untuk mengikuti rata-rata tingkat utang industrinya. Ketiga, jika dibandingkan dengan faktor spesifik perusahaan dan industri, pengaruh faktor spesifik negara tidak terlalu signifikan. Namun, ditemukan bahwa faktor spesifik makroekonomi kapitalisasi pasar saham dan suku bunga berpengaruh terhadap struktur modal perusahaan.


This study aims to determine the impact of firm-specific factors, industry-specific factors, and country-specific factors on the dynamics of the firms capital structure from 14 industries in Indonesia, Malaysia, the Philippines, Thailand and Singapore. This research uses the balanced panel data fixed effect robust method with annual data for the period 2009-2018. The results of this study indicate that firm, industry, and country specific factors are important determinants in determining the firms capital structure. First, firm size, profitability, and tangibility are the firm-specific factors with the most significant impact on capital structure. Second, there is a tendency for firms in the same industry to follow the average level of industry leverage. Third, dynamics of the firms capital structure are more significantly impacted by firm and industry specific factors rather than country specific factors. However, macroeconomic factors of stock market capitalization and interest rates do impact the firms capital structure.

Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farah Yumna
Abstrak :
ABSTRAK Peneliti ingin melihat probabilitas dan pengaruh mekanisme informasi dalam melakukan peluncuran produk di pasar dengan sampel sebanyak 275 proyek crowdfunding di 5 industri teratas ASEAN-five countries pada platform Kickstarter. Untuk mendapatkan hasil analisis tersebut, peneliti menggunakan regresi probit dan average marginal effect dalam melakukan pengolahan data. Jumlah backers merupakan salah satu variabel mekanisme informasi yang memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap variabel dependen dengan probabilitas perubahan rata-rata sebesar 0,331 percentage points. Hasil tersebut menunjukkan bahwa inisiator proyek menggunakan jumlah backers sebagai salah satu alat ukur untuk membuat keputusan dalam melakukan peluncuran produk. Terdapat empat variabel independent lainnya yaitu average pledge, pledge ratio, total pledge dan komunitas yang digunakan untuk melihat pengaruh dan probabilitas terhadap variabel dependen penelitian.
ABSTRACT The researcher wanted to see the probability and influence of the information mechanism in launching products on the market with a sample of 275 crowdfunding projects in the top 5 industries of ASEAN-five countries on the Kickstarter platform. To get the results of the analysis, researchers used probit regression and the average marginal effect in processing data. The number of backers is one of the information mechanism variables that has a positive and significant relationship to the dependent variable with the probability of change averaging 0.331 percentage points. These results indicate that the initiator of the project uses the number of backers as one measure to make decisions in carrying out product launches. There are four other independent variables, namely average pledge, pledge ratio, total pledge and community that are used to see the effect and probability of the dependent variable of the study.
2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library