Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Astefany Welda
"Kepuasan kerja merupakan sikap umum seseorang terhadap pekerjaannya dan merupakan aspek yang berhubungan dengan kinerja serta produktivitas kerja. Rendahnya kepuasan kerja merupakan salah satu penyebab turnover. Di RS MH Thamrin Salemba terjadi turnover perawat yang tinggi (>5%) selama tahun 2007-2011. Upaya yang dapat dilakukan untuk menurunkan turnover perawat yaitu dengan mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja perawat.
Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara karakteristik perawat, isi pekerjaan, dan lingkungan kerja dengan kepuasan kerja perawat. Dari hasil uji bivariat, diketahui bahwa variabel karakteristik yang berhubungan dengan kepuasan kerja adalah lama kerja dan jabatan.
Keseluruhan variabel isi pekerjaan, yaitu kesempatan pengembangan karir dan beban kerja memiliki hubungan dengan kepuasan kerja. Seluruh variabel lingkungan kerja, kebijakan rumah sakit, hubungan interpersonal, dan kondisi tempat kerja, juga memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan kerja perawat.

Job satisfaction is a person's general attitude toward his/her work and it's related to work performance and productivity. Low job satisfaction is one of the causes of turnover. A high nurse turnover occurs (> 5%) at RS MH Thamrin Salemba during the years 2007-2011. Efforts can be done to reduce nurse turnover is by knowing the factors that influence nurses job satisfaction.
This research is descriptive research using cross sectional design. The purpose of this study was to determine the relationship between nurse characteristics, job content and work environment with job satisfaction of nurses. From the results of the bivariate test showed that the characteristic variables associated with job satisfaction is the duration of work span and professional status.
The entire job content variables, namely career development opportunities and workload have a relationship with job satisfaction. The entire work environment variables, hospital policy, interpersonal relationship, and also workplace condition have a significant relationship with job satisfaction of nurse.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Agnes Pratiwi
"Penelitian pada tesis ini berfokus pada para pengunjung website yang membuat janji dengan dokter melalui website RS MH Thamrin Salemba pada bulan Maret - Oktober 2011. Tujuan dari penelitian ini adalah diperolehnya gambaran mengenai pengalaman pengunjung dengan website rumah sakit dan hubungannya dengan penilaian terhadap citra rumah sakit. Dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar pertimbangan dalam perencanaan strategis pemasaran melalui internet RS MH Thamrin Salemba sehingga diperoleh strategi yang efektif dan efisien dalam menarik pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian survey lapangan (noneksperimental) dimana data diambil secara cross-sectional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tindakan konfirmasi yang dilakukan oleh pihak rumah sakit terhadap janji dokter melalui website dengan perubahan penilaian citra terhadap rumah sakit.

This study focused on the website visitors who had made medical appointments with doctors through the website of MH Thamrin Salemba Hospital in March until October 2011. The aim for this study is to get information about their experiences with hospital website and its relationship with the hospital image assessment. This study hopefully can give some considerations in hospital internet marketing planning to attract more consumers. This study is a survey-field (nonexperimental) study where the data was taken in cross-sectional manner. This study concludes that there is relationship between confirmations toward appointments made through the website with the changes in hospital image assessment."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2012
T30112
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hermina Karuna Atmaja
"ABSTRAK
Di RS MH Thamrin Salemba selama bulan April - Juni 2011, ditemukan
bahwa ada kejadian penundaan pelayanan resep pasien atau back order yang
terjadi hampir setiap hari, yaitu 82 hari selama 3 bulan. Atau dapat dikatakan
frekuensi kejadian ini sebesar 91,1%. Oleh karena itu, pihak manajemen ingin
memperbaiki pengendalian persediaan obat untuk meningkatkan efisiensi dan
efektivitas pengendalian persediaan obat, serta meningkatkan mutu pelayanannya.
Penelitian ini adalah penelitian riset operasional untuk menyusun model
pengendalian persediaan obat. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis ABC
pemakaian, ABC nilai investasi, dan ABC indeks kritis; untuk mengetahui obat
antibiotik apa saja yang menjadi kelompok A, B, dan C. Selanjutnya akan
dilakukan peramalan dengan metode Brown?s Linear untuk kebutuhan obat
kelompok A tahun 2012 dan akan dihitung EOQ serta ROP. Kemudian akan
dihitung efisiensi TIC yang terjadi jika dibandingkan dengan cara pemesanan RS.
Selain itu juga dilakukan wawancara mendalam dengan informan.
Pengendalian persediaan di RS MH Thamrin Salemba masih belum
dilakukan dengan optimal untuk mencapai efektifitas dan efisiensi. Dengan
adanya keterbatasan sumber daya, maka sebaiknya dilakukan pemberian prioritas
dalam pengendalian persediaan obat dengan menggunakan analisis ABC. Metode
ini membantu pihak manajemen untuk lebih berfokus pada barang-barang yang
memiliki nilai lebih tinggi.
Untuk mendapatkan efektivitas dan efisiensi pengendalian persediaan
obat, dapat dilakukan dengan menghitung EOQ dan ROP. Dengan menghitung
EOQ maka biaya persediaan akan berkurang jika dibandingkan dengan cara
pemesanan RS (TIC RS : TIC EOQ = 1.32). Selain itu untuk mengantisipasi
permintaan yang tidak pasti maka perlu diadakan safety stock. Walaupun biaya
persediaan meningkat dengan adanya safety stock (TIC RS : TIC EOQ = 0.77),
mutu pelayanan meningkat dan frekuensi back order akan berkurang.

Abstract
At the MH Thamrin hospital between April till June 2011, it has been
discovered that back orders have been occurring almost every day, happening on
82 days out of 3 months. In other words the frequency of the occurrence is as high
as 91.1%. Therefore the hospital management team decided to improve the
medicine stock maintenance operation to increase both efficiency and
effectiveness of said operation, as well as improving the service quality.
This operational research is designed to create a maintenance model for
the medicine stock. In this research, in order to sort out the antibiotics into class
A, B, and C, the following analyses were used: ABC usage analysis, ABC
investing score, and ABC critical index. The analysis would be followed by the
Brown's Linear forecasting method to forecast the 2012 A class medicine usage
and EOQ as well as ROP would be calculated. After that, the TIC efficiency level
will be calculated based on the measurement against the hospital?s ordering
policy. To complement the research, in-depth interviews with various informants
were also conducted.
The stock maintenance method at MH Thamrin hospital has yet to be
implemented in an optimal way to reach the desired efficiency and effectiveness
level. Due to resources limitation, it is advised to prioritize the medicinal stock
maintenance using the ABC analysis method. This method helps the management
team to focus more on the products that have higher value over the others.
Reaching the desired level of both effectiveness and efficiency in
medicinal stock maintenance can be achieved by calculating EOQ and ROP. By
calculating EOQ the stock cost of the hospital will decrease compared to the
hospital's ordering policy (TIC hospital : TIC EOQ = 1.32). Also a safety stock
calculation would be crucial to anticipate the unforeseen demand level. Even
though the stock cost will rise by adding the safety stock (TIC hospital : TIS EOQ
= 0.77), the service level will increase while back order frequency will decrease."
Universitas Indonesia, 2012
T30113
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aryanti Dwiputri
"Sistem pengembangan karir perawat melalui jenjang karir struktural maupun timgsional berperan penting dalam meningkarkan kualitas tenaga keperawatan yang akan mempengaruhi kualitas pelayanan Rumah Sakit secara keseluruhan. Saat ini pengembangan karir untuk perawat pelaksana yang sudah dijalankan di RS MH Thamrin Salemba baru berdasarkan jenjang karir struktural. Diharapkan dari penelitian ini dapat menghasilkan rancangan pola pengembangan karir perawat pelaksana yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan RS MH Thamrin Salemba.
Penelitian dilaksanakan di RS MH Thamrin Salemba bulan Oktober- November 2011 dengan pendekatan analisis lcualitatiff Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam dengan beberapa infonnan berdasarkan prinsip kesesuaian dan kecukupan. Data sekunder diperoleh melalui telaah dokumen Rumah Sakit, kajian literatur maupun hasil penelitian terdahulu dengan topik serupa di Rumah Sakit lain. Untuk menjaga validitas data dilakukan triangulasi sumber dan metode.
Jumlah tenaga perawat di RS MH Thamrin Salemba sebanyak 189 orang dengan karakteriétik sebagian besar di antaranya: tingkat pendidikan D3 Keperawatan (63,1%), sudah ada pengalaman sebelum masuk ke unit kexja saat ini (51,9%) dan memiliki masa kexja 1 sampai 3 tahun (24,3%). Rumah Sakit beium memiliki pola pengembangan karir perawat pelaksana yang terstmkmr dan sistematis berdasarkan sistem kompetensi. Oleh karena itu dibuatlah suatu rancangan pola pengembangan karir bagi perawat pelaksana di RS MH Thamrin Salemba yang terdiri dari 6 level karir (NO sampai dengan N6) berdasarkan persyaratan tingkat pendidikan, pengalaman dan masa kerja, waktu berlaku suatu level karir, dan kompetensi yang hams dimiliki perawat pada setiap level karir tersebut.
Persyaratan minimal pendidikan tenaga perawat yang baru masuk adalah D3 Keperawatan. Sedangkan bagi perawat lama lulusan SPK, selama masa peralihan akan dilakukan penyesuaian berdasarkan pengalaman dan masa kerja.

The nurse's career development system through structural and functional level of career has very important role ?in increasing the quality of nursing staff which will also affect the quality of hospital service. At this time, MH Thamrin Salemba Hospital has only implementing the structural level of career for nursing staff and the functional level of career has not implemented yet. Therefore, the purpose of this research is to design the clinical nurse's career development pattern at MH Thamrin Salemba Hospital according to the hospital's condition and needs.
The research is implemented at MH Thamrin Salemba Hospital in October-November 2011 using qualitative analysis approach. The primary data is obtained from the selected informants based on appropriate and adequacy principles using in-depth interview method. The secondary datas are obtained from hospital's document review, literature review and also the results of previous similar studies at other hospitals. The source and method triangulation are done as well to maintain data's validation.
MH Thamrin Salemba Hospital has 189 total number of its nursing staff which majority of them have the characteristics: Nursing Diploma education level (63,1%), already have the experience before entering current unit of work (5 l,9%) and period of employment between 1 to 3 years (24,3%). Hospital does not have the structured and systematic clinical nurse?s career development pattern. Therefore the researcher formulated the design of clinical nurse's career development pattem at MH Thamrin Salemba Hospital which consists of 6 level of careers (NO to N6) based on education level, work experience, period of employment, temr of level and nursing competency requirements for each level.
The minimal qualification for new nursing staffs education level is Nursing Diploma. But there is special provision for the longtime nursing staff with level of education SPK, during the transition time, they still can be accomodated in the career development pattern based on their work experience and period of employment.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2011
T31614
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library