Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tertia Yudya Aldyth
Abstrak :
ABSTRAK
Sistem manajemen gas medis dalam pelayanan kesehatan harus diperhatikan dalam perencanaan pemasangannya dengan mempertimbangkan kemungkinan bahaya yang akan ditimbulkan. Namun untuk menentukan jumlah kebutuhan gas medis pada suat u rumah sakit dapat lebih sulit dibandingan dengan menentukan jumlah kunjungan pasien. Karena jika tidak sesuai kebutuhan logistik gas medis akan mempengaruhi kualitas pelayanan di rumah sakit. Dengan menggunakan pendekatan ISO 31000:2018 proses manajemen risiko diharapkan dapat membantu menekan angka kejadian yang tidak diinginkan khususnya pada instalasi gas medis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem manajemen gas medis pada suatu rumah sakit beserta potensial resiko yang dapat ditimbulkan. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan observasi dari instalasi gas medis yang diikuti oleh wawancara mendalam kepada kepala bagian instalasi gas medis, staf manajemen instalasi gas medis serta staf dokumentasi laporan logistik instalasi gas medis. Disimpulkan bahwa sistem manajemen gas medis di rumah sakit belum efektif dan efisien karena pada rumah sakit tersebut masih menggunakan tabung gas medis konvensional karena kurangnya dana operasional serta keterbatasan infrastruktur dan sumber daya manusia yang belum baik sehingga berdampak pada mutu pelayanan rumah sakit.
ABSTRACT
Medical gas management system in healthcare service industry must be regulated accordingly and to capture any potential risk imposed. The number of medical gas required in a hospital cannot be accurately predicted when comparing to the number of patient visits that do require the use of medical gas. Furthermore if the logistical supply of the medical gas does not meet the demand from the patient, it will affect the quality of service in the hospital. This research aims to discover medical gas management system in a hospital as well as any identified potential risk. Using the ISO 31000: 2018 approach, the evaluation of the risk management process is expected to help reduce the number of unwanted events, especially in medical gas installations. This is a descriptive research by using observation followed by detailed interview to get an overview or description of a situation objectively as the main objective. The management of medical gas in hospitals is said to be ineffective and efficient due to the fact that a number of hospital in Bekasi is still using conventional medical gas cylinders. In addition to still using conventional gas cylinders, medical gas management is also influenced by the lack of operational funds and inadequate human resources.
2019
T53112
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Aviliyani Taufik
Abstrak :
ABSTRAK
Pemasaran di era sekarang berupa promosi produk atau merek yang dilakukan melalui media elektronik. Pemasaran rumah sakit bertujuan memperkenalkan rumah sakit pada masyarakat luas, menginformasikan fasilitas dan kemampuan pelayanan kepada masyarakat, membentuk dan membina citra rumah sakit melalui kepercayaan dan penghargaan masyarakat terhadap kemampuan rumah sakit, pemanfaatan sumber daya rumah sakit secara optimal dan juga mengharapkan terjadinya peningkatan penghasilan. Pemasaran digital yang sudah berjalan di rumah sakit perlu dilakukan pembaharuan agar terlihat up to date. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional dengan pendekatan kuantitatif. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan menggunakan google form yang disebar melalui aplikasi whats app. Hasil analisis terdapat satu variabel yaitu jejaring media sosial yang tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap minat masyarakat untuk datang berobat ke rumah sakit Kartika Husada Jati Asih (p>0,05). Dari analisis regresi logistik didapatkan dua variabel yang memiliki hubungan yang paling signifikan terhadap minat masyarakat, yaitu variabel customization dan navigasi (p<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah rumah sakit Kartika Husada Jati Asih sudah melakukan pemasaran digital tetapi masih perlu dimodifikasi tampilan situs web dan media sosialnya. Disarankan memperbarui konten marketing dan lebih interaktif di situs web ataupun media sosial.
ABSTRACT
Marketing in the present era is in the form of product or brand promotion carried out through electronic media. Hospital marketing aims to introduce hospitals to the wider community, inform facilities and service capabilities to the community, establish and foster the image of the hospital through community trust and appreciation of the capabilities of hospitals, optimally utilize hospital resources and also expect increased income. Digital marketing that has been running in the hospital needs to be renewed to make it look up to date. The research design used was cross sectional with a quantitative approach. The distribution of questionnaires is done using Google Form which is spread through the Whats app application. The results of the analysis contained one variable, namely social media networks that did not have a significant relationship to the interest of the community to come to hospital treatment at Kartika Husada Jati Asih (p> 0.05). From the logistic regression analysis, there were two variables that had the most significant relationship to the interest of the community, namely the customization and navigation variables (p <0.05). The conclusion of this research is that the Kartika Husada Jati Asih hospital has already done digital marketing but still needs to be modified the appearance of the website and social media. It is recommended to update marketing content and be more interactive on websites or social media.
2019
T53113
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library