Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Antoinnetee Benefita Kusumoningtyas Nugroho
Abstrak :
Salah satu sumber gas alam Indonesia yang terletak di area Natuna Barat memiliki potensi besar untuk memenuhi peningkatan kebutuhan energi. Flow assurance diperlukan untuk menjamin gas alam dapat terus mengalir pada sistem transportasi perpipaan gas alam dalam berbagai kondisi. Hal yang mampu menghambat mengalirnya pasokan gas alam adalah terbentuknya slugging karena penurunan laju alir gas alam serta beberapa faktor lainnya. Studi ini bertujuan untuk memperoleh profil aliran multifasa yang terbentuk di sepanjang pipa transportasi gas alam jika laju alir gas alam mengalami penurunan, mendapatkan pengaruh profil aliran multifasa terhadap terjadinya slugging di dalam sistem perpipaan gas alam, dan memperoleh metode penanganan cairan yang dilakukan di fasilitas penerima. Studi dianalisis menggunakan simulator aliran multifasa minyak dan gas. Simulasi dilakukan pada 3 skenario kondisi sumur, yaitu initial life, mid life, dan late life yang berturut-turut memiliki laju alir gas sebesar 57, 31, dan 5 MMSCFD. Berdasarkan hasil simulasi diperoleh bahwa semakin rendah laju alir gas alam, maka kemungkinan terjadi slugging akan meningkat. Pada studi ini, slugging terjadi pada kondisi late life. Penanganan cairan yang diajukan oleh penulis untuk memitigasi slugging adalah dengan penambahan control valve yang diletakkan pada aliran masukan separator dan memiliki bukaan 60%......Indonesia's natural gas sources located in the West Natuna area has great potential to meet increasing energy needs. Flow assurance is needed to ensure that natural gas can continue to flow in the natural gas pipeline transportation system under various conditions. One of the things that can hinder the supply of natural gas is the formation of slugging due to a decrease in the flow rate of natural gas and several other factors. This study aims to simulate the multiphase flow that forms along the natural gas transportation pipeline if the flow rate of natural gas decreases, to obtain the effect of the multiphase flow profile on the occurrence of slugging in the natural gas piping system, and to obtain the method of handling liquids carried out at the receiving facility. The study was analyzed using a multiphase oil and gas flow simulator. Simulations were carried out on 3 scenarios of well conditions, namely initial life, mid life, and late life which had gas flow rates of 57, 31, and 5 MMSCFD, respectively. Based on the simulation results, it is found that the lower the natural gas flow rate, the higher the probability of slugging. In this study, slugging occurs in late life conditions. The liquid handling and process improvement proposed by the author to mitigate slugging is by adding a control valve which is placed at the inlet flow of the separator and has an opening of 60%.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Antoinnetee Benefita Kusumoningtyas Nugroho
Abstrak :
Salah satu sumber gas alam Indonesia yang terletak di area Natuna Barat memiliki potensi besar untuk memenuhi peningkatan kebutuhan energi. Flow assurance diperlukan untuk menjamin gas alam dapat terus mengalir pada sistem transportasi perpipaan gas alam dalam berbagai kondisi. Hal yang mampu menghambat mengalirnya pasokan gas alam adalah terbentuknya slugging karena penurunan laju alir gas alam serta beberapa faktor lainnya. Studi ini bertujuan untuk memperoleh profil aliran multifasa yang terbentuk di sepanjang pipa transportasi gas alam jika laju alir gas alam mengalami penurunan, mendapatkan pengaruh profil aliran multifasa terhadap terjadinya slugging di dalam sistem perpipaan gas alam, dan memperoleh metode penanganan cairan yang dilakukan di fasilitas penerima. Studi dianalisis menggunakan simulator aliran multifasa minyak dan gas. Simulasi dilakukan pada 3 skenario kondisi sumur, yaitu initial life, mid life, dan late life yang berturut-turut memiliki laju alir gas sebesar 57, 31, dan 5 MMSCFD. Berdasarkan hasil simulasi diperoleh bahwa semakin rendah laju alir gas alam, maka kemungkinan terjadi slugging akan meningkat. Pada studi ini, slugging terjadi pada kondisi late life. Penanganan cairan yang diajukan oleh penulis untuk memitigasi slugging adalah dengan penambahan control valve yang diletakkan pada aliran masukan separator dan memiliki bukaan 60%. ...... Indonesia's natural gas sources located in the West Natuna area has great potential to meet increasing energy needs. Flow assurance is needed to ensure that natural gas can continue to flow in the natural gas pipeline transportation system under various conditions. One of the things that can hinder the supply of natural gas is the formation of slugging due to a decrease in the flow rate of natural gas and several other factors. This study aims to simulate the multiphase flow that forms along the natural gas transportation pipeline if the flow rate of natural gas decreases, to obtain the effect of the multiphase flow profile on the occurrence of slugging in the natural gas piping system, and to obtain the method of handling liquids carried out at the receiving facility. The study was analyzed using a multiphase oil and gas flow simulator. Simulations were carried out on 3 scenarios of well conditions, namely initial life, mid life, and late life which had gas flow rates of 57, 31, and 5 MMSCFD, respectively. Based on the simulation results, it is found that the lower the natural gas flow rate, the higher the probability of slugging. In this study, slugging occurs in late life conditions. The liquid handling and process improvement proposed by the author to mitigate slugging is by adding a control valve which is placed at the inlet flow of the separator and has an opening of 60%.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Clarissa Stellavania
Abstrak :
Mengikuti perkembangan industri kendaraan listrik di Indonesia, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) telah menyediakan 52 unit bus listrik untuk beroperasi dengan suplai listrik yang disediakan oleh PLN seluruhnya. Sayangnya, 86,95% dari total produksi listrik di Indonesia pada tahun 2020 berasal dari bahan bakar fosil. Untuk mengatasi permasalahan emisi gas rumah kaca dan cadangan energi fosil yang menipis, Kementerian ESDM mencanangkan Kebijakan Energi Nasional (KEN) yang menargetkan pencapaian EBT sebesar 23% pada tahun 2025. Sayangnya, pemenuhan target tersebut masih cukup jauh dengan pemanfaatan energi surya sebagai PLTS di Indonesia masih sangat kecil, yaitu sekitar 0,2 GW dari potensi yang mencapai lebih dari 200 GW. Implementasi yang minim ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti kebutuhan lahan dan kebutuhan modal. Salah satu solusi terhadap permasalahan ini adalah pemasangan PLTS pada kendaraan listrik. Hasil analisis teknis didukung oleh hasil perhitungan ekonomi dan analisis risiko dengan metode Monte Carlo menunjukkan bahwa pemasangan PLTS pada bus listrik Transjakarta dengan modul monocrystalline layak untuk dilaksanakan. Kelayakan investasi menghasilkan Net Present Value sebesar Rp54.777.292, Internal Rate of Return sebesar 13,02%, Payback Period sebesar 6,41 tahun, dan Profitability Index sebesar 1,47 untuk menghasilkan daya 12,275 MWh/tahun dengan derajat keyakinan parameter NPV, IRR, PBP, dan PI > 50%. ......As Indonesia's electric vehicle market grew, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) provided 52 electric bus units that run solely on PLN power. However, fossil fuels contributed to 86.95% of Indonesia's entire electricity output in 2020. In fact, 2.3% of the world's total greenhouse gas emissions came from Indonesia, where 1.24 gigatons of carbon dioxide were emitted. The Ministry of Energy and Mineral Resources proposed the National Energy Policy (KEN), which aims to reach a 23% share of renewable energy by 2025, in order to address the issues of greenhouse gas emissions and the dwindling amount of fossil fuel reserves. Unfortunately, this objective is still a long way off. One example is the relatively low adoption of solar energy as solar power plant in Indonesia, which currently at about 0.2 GW out of a potential of over 200 GW. There are a few reasons for this minimum implementation, including capital and land requirements. A potential solution to solve this issue is to install rooftop solar power systems on top of electric buses. The results of the technical analysis supported by the results of economic calculations and risk analysis with the Monte Carlo method show that the installation of PLTS on Transjakarta electric buses with monocrystalline modules is feasible to implement. The investment feasibility resulted in a Net Present Value of IDR 54,777,292, an Internal Rate of Return of 13.02%, a Payback Period of 6.41 years, and a Profitability Index of 1.47 to produce 12.275 MWh/year of power with a degree of confidence in the NPV, IRR, PBP, and PI parameters > 50%.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Clarissa Stellavania
Abstrak :
Mengikuti perkembangan industri kendaraan listrik di Indonesia, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) telah menyediakan 52 unit bus listrik untuk beroperasi dengan suplai listrik yang disediakan oleh PLN seluruhnya. Sayangnya, 86,95% dari total produksi listrik di Indonesia pada tahun 2020 berasal dari bahan bakar fosil. Untuk mengatasi permasalahan emisi gas rumah kaca dan cadangan energi fosil yang menipis, Kementerian ESDM mencanangkan Kebijakan Energi Nasional (KEN) yang menargetkan pencapaian EBT sebesar 23% pada tahun 2025. Sayangnya, pemenuhan target tersebut masih cukup jauh dengan pemanfaatan energi surya sebagai PLTS di Indonesia masih sangat kecil, yaitu sekitar 0,2 GW dari potensi yang mencapai lebih dari 200 GW. Implementasi yang minim ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti kebutuhan lahan dan kebutuhan modal. Salah satu solusi terhadap permasalahan ini adalah pemasangan PLTS pada kendaraan listrik. Hasil analisis teknis didukung oleh hasil perhitungan ekonomi dan analisis risiko dengan metode Monte Carlo menunjukkan bahwa pemasangan PLTS pada bus listrik Transjakarta dengan modul monocrystalline layak untuk dilaksanakan. Kelayakan investasi menghasilkan Net Present Value sebesar Rp54.777.292, Internal Rate of Return sebesar 13,02%, Payback Period sebesar 6,41 tahun, dan Profitability Index sebesar 1,47 untuk menghasilkan daya 12,275 MWh/tahun dengan derajat keyakinan parameter NPV, IRR, PBP, dan PI > 50%. ......As Indonesia's electric vehicle market grew, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) provided 52 electric bus units that run solely on PLN power. However, fossil fuels contributed to 86.95% of Indonesia's entire electricity output in 2020. In fact, 2.3% of the world's total greenhouse gas emissions came from Indonesia, where 1.24 gigatons of carbon dioxide were emitted. The Ministry of Energy and Mineral Resources proposed the National Energy Policy (KEN), which aims to reach a 23% share of renewable energy by 2025, in order to address the issues of greenhouse gas emissions and the dwindling amount of fossil fuel reserves. Unfortunately, this objective is still a long way off. One example is the relatively low adoption of solar energy as solar power plant in Indonesia, which currently at about 0.2 GW out of a potential of over 200 GW. There are a few reasons for this minimum implementation, including capital and land requirements. A potential solution to solve this issue is to install rooftop solar power systems on top of electric buses. The results of the technical analysis supported by the results of economic calculations and risk analysis with the Monte Carlo method show that the installation of PLTS on Transjakarta electric buses with monocrystalline modules is feasible to implement. The investment feasibility resulted in a Net Present Value of IDR 54,777,292, an Internal Rate of Return of 13.02%, a Payback Period of 6.41 years, and a Profitability Index of 1.47 to produce 12.275 MWh/year of power with a degree of confidence in the NPV, IRR, PBP, and PI parameters > 50%.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nasywa Zahrainda Shafana
Abstrak :
Dalam rangka mendukung penandatangan Paris Agreement untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 29% di tahun 2030 serta Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) menetapkan porsi energi terbarukan minimal 23% dalam bauran energi pada tahun 2025, dibutuhkan adanya alternatif pergantian bahan bakar fosil. Energi surya merupakan salah satu energi terbarukan yang melimpah di Indonesia dan dapat digunakan sebagai sumber listrik melalui pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). PLTS terapung merupakan sistem modul surya yang dipasang di atas media yang mengapung pada berbagai jenis permukaan perairan. Danau Universitas Indonesia memiiki potensi yang besar untuk dibangun PLTS terapung, terlebih dapat memecahkan masalah keterbatasan lahan. Penelitian ini membahas tentang analisis risiko investasi PLTS terapung pada seluruh Danau UI, yaitu Danau Agathis, Danau Kenanga, Danau Puspa, Danau Salam, dan Danau Ulin. Berdasarkan hasil perhitungan keekonomian, seluruh Danau UI memiliki nilai NPV positif, IRR diatas 8%, PBP kurang dari 15 tahun, dan PI lebih dari 1. Nilai LCOE yang dihasilkan untuk seluruh Danau UI masih di bawah harga patokan tertinggi sebesar 60% dari harga pembelian tenaga listrik golongan P-2 yang sebesar 8,915 cent/kWh, yaitu berkisar pada 4 cent/kWh, yakni. Hal ini menandakan bahwa proyek ini dikatakan layak untuk dilaksanakan. Untuk mendukung hasil perhitungan keekonomian, dilakukan analisis risiko dengan menggunakan simulasi Monte Carlo. Terlihat bahwa keenam Danau UI memiliki nilai derajat keyakinan terhadap nilai NPV, IRR, PBP, dan PI diatas 75%. Berdasarkan analisis sensitivitas, terlihat bahwa penjualan daya ke PLN dan LCOE merupakan komponen paling berpengaruh pada penelitian ini. ......In order to support the signing of the Paris Agreement to reduce emissions by 29% in 2030, and in alignment with the General Plan for National Energy (RUEN) that sets a minimum of 23% renewable energy in the energy mix by 2025, alternatives are needed to replace fossil fuels. Solar energy is one of the abundant renewable energy sources in Indonesia and can be utilized as an electricity source through photovoltaic solar power plants. Floating solar power plants are systems where solar modules are installed on floating media on various types of water surfaces. The lakes at the University of Indonesia have great potential for the construction of floating solar power plants, especially as a solution to the problem of land scarcity. This study discusses the investment risk analysis of floating solar power plants in all the lakes at UI, namely Lake Agathis, Lake Kenanga, Lake Puspa, Lake Salam, and Lake Ulin. Based on economic feasibility calculations, all of the UI Lakes have a positive NPV, an IRR above 8%, a PBP of less than 15 years, and a PI greater than 1. The resulting LCOE for all UI Lakes are still below the highest price of 60% of the P-2 electricity purchase price of 8.915 cents/kWh, which is around 4 cents/kWh. This indicates that the project is feasible to be implemented. To support the economic feasibility results, a risk analysis was conducted using Monte Carlo simulation. It shows that all of UI Lakes have a degree of freedom above 75% for NPV, IRR, PBP, and PI values. Based on sensitivity analysis, it is evident that power sales to PLN and LCOE are the most influential components in this study.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dara Anindita
Abstrak :
Jumlah emisi CO2 di dunia terus meningkat, di mana kontributor terbesarnya adalah pembakaran bahan bakar fosil dan sektor transportasi. Di Indonesia, sektor transportasi menyumbangkan emisi sebesar 27% dari total keseluruhan emisi CO2 sehingga pemerintah Indonesia mendorong penggunaan kendaraan listrik untuk mencapai target net zero emission pada tahun 2050. Namun, pengisian daya mobil listrik memakan waktu yang lama sehingga dibutuhkan alternatif lain yang dapat melakukan pengisian daya mobil listrik dalam waktu yang cepat. Stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) dapat menjadi solusi karena hanya membutuhkan waktu ± 5 menit untuk menukar baterai kosong dengan baterai yang telah terisi penuh. Selain itu juga, dibutuhkan energi baru dan terbarukan untuk menghasilkan listrik, yaitu dengan menggunakan energi surya karena intensitas radiasi matahari yang tinggi di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini akan membahas mengenai analisis risiko investasi pembangkit listrik tenaga surya pada atap SPBKLU di rest area jalan Tol Trans Jawa. Mobil listrik yang digunakan berkapasitas 58 kWh dengan jenis baterai Li-ion. Simulasi PLTS menunjukkan bahwa lokasi tempat SPBKLU akan dibangun adalah rest area KM626A di Waduan dengan daya listrik yang dihasilkan oleh panel surya sebesar 31,569 MWh/tahun. Biaya penukaran untuk sekali penukaran baterai mobil listrik adalah Rp50.000 dengan biaya listrik Rp2.446/kWh. Nilai parameter kelayakan investasi proyek pembangunan PLTS atap pada SPBKLU untuk mobil listrik yang dihasilkan adalah net present value (NPV) sebesar Rp11.044.951.738, internal rate of return (IRR) sebesar 23,659%, profitability index (PI) sebesar 2,28, dan payback period (PBP) selama 4 tahun 6 bulan. Dengan derajat keyakinan nilai parameter investasi lebih dari 50% pada simulasi Monte Carlo, menandakan bahwa proyek investasi layak untuk dijalankan. Komponen yang paling berpengaruh terhadap nilai parameter investasi NPV, IRR, PBP, dan PI adalah biaya dan banyak listrik yang digunakan, juga biaya dan banyaknya pertukaran baterai mobil listrik. ......Global CO2 emissions caused by burning fossil fuels and the transportation sector have continuously increased. In Indonesia, the transportation sector accounts for 27% of the total greenhouse gas emissions. Therefore, the government has hastened the utilization of electric vehicles to achieve net-zero emissions by 2050. However, charging an electric car is a time-consuming process. Thus, public electric vehicle battery swapping stations (SPBKLU) are needed to combat that issue because they can swap the electric vehicle battery for approximately five minutes. Furthermore, renewable energy for electricity generation is also needed. Because of the high number of solar radiation and irradiance in Indonesia, solar PV system can be used as a source of electricity. In order to implement this technology in Indonesia, investment risk analysis of solar PV systems on the rooftop of a SPBKLU in a rest area of Trans Java Toll Road is required to determine the feasibility of the investment. The batteries for electric cars are Li-ion batteries with a capacity of 58 kWh. Solar PV simulation shows that the location where the SPBKLU will be built is in KM626A rest area in Waduan with energy generated by solar PV of 31,569 MWh/year. Each battery swap cost Rp50.000 and Rp2.446/kWh. The value of investment feasibility parameters are net present value (NPV) of Rp11.044.951.738, internal rate of return (IRR) of 23,659%, profitability index (PI) of 2,28 and payback period (PBP) for 4 years 6 months. With certainty levels over 50% using Monte Carlo Simulation, this indicates that the investment project is feasible. The most influential components of the investment parameter value (NPV, IRR, PBP, and PI) are the cost and amount of electricity used, as well as the cost and number of electric car battery swapping.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Azizah Salsabila
Abstrak :
Dengan meningkatnya pertumbuhan pasar dan produksi dari kendaraan listrik (EV), meningkat pula permintaan akan pemakaian sumber energi yang berkelanjutan dan efisien untuk produksinya. Sumber energi ini digunakan untuk proses produksi komponen penting seperti baterai EV yang berbasis nikel. Nikel berperan penting dalam teknologi baterai, proses peleburannya yang energy intensive berperan penting dalam menentukan dampak dari produksi EV ini terhadap lingkungan untuk industri pertambangan nikel dan juga industri kendaraan listrik. Saat ini, masih digunakan sumber energi batu bara untuk proses pengolahan dan peleburan nikel, tetapi telah muncul adanya peluang baru untuk mengimplementasikan penggunaan sumber energi yang lebih hijau dan berkelanjutan untuk mendukung proses produksi EV yang berkelanjutan secara keseluruhan. Sumber energi gas menjadi salah satu alternatif yang akan dilakukan analisis komparatif pada penelitian ini untuk fungsinya sebagai sumber energi penambangan dan peleburan nikel jika dibandingkan dengan batu bara. Analisis komparatif akan ditinjau dari segi proses produksinya, implikasi terhadap produksi baterai untuk kendaraan listrik, dan dampak lingkungannya. Berdasarkan hasil pada penelitian ini, proses produksi nikel dengan batu bara menghasilkan emisi karbon sebesar 817,01583 kg CO2 eq dan penipisan ozon sebesar 2,00440E-5 kg CFC-11 eq sedangkan proses dengan energi gas menghasilkan emisi karbon sebesar 816,20447 kg CO2 eq dan penipisan ozon sebesar 2,00116E-5, sehingga terjadi penurunan sebesar 0,0993% untuk emisi karbon dan penurunan 0,16% untuk potensi penipisan ozon. ......With the increasing market growth and production of electric vehicles (EV), the demand for the use of sustainable and efficient energy sources for their production also increases. This energy source is used for the production process of important component s such as nickel-based EV batteries. Nickel plays an important role in battery technology, its energy intensive smelting process plays an important role in determining the impact of EV production on the environment for the nickel mining industry and also the electric vehicle industry. Currently, coal energy sources are still used for nickel processing and smelting, but new opportunities have emerged to implement the use of a greener and more sustainable energy sources to support an overall sustainable EV production process. Gas energy sources are one of the alternatives that will be carried out in a comparative analysis in this research for their function as an energy source for nickel mining and smelting when compared to coal. The comparative analysis will be reviewed in terms of the production process, implications for battery production for electric vehicles, and environmental impacts. Based on the research conducted, it is found that nickel processing using coal-based energy emits 817.01583 kg CO2 eq carbon emission and 2.00440E-5 kg CFC-11 eq ozone depletion while natural gas-based energy emits 816.20447 kg CO2 eq carbon emission and 2.00116E-5 kg CFC-11 eq ozone depletion, overall resulting in a 0.0993% decrease in carbon emission and 0.16% decrease in ozone depletion potential.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diva Meisya Putriadi
Abstrak :
Kualitas udara di Indonesia tergolong buruk akibat tingkat polutan yang tinggi, dengan 44% penyumbang polusi berasal dari kendaraan bermotor. Polutan ini terutama berasal dari pembakaran bahan bakar minyak yang masih menggunakan standar EURO II. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi regulasi yang lebih ketat, yakni EURO V, yang membatasi kadar sulfur maksimal 10 ppm. Implementasi ini menghadapi beberapa hambatan, seperti kebutuhan unit tambahan pada kilang yang meningkatkan modal awal atau capital expenditure, serta perubahan kondisi operasi akibat penambahan proses. Oleh karena itu, analisis tekno-ekonomi dilakukan untuk mengevaluasi kelayakan implementasi regulasi EURO V pada kilang. Unit hidrodesulfurisasi dalam penelitian ini disimulasikan menggunakan Aspen HYSYS V14, menghasilkan produk dengan kandungan sulfur sebesar 10 ppm untuk kapasitas produksi 64.596.604 barel per tahun. Reaktor yang digunakan adalah Trickle Bed Reactor dengan katalis CoMo/Al2O3. Hasil analisis investasi menunjukkan Net Present Value sebesar $2.954.915.845, Internal Rate of Return 19,36%, dan Payback Period selama 6,5 tahun. Perhitungan probabilitas menggunakan metode Monte-Carlo menunjukkan tingkat keyakinan hingga 95%. Analisis sensitivitas meninjau bahwa harga minyak merupakan parameter yang paling berpengaruh terhadap profitabilitas kilang. Implementasi bahan bakar minyak berstandar EURO V dapat mengurangi emisi SO2 hingga 97,95%, menjadikannya salah satu solusi efektif untuk mengurangi polusi udara di Indonesia. ......The air quality in Indonesia is notably poor due to high pollutant levels, with 44% of the pollution stemming from motor vehicles. These pollutants primarily originate from the combustion of fuel oil, which largely adheres to the EURO II standard. This study aims to evaluate the implementation of stricter regulations, specifically EURO V, which limits sulfur content to a maximum of 10 ppm. However, this implementation faces several challenges, such as the need for additional units at refineries, increasing initial capital expenditure, and changes in operational conditions due to the added processes. Therefore, a techno-economic analysis is conducted to assess the feasibility of implementing EURO V regulations at refineries. In this study, the hydrodesulfurization unit is simulated using Aspen HYSYS V14, producing a product with a sulfur content of 10 ppm for a production capacity of 64,596,604 barrels per year. The reactor used is a Trickle Bed Reactor with CoMo/Al2O3 catalyst. The investment analysis results indicate a Net Present Value of $2,954,915,845, an Internal Rate of Return of 19.36%, and a Payback Period of 6.5 years. Probability calculations using the Monte Carlo method show a confidence level of up to 95%. Sensitivity analysis reveals that oil prices are the most influential parameter affecting refinery profitability. Implementing EURO V standard fuel can reduce SO2 emissions by up to 97.95%, making it an effective solution for reducing air pollution in Indonesia.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Puan Chairunnisa Suriperdana
Abstrak :
Adanya regulasi carbon footprint trade serta kemajuan teknologi carbon capture, utilization, and storage (CCUS) menimbulkan urgensi instalasi CCUS pada seluruh kilang secara global. CO2 yang tertangkap dapat dijadikan peluang ekonomi baru dengan diolah kembali sebagai bahan baku proses produksi. CO2dapat diolah menjadi DME lewat proses dry methane reforming, methanol synthesis, dan methanol dehydration. Pemerintah Indonesia berencana untuk mengganti LPG dengan DME. Dengan demikian, dilakukan simulasi proses menggunakan Aspen Plus untuk melihat efektivitas produksi beserta analisis kelayakan investasi ditinjau dari nilai NPV, IRR, PBP, dan PI serta peninjauan probabilitas menggunakan simulasi Monte Carlo. Dari simulasi pada aspen plus, DME terproduksi sebanyak 868,04 ton / hari. Selanjutnya parameter keekonomian dihitung dengan harga jual DME $1.300/ton dan didapatkan nilai didapatkan NPV sebesar $1.783.715.566,19, IRR 58,44%, PBP 2,041 Tahun, dan PI 3,675 sehingga pabrik dapat dikatakan layak. Dari 1000 iterasi yang dilakukan pada simulasi, keempat parameter keekonomian menunjukkan nilai positif sehingga risiko finansial pabrik relatif aman. ......The existence of carbon footprint trade regulations and advances in carbon capture, utilization, and storage (CCUS) technology have led to the urgency of CCUS installations at all refineries globally. Captured CO2 can be used as a new economic opportunity by being reprocessed as a raw material for the production process. CO2 can be processed into DME through dry methane reforming, methanol synthesis, and methanol dehydration processes. The Indonesian government plans to replace LPG with DME. Thus, a process simulation using Aspen Plus was carried out to see the effectiveness of production along with an investment feasibility analysis in terms of NPV, IRR, PBP, and PI values and a probability review using Monte Carlo simulation. From the simulation on Aspen Plus, DME was produced as much as 868.04 tons/day. Furthermore, the economic parameters were calculated with a DME selling price of $1,300/ton and obtained an NPV value of $1,783,715,566.19, IRR 58.44%, PBP 2.041 years, and PI 3.675 so that the plant can be said to be feasible. From 1000 iterations carried out in the simulation, the four economic parameters show positive values so that the financial risk of the plant is relatively safe.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library